Categories: BayarCara Bayar

[Updated] Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA

WIGATOS.com | Berbelanja di Tokopedia kini nggak perlu ribet, justru makin dipermudah dengan semakin banyaknya pilihan metode pembayaran. Salah satunya yang bisa Kamu coba saat ini ialah cara bayar Tokopedia pakai DANA. Sama seperti cara bayar Shopee pakai LinkAja, jadi metode pembayaran pakai DANA di Tokopedia bisa dipilih dengan menggunakan metode pembayaran ‘transfer bank’.

Karena bayar Tokopedia nggak melulu harus selalu di ATM, tentu saja jadi angin segar bagi Kamu para pengguna DANA. Sudah tahu kan, apa itu DANA? Ya, DANA termasuk salah satu dompet digital yang multifungsi. Selain bisa digunakan untuk pembayaran di merchant DANA, ini juga bisa menjadi solusi saat Kamu ingin membeli barang-barang via online. Tentu saja harus yang sudah bekerjasama dengan DANA.

Bayar Tokopedia Pakai DANA, Ada Syaratnya

Sebelum kita lanjut ke topik pembahasan kali ini, mengingat Tokopedia dan DANA masih belum bekerjasama, jadi ada syarat khusus nih bagi pengguna DANA. Kamu bisa berhasil mencoba cara bayar Tokopedia pakai DANA, asalkan memenuhi syarat berikut :

  • Akun DANA milikmu harus sudah beralih ke akun Premium, selain bisa membayar pembelian di toko online, Kamu juga bisa mendapatkan layanan full service dari DANA.
  • Kamu bisa menggunakan rekening bank apa saja sesuai yang Kamu miliki, boleh pakai BNI, Mandiri, BCA, BRI, dan masih banyak lagi.
  • Selalu cek saldo di akun DANA ya! Kalau bisa sih, saldonya harus melebihi jumlah yang akan ditransferkan.
  • Jangan lupa juga, Kamu harus pakai transfer lewat Virtual Account supaya pembayaranmu langsung terdeteksi.

Nah, jika sudah memenuhi semua syarat di atas, Kamu lebih leluasa lagi bertransaksi pakai DANA untuk pembayaran Tokopedia. Eitss, tapi sebelumnya untuk poin nomor 1 di atas, Kamu yakin sudah upgrade akun DANA? Jika belum, yuk coba upgrade akun DANA-mu ke premium terlebih dulu.

Cara Upgrade Akun DANA ke Premium

Menariknya berbelanja dengan bayar pakai DANA ialah selain lebih praktis, Kamu juga bisa mendapatkan diskon menarik dari DANA. Oke, untuk upgrade DANA ke Premium, Kamu bisa coba langkah-langkahnya berikut :

1. Instal DANA

Silahkan upgrade aplikasi DANA dengan membuka aplikasi DANA milikmu terlebih dahulu. Pastikan Kamu sudah menginstal DANA sebelumnya ya!

2. Klik Ikon ‘Me’

Karena di sini Kamu ingin meng-upgrade ke layanan premum DANA, silahkan pilih ikon ‘Me’ yang ada di pojok kanan bagian bawah.

3. Verify Your Account

Setelah Kamu ditampilkan tentang rincian ‘My Account’, silahkan klik Verify Your Account’.

4. Klik Unlock Now

Langkah selanjutnya, klik unlock now, dan mulai lakukan upgrade pada akunmu.

5. Persiapkan KTP dan Tekan ‘Yes, Iam Ready’

Lanjutkan proses dengan mempersiapkan e-KTP milikmu lebih dulu, kemudian tekan pilihan ‘Yes iam ready’.

6. Letakkan eKTP di Tempat yang Tersedia

Kamu bisa lakukan verifikasi dengan meletakkan eKTP dibingkai yang sudah disediakan, kemudian tekan shutter.

7. Foto Selfie

Silahkan lakukan foto selfie, pastikan fotonya harus benar-benar jelas. Jika sudah siap, ketuk ‘start’. Dalam pengambilan gambar saat selfie, Kamu mesti mengedippkaan mata, karena disini nantinya Kamu tidak akan menemukan tombol shutter.

8. Masukkan Nomor Kartu Keluarga

Persiapkan pula kartu keluarga dan inputkana nomor KK di kolom yang sudah tersedia. Jika sudaha yakin Kamu sudah menuliskan dengan benar, tekan submit.

9. Selesai

Sesudah seluruh data yang Kamu masukkan benar-benar valid, setelahnya di layar smartphone Kamu akan melihat notifikasi jika akun DANA milikmu sudah berhasil menjadi Premium. Wah, selamat ya!

Kini Kamu sudah bisa melakukan pembayaran Tokopedia pakai DANA. Cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA

Panduan Bayar Tokopedia Pakai DANA Sampai Sukses

Panduan Cara Membayar Tokopedia Lewat DANA

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan dalam cara bayar Tokopedia pakai DANA, Kamu bisa mencobanya berikut ini :

Tahap 1 : Cara Mendapatkan Kode Virtual DANA

Sebelum kita melanjutkan proses pembayaran Tokopedia menggunakan DANA, Kamu harus membuat kode pembayaran VA (virtual account) terlebih dahulu. Silahkan ikuti langkah di bawah ini jika belum tahu caranya :

1. Memilih Metode Pembayaran

Jika Kamu sudah memilih produk yang diinginkan di Tokopedia, dan sudah memasuki opsi pengiriman, kemudian dilanjukan untuk memilih metode pembayaran. Silahkan tap tulisan ‘Lihat Semua’, setelah itu pilih transfer dengan virtual account, lalu pililh rekening bank yang Kamu pakai. Misalnya, disini kita coba gunakan BNI Virtual Account ya.

2. Ketuk Bayar

Cara bayar Tokopedia pakai DANA selanjutnya, setelah menentukan rekening bank pilihanmu, kemudian sudah memastikan pilihan transfer dengan virtual account. Setelah itu, lanjutkan dengan klik ‘Kirim’ agar Kamu mendapatkan kode virtualnya.

3. Salin Kode Virtual

Langkah selanjutnya, klik copy atau salon nomor virtual account supaya mempermudahmu menginputkan kode VA tersebut saat memasuki aplikasi DANA.

Tahap 2 : Cara Bayar Tokopedia Pakai DANA

Jika sudah berhasil mendapatkan kode pembayaran atau VA tadi, Kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan mengakses aplikasi DANA. Nah, cara bayar Tokopedia pakai DANA di aplikasinya sangat mudah, simak ulasan berikut :

1. Buka DANA Apps

Silahkan buka aplikasi DANA milikmu terlebih dahulu, masuk ke akun dengan menginputkan PIN DANA seperti biasa dengan benar. Jangan lupa, koneksi internet harus benar-benar stabil agar prosesnya lancar. Mengingat aplikasi DANA memerlukan akses koneksi internet yang stabil supaya Kamu dapat mengakses seluruh fiturnya.

2. Pilih ‘Transfer

Jika sudah berhasil ke tampilan utama pada aplikasi, ketuk ‘Transfer’ di bagian atas.

3. Kirim ke Akun Bank

Setelah itu, Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan, karena ingin membayar Tokopedia lewat DANA, pilih opsi ke akun Bank.

4. Ketuk Tambah Rekening Bank

Cara bayar Tokopedia pakai DANA selanjutnya, ketuk ‘Tambah Rekening’, karena disini Kamu harus menginputkan kode pembayaran berupa virtual account yang sudah diperoleh tadi.

5. Inputkan Kode Pembayaran

Selanjutnya inputkan nama bank, caranya ketik pilihan bank BNI untuk mempercepat prosesnya, lalu salin kode virtual account di kolom yang bertuliskan nomor rekening. Kamu bisa mengisi kolom ‘alias’, atau bisa juga dikosongkan.

6. Pilih Nominal Pembayaran

Langkah berikutnya, inputkan nominal uang yang akan ditransferkan. Jika Kamu lupa kodenya, bisa buka aplikasi Tokopedia kembali untuk memastikan jumlah tagihan yang harus Kamu bayarkan.

7. Kirim DANA

Sebelum Kamu menyelesaikan pembayaran menggunakan DANA, Kamu bisa mengecek semua data yang telah dimasukkan terlebih dahulu. Setelah itu, tekan Kirim.

8. Inputkan PIN

Langkah selanjutnya, Kamu hanya perlu menginputkan PIN DANA milikmu untuk pembayaran.

Bagaimana, mudahkan cara bayar Tokopedia pakai DANA? Kamu juga nggak perlu khawatir soal keamanannya, karena bayar pakai DANA sangat aman digunakan. Pembayaran dengan dompet digital ini sangat berguna bagi Kamu yang sering berbelanja. Sebenarnya kalau soal kepraktisan, pakai mobile banking atau internet banking juga cukup praktis, hanya saja DANA sering mengadakan promo menarik. Apalagi bagi Kamu yang sering bertransaksi pakai DANA!

 

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 day ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

7 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago