Cara Cek Resi JNE

Bagaimana cara cek resi JNE dengan mudah? JNE adalah salah satu perusahaan jasa ekspedisi atau pengiriman barang dengan berbagai macam pilihan layanan yang ditawarkannya.

JNE sendiri merupakan singkatan dari Jalur Nugraha Ekakurir. Ada beberapa pilihan produk unggulan dari JNE, diantaranya JNE OKE, REG, dan YES.

Jenis-Jenis Layanan Pengiriman JNE

Sebelum kita membahas cara cek resi JNE, kita akan mengulas jenis layanan yang ditawarkan oleh JNE terlebih dahulu.

Seperti kita ketahui, perusahaan jasa ekspedisi barang adalah bagian terpenting dalam era usaha online sekarang ini, sebab setiap transaksi membutuhkan jasa pengiriman barang untuk mengirimkan paket barang ke tempat tujuan, baik secara domestik maupun secara internasional.

Dengan demikian, para pelaku bisnis online selalu mencari layanan pengiriman barang yang dapat diandalkan untuk mengirimkan paket dengan aman, cepat dan aman. Selain itu juga dengan harga yang relatif terjangkau.

Salah satu jasa ekspedisi yang bisa Kamu andalkan ialah JNE. Namun untuk menggunakan jasa ekspedisi ini, tentu saja Kamu harus tahu apa saja produk-produk unggulan yang ditawarkannya. Ini dia ulasannya :

  • JNE YES

Layanan YES sendiri merupakan singkatan dari Yakin Esok Sampai. Produk JNE ini adalah layanan ekspedisi barang premium, karena target waktu pengirimannya di keesokan hari, walaupun di hari libur nasional dan hari minggu.

JNE YES ialah layanan yang mengirimkan barang denga kota-kota tujuan yang sudah ditentukan oleh JNE Pusat, dan waktu pengantarannya hanya 1 hari saja. JIka kiriman tidak dikirimkan dalam 1 hari, ongkos kirim otomatis akan langsung dikirimkan kembali ke pihak pengirim.

Ketentuan layanan JNE YES sendiri berlaku bagi kota tujuan dengan penerbangan langsung, Kamu bisa menggunakan cara cek resi JNE dan informasi mengenai penerimaan barang memakai JNE Airway Bill Number lewat situs resmi JNE.

Adapun cara penggunaannya ialah pelanggan bisa langsung menelpon contact center, dan customer service langsung mengatur penjemputannya. Biasanya barang akan dikirimkan atau diberangkatkan sesuai jadwal penerbangan pada hari itu.

  • JNE OKE

OKE adalah singkatan dari Ongkos Kirim Ekonomis. Layanan JNE OKE sendiri khusus untuk pengiriman barang berat atau berukuran besar yang harganya terjangkau dengan menggunakan moda transportasi jalur udara dan darat yang telah menghubungkan ibu kota provinsi, kota dan kabupaten.

Ketentuan layanan ini yaitu biasanya layanan JNE OKE tidak akan melayani pengiriman di hari libur nasional, hari sabtu dan minggu.

Perkiraan waktu pengiriman barang tiba di alamat tujuan selama 3 hari kerja paling cepat, tergantung tujuan pengirimannya. Layanan OKE dari JNE juga tidak memberikan jaminan berupa uang kembali.

JNE Reguler ialah layanan pengiriman paket handal, cepat dan aman hingga ke pelosok Indonesia. Tujuan layanan ini untuk memahami tren dan gaya hidup masyarakat yang dinamis dan modern.

Ketentuan dari layanan REG ini ialah tidak melayani pengiriman di hari minggu serta hari libur nasional, perkiraan waktu tiba kiriman ke alamat tujuan sekitar 1-3 hari untuk tujuan di kota agen utama.

Sementara untuk alamat tujuan di luar kota agen JNE utama, perkiraan waktu tibanya paket pengiriman paling lama ialah 7 hari. Sama seperti JNE OKE, layanan Reguler juga tidak menjamin uang kembali.

Apa Saja Perbedaan JNE REG, OKE, dan YES?

Berikut perbedaan layanan JNE YES, OKE dan Reguler yang perlu Kamu ketahui, diantaranya :

  1. Layanan YES menjamin uang kembali, sementara JNE OKE dan REG tidak menjamin uang kembali apabila barang tidak sampai tepat waktu.
  2. Lama pengiriman layana YES yaitu 1 hari, sementara untuk layanan JNE REG sendiri 1-3 hari, paling lambat 1 minggu/7 hari, untuk layanan JNE OKE 3 hari paling cepat dan 5 hari paling lambat.
  3. Tarif ongkos pengiriman JNE YES biasanya lebih mahal, sementara JNE REG sendiri sedang, dan tarif paling murah adalah layanan JNE OKE.
  4. JNE YES siap melayani pengiriman paket setiap hari, meskipun di hari libur nasional dan hari minggu, sementara JNE REG tak akan melayani pengiriman di hari libur nasional dan hari minggu, sedangkan pengiriman JNE OKE tak melayani pengantaran di hari minggu, sabtu dan juga hari libur nasional.

Itulah beberapa perbedaan produk JNE OKE, YES, dan REG. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan tingkat kecepatan pengiriman paket serta ongkos kirim.

Cara Cek RESI JNE di Web jne.co.id

Cek Resi JNE | IMG: Freepik.com

Untuk melakukan pengecekan resi pengiriman JNE online tentu harus membutuhkan data internet lewat komputer atau HP.

Sedangkan jika Kamu ingin mengecek resi pengiriman JNE secara offline, sudah tentu harus mendatangi kantor cabang. Hal ini pastinya sangat merepotkan.

Adapun cara cek resi JNE tercepat dan juga akurat tanpa harus mendatangi kantor JNE terdekat. Berikut ulasan cek nomor resi pengiriman JNE via website.

  1. Pertama-tama silahkan persiapkan nomor resi pengiriman yang telah dikirimkan oleh penjual atau dari pihak JNE  dan pastinya status barang telah dikirim atau resi tersebut valid.
  2. Setelah itu, Kamu bisa melakukan pelacakan paket pengiriman JNE di https://www.jne.co.id/id/tracking/trace,
  3. Copy lalu pastekan nomor resi JNE pada kolom yang telah tersedia, lalu enter. Sesudah nomor resi diproses selanjutnya kana ditampilkan status pelacakan atau pengiriman paket.

Ada beberapa status pengiriman yang mungkin membuatmu kebingungan saat melakukan pelacakan di situs resmi JNE. Untuk itu, Kami jelaskan beberapa status resi pengiriman beserta artinya berikut :

  • On transit, artinya paket ada di kota transit atau kota lain.
  • Manifested, artinya paket diterima pihak JNE selanjutnya akan dikirim atau diteruskan.
  • On process, artinya paket dalam proses pengiriman.
  • Received on destination, artinya paket telah tiba di gudang atau kantur JNE kota tujuan.
  • Delivered, artinya paket telah sampai atau diterima di alamat tujuan.

Seluruh layanan JNE dapat dicek lewat resi pengiriman melalui cara-cara di atas, baik itu untuk layanan JNE YES, REG, dan OKE.

Cara Cek Kiriman Paket JNE Tanpa Nomor Resi

Jika cara cek resi JNE di atas sangat mudah dilakukan secara online, karena Kamu memiliki bukti atau resi pengiriman paket yang diberikan oleh JNE.

Akan tetapi, bagaimana jika harus melacak kiriman JNE tanpa menggunakan nomor resi akibat nomor resinya hilang?

Oleh karena itu, sebaiknya sebisa mungkin nomor resi tersebut dijaga supaya tidak hilang. Akan tetapi, sebenarnya masih bisa dilacak memakai nama.

Itupun jika staf kantor JNE terdekat bersedia mencarikannya untuk Kamu. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Kamu mencobanya terlebih dahulu.

Ini dia cara cek resi JNE yang hilang, diantaranya :

  1. Silahkan kunjungi agen utama atau kantor cabang jasa ekspedisi JNE. Akan tetapi, Kamu harus yakin jika paketmu telah dikirimkan sekitar 3 sampai 5 hari sebelumnya.
  2. Kamu bisa temui petugas CS atau customer service di kantor cabang JNE dan katakan tujuanmu untuk meminta bantuan kepada staf CS agar dicarikan resi pengiriman atau informasi lokasi paket dengan cara menyebutkan pengirim paketnya.
  3. Di samping menyebutkan nama pengirimnya, Kamu juga bisa menyebutkan informasi lainnya, seperti tanggal pengiriman, nama penerima, kota asal, dan alamat tujuan.
  4. Petugas customer service pun akan membantumu untuk mencarikan paket lewat sistem mereka.
  5. Jika petugas JNE berhasil menemukannya, Kamu bisa memakai nomor resi pengiriman tersebut untuk melakukan pelacakan paketmu.

Nah, bagaimana cara cek resi JNE sangat mudah kan? Jadi, pastikan Kamu tidak kehilangan bukti atau nomor resi pengiriman paket agar tidak kesulitan melacak posisi paketmu!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

3 hours ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

4 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago