Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui

Terlalu banyak grup WhatsApp membuat hpmu menjadi lambat dan akhirnya kamu terpaksa harus menghapus salah satu atau beberapa grup. Tapi, bagaimana jika kamu tidak enak harus keluar grup begitu saja? Jangan khawatir, kamu bisa mencoba cara keluar grup WA tanpa diketahui.

Ada banyak alasan yang mendasari seseorang harus keluar dari grup WA, selain karena memori hp sudah penuh, juga mungkin suasana grup WA sudah tidak kondusif. Menariknya lagi, kini ada beberapa cara keluar grup WA tanpa diketahui yang bisa kamu pilih.

Read More

Kenali Alasan Harus Keluar Grup WhatsApp

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa kamu harus keluar dari grup WhatsApp, berikut ini :

1. Merasa Terjebak

Terkadang ada saja orang yang tiba-tiba memasukkan kita ke dalam grup WhatsApp, tanpa sepengetahuan kita sendiri. Misalnya saja, ada teman yang memasukkan ke dalam grup alumni. Mungkin awalnya harus pasrah, tapi lama kelamaan kamu semakin merasa jauh dengan obrolan yang sudah menumpuk. Entah mungkin karena terlalu sibuk atau alasan lainnya.

2. Kebanyakan Peraturan

Tidak sedikit mungkin kita jumpai grup WhatsApp yang memiliki terlalu banyak peraturan saat dibentuknya grup. Bahkan peraturan tersebut semakin bertambah seiring waktu. Mungkin awalnya masih bisa ditoleransi karena memang tidak ada yang salah dengan peraturan yang dibuat.

Namun jika peraturannya ada banyak bahkan cenderung tidak lazim, membuat kita malas sendiri. Seperti dilarang bercanda, tidak diperbolehkan berjualan, atau yang lainnya.

Terkait:  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

3. Merasa Tidak Diangggap

Saah satu faktor kenapa ingin keluar dari grup, biasanya kita merasa tidak dianggap. Jadi yang rame dan diajak ngobrol di grup hanya orang-orang tertentu. Tapi sekalinya kita nimbrung tidak digubris atau dianggap. Hal ini tentu saja membuat kita malas dan ingin keluar grup.

Sebenarnya masih banyak penyebab atau alasan lain kenapa kita ingin keluar dari grup. Jika hal ini kamu alami, maka kamu harus mencoba cara keluar grup WA tanpa diketahui di bawah ini!

Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui

Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui
Keluar Grup WA Tanpa Diketahui

Tutorial Keluar Grup WA Tanpa Diketahui

Jika kamu benar-benar memerlukan tutorial ini, silahkan pilih salah satu cara untuk keluar grup WhatsApp berikut :

1. Menggunakan Nomor Palsu

Cara keluar grup WA tanpa diketahui yang pertama ialah dengan menggunakan nomor palsu. Ini adalah solusi yang bisa kamu coba apabila kamu tidak ingin mengganti nomor hp. Ini langkah-langkahnya :

  • Persiapkan nomor hp baru untuk sementara waktu, hanya digunakan saat kamu ingin keluar grup WA saja.
  • Jika sudah, masuk ke dalam opsi pengaturan pada Whatsapp. Tepatnya pada ikon titik tiga yang tertera di bagian atas.
  • Tekan akun lalu pilih opsi ‘Ubah Nomor’.
  • Silahkan masukkan nomor hp baru yang kamu miliki sebagai cadangan.
  • Jika sudah, kamu bisa keluar langsung dari grup WhatsApp.
  • Apabila kamu sudah berhasil keluar grup WhatsApp memakai nomor baru, kamu harus menghapus cache beserta data hp. Melalui cara yang satu ini, maka akun WhatsApp kamu akan hilang namun nama kamu masih tertera di dalam daftar anggota WA.
  • Langkah selanjutnya, silahkan buka WhatsApp dan lanjutkan dengan mendaftar ulang memakai nomor hp yang lama.

2. Hapus Profile Picture dan Ganti Nama

Metode lain yang bisa kamu gunakan yaitu dengan cara mengubah nama lalu hapus foto profil. Berikut langkah-langkahnya :

  • Ketuk opsi tiga titik pada bagian atas aplikasi WhatsApp, kemudian tekan Pengaturan atau setting.
  • Lalu ubah nama profil jangan pakai namamu, selain itu hapus fotonya.
  • Jika sudah mengubahnya, kamu bisa kembali pada grup WhatsApp yang akan dihapus. Silahkan keluar dari grup seperti biasanya, caranya tekan exit group.

Jika kamu mencoba cara yang satu ini, maka tidak ada seorang pun yang mengetahui bahwa kamulah yang telah keluar dari grup sebab dari notifikasi, justru anggota grup lain yang keluar. Hal ini dikarenakan kamu tidak menggunakan namamu sendiri.

Terkait:  Cara Broadcast Whatsapp Tanpa Menyimpan Nomor

3. Menghapus Obrolan

Cara keluar grup WA tanpa diketahui berikutnya yaitu memakai opsi meghapus obrolan. Opsi ini sebenarnya merupakan pilihan terbaik ketika ingin meninggalkan chat yang sudah tidak aktif. Hal tersebut dapat dilakukan saat kamu membersihkan obrolan, sehingga kamu tidak perlu lagi melihatnya setiap memakai WhatsApp.

Selain itu, mengingat obrolan tersebut tidak aktif sesudah menghapusnya, maka tidak akan ada yang mengirimkan chat di dalamnya. Dengan begitu obrolan di grup tidak akan muncul kembali. Untuk melakukannya, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut :

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Silahkan temukan chat yang akan dihapus
  • Di perangkat iPhone, silahkan geser layar ke kiri di dalam obrolan. Pada android, kamu hanya perlu menahan dan mengetuk.
  • Tekan ‘Arsip’.

4. Blokir WhatsApp

Sebenarnya untuk cara keluar grup WA tanpa diketahui ini terbilang paling berani jika dibadingkan cara yang lainnya. Jika kamu merasa sudah sangat terganggu oleh obrolan atau chat di grup secara terus menerus. Maka tidak ada cara lain lagi selain harus memblokir grup WhatsApp.

Metode yang satu ini membuat kamu sudah tidak menjadi bagian dalam grup WhatsApp tersebut. Blokir grup WhatsApp termasuk cara paling ampuh, supaya tidak ada yang mencoba chat denganmu. Ini artinya, memblokir grup WhatsApp melibatkan semua anggota di dalam grup dan kamu memblokir mereka.

Sebenarnya jarang ada yang berani melakukan hal ini, jika tidak didasari oleh keinginan yang kuat. Karena melakukan pemblokiran sebagai jalan terakhir kemungkinan kurang efektif.

Jadi cara yang satu ini dapat dilakukan apabila kamu tidak merasa dekat dengan salah satu atau semua orang yang ada didalam grup WhatsApp tersebut. Oleh sebab itu, mereka nantinya tidak mencoba untuk mengirim chat kepadamu.

Terkait:  Cara Logout WhatsApp

5. Nonaktifkan Notifikasi

Sebenarnya cara keluar grup WA tanpa diketahui paling mudah yaitu dengan mematikan notifikasi pada grup. Biasanya cara tersebut dianggap paling ampuh agar terbebas dari yang namanya nada notifikasi WhatsApp yang terlalu sering menyala karena adanya interaksi obrolan teman di dalam grup.

Kamu bisa melakukan 4 tahapan cara untuk mematikan notifikasi WhatsApp supaya kamu lebih tenang menjalani aktivitas. Berikut langkah yang digunakan untuk mematikan pemberitahuan grup WhatsApp lewat android :

  • Masuk ke pengaturan pada grup
  • Silahkan klik WhatsApp pada bagian bawah
  • Tekan notifikasi
  • Nonaktifkan ‘Pemberitahuan Group’ tepat di bawah pillihan Peringatan.

Sementara, untuk mematikan notifikasi grup WhatsApp pada pengguna iOS, bisa menggunakan langkah di bawah ini :

  • Masuk ke WhatsApp
  • Klik pengaturan pada bagian bawah
  • Tekan WhatsApp
  • Nonaktifkan ‘Tampilan Notifikasi’ pada bagian bawah pemberitahuan grup

6. Bisukan Grup WhatsApp

Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa membisukana grup. Walaupun cara tersebut tidak meninggalkan chat, namun efeknya hampir sama. Kamu tetap bisa menjadi salah satu bagian pada grup WhatsApp, namun kamu tidak lagi mendapatkan notifikasi ketika orang mengirimkan chat.

Jika kamu tertarik melakukannya,masuk ke dalam grup lalu pilih ‘Lainnya’ dan tekan ‘Bisukan’.

7. Clear Data WhatsApp

Kamu juga dapat mengaplikasikan cara yang satu ini, yaitu dengan menghapus data WhatsApp. Ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke WhatsApp
  • Silahkan buka opsi Settings lalu tekan Apps
  • Pilih ‘Clear’ data, selanjutnya semua data beserta grup WA akan terhapus

Diantara ketujuh cara keluar grup WA tanpa diketahui, yang paling mudah adalah dengan menonaktifkan notifikasi grup. Sedangkan yang paling ekstrim memblokir grup WhatsApp. Kamu bisa memilih mana cara yang paling tepat sesuai kondisimu saat ini!

 

Related posts