Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus

Mungkin kita pernah mendapatkan DM IG, namun tidak dapat membacanya karena telah dihapus pengirim. Sebagian orang mungkin membiarkannya, tapi bagaimana jika kita kepo ingin melihat isinya? Kalian bisa coba cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus.

DM Instagram adalah direct message yang fungsinya sama seperti inbox atau messenger di Facebok. Dengan adanya fitur ini, kalian bisa saling berkirim pesan dengan pengguna IG lainnya tanpa diketahui isi percakapannya oleh semua orang atau pengguna IG lainnya.

Kalian bisa berkirim pesan gambar/foto, teks, video maupun lokasi di DM Instagram. Saat dikirimi pesan DM oleh seseorang dan kalian penasaran ingin melihatnya tapi pesan tersebut tidak bisa dilihat karena dihapus, kini kalian bisa mencoba triknya.

Ada trik cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus jika kalian penasaran dengan isi pesan tersebut. Bahkan metodenya bervariasi, kalian hanya perlu memilih salah satunya saja.

Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus

Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus
Melihat DM IG yang Sudah Dihapus

Saat menghapus DM pada aplikasi Instagram, sebenarnya pesan tersebut tetap tetrsimpan pada server IG. Oleh sebab itu, apabila kalian ingin melihat DM IG yang telah dihapus bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. IG sendiri menyediakan fitur pengiriman permintaan unduhan datta.

Bahkan di internet ada beberapa situs web menawarkan pemulihan DM IG. Akan tetapi,  sebaiknya kalian mengeceknya terlebih dahulu karena dikhawatirkan penipuan. Jika salah saja memilih situs web tersebut, bisa-bisa akun IG kalian diretas.

Terkait:  Cara Download Foto Profil IG Tanpa Aplikasi

Kalian harus waspada apabila situs web tersebut meminta nama pengguna dan kata sandi akun IG. Bisa jadi situs web tersebut adalah hacker. Silahkana ikukti tahapan cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus berikut :

Metode 1 : Melalui Situs Web

Kalian masih bisa memulihkan DM yang telah terhapus di platform IG. Cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus lewat situs web, bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini :

1. Akses Menu Pengatura

  • Buka IG lewat web browser di PC atau laptop atau bisa juga via hp yang dipakai.
  • Login ke akun IG kalian dan masuk ke opsi Pengaturan.
  • Di jendela popup, tekan pilihan bertuliskan Privacy and Security.
  • Gulir layar ke bawah, temukan opsi download data.
  • Silahkan klik request download, kemudian lakukan verifikasi untuk identitas.
  • Jika sudah, masukkan akun email untuk mendapatkan link ke dalam file dengan komentar, foto, informasi profil maupun data lainnya.
  • Kemudian tekan next.

2. Proses Pengiriman Data Akun via Email

Untuk tahapan kedua, kalian bisa melanjutkan ke proses pengiriman data akun via Email, berikut ini :

  • Inputkan password, lalu tekan sekali lagi opsi Request Download.
  • Selanjutnya, IG akan langsung mengirimkan semua data akun via email yang ditautkan ke IG.
  • Buka pesan masuk email, kalian akan melihat pesan dengan subjek bertuliskan Your Instagram Data.
  • Silahkan buka emailnyaa dan tekan download data.

3. Data yang Terunduh Masuk ke Memori Hp

Tahapan cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus berikutnya, data yang telah terdownload berbentuk file ZIP akan masuk ke memori Hp. Silahkan ekstrak file lalu buka foldernya. Kalian dapat memakai text editor dan melihat direct message yang telah terhapus di IG.

Terkait:  Cara Verifikasi Akun Instagram

Metode 2 : Mengirimkan Permohonan Unduh Data Akun IG

Untuk proses ini sebenarnya bisa dikatakan cukup rumit, sebab kalian harus mengirimkan permohonan untuk mengunduh DM IG yang terhapus ke Instagram. Namun tentu saja pihak IG tidak akan langsung membalas pesan kalian, jadi harus menunggu terlebih dahulu.

Walaupun cukup rumit, tidak ada salahnya mencoba  cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus ini. Kelebihan cara ini adalah data yang diperoleh lebih lengkap. Karena kalianbisa meminta berbagai macam data seperti file story, foto, video hingga DM Instagram yang terhapus.

  • Buka Instagram Apps, silahkan masuk ke akun IG kalian.
  • Pilih Pengaturan atau Setting di akun IG.
  • Cari opsi Privacy and Security.
  • Gulir layar dan cari data download, tekan request download di bagian bawah.
  • Masukkan alamat email kalian yang sudah tertaut ke IG.
  • Tunggu sampai 48 jam atau 2 hari.
  • Jika sudah, data yang kalian minta akan langsung dikirimkan via email yang telah terkoneksi akun IG.

Metode 3 : Memakai Akun Facebook

Kalian juga dapat mencoba mengembalikan DM Instagram yang telah terhapus memakai akun FB, asalkan sudah menautkan akun FB dengan IG. Mengingat Instagram kini telah diakuisisi oleh Facebook. Ini langkah  cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus lewat akun FB, berikut caranya :

  • Hubungkan akun IG pada akun Facebook.
  • Jika sudah, buka akun FB lewat browser di smartphone. Namun tidak dianjurkan untuk membukanya memakai aplikasi FB.
  • Silahkan login ke akun FB kalian. Jika sudah terbuka, pilih inbox di samping kiri ada ikon DM, klik lalu buka direct message IG yang sudah terhapus sebelumnya.

Metode 4 : Meminta Mengirimkan Ulang DM Instagram ke Pengirim

Metode ini adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan. Kalian bisa meminta pengirim untuk mengirimkan DM IG kembali. Namun yang perlu dilakukan ialah dengan cara menjelaskan alasan kenapa DM tersebut terhapus atau dihapus.

Terkait:  Cara Membagikan Postingan IG ke Story

Jika beberapa metode di atas masih belum dapat dilakukan, kalian bisa memakai cara paling mudah. Jadi, jangan ragu meminta bantuan ke pengirim untuk meminta mengirimkan direct message IG kembali.

Metode 5 : Memakai Aplikasi External

Cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus selanjutnya bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut aplikasi yang bisa kalian coba :

1. Memakai Aplikasi Json Genie

Salah satu aplikasi yang bisa kalian coba untuk mengembalikan DM IG adalah dengan memakai aplikasi Json Genie. Hanya saja, aplikasi Json Genie hanya dapat digunakan di android.

Mengingat data yang dapat dikirimkan IG lewat email dalam format Json. Oleh karenanya jika ingin melihat DM Instagram yang terhapus kalian bisa menggunakan aplikasi ini. Berikut ulasannya :

  • Download Json Genie terlebih dahulu.
  • Lakukan instal aplikasi dan buka aplikasinya.
  • Silahkan cari folder berisi data IG. Biasanya folder tersebut bertuliskan message.json.
  • Jika sudah menemukan data tersebut, buka memakai text.

2. Melalui iMyFone Dback

Ini adalah aplikasi khusus pengguna iPhone. Aplikasi ini berguna untuk mengendalikan direct message yang dihapus di IG. Selain itu, aplikasi iMyFone Dback juga dapat dipakai di Macbook dan Windows.

Oleh sebab itu, bagi para pengguna iphone kalian tidak perlu lagi khawatir kehilangan data. Selain dapat mengembalikan DM Instagram yang terhapus. Kalian juga bisa mengembalikan seluruh data chat, foto dan video dari iPhone.

Dengan banyaknya  cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus yang dapat kalian coba, tentu semakin leluasa memilih opsi yang paling mudah. Namun supaya lebih aman, kalian bisa mengakses menu pengaturan atau meminta kembali data DM IG yang telah terhapus atau dihapus pengirimnya. Selamat mencoba!

 

Related posts