Cara Live IG di PC

Cara Live IG di PC

Live Instagram adalah salah satu fitur yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna di IG untuk berbagai kebutuhan. Menjadi fitur kedua terpenting setelah IG Story. Menariknya lagi, kamu bisa memakai cara live IG di PC dengan mudah.

Mungkin selama ini banyak pengguna Instagram yang mengetahui bahwa live IG hanya dapat dilakukan via hp. Justru sebenarnya melakukan live streaming di Instragram via hp lebih rumit jika dibandingkan melalui PC, bahkan kamu kesulitan untuk menerima chat di media sosial lainnya.

Read More

Namun jika kamu menggunakan fitur live Instagram melalui PC, maka tetap bisa menjalankan aplikasi media sosial lainnya di hp. Melalui cara live IG di PC, bisa membuat tampilan live fullscreen yang lebih memuaskan.

Cara Live IG di PC

Cara Live IG di PC
Tutorial Live IG di PC

Tutorial Live IG di PC

Aktivitas live Instagram di PC biasanya dimanfaatkan sebagai ajang seru-seruan bersama teman ketika sedang nongkrong atau saat melakukan aktivitas tertentu. Dengan memanfaatkan fitur live IG, pengguna dapat membagikan keseruan tersebut kepada followers-nya di Instagram.

Akan tetapi, untuk aktivitas yang bersifat resmi atau untuk promosi, kamu bisa menggunakan cara live IG di PC. Prosesnya menjadi lebih simpel, mudah, serta lebih leluasa. Karena kamu tetap bisa melakukan beberapa aktivitas via hp.

1. Melalui YellowDuck.TV

Aplikasi YellowDuck.TV termasuk salah satu aplikasi yang dapat dijadikan platform untuk cara live IG di PC. Banyak orang yang belum mengetahui aplikasi ini, karena memang jarang sekali digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Untuk menggunakan YellowDuck.TV sebagai plaform live di IG, ada beberapa langkah yang bisa dikerjakan :

  • Dapatkan aplikasinya di situs web resmi, kemudian download.
  • Masuk ke browser, disana ada tulisan ‘download‘. Cara lainnya, opsi ‘download’ dapat ditemukan di folder dalam penyimpanan di PC/laptop.
  • Silahkan cari YellowDuck.tv yang berformat .exe, setelah mendownload aplikasinya tadi.
  • Masuk ke file exe tadi, lalu install aplikasinya.
  • Setelah terpasang di PC/laptop, klik dua kali aplikasi YellowDuck.TV dan mulai menjalankannya.
  • Di beranda aplikasi, cek halaman untuk login ke akun IG, silahkan isi password beserta username akun IG kamu.
  • Tekan tombol bertuliskan ‘log in & start’.
  • Setelah masuk ke akun IG, silahkan mulai aktivitas live streaming.

2. Melalui Xsplit

Selain cara live IG di PC melalui Yellow.Duck TV, ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk live Instagram yaitu Xsplit. Cara kerja aplikasi ini sangat cepat dan mudah digunakan untuk membantumu live IG via PC atau laptop. Silahkan unduh aplikasi dan buat akun untuk live, atur akun live, lalu silahkan live di Instagram. Lakukan beberapa penyesuaian atau pengaturan lanjutan di aplikasinya supaya lebih baik.

3. Melalui Open Broadcast Software

Menggunakan Open Broadcast Software (OBS) ke dalam cara live IG di PC sebenarnya cukup rumit. Namun tidak ada salahnya jika mencoba aplikasinya. Bahkan kamu bisa mengunduh IG story live untuk dibagikan kembali.

  • Silahkan install aplikasi OBS terlebih dahulu ke laptop. Sesuaikan versi OBS tergantung OS laptop, baik itu Mac OS atau Windows.
  • Unduh beberapa file, berupa Tools Live Instagram, PHP for Windows dan Curl. File tersebut biasanya telah tersedia di situsnya.
  • Semua file atas diinstall ke format .exe lalu satukan seluruh file dari hasil download dalam satu folder, bedakan untuk file OBS.
  • Lakukan ekstrak lau instal file InstalComposer-Setup.exe dan Tool Live IG.exe.
  • Cukup lewati opsi ‘Developer Mode’, masuk ke dalam ‘Choose The Command Line’.
  • Pilih folder bernama ‘Instagram live-PHP-Master’, pada ‘Config.php’ silahkan klik kanan dan pilih ‘open’.
  • Pilih ‘Select a program from a list of installed program’, lalu klik ‘OK’.
  •  Silahkan isi ‘username’ beserta ‘password’ untuk login ke akun IG.
  • Masuk ke ‘PHP for Windows’ hasil ekstrak tadi, lalu klik ‘php.exe’. Jika file tersebut tidak ditemukan, tekan ‘php.exe-production’, ganti namanya ‘php.exe’.
  • Pindahkan file ‘cacert.pem’ ke dalam folder dan berinama ‘ssl’.
  • Di dalam laptop/PC buka CMD da ketikkan ‘C:InstagramLive-PHP-Master’ (tidak menggunakan tanda petik), klik ‘Enter’.
  • Ketikkan tulisan ‘mgp35/Instagram-php-react/child-process’ di pilihan composer require, tekan enter. Tunggu sampai selesai proses download.
  • Ketik ‘php f goLive.php’ lalu tekan enter. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan kode berupa Stream Key yang nantinya dapat dilakukan untuk melihat live.
  • Buka OBS, lalu masuk ke dalam ‘File’, pilih ‘Settings’, serta tekan ‘Stream’.
  • Pada opsi ‘Stream Type’, pilih opsi ‘URL Stream Key’ dan ‘Custom Streaming Server’, isi menggunakan ‘tmp://live-upload.instagram.com:80/rtmp/’ (hilangkan tanda petik).
  • Isi kode untuk Stream Key menggunakan kode yang telah didapatkan. Kini live IG di komputer/PC sudah siap.
  • Untuk membagikan live IG, akses Command Line CMD lalu enter. Tujuannya untuk mengatur live IG yang berlangsung.
  • Jika ingin mengakhiri live,ketik ‘STOP’ di ‘PHP Command Line’, selanjutnya tekan enter.

4. Melalui Tools Vmix

Vmix adalah tools atau software yang mempunyai fungsi hampir sama seperti OBS. Kamu dapat memilih aplikasi ini untuk melakukan live streaming di PC menggunakan tampilan yang lebih jernih atau berkualitas HD. Aplikasi Vmix memungkinkan aktivitas live di IG menjadi lebih praktis dan mudah.

Tapi jika ingin mendapatkan fitur lebih lengkap, silahkan beli aplikasinya terlebih dahulu.

Kelebihan Layanan IG Instagram

Dengan cara live IG di PC, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Karena live di Instagram memberikan keuntungan berikut ini :

1. Branding Perusahaan

Fitur live Instagram, termasuk salah satu fitur terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk branding. Para pelaku usaha saat ini dituntut harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, jadi harus memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di media sosial. Salah satunya adalah fitur live diInstagram.

Fitur ini berpeluang menarik calon klien/pembeli untuk memperkenalkan perusahaan atau branding. Selain itu, dapat dijadikan promo gratis paling efektif. Silahkan susun strategi dan konsep promosi yang akan dilakukan dengan menggunakan live IG.

Dengan semakin menarik konsep dan strategi yang kamu terapkan, bukan hal mustahil untuk mendatangkan konsumen yang tertarik dengan produk atau layanan bisnismu.

2. Menunjukkan Value Perusahaan

Melakukan branding perusahaan diperlukan berbagai macam strategi. Strategi yang diterapkan salah satunya dengan mengadakan live IG. Kamu bisa menunjukkan value perusahaan ke khalayak ramai dengan cara gratis melaluifitur ini.

Buat konsep menceritakan tentang beberapa keunggulan yang dimiliki perusahaan, tambahkan softselling tanpa kesan memaksa orang untuk mengetahui bisnismu.

3. Interaksi Dengan Calon Pembeli

Live Instagram merupakan fitur yang sederhana dan fleksibel. Ketika melakukan live di IG, kamubahkan dapat berinteraksi bersama calon pembeli secara langsung. Bukan hanya berbicara sendiri saat live, fitur video call di IG juga dapat dimanfaatkan untuk bisa saling bertatap muka bersama calon pembeli.

Kemudahan menggunakan live Instagram dan keunggulannya sangat layak dimanfaatkan bagi para pelaku bisnis. Oleh karena itu, untuk menampilkan konten live yang sempurna, kamu bisa mencoba cara live IG di PC dengan konsep yang dibuat semaksimal mungkin.

Related posts