Traveloka

Cara Cek FUP Indihome

Bagaimana cara cek FUP Indihome? Ya, setiap penyedia layanan internet/internet server provider tentu mempunyai kebijakan Fair Usage atau FU yang artinya Pemakaian Wajar.

Adapun yang dimaksud dengan Pemakaian Wajar ini artinya ialah penggunaan internet optimal berdasarkan kuota internet yang disediakan penyedia layanan. Indihome sendiri merupakan salah satu provider layanan internet dengan kebijaka Fair Usage Policy (FUP) atau pemakaian wajar.

Inilah yang penting, yakni tiap paket internet Indihome yang ditawarkan dibarengi oleh besaran bandwidth tertentu dalam kecepatan data.

Indihome sendiri termasuk anak perusahaan PT. Telkom yang menerapkan sistem FUP dari 4 tahun lalu, lebih tepatnya pada Februari 2016 lalu. Mereka telah melakukan hal tersebut untuk menjaga kualitas pemakaian data sekaligus menjual kembali layanan yang mereka berikan.

Ini artinya, apabila telah melewati batas pemakaian wajar, lalu Kamu ingin menikmati kecepatan internet kembali seperti sebelumnya, Kamu pun harus menambah kuota fair usage dengan membelinya.

Oleh karena itu, jika Kamu pengguna Indihome tak heran jika Kamu ingin mengecek FUP yang telah ditetapkan Telkom Indihome pada paket yang Kamu gunakan. Di sini Kami akan bahas cara cek FUP Indihome untuk Kamu pengguna Indihome!

Pengertian FUP

FUP sepenuhnya berkaitan dengan performa dan kecepatan koneksi internet. Dimana ISP Indihome beserta yang lainnya mentautkan jumlah/besaran FUP pada tiap paket yang ditawarkan.

Misalnya jika Kamu pengguna paket internet Indihome 10 Mbps, maka besaran FUP yang akan didapatkan sebesar 300 GB. Jikalau FUP yang Kamu gunakan telah melampaui 300GB, kecepatannya pun akan diturunkan.

Maka FUP tersebut berkaitan hanya dengan kecepatannya saja, dan bukan pemberhentian penggunaan internet. Apabila FUP diturunkan, Kamu tetap bisa internetan hanya saja kecepatannya akan menurun dibandingkan sebelumnya.

Perlukan Mengetahui Kuota FUP?

FUP memang menyangkut kecepatan internet saja, maka jika Kamu pengguna Indihome yang memerlukan kecepatan data, tentu penting sekali mengetahui atau mengecek FUP.

Jadi jika di areamu intensitas penggunaan internetnya sangat tinggi, lalu merasa kecepatan internet turun drastis, sebaiknya terus melakukan monitor FUP yang Kamu miliki.

Apabila Kamu merasa perbedaan kecepatan internetmu signifikan, kini ketahui apakah Kamu telah melewati batas kecepatan FUP ataukah belum, apabila sudah ketahui jumlah besaran FUP yang telah digunakan. Jadi untuk mengetahuinya, Kamu bisa gunakan cara cek FUP Indihome berikut!

Cara Cek FUP Indihome Lengkap

Mengecek FUP Indihome

Untuk mengatur pemakaian internet secara maksimal, Kamu tentu harus tahu cara cek FUP Indihome setiap hari. Sehingga bisa menghitung kapan kira-kira Kamu akan melebihi FUP yang telah ditetapkan.

Ada beberapa cara cek FUP Indihome yang bisa digunakan, diantaranya sebagai berikut :

Cek FUP Indihome Lewat Call Center

Cara pertama ini sebenarnya cukup mudah, karena Kamu hanya perlu menghubungi pihak call center Indihome saja.

Caranya tinggal telepon ke nomor 147 lewat telepon rumah atau Hp. Jika sudah tersambung, pastikan Kamu menuju layanan customer service.

Hanya saja memakai layanan call center kekurangannya memakan pulsa sebesar Rp. 1000 per menitnya. Apabila menghubungi call center dari Hp maka Kamu harus mengetahui kode wilayah, jadi misalkan Kamu tinggal di kota Bandung, sebaiknya tambahkan kode area 022, sehingga menjadi 022147.

Cek FUP Indihome Lewat Plasa Telkom

Cara cek FUP Indihome yang kedua ialah dengan mengunjungi plasa Telkom terdekat. Jadi cocok dilakukan bagi Kamu yang memiliki banyak waktu senggang.

Adapun persiapan yang dibutukan saat menegcek FUP Indihome di Plasa Telkom ialah dengan membawa KTP, nomor telepon Indihome jika paket Kamu memakai sambungan telepon juga, dan ID pelanggan.

Kelebihan dari cara ini, Kamu dapat menanyakan ke pihak Customer Service. Maka dari itu, pastikan Kamu tak hanya akan menanyakan layanan FUP saja melainkan hal yang lainnya, supaya tidak merasa hanya membuang waktumu.

Sementara kekurangannya ialah Kamu harus menempuh jarak tertentu, terlebih lagi bila tempat tinggalmu jauh dari Plasa Telkom.

Cek FUP Indihome Lewat Telkomcare Facebook Fanpage

Untuk menggunakan cara cek FUP Indihome ini, ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan berikut :

  • Kamu bisa masuk ke akun Facebook-mu terlebih dahulu.
  • Jika sudah kunjungi Fanpage Indihome di Facebook.
  • Lalu kirimkan pesan langsung kepada mereka.

Kelebihan cara ini sebenarnya sangat mudah dan tidak ribet. Hanya saja kekurangannya, proses menunggu balasan atau jawaban dari pihak Telkomcare sendiri dapat memakan banyak waktu, sebab mereka juga telah melayani banyak penanya.

Tak hanya fanpage, Kamu juga bisa menghubungi Telkomcare melalui Twitter atau Instagram.

Cek FUP Indihome Lewat Email

Kamu juga bisa mengirimkan email untuk menanyakan FUP Indihome, pastikan Kamu menyertakan nomor telepon Indihome dan ID Pelanggan saat mengirimkan email. Selanjutnya kirimkan email ke CustomerCare@Telkom.co.id.

Kekurangan cara yang satu ini bisa menghabiskan waktu banyak untuk menunggu balasan dari pihak customer care.

Cek FUP Indihome Lewat SMS

Cara mudah lainnya untuk mengecek FUP Indihome ialah dengan mengirimkan pesan singkat atau SMS. Kamu bisa kirim ke nomor 98108 melalui format SMS berikut :

Ketik : ISP(spasi)IH(spasi)Kode area + nomor telepon Indihome.

Kamu bisa mengganti kode area beserta nomor telepon dengan mengunakan nomor ID pelanggan atau nomor telepon Indihome.

Adapun contohnya ialah ketik : ISP(spasi)IH(spasi)022xxxxx

Keterangan: silahkan ganti x sesuai nomor telepon Indihome-mu.

Keunggulan cara ini ialah Kamu tak perlu ribet-ribet menghubungi pihak call center atau menelepon, tak perlu menghabiskan banyak waktu keluar rumah ke Plasa Telkom, dan tak perlu mengunduh aplikasi, melakukan pendaftaran dan lainnya.

Sementara kekurangan cara ini ialah informasi seadanya dan sangat sederhana, serta akan dikenakan biaya pengiriman SMS jika melakukan cara ini.

Cek FUP Indihome Lewat Aplikasi

Cara ini termasuk yang sangat direkomendasikan, mengingat semua tenaga, biaya, keruwetan bisa diminimalisir.

Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi MyIndihome, di App Store maupun Google Play Store. Jika sudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Lakukan pendaftaran pada aplikasi MyIndihome jika belum
  • Jika sudah mendaftar, silahkan masuk atau login.
  • Sesudah masuk ke aplikasi, Kamu bisa mengecek besarnya FUP di layar.

Cara ini termasuk paling banyak disukai, karena paling hemat serta dapat dilakukan kapan saja dengan mudah meskipun harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Kelebihan dari cara ini yaitu tak perlu ribet-ribet menelpon, dapat mengecek kapan saja dan dimana saja hanya perlu membuka aplikasi, dan tak perlu keluar rumah untuk pergi ke Plasa Telkom.

Sedangkan kekurangannya ialah Kamu harus mengunduh dan menginstall aplikasi MyIndihome terlebih dahulu, dan harus mendaftar ID pelanggan dan telepon lalu login.

Nah, itulah dia ulasan tentang 6 cara cek FUP Indihome yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan dan kondisi. Pilih cara yang paling praktis, mudah dan tepat. Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

10 hours ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

4 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago