Cara Cek NIK Telkomsel

  • Whatsapp

Apakah anda merupakan pengguna kartu Telkomsel? Anda ingin mengetahui NIK digunakan untuk berapa nomor kartu seluler?

Saat ini, untuk Anda pengguna perangkat seluler wajib hukumnya melakukan registrasi ulang nomor telepon apapun itu alasannya, apapun itu operatornya.

Read More

Sebenarnya, registrasi kartu operator sebenarnya sudah dari lama diberlakukan di Indonesia. Namun, sistemnya masih tidak terstruktur sehingga pengguna masih dapat melakukan registrasi dengan data yang tidak sesuai. Hal ini memicu sebagian pengguna perangkat seluler berganti-ganti nomer telepon sesukanya tanpa terkontrol.

Di era digital saat ini, hal tersebut tentunya akan menjadi hal yang cukup berbahaya dan beresiko tinggi. Bahkan jika melihat ke belakang di beberapa tahun sebelumnya saja, kemudahan berganti kartu dapat dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan seperti penipuan dengan mudah.

Melihat hal tersebut, pemerintah melalui Kemenkominfo akhirnya memberlakukan registrasi ulang kartu kepada semua pelanggan operator seluler di Indonesia. Bahkan, beberapa operator juga menawarkan bonus menarik jika pengguna mau melakukan registrasi ulang kartu yang digunakannya.

Lantas, apa dampaknya jika pengguna tidak melakukan registrasi ulang nomor telepon menggunakan NIK?

Terdapat sekiranya empat tahapan pemblokiran yang akan dilakukan oleh pemerintah, yakni:

Blokir panggilan keluar dan SMS, pada tahap awal, apabila pengguna tidak meregistrasi ulang,  konsekuensinya adalah tidak dapat melakukan panggilan keluar dan mengirimkan SMS. Jangka waktu yang ditetapkan yakni selama tiga puluh hari.

Blokir panggilan masuk dan SMS Dalam 30 hari selanjutnya, pemblokiran ini dilakukan terhadap layanan menerima panggilan telepon dan SMS. Namun, kartu SIM masih bisa digunakan untuk mengakses internet.

Blokir total Setelah 15 hari, jika pelanggan ternyata masih belum juga melakukan registrasi, pemerintah akan memblokir kartu SIM seluruhnya sehingga tidak bisa digunakan.

Terkait:  Cara Cek No Indosat

Registrasi ulang kartu SIM bisa dilakukan melalui format SMS. Selain itu, pelanggan juga bisa melakukan registrasi melalui situs resmi operator seluler, call center, dan datang langsung ke gerai resmi operator.

Registrasi kartu baru dan registrasi SIM card ulang, bertujuan untuk menjaga validasi identitas pelanggan yang dijamin terlindungi datanya. Registrasi kartu yang sebelumnya sudah dilakukan pelanggan tidak dilengkapi proses validasi dengan data NIK dan No KK.

Namun nyatanya, setelah melakukan pendaftaran ulang nomor, masih banyak pengguna yang belum tahu cara mengecek registrasi NIK di layanan operator yang digunakan.

Pengecekan nomor yang telah teregistrasi sangatlah penting, hal ini untuk menghindari kasus Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) ternyata dipakai orang lain untuk mendaftarkan kartu prabayar yang bukan pemilik asli dari NIK dan KK.

Bagi Anda pengguna Telkomsel, berikut ini cara cek NIK Telkomsel yang dapat anda lakukan, sebagai berikut.

Cara Cek NIK Telkomsel

Cara Cek NIK Telkomsel
Cek NIK Telkomsel

Cek NIK di Telkomsel dengan Dial Phone

Cara paling umum sekaligus mudah untuk melakukan pengecekan apakah nomor telepon sudah teregistrasi atau belum adalah dengan cara menggunakan kode panggilan *444# melalui menu dial phone pada perangkat smartphone Anda.

Selain dapat mendaftarkan ulang kartu, melalui menu kode panggilan ini, Anda dapat mengecek apakah nomornya sudah terdaftar apa belum.

Untuk melakukan pengecekan registrasi nomor Telkomsel Anda dengan menggunakan NIK di semua layanan Telkomsel, pelanggan hanya perlu membuat panggilan dengan menggunakan kode panggilan yang tadi telah disebutkan.

Langkah selanjutnya, setelah masuk ke Layanan Registrasi, Anda hanya perlu memilih menu Cek Status Registrasi dengan memasukkan nomor 2 pada kolom dan menekan tombol Send. Setelah itu, Anda nantinya akan memperoleh SMS yang berisi informasi mengenai status registrasi dari nomor yang digunakan.

Terkait:  Cara Cek Nomor Smartfren

Jika Anda mendapatkan informasi mengenai status nomor belum melakukan registrasi, langkah yang meski Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pesan pada smartphone
  • Buat Pesan baru, masukan isi pesan dengan format Reg<spasi>NIK#NomorKK#
  • Kirim Pesan ke nomor 4444
  • Apabila SMS dinyatakan valid maka dalam waktu 1×24 jam nomor perdana akan diaktifkan oleh operator seluler.

Cek NIK di Telkomsel melalui Website

Selain melalui cara diatas, Anda juga bisa mengecek registrasi NIK melalui website resmi dari Telkomsel. Anda bisa melakukan pengecekan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka browser yang tersedia (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dan lainnya) melalui perangkat Anda baik itu PC/Laptop maupun Smartphone.
  • Langkah selanjutnya, ketik “ https://telkomsel.com/cek-prepaid “ pada kolom pencarian, lalu klik tombol cari. Tunggu hingga anda masuk ke websitenya.
  • Buka halaman Cek Data Registrasi Pelanggan Prabayar di laman web Telkomsel
  • Isi kolom Nomor Handphone dan NIK (Nomor KTP) sesuai dengan data registrasi yang digunakan.
  • Kemudian pilih tombol Dapatkan Password.
  • Password akan dikirim melalui SMS, jika suda dapat SMS maka masuk password yang diperoleh ke kolom Password.
  • Setelah semua data terisi, pilih tombol Cek Nomor Saya.

Perlu untuk Anda perhatikan, bahwa untuk menggunakan layanan cek registrasi NIK melalui website resmi Telkomsel, Anda harus memasukkan password yang diperoleh dari SMS dengan segera. Hal tersebut dikarenakan password yang telah dikirimkan melalui SMS tersebut hanya berlaku selama 3 menit saja.

Cara Unreg SIM Card Telkomsel

Selain melakukan registrasi, ada juga hal mengenai pembatasan registrasi sendiri oleh pelanggan, yaitu maksimal  tiga nomor dari operator seluler yang sama untuk satu pasangan nomor NIK dan KK.   Sebenarnya, Anda bisa mendaftarkan lebih dari tiga nomor,  tetapi Anda harus mendatangi gerai operator seluler Telkomsel yaitu Grapari.

Terkait:  Cara Cek Masa Tenggang Smartfren

Fitur Unreg ini sebenarnya memiliki fungsi untuk menonaktifkan registrasi salah satu kartu yang sudah didaftarkan apabila Anda ingin meregistrasi nomor baru sementara jumlah maksimal tiga nomor sudah tercapai.

Untuk rekaman histori pada pemakaian kartu nantinya akan tetap tersimpan setelah registrasi dibatalkan oleh pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menekan angka penyalahgunaan kartu, seperti penyebaran SMS spam.

Untuk langkah-langkah melakukan fitur Unreg Telkomsel dapat dilakukan melalui Dial Phone, caranya Ketikkan kode USSD *444# pada menu Telepon, lalu tekan “dial” menggunakan SIM Telkomsel, tunggu hingga muncul Pilihan Menu dan pilih opsi “UnReg”.

Selain dengan cara Dial Phone, Anda juga bisa membatalkan registrasi (unreg) dengan mengunjungi Grapari terdekat di Kota Anda.

Selain Telkomsel, kami juga akan berikan cara memeriksa status registrasi ataupun membatalkan registrasi operator lainnya sebagai berikut:

Hutchinson TRI

Cek Status Registrasi : Kunjungi situs “https://registrasi.tri.co.id/ceknomor” atau kirim SMS “status” (tanpa tanda kutip) ke nomor 4444.

Unreg : Kunjungi situs https://registrasi.tri.co.id, pilih opsi “UnReg”.

XL Axiata / Axis

Cek Status Registrasi: Ketikkan kode USSD *123*4444# di aplikasi telepon, lalu tekan “dial”.

Unreg : Kirim SMS dengan format UNREG#, atau ketik kode USSD *123*4444# di aplikasi telepon dan tekan “dial”.

Indosat Ooredo

Cek Status Registrasi : Kirim SMS dengan format INFO#No_NIK (INFO# langsung diikuti nomor NIK) atau INFO#MSISDN ke 4444.

Unreg : Kirim SMS dengan format UNPAIR#No_hp# ke 4444.

Kesimpulan

Nah, demikian informasi mengenai cara cek NIK Telkomsel, maupun operator lainnya beserta cara unreg. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Related posts