Cara Buat Linktree

Perkembangan teknologi digital nampaknya telah mendukung banyak pebisnis online, lewat platform-platform yang tersedia saat ini. Salah satunya dengan melakukan promosi produk atau branding usahamu. Bahkan di bio Instagram, kita sering lihat ada sebuah link yang ditampilkan. Inilah yang dinamakan sebagai linktree, link ini biasanya berguna untuk memudahkan para konsumen untuk mengunjungi platform bisnismu. Jadi selain bisa mencoba cara buat link WhatsApp, Kamu juga bisa mencoba cara buat linktree untuk branding.

Apa Itu Linktree?

Bagi Kamu yang baru mendengar istilah ‘linktree’ mungkin kebingungan dan penasaran tentang linktree. Sebenarnya linktree bisa dipakai di berbagai platform media sosial, baik itu Tiktok, Youtube,Facebook, LinkdIn, Twitter, hingga Instagram. Selain itu, Linktree dapat dipakai untuk membantu kita menemukan bisnis, brand hingga pekerjaan.

Linktree mempunyai fungsi yang sama seperti link umumnya, dengan tujuan untuk membuka halaman. Namun biasanya sebuah link hanya bisa membuka 1 halaman saja, tapi linktree bisa membuka banyak halaman dalam satu waktu.

Nah, kelebihan inilah yang membuat linktree kerap dipakai di beberapa akun bisnis. Tak jarang, linktree juga dipakai oleh influencer, konten kreator hingga artis.

Fungsi Linktree

Linktree berfungsi untuk mengumpulkan berbagai macam link pada satu tempat, lalu seseorang bisa mengaksesnya tanpa memakai URL. Sehingga, linktree lebih praktis dan mudah dipakai di berbagai jenis platform.

Contohnya, jika Kamu mempunyai bisnis produk tertentu, Kemudian Kamu memanfaatkan beberapa platform online dalam promosi produkmu, baik itu lewat Facebook, Instagram, WhatsApp, Tokopedia dan sebagainya. Maka Kamu dapat memakai linktree agar lebih mudah mengakses platform-platform tersebut. Dengan demikian, ketika pembeli ingin mengunjungi platform bisnismu, maka mereka bisa mengklik linktree yang telah Kamu buat.

Terkait:  Cara Repost Video IG

Cara Buat Linktree

Cara Buat Linktree
Tutorial Buat Linktree

Tutorial Membuat Linktree

Jika diibaratkan, linktree seperti rumah yang membuat kita bisa mengakses berbagai macam ruangan yang ada di dalamnya. Nah, Kamu tinggal buat pintunya saja untuk mengakses berbagai macam platform media sosial, seperti WA, blog, Facebook, LinkedIn dan lainnya. Berikut ini ada beberapa panduan cara buat LinkTree dengan mudah :

1. Mendaftar Akun LinkTree Gratis atau Berbayar

Sebagai langkah awal, silahkan daftar akun Linktree lebih dulu. Adapun caranya, Kamu bisa membuka Linktr.ee, lalu tekan ‘Get Started for Free’. Jika hanya mendaftar saja, maka Kamu tak akan dibebankan biaya. Sesudah pendaftaran, barulah Kamu akan mendapatkan beberapa opsi. Apakah Kamu tetap ingin memakai Linktree gratisan ataukah berbayar.

Antara keduanya tentu saja ada perbedaan, dimana pada Linktree gratisan, Kamu akan mendapatkan fitur yang serba terbatas.

Sementara, untuk melakukan verifikasi pada akun LinkTree Kamu bisa mengecek akun email yang telah didaftarkan dan Kamu pun bisa langsung memakainya.

2. Inputkan Link yang Diinginkan

Jika sudah melakukan pendaftaran serta melakukan verifikasi pada akun Linktree, langkah selanjutnya Kamu bisa memakai beberapa fitur yang tersedia. Meskipun Kamu memakai versi gratisan, Kamu tetap bisa menikmati banyak fitur menarik. Bahkan Kamu bisa menginputkan linktree secara tak terbatas.

Cara buat linktree selanjutnya tinggal inputkan judul atau nama pada tiap tautan, tujuannya agar follower-mu lebih mudah menghubungimu. Jangan lupa, linktree biasanya tak akan memproses link tersebut jika Kamu tak menambahkan judul ke dalamnya.

3. Merapikan Link yang Telah Dibuat

Cara buat linktree selanjutnya, cek lagi penulisan link-nya dengan cara mengekliknya. Karena linktree sendiri tidak mampu melihat mana saja link yang salah atau yang benar. Jadi, Kamu harus mengeceknya secara manual.

Terkait:  Cara Custom Link Shopee Affiliate

4. Mengatur Tampilan

Ketikan memakai layanan gratis, Kamu tak perlu khawatir sebab Kamu bisa tetap mengubah tampilan pada linktree. Dalam hal ini, Kamu dapat memilih motif background, warna, menyertakan simbol atau gambar pada tiap link.

Meskipun jumlahnya cukup terbatas jika dibandingkan versi PRO. Tapi setidaknya sudah cukup untuk membantu mengenalkan bisnismu. Apalagi Kamu bisa menggunakan linktree secara gratis.

Kamu bisa mempercantik tampilan pada linktree, caranya cukup menambahkan judul yang besar pada linktree, beserta kelengkapan foto (opsional).

5. Bagikan Tautan Link

Jika Kamu sudah mengikuti tahapan cara buat linktree di atas, kini satnya Kamu mulai membagikan linktree ke followers media sosial yang Kamu pakai.

Untuk memasukkan linktree yang sudah dibuat ke profil IG, Kamu bisa membuka profil Instagram. Kemudian di bawah foto, Kamu akan melihat informasi apapun yang dapat diubah. Dari sini, Kamu bisa menambahkan linktree.

Caranya ialah masuk ke dalam ‘edit profike’, kemudian di kolom website Kamu bisa mengubah link lama memakai tautan linktree. Ambil link untuk linktree pada laman linktree kanan atas.

Jika sudah, silahkan cek profil Instagrammu serta bisa langsung uji coba untuk tiap link yang Kamu sertakan tadi. Tujuannya untuk memastikan kembali agar pengikut atau followers-mu bisa mengakses seluruh tautan linktree yang telah disediakan.

Apa Saja Kelebihan Linktree?

Setelah mengikuti cara buat linktree di atas, setidaknya Kamu juga harus mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh linktree, berikut ini :

1. Fleksibel

Maksud fleksibel disini adalah, link yang Kamu buat dapat ditempelkan dimanapun. Baik itu dimasukkan ke bodi email, bio instagram, di share ke Timeline yang ada di LINE, maupun lainnya. Orang-orang yang bisa mengakses link tersebut bisa melihat isi atau konten serupa. Oleh sebab itu, ini adalah trik paling efisien dalam mempromosikan bisnis, website atau yang lainnya.

Terkait:  Cara Membuat Cover Highlight Instagram

2. LinkTree Mempunyai Link Tak Terbatas

Kamu mungkin ingin menampilkan seluruh link profilmu hanya dalam 1 link, diantaranya di Instagram, Youtube, Website, Twitch atau lainnya. Bahkan link yang Kamu masukkan secara tanpa sadar mencapai 100 buah. Nah, linktree bahkan dapat menampung semuanya. Kamu dapat mencantumkan banyak link secara bebas sesuai keinginan tanpa melakukan upgrade paketmu ke Premium. Sebab paket gratisannya telah mencakup pencantuman tautan yang jumlahnya unlimited.

3. Dapat Menganalisa Link

Keunggulan linktree yang bisa Kamu dapatkan lainnya ini dapat dijadikan bahan evaluasi. Karena linktree menawarkan fitur tertentu yang memungkinkanmu dapat mengetahui frekuensi link tersebut diklik.

Sehingga, Kamu pun bisa mengetahui jumlah orang yang merasa tertarik dengan bisnismu. Selanjutnya Kamu tinggal menambah strategi untuk branding kembali.

4. Dapat Melakukan Kostumisasi

Selain menawarkan fitur pengumpulan link, tapi Kamu juga dapat mengubah tampilan interface seperti penambahan pada foto profil dan latar belakang. Tujuannya agar profil linktree-mu tampak lebih menarik.

5.Gampang Dibuat

Sesuai dengan cara buat linktree di atas, dapat disimpulkan bahwa pembuatan linktrtee sangat mudah. Pasalnya, linktree menawrkan antarmuka yang user friendly dengan fitur drag & drop, yang memungkinanmu dapat memindahkan atau mengatur posisi link yang sangat mudah. Kamu mungkin ingin menampilkan link tertentu saja, caranya cukup pindahkan link ke bagian paling atas.

Dengan mengenal pengertian, fungsi, keunggulan dan cara buat linktree di atas, tentu Kamu sudah bisa memutuskan apakah Kamu ingin menggunakan linktree atau tidak. Selain itu, linktree tak hanya digunakan untuk mempromosikan produk atau branding bisnis saja, tetapi juga bisa menjadi personal branding yang tepat dengan menampilkan portofoliomu.

 

 

Related posts