Cara Membuka Password RAR

Cara Membuka Password RAR

Sekarang ini merupakan zaman teknologi yang selalu mengedepankan inovasi untuk melakukan berbagai hal. Tak terkecuali media penyimpanan file yang sangat aman dari bahaya virus atau sejenisnya. Sebut saja RAR, yang memungkinkan file dapat terproteksi dengan baik dari gangguan virus. Disini kita akan membahas cara membuka password RAR.

RAR merupakan perangkat lunak untuk menyimpan berbagai macam berkas file saat ini, tanpa melibatkan cloud sama sekali. Bahkan jika ingin file yang ada di dalamnya lebih aman lagi, bisa mengunakan password agar tidak sembarang orang membuka berkas file yang ada di dalamnya.

Bagi kalian yang ingin mencoba software RAR ini, cukup download di mesin pencarian lalu cobalah masukan file untuk disimpan di dalam RAR. Setelah itu, buat semacam password untuk memproteksiny, dan jangan lupa langkah-langkah membuka RAR yang terproteksi dengan password. Supaya berkas atau file di dalamnya dapat dibuka.

Memang untuk membuka berkas file yang terproteksi dengan password cukup mudah, namun agar tidak terjadi eror bahkan berkas RAR nya rusak, kebih baik ikuti terlebih dahulu langkah-langkah yang tepat yang akan dijelaskan pada pembahasan kali ini mengenai cara membuka passwor RAR yang mudah, aman dan tentunya eror.

Tentang RAR

Rar merupakan sebuah format file arsip yang mendukung kompresi data menjadi lebih kecil dari berkas file yang dimasukkan di dalamnya. Bahkan berkas file yang berukuran besar hingga mencapai GB, bisa di potong menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran file aslinya.

Sebagai contoh, jika ingin memasukkan berkas file 4 GB, maka bisa dimasukkan ke dalam file RAR dengan membaginya menjadi beberapa partisi melalui ukuran 700 MB. Sehingga akan terbagi menjadi 6 bagian. Inilah yang dinamakan dengan arsip multi volume yang unik persembahan dari RAR.

Mungkin kalian cukup familiar mendengar istilah ZIP, jangan salah tafsir bahwa baik ZIP maupun RAR sangat berbeda, jika dilihat dari siapa pengembangnya. Mengingat orang yang menciptakan kedua software ini berbeda. Akan tetapi jika dilihat fungsinya, kedua sama-sama untuk kompresi dan ekstraksi tanpa mengurangi kualitas berkas file yang ada di dalamnya.

Cara Membuka Password RAR

Cara Membuka Password RAR
Tutorial Membuka Password RAR

Jika sudah mengetahui beberapa informasi mengenai RAR, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara membuka RAR yang terproteksi dengan password? Apakah ada cara yang bisa menyelamatkan file di dalamnya sehingga bisa digunakan untuk keperluan tertentu?

Kasus ini sepertinya menjadi permasalahan umum seandainya kalian memasukkan password untuk memproteksi berkas file di dalamnya. Namun ternyata ketika akan dibuka, lupa password tersebut. Memang masalah ini cukup klasik apabila dilihat dari kronologisnya, karena pemilik lupa password dan tidak menyimpan password pada catatan agar tidak lupa.

Bagi kalian yang mengalami kasus seperti itu, sebaiknya jangan panik dan tetap tenang karena di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan hingga berkas file di dalamnya bisa terbuka. Berikut ulasan cara membuka password RAR :

1. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Cara membuka password RAR yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga khusus untuk membuka file RAR yang terproteksi. Aplikasi yang dimaksudkan adalah iSumsoft RAR Password Refixer yang disinyalir bisa membobol file RAR yang telah disematkan password sehingga menjadi terkunci. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini :

  • Download terlebih dahulu aplikasinya di situs resmi iSumsoft dengan alamat : www.isumsoft.com/RAR-password-refixer/
  • Silakan install aplikasinya pada perangkat laptop atau komputer.
  • Setelah terpasang, selanjutnya tinggal di jalankan saja aplikasinya.
  • Pada tampilan pertama, ada ikon seperti folder bertuliskan ‘Open’. Ikon ini adalahi mana ikon tersebut adalah tools yang berfungsi untuk memanggil file RAR yang terproteksi. Tujuannya, agar bisa di buka dengan menggunakan aplikasi iSumsoft RAR Password Refixer. Silakan klik ikon tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah dengn mengatur ‘Type Of Attack’ di mana pada bagian ini khusus untuk meretas file RAR yang terproteksi dengan password. Untuk tipe basic, kalian bisa menggunakan Brute Force.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pembobolan file RAR tersebut selesai. Namun perlu diingat, ketika proses sedang berlangsung, jangan sekali-kali menutup aplikasinya karena proses yang sedang berjalan akan berhenti dan kalian harus memulainya kembali dari awal.
  • Apabila prosesnya sudah selesai, maka password file RAR tersebut akan muncul kembali.
  • Terakhir tinggal copy paste password tersebut pada file RAR tadi dengan menggunakan aplikasi WinRAR atau WinZIP.
  • Berkas file yang terproteksi berhasil di buka.

2. Menggunakan Aplikasi RAR Password Unlocker

Cara membuka password RAR selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi RAR password Unlocker. Fungsinya sama saja dengan aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hanya saja, untuk aplikasi ini langkah-langkahnya cukup mudah dilakukan dengan tampilan yang sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai memproses file RAR yang terproteksi oleh password :

  • Instal terlebih dahulu aplikasinya yang bisa di dapatkan melalui situs resminya yaitu : www.id.ccm.net. Akan tetapi, kalian harus ingat bahwa aplikasi ini berbayar. Ini artinya jika kalian mendownload versi gratisnya, maka hanya memiliki fitur terbatas. Namun tenang saja, walaupun menggunakan versi terbatas tetap bisa memanfaatkannya untuk membuka password file RAR.
  • Setelah di download aplikasinya, selanjutnya tinggal instal lalu buka aplikasi tersebut.
  • Pada jendeal pertama dari aplikasi RAR password Unlocker, klik open (ikon tanda plus) yang berada di sebelah kiri atas.
  • Carilah file RAR yang akan kalian buka passwordnya.
  • Selanjutnya, pilihalah 1 dari 3 metode yang tersedia pada aplikasi tersebut. Karena kalian ingin membuka pasword pada RAR, maka pilihlah metode brute-force.
  • Berikutnya tinggal pilih opsi RAR password recovery.
  • Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya telah selesai.
  • Nanti akan ada jendela informasi yang muncul pada layar yang memberitahukan mengenai informasi password untuk membuka file tersebut.
  • Silakan copy password, lalu paste kan pada kolom password pada file RAR yang di proteksi dengan password tersebut.

3. Memakai Password Recovery Expert

Satu lagi aplikasi untuk membuka file RAR yang terproteksi password yaitu dengan menggunakan Password Recovery Expert. Kalian bisa menggunakan aplikasi Password Recovery Expert dengan langkah berikut :

  • Download aplikasi Password Recovery Expert yang bisa kalian dapatkan di mesin pencarian.
  • Selanjutnya setelah di download, silakan untuk menginstalnya agar aplikasi terpasang pada perangkat laptop atau komputer.
  • Buka aplikasinya, lalu klik tombol open yang ada di deretan menu pada aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya tinggal memilih metode peretasan password yang akan kalian gunakan.
  • Berikutnya tinggal klik tombol ‘start’ untuk memulai prosesnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses peretasan selesai.
  • Jika sudah selesai, biasanya password dari file RAR tersebut akan muncul.
  • Silakan copy lalu paste kan pada file RAR yang ingin kalian buka untuk melihat berkasi file yang terproteksi di dalamnya.

Itulah 3 cara membuka password RAR yang bisa kalian lakukan dengan sangat mudah menggunakan berbagai macam aplikasi khusus untuk membuka proteksi RAR. Selamat mencoba!