Cara Ngeprint Label Undangan

Cara Ngeprint Label Undangan

Mungkin kita pernah menerima undangan yang labelnya ditulis memakai komputer dan bukan dari tulisan tangan. Sebenarnya label tersebut dipastikan memakai setting-an dari Excel maupun Microsoft Word. Bagi yang masih awam, mungkin bingung bagaimana cara ngeprint label undangan tersebut. Tapi Kamu tak perlu khawatir, karena Kami akan membagikan ulasannya dalam artikel ini.

Cara Ngeprint Label Undangan

Cara Ngeprint Label Undangan
Ngeprint Label Undangan

Tutorial Ngeprint Label Undangan

Supaya lebih praktis mencantumkan nama beserta alaman dalam kartu undangan, umumnya kita memakai kertas label. Adapun kertas label ini adalah kertas stiker tanpa motif alias polos yang bisa dtulis, entah itu memakai tulisan tangan maupun hasil print atau cetakan. Penulisan pada label undangan sekarang ini biasanya sering memakai komputer dengan aplikasi Microsoft Word.

Biasanya label yang dipakai pada kartu undangan ialah nomor 121 atau nomor 103, pada selembar kertas label umumnya terdapat 12 label stiker. Jika ingin mempercepat proses pengerjaan, ada cara pembuatan label undangan secara otomatis di Ms. Word menggunakan bantuan dari Ms Exve.

Tahap 1 : Persiapan Pembuatan Label Undangan Otomatis

Kamu bisa memakai Microsoft Office baik versi 2007, 2010, maupun 2016 ke dalam cara ngeprint label undangan. Untuk artikel kali ini, kita akan mencoba memakai Ms. Office 2016 dengan OS Windows 10. Namun sebelum Kamu mulai mencetaknya, harus persiapkan terlebih dahulu kertas label undangan nomor 103 misalnya, beserta penggaris.

Tahap 2 : Pembuatan Template Label di Microsoft Word

Kamu akan menciptakan template label pada nomor 103, sesuai ukuran label undangan aslinya. Kemudian template tersebut akan dipakai sebagai tempat untuk menyimpan tulisan yang ingin dicetak. Namun sebelumnya, Kamu harus memastikan telah mempersiapkan label undangan dan penggaris yang akan dipakai. Buka Ms. Word terlebih dahulu lalu buat dokumen yang baru. Ketuk di pilihan Ribbon Mailings kemudian pilih Labels, selanjutnya di jendela bertuliskan Envelopes and Labels pilih saja Options.

Selanjutnya Kamu keluar dari Label Options dan ketuk “New Label”. Di jendela bertuliskan “Label Details”, Kamu tinggal mengisi tiap kolom berdasarkan ukuran label yang sebenarnya.

Berikut penjelasan setiap kolom yang ditampilkan, diantaranya :

1. Label Name

Pada label name, Kamu bisa mengisinya dengan nama label yang ingin dibuat, contohnya “Label 103”.

2. Top Margin

Top margin sendiri adalah jarak margin bagian atas, antara bagian pinggir atas pada kertas sampai pinggir label ke dalam 1 bagian atas.

3. Vertical Pitch

Merupakan tinggi label yang ditambahkan dengan jarak vertikal dan label ke-3.

4. Side Margin

Adalah jarak margin bagian samping, yaitu antara pinggir pada samping kertas sampai pinggir pada label ke dalam 1 bagian samping.

5. Horizontal Pitch

Merupakan lebar label yang ditambahkan oleh jarak horizontal serta label kedua.

6. Label Width

Kamu bisa mengisi kolom ini dengan lebar label undangan yang akan dibuat.

7. Label Height

Pengisian kolom label height sendiri diisi oleh tinggi pada label.

8. Number Down

Number down ialah jumlah baris, biasanya di dalam label 103 ada 4 baris.

9. Number Accross

Kamu bisa mengisinya dengan jumlah kolom, dimana dalam label 103 ada 3 kolom.

10. Page Height

Merupakan tinggi kertas label keseluruhan.

11. Page Width

Adalah lebar pada kertas label keseluruhan.

Jika seluruh kolom telah diisi sesuai ukuran label sebenarnya, Kamu tinggal mengklik OK. Di dalam jendela bertuliskan Envelopes and labels, Kamu bisa memperhatikan label aktif yaitu label yang Kamu sudah buat sebelumnya. Selanjutnya tinggal klik pada pilihan “New Document”.

Cara ngeprint label undangan berikutnya, secara otomatis dokumen baru akan terbuka sesuai format template label. Pekerjaanmu untuk pembuatan template sendiri sudah selesai, kini tinggal memasukkan data supaya Kamu mendapatkan label undangan yang sudah siap untuk dicetak secara otomatis.

Tahap 3 : Pembuatan Data Label di Microsoft Excel

Format penulisan label undangan untuk setiap jenis undangan sendiri ialah nama penerima berikut alamatnya. Kamu tinggal membuat daftar nama yang menerima undangan di Microsoft Word saja, kemudian save atau simpan.

Tahap 4 : Memasukkan Data Excel ke Template Label

Langkah cara ngeprint label undangan terakhir ialah menggabungkan data Ms. Excel dbersama template label Microsoft Word. Adapun caranya ialah, ketuk opsi Ribbon Mailings dan pilih opsi Select Recipients lalu tekan pilih lagi use existing list. Untuk selanjutnya tinggal arahkan ke file Excel berisi daftar penerima undangan.

Kemudian di opsi Select Table, Kamu bisa memilih sesuai sheet, tempatmu mengetikkan data berupa alamat dan nama penerima undangan. Contohnya pada sheet pertama, Kamu bisa memilih sheet1$ kemudian tekan OK jika ingin menyimpannya. Lalu letakkan kursor di kolom pertama pada lembar kerja Word. Ketuk pada opsi Ribbon Maillings, pilih opsi Insert Merge Field dan Kamu bisa memilih drop down Alamat.

Pada kolom berikutnya Kamu tinggal mengisinya dengan cara menyalin pada kolom pertama. Lalu letakkan kursor di kolom kedua, tepatnya sebelum  tulisan “NAMA”. Ketuk pada opsi Ribbon Mailings, tekan opsi Rules dan pilih Next Record. Fungsinya yaitu supaya di kolom kedua maupun seterusnya data yang akan ditampilkan ialah data selanjutnya yang dilakukan secara berurutan.

Sementara kolom yang lainnya, tinggal salin dari bagian kolom kedua. Kamu juga bisa mengatur perataan tulisan atau text, ukuran font dan jenis font supaya terlihat rapi.

Adapun untuk mengantinya menjadai alamat dan nama yang sesuai dengan data yang telah diketik di lembar Excel, Kamu bisa mengikuti cara berikut. Ketuk opsi Ribbon Mailings kemudian pilih Edit Individual Documents lalu tekan All dan tekan Ok. Jika data dalam lembar Microsoft Excel tampak cukup banyak seringkali bisa menyebabkan Ms. Word “Not Responding” selama beberapa waktu. Namun Kamu tak perlu khawatir, tinggal tunggu saja sampai kembali lagi menjadi normal serta data yang sudah terekspor telah siap dicetak.

Bagaimana Agar Label Undangan Pas Ketika di Print?

Agar terhindar dari kesalahan pencetakan, sebaiknya pastikan untuk mengatur ukuran pada kertas cetak berdasarkan ukuran kertas label undangan yang dipakai. Untuk pengaturan ukuran kertas umumnya berada dalam menu Properties di dalam menu pengaturan ketika memilih mesin printer yang dipakai.

Mengenal Ukuran Label Undangan

Seperti kita ketahui, ukuran label undangan itu sendiri memiliki banyak jenisnya. Bahkan bentuk label undangan tersebut juga bervariasi, mulai daru yang berbentuk kotak, persegi panjang, hingga persegi panjang kecil. Namun umumnya yang biasa digunakan di Indonesia ialah label undangan berukuran 103 dan ukuran 121

1. Ukuran Label 103

Ukuran label undangan yang sering dipakai ialah nomor 103. Adapun ukuran dalam centimeternya yaitu sekitar 3,2 x 6,4 cm.

2. Ukuran Label 121

Selain ukuran 103, ada pula ukuran label 121 jika dikonversikan ke dalam cm, ukurannya yaitu 3,8 x 7,5 cm.

Oke, itulah beberapa informasi terkait ukuran label undangan yang bisa dicetak dengan memakai cara ngeprint label undangan dengan benar. Pastikan Kamu menentukan ukuran yang tepat sesuai dengan ukuran undanganmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

Related posts