Cara Cek Masa Aktif Kartu simPATI

Bicara tentang kartu Simpati, tentunya provider satu ini sudah tak lagi asing di telinga para pengguna ponsel. Selaku provider jaringan data seluler yang sangat banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, telkomsel hadir dengan menawarkan kualitas jaringan yang sangat baik dan juga stabil, terlebih untuk kualitas internetnya.

Itulah mengapa saat ini banyak sekali pengguna Ponsel pintar ataupun ponsel pada umumnya yang menggunakan provider Simpati untuk menunjang aktifitas mereka. Mulai dari melakukan aktivitas telepon, berkirim SMS, dan menikmati paket internet lain dari Telkomsel yang mana harganya sangat amat terjangkau.

Tak cuma itu aja, telkomsel juga hadir dengan layanan Telkomsel Poin, yang mana nantinya pengguna bisa menukarkan Telkomsel Poin mereka dengan beragam reward yang di yang disediakan, seperti diskon untuk membeli paket data internet, promo untuk berbelanja, atau bahkan yang lainnya.

Walaupun demikian, ada saja pengguna yang tidak memperhatikan masa aktif kartu mereka. Padahal sebagaimana kita tahu, apabila kartu sudah melewati masa aktif atau masa tenggangnya, tentu saja kita tidak bisa menggunakan kartu tersebut untuk melakukan komunikasi seperti, melakukan panggilan keluar, berkirim pesan SMS, atau bahkan menerima panggilan.

Jika hal ini terjadi, makan nantinya kartu kita akan terblokir sehingga tak lagi aktif, dan sangat menjadi hal yang sangat menyebalkan, terlebih untuk mereka yang sudah memiliki relasi, atau bahkan nomor mereka sudah disimpan oleh banyak orang untuk keperluan bisnis.

Mungkin kita bisa saja menggunakan WhatsApp sebagai pengganti telepon, namun bagaimana ketika kita mungkin sedang kehabisan paket internet, atau sedang berada di dalam jaringan internet yang kurang stabil. Tentunya mereka tidak akan bisa menghubungi kita melalui panggilan pulsa reguler.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui cara cek masa aktif kartu Simpati, untuk setidaknya kita melakukan pengisian ulang pulsa demi menambah masa aktif kartu Simpati yang kita miliki. Dan kali ini kita akan membagikan beberapa cara, yang bisa kalian gunakan untuk memeriksa atau mengetahui sisa masa aktif kartu simpati kalian.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati
Cek Masa Aktif Kartu Simpati

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati Lewat Asisten Virtual Simpati

Cara pertama yang bisa kalian gunakan adalah dengan menghubungi asisten virtual dari Telkomsel atau Simpati. Asisten virtual ini bisa kalian temukan di beberapa social media milik Telkomsel seperti facebook, Line, dan juga telegram.

Cara ini terbilang sangat membantu, namun kalian harus memiliki paket internet yang aktif. Selain itu, cara ini bisa digunakan baik dari perangkat milik kalian sendiri atau bahkan perangkat milik temanmu.

Caranya juga sangat gampang kok.

  • Silakan kunjungi beberapa virtual asisten dari Telkomsel baik itu di Facebook Line atau bahkan telegram
  • Setelah menemukan Virtual Assistant dari Telkomsel silakan mulai percakapan dengan mengirim pesan “Hai” lalu kirim pesan tersebut.
  • Setelah Mendapatkan balasan, lanjut saja untuk mengetik “Cek Pulsa” lalu kemudian kirim pesan tersebut.
  • Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan nomor Simpati kalian
  • Tunggu beberapa saat, sampai kalian menerima sms yang berisikan kode OTP atau kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi atau kode OTP tersebut ke dalam Virtual Assistant Telkomsel.
  • Setelah itu kalian akan mendapatkan balasan dari asisten virtual Telkomsel, yang berisikan informasi sisa pulsa, dan juga masa aktif nomor Simpati kalian.

Silakan pilih salah satu social media dari Virtual Assistant Telkomsel yang ada, dan pastikan kalian terhubung dalam koneksi atau jaringan internet yang baik. Untuk perintah atau command yang diberikan, juga tetap sama.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati Lewat Kode USSD

Cara kedua yang bisa kalian gunakan adalah, dengan menggunakan kode USSD. Cara ini terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan di semua ponsel, baik itu perangkat Android, iOS, dan ponsel yang belum masuk dalam kategori smartphone. Caranya juga gampang banget kok.

  • Buka aplikasi dial phone atau telepon yang ada di ponsel kalian
  • Kemudian ketikkan kode *888# lalu lakukan panggilan dengan menekan tombol call atau Panggil.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan kode USSD sedang berjalan.

Setelah itu kalian akan melihat pop-up yang menampilkan sisa pulsa dan masa aktif dari kartu Simpati kalian.

Cara ini kalian tidak hanya bisa melihat sisa pulsa dan sisa masa aktif kartu Simpati kalian saja, melainkan juga sisa paket internet atau sisa kuota internet yang kalian miliki di kartu Simpati.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati Lewat Aplikasi

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi My Telkomsel. Aplikasi ini bisa kalian Unduh di playstore untuk pengguna Android dan juga OS untuk kalian yang menggunakan iPhone. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna Simpati, dalam melihat informasi kartu dan juga melakukan pembelian Paket internet atau bahkan pengisian ulang pulsa.

Cara penggunaannya juga cukup mudah.

  • Untuk kamu yang belum memiliki aplikasi my Telkomsel, kalian bisa mendapatkan aplikasinya melalui Google Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS.
  • Instal aplikasi MyTelkomsel seperti biasa hingga selesai.
  • Jalankan aplikasi MyTelkomsel dan login dengan menggunakan nomor simpati kalian.
  • Verifikasikan nomor Simpati kalian dengan memasukkan kode OTP atau kode verifikasi, yang dikirimkan melalui SMS ke nomor Simpati kalian.
  • Kemudian setelah berhasil masuk, kalian bisa melihat seluruh informasi dan juga detail dari nomor Simpati kalian, seperti sisa pulsa, sisa kuota internet, dan juga sisa masa aktif kartu Simpati kalian.

Perlu diperhatikan, saat menggunakan aplikasi ini pastikan kalian memiliki koneksi internet yang stabil, ataupun terhubung dengan jaringan wi-fi yang ada.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati Lewat Transfer Pulsa

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan transfer pulsa, maksudnya disini adalah kalian berperan sebagai penerima pulsa, seperti melakukan pengisian pulsa. Namun cara ini hanya bisa dilakukan untuk sesama pengguna kartu Telkomsel atau Simpati.

Paling mudah yang bisa kalian lakukan adalah melalui aplikasi My Telkomsel dan juga via kode USSD. Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan seperti

  • Buka aplikasi My Telkomsel yang sudah terinstal sebelumnya baik di perangkat Android ataupun iOS
  • Pastikan kalian sudah melakukan login atau masuk ke dalam aplikasi My Telkomsel
  • Minta pengguna Telkomsel lain untuk menekan atau memilih menu gift pada aplikasi My Telkomsel
  • Kemudian masukkan nomor kalian yang mana akan berperan sebagai penerima pulsa.
  • Pilih transfer pulsa
  • Setelah itu, pentrasnfer pulsa akan diminta untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan, jika kalian memiliki pulsa lebih maka pengirim bisa menggunakan metode pembayaran dengan pulsa.
  • Tunggu sampai ada kode OTP masuk ke pengirim pulsa, dan masukkan kode tersebut ke dalam aplikasi MyTelkomsel dari pengirim pulsa
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kalian mendapatkan notifikasi bahwa kalian menerima transferan pulsa dari pengirim.

Nah setelah pulsa masuk, kalian akan menerima SMS yang mana menginfokan sisa pulsa kalian saat ini beserta masa aktif dari kartu Simpati yang kalian miliki.

Itulah tadi beberapa cara cek masa aktif kartu Simpati yang bisa kalian coba, semoga bisa menjadi alternatif untuk mencegah kartu masuk ke dalam masa tenggang atau habis masa aktifnya, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi