BPJS

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

WIGATOS.com | Ternyata sangat mudah, lho cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar. BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan nasional di Indonesia yang menyediakan perlindungan kesehatan bagi pesertanya. Salah satu aspek penting dari program ini adalah pembayaran iuran secara teratur. Bagi peserta BPJS Kesehatan, mengetahui status pembayaran iuran sangatlah penting agar manfaat jaminan kesehatan dapat dinikmati tanpa kendala.

BPJS Kesehatan telah mempermudah pesertanya untuk mengakses informasi terkait iuran yang telah dibayarkan, yaitu melalui Aplikasi Mobile JKN. Dengan menggunakan fasilitas ini, peserta dapat dengan cepat mengetahui status pembayaran iuran dan memastikan bahwa kepesertaan mereka tetap aktif. Selain itu, banyak fitur bermanfaat lainnya yang dapat digunakan oleh peserta BPJS, yang mana kini tidak perlu mendatangi kantor BPJS lagi. Jadi, beberapa aktivitas memang bisa dilakukan lewat aplikasi ini.

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

Mengecek Iuran BPJS Kesehatan yang Sudah Dibayar

Cara mengetahui dan melihat iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar memang perlu kamu ketahui. Gunanya adalah untuk memastikan bahwa kamu telah membayar tagihannya setiap bulan. Dengan kamu mengeceknya, kamu bisa menghindari telat bayar, karena jika kamu telah membayar tagihan BPJS, kamu akan dikenakan denda.

Mimin sudah merangkum beberapa cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar di bawah ini disertai dengan tangkapan layar. Jadi, kamu bisa lebih mudah mengikuti langkah-langkahnya. Yuk, langsung saja ke tahap-tahapnya.

Langkah 1. Buka Aplikasi Mobile JKN

  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Mobile JKN di ponsel kamu, baik itu Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Pastikan aplikasi yang diunduh resmi dan terverifikasi.
  • Setelah berhasil mengunduh aplikasi, buka aplikasi tersebut.
  • Jika Anda sudah memiliki akun, langsung login. Namun, jika Anda belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu dengan mengikuti proses pendaftaran yang disediakan.

Langkah 2. Pilih Menu Lainnya

  • Di halaman awal aplikasi, kamu akan melihat menu yang tersedia.
  • Nah, untuk melihat riwayat pembayaran yang telah kamu lakukan, kamu bisa pilih Menu Lainnya, seperti pada tangkapan layar di atas.

Langkah 3. Pilih Info Riwayat Pembayaran

  • Setelah kamu klik Menu Lainnya, kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya, yang mana juga terdiri dari beberapa menu yang bisa kamu pilih.
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih Info Riwayat Pembayaran, seperti pada tangkapan layar di atas.

Langkah 4. Info Riwayat Pembayaran Ditampilkan

  • Barulah kamu akan masuk ke halaman Info Riwayat Pembayaran.
  • Pada halaman ini akan muncul daftar nama keluarga yang masih dalam satu KK (Kartu Keluarga). Data yang ditampilkan yaitu:
  1. Nama lengkap anggota keluarga
  2. Jumlah tagihan yang sudah dibayarkan
  3. Channel atau metode pembayaran yang digunakan
  4. Tanggal dan jam pembayaran
  5. Status pembayaran
  • Jika kamu sudah melakukan pelunasan, maka keterangan Status pembayaran-nya adalah Lunas. Contoh Info Riwayat Pembayaran yang sudah dibayarkan adalah seperti di tangkapan layar di atas.

Mudah bukan? Jika kamu belum memiliki aplikasi Mobile JKN, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu, karena aplikasi ini sangat bermanfaat karena sudah dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas hanya dalam satu aplikasi yang bisa kamu akses di mana saja dan kapan saja.

Demikian cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar lewat Aplikasi Mobile JKN. Pastikan kamu melakukan pembayaran tagihan secara rutin agar kamu tidak dikenakan denda.  Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

15 hours ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

5 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

5 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

6 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago