Bank

Cara Mengurus ATM Tertelan BNI Update Maret 2024

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengurus ATM tertelan BNI? Terkadang, ada saja masalah yang dihadapi saat sedang melakukan transaksi di ATM BNI. Salah satu masalah yang kerap ditemui ketika melakukan transaksi di mesin ATM adalah kartu ATM tertelan. Bagi kamu yang baru pertama kali mengalami masalah ini mungkin akan panik dan tidak tahu harus melakukan apa. Namun, tenang saja, masalah kartu ATM yang tertelan tersebut bisa diatasi kok.

Bank BNI sendiri memberikan kemudahan kepada nasabahnya, apalagi jika mereka mengalami berbagai kendala, khususnya kartu ATM tertelan. Seperti yang kita tahu, Bank BNI atau Bank Negara Indonesia adalah salah satu bank milik BUMN yang memiliki nasabah cukup banyak. Maka dari itu, setiap masalah yang memungkinkan dialami oleh nasabahnya pasti ada solusinya. Nah, sebelum kamu mengatasinya, kamu juga perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, kamu bisa mempersiapkannya terlebih dahulu. Langsung saja, untuk informasi lengkapnya, kamu bisa membaca artikel ini secara keseluruhan.

Cara Mengurus ATM Tertelan BNI

Cara Mengurus ATM Tertelan BNI

Cara mengurus ATM tertelan BNI sangatlah mudah. Namun, sebelum kita lanjut ke langkah-langkahnya, mimin akan menjelaskan apa saja penyebab yang biasanya menjadi masalah mengapa kartu ATM bisa tertelan. Pertama, kartu lupa dicabut bisa menjadi penyebab kartu ATM kamu tertelan. Kedua, karena listrik mati, yang mana mesin ATM adalah komputer yang memerlukan daya listrik. Jika listrik mati, kartu ATM juga akan diam di mulut mesin ATM-nya. Kemudian, penyebab yang ketiga adalah salah memasukkan PIN beberapa kali. Salah memasukkan PIN berulang kali memungkinkan kartu ATM terblokir bahkan bisa tersangkut di mesinnya.

Syarat Mengurus ATM BNI Tertelan

Berikut ini beberapa syarat yang harus kamu siapkan ketika kamu mengunjungi Customer Service di kantor cabang Bank BNI.

  1. Buku tabungan (jika buku hilang, ganti dengan surat kehilangan dari kepolisian).
  2. Kartu identitas seperti KTP.
  3. Menjawab pertanyaan CS seperti nama ibu kandung pemilik rekening.

Langkah-Langkah Mengurus ATM Tertelan BNI

Berikut ini langkah-langkah mengurus ATM BNI kamu yang tertelan.

Langkah 1: Hubungi Call Center BNI > Minta Pemblokiran Kartu

  • Kamu tidak perlu panik jika mendapati kartu ATM BNI kamu tertelah di mesin ATM.
  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencatat waktu dan tempat kejadian, karena informasi ini akan dibutuhkan.
  • Selanjutnya, kamu bisa menghubungi Call Center BNI di nomor 1500046.
  • Saat sudah terhubung dengan Call Center BNI, kamu bisa menginformasikan bahwa kartu ATM kamu tertelan di mesin ATM dan minta untuk pihak bank melakukan pemblokiran agar kartu tersebut tidak disalahgunakan nantinya.
  • Kemudian, Call Center BNI akan menanyakan beberapa pertanyaan dan akan dilakukan verifikasi identitas rekening BNI kamu.
  • Setelah itu, kamu akan diminta mengunjungi kantor cabang Bank BNI untuk pencetakan kartu ATM BNI yang baru.

Langkah 2: Kunjungi Kantor Cabang Bank BNI Terdekat

  • Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi kantor cabang Bank BNI yang terdekat dari lokasi kamu.
  • Siapkan juga uang untuk yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan penggantian kartu ATM.
  • Pastikan kamu membawa fotokopi KTP dan identitas lainnya sebagai syarat yang harus dibawa untuk mengurusi kartu ATM yang tertelan.

Langkah 3: Ambil Nomor Antrean

  • Ambil nomor antrean untuk ke bagian Customer Service Bank BNI. Biasanya pengambilan nomor antrean ini akan dibantu oleh satpam Bank BNI yang bertugas.
  • Apabila nomor antrean kamu sudah dipanggil, silakan datangi petugas Customer Service.
  • Kamu bisa menyampaikan tujuan kamu datang ke Bank BNI, yaitu untuk melaporkan kartu ATM yang tertelan dan meminta untuk pencetakan kartu ATM yang baru.

Langkah 4: Isi Formulir yang Disediakan

  • Customer Service akan memberikan kamu formulir penggantian kartu ATM yang harus kamu isi dengan beberapa data-data pribadi kamu.
  • Isilah formulir yang diberikan dengan data yang benar dan jangan lupa untuk menandatangani formulir tersebut.

Langkah 5: Pencetakan Kartu ATM BNI Akan Diproses

  • Tunggu beberapa saat hingga proses penggantian kartu selesai.
  • Setetlah kartu ATM BNI yang baru sudah dicetak ulang, segera lakukan penggantian PIN ATM untuk menghindari penyalahgunaan kartu milik kamu.

Demikian cara mengurus ATM tertelan BNI. Mudah bukan? Silakan perhatikan langkah-langkah di atas ketika kamu sedang mengalami masalah tersebut. Usahakan untuk terus berhati-hati ketika melakukan transaksi perbankan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

20 hours ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

6 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago