Cara Cek AMKKM BRI

Cara Cek AMKKM BRI

Bagaimana cara cek AMKKM BRI? Bagi Kamu yang belum tahu, AMKKM adalah singkatan dari Asuransi Mikro Kecelakaan Kesehatan Meninggal Dunia. Bisa dibilang, AMKKM merupakan produk asuransi mikro dari Bank BRI dalam memberikan manfaat perlndungan yang berlangsung selama 1 tahun berjalan. Produk ini dikhususkan untuk kesehatan, kecelakaan dan meninggal dunia bagi yang mengikuti programnya.

Salah satu kelebihan yang paling dirasakan bagi yang mengikuti program ini adalah produk asuransi yang sangat terjangkau, sehingga bagi masyarakat yang kurang mampu bisa mengikuti AMKKM BRI. Bahkan di bank-bank lain, program ini masih belum dikembangkan, inilah alasan banyak masyarakat Indonesia yang merasa tertarik untuk mengikutinya.

Bagi seorang nasabah yang selalu membayar premi setiap bulannya tentunya ingin melakukan pengecekan nilai investasi yang dimilikinya. Pada pembahasan kali ini, kamu akan di ajak untuk mengetahui bagaimana cara cek AMKKM BRI dengan benar.

Namun sebelumnya, simak dulu beberapa informasi penting mengenai progam AMKKM terlebih dahulu, jika Kamu tertarik mengikuti programnya.

Apa Saja Syarat dan Ketentuan AMKKM BRI?

Bagi kamu yang tertarik dengan produk ini, tentu saja Kamu harus memahami ketentuan dan syarat yang berlaku jika ingin menjadi nasabah AMKKM BRI. Berikut ini :

  • Calon peserta harus berusia sekurang-kurangnya 18 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Masa asuransi yang ditentukan tidak boleh melebihi 1 tahun.
  • Premi tidak bisa dicicil dan harus dibayarkan dengan sejaligus. Adapun jumlah premi yang perlu dibayarkan ialah senilai 50 ribu bagi peserta perorangan, sedangkan bagi yang telah berpasangan preminya menjadi Rp. 90 ribu.
  • Peserta wajib mengis formulir mengenai bukti kepesertaan.
  • Membawa fotokopi KTP dan SIM yang terbaru.
  • Bukti sah pembayaran premi.

Cara Daftar AMKKM BRI

Sebelum kita membahas cara cek AMKKM BRI, calon nasabah program ini pun tentu harus mengetahui cara pendaftarannya terlebih dahulu. Cara pendaftaran bisa dilakukan langsung ke kantor cabang terdekat, kamu bisa meminta bantuan ke Customer Service disana agar untuk didaftarkan kepesertaan program asuransi AMKKM BRI. Namun sebenarnya ada cara yang lebih mudah lagi apabila tidak sempat datang ke kantor cabang. Cara pendaftaran tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan Agen BRILink Mobile.

Download terlebih dahulu aplikasinya, kemudian ikuti petunjuk pendaftarannya sampai melakukan pengisian form online.

Apa Saja Manfaat yang Didapat Dari Peserta AMKKM BRI?

Setelah kamu terdaftar menjadi peserta AMKKM BRI, maka kamu berhak mendapatkan beberapa manfaat yang bisa kamu pergunakan, diantaranya :

  • Apabila peserta meninggal dunia karena sakit, maka berhak mendapatkan santunan maksimal Rp. 2,5 juta.
  • Jika peserta program asuransi mengalami cacat tetap akibat kecelakaan, maka berhak mendapatkan Rp. 5 juta.
  • Ketika melakukan tindakan operasi dan menggunakan AMKKM BRI sebagai asuransinya, Kamu akan berhak mendapatkan biaya Rp. 2,5 juta.
  • Santunan rawat inap di rumah sakit per hari berhak mendapatkanRp. 100 ribu/hari dengan waktu maksimal selama 90 hari berjalan.
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan akan berhak mendapatkan Rp. 19,5 juta.

Beberapa ketentuan lainnya adalah untuk pengajuan klaim perawatan dan operasi. Bukan hanya rumah sakit saja yang difasilitasi oleh asuransi ini, melainkan Puskesmas, balai pengobatan dan juga praktik dokter bersama.

Untuk pengajuan klaim khusus seperti melakukan pembedahan atau operasi yang membutuhkan tenaga medis khusus, kamu harus menyertakan kuitansi asli.

Dengan melihat beberapa manfaat di atas, produk AMKKM BRI tentunya sangat bermanfaat apalagi bagi orang-orang yang tidak mampu. Membayar premi dengan biaya kecil tapi mendapatkan santunan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal tentunya akan sangat membantu.

Cara Cek AMKKM BRI

Cara Cek AMKKM BRI
Tutorial Cara Cek AMKKM BRI

Tutorial Cara Cek AMKKM BRI

Apabila kamu ingi memriksa polis asuransi AMKKM BRI, dan Kamu bisa mengecek jumlah nilai investasi atas nama pemilik polis, Kamu pun bisa mengeceknya lewat cara cek AMKKM BRI berikut :

1. Cek AMKKM BRI Lewat Situs Resmi

Cara cek AMKKM BRI pertama, Kamu tinggal mengunjungi situs resmi nya yaitu di www.brilife.co.id/laporan-unit-link. Lalu ikuti petunjuknya agar bisa membuka polis milik sendiri dan melihat beberapa informasi yang kamu butuhkan didalamnya.

2. Cek AMKKM BRI Lewat Customer Care BRI

Selain itu, kamu pun bisa menghubungi customer care BRI jika cara yang pertama tidak bisa dilakukan. Nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu ke nomor 1500-087. Yang perlu kamu lakukan adalah menanyakan informasi terkait produk AMKKM BRI yang kamu ikuti, termasuk nilai yang bisa kamu klaim jika ingin mengklaim asuransi.

3. Cek AMKKM BRI Lewat Kantor Cabang

Cara cek AMKKM BRI selanjutnya ialah mendatangi kantor cabang terdekat agar permintaanmu langsung diproses oleh customer service BRI, terkait pengecekan asuransi AMKKM BRI.

Cara Klaim AMKKM BRI

Setelah mengetahui cara cek AMKKM BRI di atas, Kamu pun bisa mencoba klaim AMKKM BRI. Ada 3 tahapan yang wajib kamu lakukan untuk mengklaim AMKKM BRI. Berikut ini tahapan-tahapannya :

1. Pengiriman Formulir Pengajuan Klaim

Bagi kamu yang ingin mengajukan klaim, maka pertama-tama yang perlu kamu miliki sebagai syarat awal adalah memiliki formulir pengajuan klaim. Isilah form tersebut dengan benar, lalu tanda tangani sebagai salah satu bukti sah bahwa pengajuan klaim benar atas nama yang tertulis.

Lengkapilah persyarata dokumen lain sebagai kelengkapan dokumen, untuk kemudian nantinya Kamu akan mengirimkan formulir beserta dokumen-dokumen tersebut.

Adapun dokumen yang dimaksudkan diantaranya :

  • Formulir pengajuan klaim yang asli yang sudah di isi dan ditandatangani.
  • Bukti kepesertaan menjadi peserta produk AMKKM BRI, baik asli atau bisa juga dalam bentuk fotokopi.
  • Buku tabungan berupa fotokopi bagian depan yang berisi keterangan nama, alamat, nomor rekening dan tanda tangan pemilik tabungan. Selain itu juga, Kamu harus melakukan fotokopi halaman pertama rincian transaksi.
  • Dokumen lainnya sesuai dengan jenis klaim yang diajukan apakah klaim atas nama nasabah atau klaim atas nama ahli waris.

Setelah kamu mempersiapkan semuanya, berikutnya kamu tinggal mengirimkan dokumen persyaratan pengajuan klaim tersebut via pos yang ditujukan ke alamat kantor pusat BRI Life.

2. Melakukan Verifikasi

Apabila permintaanmu telah diterima oleh bagian klaim di kantor pusat BRI Life, selanjutnya kamu akan diminta untuk memverifikasi dokumen klaim. Biasanya tergantung dari jenis klaim yang kamu lakukan, baik itu klaim atas nama peserta asuransi atau klaim atas nama ahli waris.

Tujuan dari verifikasi ini adalah agar pihak yang berwenang bisa memutuskan apakah klaim tersebut diterima atau ditolak dengan alasan-alasan yang bisa dipertanggunjawabkan.

3. Mendapatkan Informasi Terkait Pengajuan Klaimmu

Apabila klaim yang kamu ajukan diterima, maka kamu berhak mendapatkan santunan sebesar yang telah ditetapkan berdasarkan dari jenis klaim yang diajukan. Pengiriman uang tersebut akan dikirimkan langsung ke nomor rekening yang sebelumnya diminta oleh pihak BRI life.

Nomor rekening yang dimaksudkan bisa nomor rekening peserta atau nomor rekening ahli waris tergantung dari jenis klaim asuransinya.

Adapun untuk hal-hal lainnya yang bersifat rahasia akan langsung diberitahukan bahwa klaim telah sukses diverifikasi.

Itulah cara cek AMKM BRI dan cara mengajukan klaim yang bisa kamu lakukan sendiri atau oleh ahli waris. Biasanya lamanya proses pengajuan setelah diterima kantor pusat layanan AMKKM BRI BRI untuk proses veifikasi yaitu 1 – 3 hri kerja. Sedangkan untuk menerima santunan klaim dari setelah verifikasi hingga menerma santunan adalah 14 hari kerja dimulai dari dokumen yang diterima sudah lengkap.

 

 

 

Related posts