Cara Cek BPUM

BPUM adalah singkatan dari bantuan produktif usaha mikro yang khusus disalurkan untuk para pelaku usaha yang terdaftar. Adapun yang menjadi dasar diselenggarakannya program BPUM adalah untuk membantu pelaku usaha akibat berkurangnya daya beli masyarakat. Untuk itu, para pelaku usaha juga perlu memahami bagaimana cara cek BPUM.

Apa Itu BPUM?

BPUM atau BLT BPUM adalah bantuan yang secara langsung diberikan oleh pemerintah dimana setiap pelaku usaha akan mendapatkan besaran nilai Rp. 1,2 juta kepada total 12,8 juta pelaku usaha UMKM. Oleh karena itu, pemerintah menggelontorkan anggaran hingga mencapai 15,3 triliun agar bisa menyukseskan program BPUM untuk pelaku usaha yang terdampak pandemic.

Penyaluran bantuan BPUM dapat dilakukan oleh beberapa bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah seperti BPD, BNI, BRI dan Bank Mandiri. Nah untuk pengecekannya, bisa dilakukan secara mandiri dengan menggunakan portal link yang sudah disediakan.

Manfaat BPUM Bagi Pelaku Usaha

Sebelum mengetahui cara cek BPUM, alangkah lebih baiknya Kamu tahu manfaat BPUM bagi pelaku usaha, berikut ini :

1. Dapat Menekan Angka Pengangguran

Fakta menunjukan berdasarkan dari data BPS bahwa angka pengangguran di tahun 2021 meningkat cukup pesat. Data tersebut dilihat berdasarkan pada jumlah 760 ribu orang melakukan usaha UMKM, dimana pekerjaan sebelumnya sudah di berhentikan oleh perusahaan terkait.

Manfaat dari BPUM adalah agar UMKM yang berjalan dan terdaftar bisa terus bertahan dan bisa mengembangkan usahanya walaupun pada kondisi yang kurang baik. Karena jika tidak diberikan kucuran bantuan kepada usaha yang terdampak akibat kondisi tertentu, UMKM yang telah berjalan bisa saja berhenti. Hal ini, sudah pasti dapat meningkakan angka pengangguran.

Terkait:  Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat HP

2. Muncul Wirausaha Baru

Para pelaku usaha yang terdampak, jika ingin bertahan dari berbagai kondisi yang menyulitkannya maka perlu memutar otak. Tujuannya agar usaha yang dijalankannya bisa bertahan dan mungkin bisa berkembang dengan baik.

Maka dengan bantuan BPUM bukan tidak mungkin akan membantu pelaku usaha menjadi seorang wirausaha sukses di kemudian hari. Selain itu juga, dampak positifnya bisa mempekerjakan orang-orang disekitarnya yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali.

3. Mengembangkan UMKM di Berbagai Sektor

Dengan BPUM dari pemerintah, diharapkan UMKM bisa berkembang di semua sektor. Mulai dari sektor industri hingga sektor pertanian. Hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan roda ekonomi Indonesia dalam mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera.

Dari ketiga manfaat yang bisa didapatkan dari BPUM, maka sudah jelas tujuan dari pemerintah memberikan BPUM bukan hanya karena kondisi tertentu, melainkan agar masyarakat lebih sejahtera.

Bagaimana Cara Pendaftaran BPUM?

Bagi Kamu yang belum terdaftar program pemerintah BPUM, maka harus memenuhi beberapa persyaratan penting. Jika ada satu syarat saja yang tidak dipenuhi, Kamu pun akan gagal mendapatkan program bantuan dari pemerintah ini. Untuk lebih jelasnya, berikut persyaratan pendaftaran BPUM :

  • Pelaku usaha UMKM sebelumnya belum pernah mendapatkan bantuan BPUM dari pemerintah.
  • Tidak sedang mengikuti program KUR (Kredit Usha Rakyat) dari bank terkait.
  • Yang berhak mendapatkan BPUM adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terbaru terutama yang bisa di akses secara online.
  • Calon peserta wajib melampirkan SKI (Surat Keterangan Usaha) bagi pelaku usaha bagi yang memilki KTP dan alamat usaha yang berbeda.
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan beberapa dokumen terkait berdasarkan surat usuan calon penerima BPUM yang berasa dari pengusul.
  • Calon penerima program BPUM bukanlah seorang yang berprofesi sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara), anggota TNI/POLRI dan juga bukan sebagai karyawan BUMN/BUMD.
Terkait:  Cara Cek BLT

Apabila Kamu masuk kriteria di atas, maka segera ajukan kepada pihak yang berwenang agar Kamu bisa segera mendapatkan bantuan berupa BLT BPUM.

Pendaftaran BPUM BRI Secara Online

Ada cara yang paling mudah yang bisa Kamu lakukan untuk mendaftar program BPUM yaitu melalui pendaftaran online, caranya pun sangat mudah dilakukan, yaitu :

  • Silahkan buka web browser di perangkat, kemudian ketikkan laman berikut ini : oss.go.id. Dan klik enter agar bisa masuk ke halaman utama.
  • Setelah itu, klik menu perizinan berusaha dan silahkan klik opsi perorangan.
  • Kemudian Kamu tinggal klik pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) perseorangan skala mikro.
  • Lengkapi seluruh kolom yang wajib Kamu isi pada data profil yang disediakan.
  • Jika sudah yakin mengenai isiannya, Kamu klik simpan dan klik lanjutkan.
  • Pada halaman selanjutnya, isilah form komitmen prasarana usaha dan klik selanjutnya.
  • Berikutnya Kamu hanya cukup klik centang pada kotak disclaimer dan klik proses NIB nya.
  • Kamu bisa menunggu balasan dari pihak bank mengenai informasi pendaftaran diri sebagai peserta BPUM.

Cara Cek BPUM

Cara Cek BPUM
Panduan Cek BPUM Bagi Pelaku Usaha

Tutorial Cara Cek BPUM Bagi Pelaku Usaha

Setelah mendaftar menjadi peserta BPUM, mungkin langkah yang perlu Kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengecek data kepesertaan BPUM lewat cara cek BPUM. Pastikan, apakah sudah masuk dalam daftar penerima BLT BPUM atau masih dalam proses.

Untuk pengecekannya bisa Kamu lakukan secara online yang bisa Kamu akses pada beberapa laman sesuai keinginan. Berikut penjelasan terkait cara cek BPUM diantaranya :

1. Melalui Situs Web eform.bri.co.id

  • Pertama, Kamu harus mengakses laman khusus BPUM di alamat : eform.bri.co.id/BPUM.
  • Cara mengaksesnya, pastikan sebelumnya masuk terlebih dahulu pada browser bawaan hp atau pada komputer kemudian ketikan alamat di atas lalu tekan enter.
  • Selanjutnya Kamu akan masuk ke halaman utama pada situs tersebut, dimana Kamu hanya perlu mengisi nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Silakan isikan di kolom yang telah tersedia.
  • Pastikan pengisian data KTP dan NIK yang Kamu masukkan memang sudah benar, jika sudah benar tinggal menginputkan kode verifikasi yang tertera pada bagian kolom verifikasi.
  • Setelah itu, Kamu tinggak klik di bagian bawahnya yaitu pada kolom Inquiry untuk mendapatkan informasi kepesertaan BLT BPUM.
  • Dengan klik pada bagian yang telah ditentukan, tunggulah beberapa saat hingga proses loading
  • Untuk selanjutnya, Kamu akan mendapatkan informasi mengenai status terkait kepesertaan BPUM, apakan sudah berhak mendapatkan bantuan atau masih dalam proses.
Terkait:  Cara Cek Garansi Samsung

Cara cek BPUM di atas memang sangat mudah, khususnya bagi pemula. Kesimpulannya, Jika Kamu belum terdaftar, maka Kamu perlu menanyakan kepada pihak yang berwenang mengenai keterlambatan masuk pada database peserta.  Sebaliknya, jika sudah terdaftar, maka selamat Kamu berhak mendapatkan bantuan BLT BPUM dengan total Rp. 1,2 juta.

2. Lewat Situs Web banpresBPUM.id

Cara cek BPUM selanjutnya, bisa Kamu lakukan menggunakan situs web banpresBPUM.id. Berikut ulasan selengkapnya :

  • Masuk terlebih dahulu ke platform web browser yang Kamu pakai,baik pada hp maupun pada komputer.
  • Akses laman berikut ini pada kolom pencarian browser yaitu : banpreBPUM.id.
  • Ikuti petunjuknya pada halaman utama situs tersebut. Biasanya Kamu diminta menginputkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan benar.
  • Selanjutnya Kamu tinggal klik tombol ‘Cari’ lalu cek informasi yang ditampilkan pada layar. Pastikan, apakah sudah ada atau masih dalam proses penginputan.
  • Apabila sudah terdaftar, maka Kamu berhak mendapatkan bantuan BLT BPUM. Tapi jika Kamu belum terdaftar, maka Kamu harus menanyakan proses penginputan pada pihak yang berwenang.

Oke, usai sudah penjelasan terkait cara cek BPUM bagi para pelaku usaha yang mendapat bantuan BLT BPUM dari pemerintah. Sebenarnya hampir sama seperti cara cek bantuan BRI, hanya saja peruntukkannya yang berbeda. Semoga bermanfaat!

 

Related posts