Cara Jailbreak iPhone

Mengingat proteksi iPhone yang begitu ketat, membuat para penggunanya tidak bisa leluasa mendownload aplikasi atau tema di perangkat mereka. Pada saat inilah, pengguna iPhone biasanya melakukan jailbreak. Pengguna baru mungkin masih belum memahami tentang metode jailbreak atau bagaimana cara jailbreak iPhone. Ada dua jenis metode jailbreak yang bisa kamu gunakan di iPhone.

Mengenal Metode Jailbreak Pada iPhone

Jailbreak ialah salah satu metode yang sama persis seperti rooting pada hp android, namun perbedaannya metode ini terjadi pada iPhone. Pengertian jailbreak sendiri yaitu sebuah metode yang dipakai para pengguna iPhone guna mendapatkan kebebasan agar dapat mengelola perangkat mereka dengan mudah.

Read More

Saat proses jailbreak berlangsung, pengguna dapat mengaktifkan berbagai macam fitur yang sudah dibatasi pihak Apple sebelumnya. Seperti memasang tweak, aplikasi hingga tema yang tidak tersedia di App Store.

Jenis-Jenis Jailbreak

Ada 2 jenis jailbreak yang dilakukan pada iPhone, diantaranya jailbreak untethered dan jailbreak tethered. Berikut penjelasan dan perbedaannya :

1. Jailbreak Untethered

Pada metode jailbreak untethered, kamu tidak memerlukan PC atau Mac saat menyalakan perangkat iOS. Inilah alasan yang membuat proses ini lebih banyak digunakan, karena kamu bisa melakukan metode jailbreak lewat perangkat iPhone.

2. Jailbreak Tethered

Metode iPhone tethered merupakan sebuah metode jailbreak yang memerlukan PC atau Mac. Dengan catatan, perangkat PC atau Mac tersebut telah terinstall  aplikasi bernama redsnow, tapi bagi sebagian pengguna metode ini terbilang merepotkan.

Cara Jailbreak iPhone

Cara Jailbreak iPhone
Tutorial Jailbreak iPhone

Tutorial Jailbreak iPhone iOS 10, 11, dan 12

Bagi kamu yang memiliki perangkat iPhone dengan versi iOS 10 ke atas, maka ada beberapa metode yang bisa kamu pilih di bawah ini :

Terkait:  Cara Mengetahui ID Telegram

Metode 1 : Tutorial Jilbreak iPhone iOS 10 dan 11

Metode jailbreak iPhone ini akan menggunakan aplikasi Cydia Impactor dan Yalu Jailbreak. Proses jailbreak ini merupakan proses termudah, sebab prosesnya mirip dengan rooting memakai SuperSU/User pada perangkat android. Kamu hanya perlu membiarkan aplikasi untuk menjalankan jailbreak otomatis pada perangkatmu.

Proses ini hanya bisa diaplikasikan di beberapa perangkat iOS berikut :

  • iPod Touch 6
  • iPad Air 2, iPad AIr, iPad Pro, iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4.
  • iPhone SE, iPhone 6, iPhone 5s, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus.

Untuk penerapan metode jailbreak iPhone iOS 10 ini memerlukan perangkat PC, baik Linux, Windows atau Macintosh. Berikut cara jailbreak iPhone memakai Cydia Impactor dan Yalu Jailbreak.

1. Download Versi Baru Yalu Jailbreak IPA dan Cydia Impactor

Download aplikasi Yalu Jailbreak IPA dan Cydia Impactor versi terbaru, dengan link URL berikut : Yalu Jailbreak dan Cydia Impactor. Di laman, yalu kamu akan menemukan tulisan berupa : ipa (cydia impactor). Silahkan tekan pada tullisan tersebut untuk mengunduh aplikasinya.

2. Jalakan Cydia Impactor dan Yalu

Sesudah file apk di atas sukses di download, cara jailbreak iPhone selanjutnya kamu hanya perlu menjalankan kedua file aplikasi tersebut. Apabila kamu menggunakan Windows, kamu harus mengekstrak file hasil download tersebut terlebih dahulu, sebab file Cydia Impactor pada Windows biasanya mempunyai format .zip.

3. Hubungkan iPad atau iPhone

Setelah itu, kamu hanya perlu menghubungkan iPad atau perangkat iPhone yang akan dilakukan jailbreak ke PC memakai kabel USB. Cydia Impactor biasanya langsung mengenali perangkatmu secara otomatis. Silahkan cek nama perangkat pada opsi drop down Cydia Impactor, jika muncul ini artinya sudaha terhubung.

4. Pindahkan File Yalu ke Cydia Impactor

Cara jailbreak iPhone selanjutnya yaitu, silahkan drag atau pindahkan Yalu IPA ke dalam Cydia Impactor. Kamu akan diminta menginputkan ID Apple milikmu, silahkan masukkan dengan benar. Informasi tersebut biasanya langsung dikirim ke peranagkat Apple, lalu akan dipakai untuk memastikan keabsahan dan menandatangani file IPA untuk diinstal.

Terkait:  Cara Mengembalikan WhatsApp yang Dihack

5. Buka Aplikasi Yalu 102

Jika aplikasi berhasil terpasang di perangkatmu, kamu akan ditampilkan ikon di home screen iPhone dengan tulisan ‘yalu102’. Kamu bisa membuka aplikasi dengan mengaktifkan sistem pengaturan profil pengembang terlebih dahulu.

Arahkan pada ‘Settings’ masuk ke ‘General’ dan pilih menu ‘Profil & Device Management’. Silahkan pilih profil sesuai akun ID Apple milikmu pada Cydia Impactor.

Kemudian tekan ‘trust’ dan kembali lagi pada layar home, lalu buka Yalu102 pada perangkat.

6. Tekan ‘Go’ Untuk Melakukan Jilbreak

Klik tombol berttuliskann ‘Go’ dan peranagkatmu secara otomatis akan melakukan jailbreak. Hindari menyentuh layar pada perangkat sampai jailbreak berhasil.

7. Reboot Otomatis

Selanjutnya iPhone kamu akan melakukan restart atau reboot otomatis, lalu kamu akan melihat Cydia yang muncul pada home screen. Namun jika kamu belum menemukannya, sebaiknya buka kembali aplikasi yalu102, serta lakukan jailbreak kembali.

Metode 1 : Tutorial Jailbreak iPhone iOS 12

Untuk tutorial cara jailbreak iPhone dengan iOS 12 dapat dilakukan memakai aplikasi checkra1n. Namun, kamu harus mengetahui ketentuan terlebih dahulu sebelum melanjutkan prosesnya. Berikut penjelasannya :

1. Ketentuan Jailbreak iPhone iOS 12

  • Jailbreak memakai aplikasi checkra1n hanya support 64-bit chipset A5-A11 yakni mulai dari iPhone 5s sampai iPhone x.
  • Untuk menjalankan aplikasi checkra1n, kamu memerlukan perangkat Linux atau MacOS, bisa juga memakai Bootable USB Bootrain (windows) dan Hackintosh.
  • Jenis yang digunakan yaitu metode jailbreak semi-tethered, ini artinya kamu membutuhkan PC untuk mengoperasikan jailbreak ulang jika merestart perangkat iPhone.
  • Minimal perangkat yang digunakan untuk jailbreak harus iOS 12.0 bahkan bisa versi lebih baru.
  • Untuk perangkat iPhone 7 Plus, iPhone 7 mendukungg Jailbreak iOS versi 12.0-14.8.
  • iPhone 8 Plus, iPhone 8, mendukung iOS 12.0 – 14.8. Pada versi iOS 14 harus menonaktifkan faceid atau passcode.

Setelah memahami ketentuan di atas, kamu bisa memulai cara jailbreak iPhone. Namun ingat sebelumnya bahwa, semua resiko akan ditanggung pengguna sendiri, tim Wigatos tidaka ikut bertanggung jawab terhadapa kerugian, kesalahan, atau kerusakan akibat kegagalan informasi saat mengikuti tutorial.

Terkait:  Cara Order Maxim Mobil

Oleh sebab itu, sebaiknya backup atau cadangkan terlebih dahalu data di perangkat iPhone sebelum kamu melakukan jailbreak.

2. Tutorial Jailbreak iPhone Dengan Aplikasi Checkra1n

Setelah memenuhi ketentuan di atas, serta sudah siap melakukan jailbreak silahkan ikuti tutorial berikut :

  • Silahkan sambungkan perangkat iPhone ke Mac memakai kabel lightning.
  • Download checkra1n lewat website resmi dari chekra1n.in. Ingat, jangan mendownload aplikasi ini dari web lain yang tidak resmi, karena bisa jadi berisi malware.
  • Sesudah selesai download, kamu bisa klik 2 kali di dalam file.dmg yang sudah didownload. Kemudian masukkan file aplikasi checra1n pada folder Mac kamu.
  • Lalu buka folder pada aplikasi Mac, dan cari checkra1n, kemudian buka aplikasinya.
  • Setelah aplikasi checkra1n terbuka, secara otomatis aplikasi akan langsung mendeteksi perangkat iPhone yang kamu pakai. Tekan ‘start’.
  • Aplikasi checkra1n selanjutnya akan meminta izim agar memasukan iPhone kamu ke dalam mode pemulihan atau recovery. Tekan tombol ‘next’.
  • Kamu bisa mengikuti perintah pada aplikasi checkra1n dan masuk ke dalam mode selanjutnya, mode DFU. Tekan ‘Start’.
  • Pada tipe iPhone X milikmu, cukup tekan ‘power+volume bawah bersamaan hingga 3 detik. Sesudah 4 detik, lepaskan power dengan posisi tetap menekan volume bawah hingga perangkat memasuki posisi mode dfu.
  • Jika sudah masuk ke dalam mode DFU, aplikasi checkra1n memproses jailbreak di iPhone milikmu.
  • Kini iPhone kamu sudah menampilkan layar boot verbose yang bertema checkra1n. Janan melepaskan kabel hingga jailbreak selesai.
  • Apabila jailbreak sudah selesai, kamu dapat mengklik ‘done’ dan tutup aplikasi checkra1n.
  • Cabut kabel pada iphone, kemudian masuk ke layar utama. Selanjutnya kamu akan melihat aplikasi checkra1n sebagai hasil dari proses jailbreak.
  • Tekan Cydia dan install Cydia Apps.
  • Setelah itu, aplikasi checkra1n langsung mendownload sistem dasar dari Cydia, serta menginstall Cydia.
  • Jika prosesnya sudah selesai, aplikasi ditutup dan Cydia langsung muncul pada layar iPhone kamu.

Jika kamu sudah melakukan jailbreak dengan cara jailbreak iPhone di atas, kamu kini bisa menikmati berbagai tema, tweak hingga aplikasi android yang sebelumnya tidak bisa kamu nikmati di iPhone.

 

Related posts