Affiliate Shopee

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Bagaimana cara menonaktifkan kartu Simpati? Simpati adalah salah satu produk dari telkomsel selain kartu As yang bisa kamu pergunakan untuk keperluan telekomunikasi. Misalnya baik untuk mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, hingga menggunakan internet untuk berbagai keperluan.

Saat ini, yang paling banyak dilakukan oleh kebanyakan orang adalah sering membuka media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Tentu aplikasi tersebut membutuhkan internet yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dengan menggunakan kartu Simpati Kamu dapat memilih berbagai pilihan paket internet sesuai kebutuhanmu.

Tentang Peraturan Legalitas Kartu Prabayar atau Pasca Bayar

Saat ini, pemerintah Indonesia mengharuskan agar setiap pengguna kartu prabayar maupun kartu pasca bayar harus aktivasi kartu dengan mengisi biodata yang jelas dan nomor KTP atau NIK. Bukan itu saja, setiap orang hanya boleh memiliki kartu maksimal 3 kartu saja.

Dengan demikian, jika kamu temasuk orang yang membutuhkan lebih dari 2 kartu untuk keperluan pekerjaan, Kamu mesti bijak memilih kartu. Hal ini dikarenakan alasan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan warga negaranya memiliki maksimal 3 kartu saja. Jika lebih dari 3 kartu maka kamu akan terdeteksi sehingga tidak bisa memiliki kartu yang ke 4.

Bukan tanpa alasana kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini, yaitu untuk mengurangi tindak kejahatan seperti penipuan berkedok hadiah, atau mungkin saja ancaman tanpa dasar. Jadi, sudah cukup jelas kenapa kebijakan ini harus dilakukan dan dipatuhi oleh setiap perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Salah satunya adalah Telkomsel dengan kartu Simpatinya.

Solusi Bagi Pengguna yang Ingin Ganti Nomor

Kebijakan pemerintah tentu saja bersifat mutlak harus di patuhi. Namun bagaimana jadinya jika kamu ingin mengganti nomor HP tapi Kamu sudah memiliki 3 kartu yang aktif? Caranya cukup mudah yaitu dengan melakukan unreg pada kartu kamu. Metode ini juga berlaku bagi seluruh kartu SIM, salah satunya produk Telkomsel seperti kartu Simpati.

Jika kamu sudah melakukan unreg pada salah satu kartu kamu, maka kamu bisa melakukan penggantian ke nomor kartu yang baru. Perlu ditekankan, cara ini bukanlah cara untuk menambah kartu yang ke 4, melainkan mengganti salah satu dari 3 kartu kamu yang aktif. Artinya kamu tetap memiliki 3 kartu saja.

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Tutorial Menonaktifkan Kartu Simpati

Tutorial Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Pada artikel ini, kamu akan diberitahu bagaimana cara menonaktifkan kartu simpati dengan benar. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan kartu, yaitu dengan melakukan dial atau panggilan dan dengan menggunakan layanan SMS. Untuk lebih lengkapnya, berikut langkah – langkahnya :

1. Menonaktifkan Kartu Simpati via Layanan SMS

Bagi kamu yang ingin menonaktifkan kartu Telkomsel menggunakan layanan SMS, berikut cara menonaktifkan kartu Simpati, yaitu :

  • Buka ikon SMS pada HP kamu, biasanya ada di bagian depan berada dibawah.
  • Ketikkan pada layar ponsel dengan mengetikkan format SMS : UNREG#NIK tanpa spasi. Seperti contoh berikut ini : UNREG#3939164738987667
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 4444.
  • Tunggu balasan dari nomor tersebut dan selesai.

Cara menonaktifkan kartu simpati melalui SMS cukuplah mudah, namun perlu diingat agar pulsa kamu mencukupi sehingga SMS yang akan kamu kirimkan ke nomor 4444 bisa terkirim.

Untuk penggunaan huruf, antara huruf kapital dan huruf kecil tidaklah berpengaruh karena sistem akan mendeteksi secara otomatis, dan juga pada bagian akhir NIK, kamu tidak perlu memberikan tanda pagar lagi.

2. Menonaktifkan Kartu Simpati via Panggilan atau Dial Up

Selain cara di atas, Kamu juga bisa unreg kartu Simpati menggunakan metode dial up atau panggilan dengan cara berikut :

  • Masuk ke menu panggilan dengan buka ikon seperti gagang telpon.
  • Ketikkan *444#.
  • Jika sudah pilih menu nomor 3. Menu tersebut merupakan menu UNREG.
  • Masukkan nomor NIK yang diminta, nomor NIK tersebut merupakan nomor yang dulu digunakan untuk aktivasi kartu simpati kamu.

Cara di atas merupakan cara unreg kartu Simpati baik dengan layanan SMS ataupun dengan melakukan panggilan. Pada kedua cara tersebut, nantinya tetap akan menerima balasan melalui SMS dari pihak telkomsel yang menerangkan UNREG kamu berhasil atau tidak berhasil. Nomor yang akan mengirimkan pemberitahuan tersebut yaitu dari 4444.

Faktor Penyebab Gagal UNREG Kartu Simpati

Walaupun cara di atas terbilang cukup sederhana dilakukan, namun ada saja yang gagal ketika sedang proses UNREG. Bagi kamu yang ingin melakukan UNREG kartu simpati dan ingin proses UNREG berjalan lancar, berikut informasi yang harus kamu tahu :

1. NIK Harus Sesuai

NIK yang tertera pada kartu keluarga atau pada KTP, terdiri dari 16 digit. Itu merupakan nomor kamu yang harus di isi ketika proses UNREG. Jika salah satu angka saja terlewat tidak diinputkan atau salah memasukkan nomor dan tidak sesuai dengan NIK-mu, maka proses menonaktifkan kartu simpati akan secara otomatis tidak berhasil atau gagal.

Pastikan agar kamu mengisi NIK yang benar, jika kurang yakin lebih baik dilihat lagi untuk memastikan pengisian NIK sesuai dengan yang tertera pada kartu keluarga atau pada KTP kamu.

2. Lupa NIK

Ini terjadi biasanya karena Kamu sedang tidak memegang KTP dan KK (Kartu Keluarga) karena alasan tertentu seperti hilang. Caranya adalah mengajukan KTP/KK kembali ke Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di tempatmu mendaftarkan KTP atau KK untuk meminta fisik kartu keluarga dan KTP. Setelah itu baru kamu bisa menonaktifkan kartu simpati.

Akan tetapi jika cara pertama membutuhkan waktu yang lama sedangkan kamu ingin cepat – cepat memproses unreg kartu, maka caranya bisa datang langsung ke Grapari terdekat. Dengan begitu, Customer Service GraPARI Telkomsel akan membantu memproses penonaktifan kartu Simpati.

Menonaktifkan Nomor Simpati yang Hilang

Ada kalanya kamu ingin menonaktifkan kartu namun kartu tersebut hilang, atau mungkin saja rusak sehingga cara – cara di atas tidak dapat dilakukan. Namun tak perlu khawatir, untuk mengantisipasinya, ada dua cara menonaktifkan kartu Simpati yang bisa kamu lakukan, yaitu :

1. Kirim Berisi Keluhanmu Ke Customer Care Telkomsel

Isilah pada subyek email dengan isian permohonan UNREG, lalu pada kolom tujuan, isi ke alamat email customer care dengan mengetik cs@telkomsel.co.id.

Adapun untuk isi emailnya, kamu ikuti urutan berikut ini :

  • Tuliskan nomor simpati yang akan kamu nonaktifkan.
  • Tuliskan 3 nomor yang pernah kamu hubungi, tiga nomor tersebut usahakan 3 nomor terakhir yang kamu hubungi.
  • Sisa pulsa terkahir yang terdapat pada kartu terebut, jika lupa maka bisa diperkirakan saja asal berdekatan dengan sisa pulsa yang sebenarnya.
  • Tanggal pengisian pulsa yang terakhir, dan pastikan agar kamu mengingatnya.
  • Nomor NIK yang pernah kamu daftarkan untuk aktivasi.
  • Nama kamu yang lengkap.
  • Jelaskan alasan kamu ingin menonaktifkan kartu.

2. Datang Langsung ke Grapari Telkomsel Terdekat

Jika dengan mengirimkan email cukup sulit, maka kamu bisa langsung datang ke Grapari terdekat agar dibantu dalam proses menonaktifkannya. Adapun caranya, silahkan datang ke meja customer service dan minta bantuan untuk melakukan unreg kartu Simpati yang ingin dihapus. Bagaimana, mudah kan?

Demikian ulasan tentang cara menonaktifkan kartu Simpati yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago