Cara Cek Ongkir JNE

Apakah Anda ingin mengirim barang menggunakan layanan JNE? Apa anda juga ingin mengetahui cara cek ongkir JNE?

JNE merupakan perusahaan jasa pengiriman dan logistik atau biasa dikenal dengan istilah ekspedisi yang menjadi salah satu penyedia jasa pengiriman terbesar di Indonesia. Saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 6,000 lokasi.

Layanan Pengiriman JNE

Lalu apa saja layanan yang disediakan oleh JNE? Berikut ini beberapa layanan dari JNE:

  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), adalah layanan pengiriman JNE yang menawarkan Anda layanan dengan biaya ekonomis. Layanan ini memanfaatkan transportasi cargo udara dan angkutan darat yang menghubungkan kota-kota besar, ibu kota propinsi hingga Kabupaten.

Layanan ini menjanjikan paket sampai tujuan 5-7 hari setelah dikirim. Layanan OKE ini khusus melayani kiriman barang dengan ukuran besar atau berat. Layanan inin tidak melayani pengantaran pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali.

  • REG (Regular), yakni layanan pengiriman paket secara cepat, aman dan handal sampai ke pelosok Indonesia. Layanan Regular hanya berlaku pada hari kerja, dan tidak melayani pengantaran paket/dokumen pada hari Minggu dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali.

JNE tidak memberikan batasan lamanya waktu pengiriman layanan Regular, namun secara umum paket regular membatasi waktu pengiriman antara 3-5 hari, tergantung lokasi tujuan paket.

  • YES (Yakin Esok Sampai), merupakan layanan pengiriman premium yang menjanjikan waktu pengiriman paket sampai tujuan dalam waktu 1 hari setelah dikirim, termasuk pada hari Minggu dan libur nasional.

Jadi jika hari ini kirim, besok kiriman sampai. Sebagai bentuk tanggung jawab atas kualitas layanan ini, JNE memberikan jaminan berupa uang kembali (biaya kirim) jika barang kiriman tidak terantar pada keesokan harinya lewat dari pukul 23.59.

  • SS (Spesial Service), atau diisebut juga Super Speed. Yaitu layanan pengiriman yang menjanjikan waktu pengiriman paket sampai tujuan pada hari yang sama.

Layanan ini menggunakan transportasi udara (direct flight) atau darat langsung ke tujuan, sepanjang jadwal penerbangan tersedia. Target waktu penyampaian kiriman dengan layanan SS adalah 24 jam sejak saat penjemputan di tempat pengirim.

  • Diplomat Service, layanan khusus dari JNE untuk pengantaran peka waktu atas barang berharga/bernilai tinggi, termasuk dokumen penting, yang menuntut pengamanan optimal.

JNE menyediakan petugas khusus untuk layanan ini, yang selalu siap mengantarkan sendiri (hand carry) barang kiriman dengan menggunakan moda transportasi tercepat. Petugas khusus tersebut akan menerapkan pengawasan ketat mulai saat penjemputan di lokasi pengirim, pengantaran, sampai serah terima di lokasi penerima.

  • JNE Trucking atau JTR, layanan yang disediakan oleh JNE untuk pengiriman barang dalam jumlah yang besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif.
  • JNE Money Remittance, layanan pengiriman uang oleh JNE yang bekerjasama dengan perusahaan kelas dunia bidang pengiriman uang, Western Union.

Hanya dalam hitungan menit, uang/dana dapat dikirim dan diterima melalui jaringan Western Union di seluruh dunia termasuk jaringan JNE di seluruh Indonesia.

Selain itu, JNE juga mengembangkan layanan kurir dalam kota yang meliputi :

  • JESIKA atau jemput ASI seketika adalah layanan inovasi dari JNE untuk melayani kebutuhan ibu-ibu menyusui tanpa menghalangi aktivitas sehari-hari, dengan melakukan penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga pengantaran ke tempat tujuan.
  • JNE Pelikan, layanan Amplop Pra Bayar khusus untuk pengiriman dokumen, compact disc (CD) atau kartu undangan dengan berat maks 1 kg dan dimensi ukuran maksimal A4 dengan alamat tujuan dalam kota.

Setelah mengetahui apa saja layanan yang tersedia pada ekspedisi JNE, tentu Anda ingin mengetahui cara cek ongkir JNE.

Cara Cek Ongkir JNE

Cara Cek Ongkir JNE
Cek Ongkir JNE | IMG: Freepik.com

Berikut ini beberapa caranya:

Cek Ongkir melalui Datang langsung ke gerai JNE terdekat

Cara Pertama untuk mengetahui ongkir dari paket yang akan dikirim menggunakan jasa JNE, yakni dengan cara langsung datang ke gerai JNE.

Ini merupakan cara paling simpel untuk Anda yang berjarak dekat dengan gerai JNE di daerah. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada kasir disana mengenai hal-hal yang sekiranya masih ingin ditanyakan.

Dan juga, Anda bisa tau berapa ukuran dan berat dari paket yang akan dikirim secara rinci dan akurat disana apabila Anda belum cek berat serta ukurannya di rumah.

Cek Ongkir JNE via laman situs resmi JNE

Selain melalui cara diatas, ada alternatif lainnya jika ternyata jarak gerai JNE di daerah Anda jauh, yaitu mengecek ongkir melalui laman website resmi dari JNE. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dan lainnya) pada perangkat Anda baik Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah selanjutnya, ketik “ https://www.jne.co.id/id/ “ pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari.
  • Berikutnya, setelah Anda dibawa ke laman websitenya, cari kolom Tarif Kiriman.
  • Isi kolom Kota dimana paket dikirim, Kota Tujuan paket, dan Berat paket (dalam satuan KG). Setelah itu klik tombol Cari.
  • Setelahnya, Masukkan Kode Captcha yang ada dengan benar, pastikan Anda memasukan huruf besar dan kecilnya dengan sesuai.
  • Selanjutnya, Anda akan diberikan informasi tentang layanan yang tersedia beserta ongkos kirimnya dan juga estimasi pengirimannya.

Pada website JNE, Anda juga bisa melacak paket via nomor resi, dan lokasi gerai terdekat, dan melalukan booking, Pick Up, dan Jemput Antar (kecuali layanan khusus JTR).

Cek Ongkir melalui aplikasi My JNE

Selain mengecek melalui website, Anda juga dapat mengecek ongkir dari JNE Trucking melalui mobile app untuk Anda pengguna Android maupun iOS yang dapat diunduh melalui Google Playstore maupun AppStore.

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi MY JNE untuk cek ongkir:

  • Buka aplikasi Google Playstore (pengguna Android) ataupun AppStore (pengguna iOS) untuk Anda yang belum menginstal aplikasi MY JNE, lalu klik Install.
  • Jika aplikasi MY JNE telah terpasang, buka aplikasi MY JNE.
  • Pada saat pertama kali Anda membuka aplikasi MY JNE, Anda akan langsung diminta beberapa persetujuan untuk mengizinkan aplikasi mengakses beberapa perangkat seperti GPS, Kamera, Microfon, File Manager, dan juga Kontak.
  • Masuk menggunakan nomor telepon untuk pendaftaran, lalu klik mulai.
  • Lalu, masukan nama dan juga alamat email yang kamu punya.
  • Setelah melewati tahapan tadi, Anda akan dibawa ke halaman utama dari Aplikasi MY JNE.
  • Pada halaman utama, terdapat beberapa pilihan menu yang bisa kamu akses seperti Cek Resi, Cek Tarif, JNE Nearby, myJOB, dan lainnya.
  • Pilih menu Cek Tarif untuk mengecek tarif paket yang akan kamu kirim.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah isi kolom Kota Asal, Tujuan, dan Berat dari paket.
  • Lalu klik tombol Cek
  • Selanjutnya, Anda akan diberikan informasi tentang layanan yang tersedia beserta ongkos kirim, lama estimasi untuk kiriman Anda.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang cara cek ongkir JNE yang dapat kami jelaskan, baik melalui datang ke gerai JNE secara langsung, via situs resmi, maupun aplikasi MY JNE. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi