Categories: Uncategorized

5+ Step Cara Main Airdrop Kripto Lengkap dengan Panduannya!

Berbeda dengan cara hidupkan airdrop di iPhone yang sudah kita bahas sebelumnya, Airdrop di sini bukan soal perangkat untuk berbagi file, melainkan untuk memperoleh kripto gratisan. Ya, Airdrop adalah salah satu cara untuk mendapatkan kripto secara gratis dengan syarat dam ketentuan tertentu. Kamu bisa coba cara main Airdrop dengan mudah!

Biasanya, airdrop dilakukan oleh proyek-proyek baru untuk empromosikan koin atau token mereka kepada masyarakat luas. Jika kamu mengikuti program Airdrop, maka bisa berpeluang memperoleh sejumlah koin atau token yang nantinya bisa ditukar dengan uang atau kripto. Pastinya sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Namun, tidak semua airdrop itu legit dan aman. Ada juga airdrop yang berbahaya dan bisa merugikan secara finansial. Sebab bisa saja mengandung virus, malware, scam, atau phishing. Oleh karena itu, jika ingin bermain airdrop maka Kamu perlu berhati-hati dan selektif dalam memilih airdrop yang ingin Kamu ikuti.

Cara Main Airdrop

Cara Main Airdrop

Jika kamu tertarik bermain Airdrop, ada beberapa langkah cara main airdrop yang bisa kamu praktekkan berikut ini :

1. Main Airdrop dengan Persiapkan Akun Media Sosial

Syarat penting dalam cara main Airdrop yaitu wajib punya akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, YouTube, dan akun media sosial lainnya. Sebab proyek-proyek tertentu yang melakukan Airdrop biasanya ingin meningkatkan awareness dan engagement mereka di media sosial.

Oleh karena itu, Kamu perlu membuat dan mempersiapkan akun media sosial terlebih dulu sebelum bermain Airdrop. Pastikan akun media sosial yang dipakai harus aktif, punya foto profil yang jelas, nama lengkap, dan bio yang sesuai dengan identitas Kamu.

Ingat, jangan menggunakan akun palsu atau bot, karena hal ini bisa membuatmu didiskualifikasi dari airdrop yang sedang kamu ikuti.

Selain itu, kamu juga perlu mengikuti akun resmi proyek yang melakukan airdrop di media sosial yang mereka tentukan. Biasanya Kamu diminta untuk like, share, retweet, comment, atau subscribe konten-konten mereka sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan koin atau token gratis dari mereka.

2. Persiapkan Dompet Kripto

Dompet kripto adalah tempat untuk menyimpan dan mengirim koin atau token yang Kamu miliki. Biasanya dompet kripto ini berbentuk aplikasi, tapi ada pula yang berbentuk web, hardware, atau paper. Setiap dompet kripto memiliki alamat unik yang berfungsi sebagai identitas Kamu di jaringan kripto.

Makanya cara main Aidrop selanjutnya, wajib punya dompet kripto yang sesuai dengan jenis koin atau token yang dibagikan. Misalnya jika airdrop memberikan token ERC-20 yang berjalan di jaringan Ethereum, maka wajib punya dompet kripto yang mendukung token ERC-20 tersebut. Misalnya saja, seperti dompet kripto MetaMask, Trust Wallet, MyEtherWallet (MEW), dan lain sebagainya.

Kamu juga perlu memastikan bahwa dompet kripto yang Kamu miliki aman dan terpercaya. Jangan pernah memberikan kata sandi, private key, seed phrase, atau informasi rahasia lainnya kepada siapapun.

Sebab hal itu bisa merugikan diri sendiri. Selain itu jangan pakai dompet kripto yang tidak resmi karena akan sangat membahayakan data pribadi kamu.

3. Main Airdrop dengan Cari dan Pilih Airdrop

Setelah memiliki akun media sosial dan dompet kripto yang siap digunakan untuk main airdrop, langkah selanjutnya yaitu mencari dan memilih airdrop yang ingin Kamu ikuti.

Sebetulnya ada banyak sumber informasi mengenai airdrop yang dapat kamu ikuti, seperti pada situs web, channel YouTube, grup Telegram, Discrod, dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua informasi tentang airdrop itu valid dan terpercaya. Inilah pentingnya mencari informasi yang valid dan tidak palsu atau menyesatkan yang bisa merugikan dengan menyebarkan informasi palsu.

Oleh karena itu perlu melakukan riset dan verifikasi lebih dulu sebelum kamu main airdrop kripto. Beberapa hal yang wajib Kamu perhatikan pada saat memilih airdrop diantranya:

  • Latar belakang proyek: Apa visi, misi, tujuan, tim, mitra, dan roadmap proyek tersebut? Kuncinya adalah ada tidaknya proyek pada whitepaper mereka, websitenya, dan akun media sosial resmi yang mereka buat. Selain itu apakah proyek yang mereka jalankan sudah terdaftar di bursa kripto? Kamu wajib cari tahu semuanya.
  • Jenis koin atau token: namnya apa, simbolnya bagaimana, jumlah suplainya berapa, harga pasar pertama kali di rilis berapa, dan fungsi koint atau token tersebut untuk apa? Oleh karena itu kamu juga perlu mencari tahu akan nilai nyata dan potensi pertumbuhan koin atau token di masa depan.
  • Syarat dan mekanisme airdrop: Apa saja syarat dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengikuti airdrop? Apakah syarat dan langkah-langkah tersebut masuk akal dan mudah dilakukan? Atau, apakah ada batas waktu, kuota, atau verifikasi yang diperlukan? Silakan cermati dengan teliti.
  • Jumlah dan distribusi koin atau token: Berapa banyak koin atau token yang dibagikan dalam airdrop? Bagaimana cara menghitung dan menentukan jumlah koin atau token yang Kamu dapatkan? Kapan dan bagaimana caranya menerima koin atau token tersebut? Perlu kejelian pada praktiknya agar kamu tidak tertipu dengan program airdrop yang bertebaran di mana-mana.

4. Ikuti Program Airdrop

Setelah menemukan dan memilih airdrop yang Kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah mengikuti airdrop tersebut sesuai dengan syarat dan mekanisme yang sudah ditentukan.

Untuk awalnya biasanya kamu wajib mengisi formulir online yang harus diisi dalam bentuk data diri dan tugas-tugas yang akan kamu lakukan.

Beberapa tugas umum yang harus kamu lakukan dalam mengikuti airdrop diantaranya:

  • Mengirim alamat dompet kripto Kamu yang valid.
  • Mengikuti akun media sosial proyek tersebut.
  • Menyukai, membagikan, mengomentari, atau berlangganan konten proyek koin atau token tersebut.
  • Mengundang teman atau orang lain untuk bergabung dengan airdrop yang kamu ikuti.
  • Menjawab survei, kuis-kuis, atau pertanyaan seputar proyek tersebut.
  • Membuat konten, ulasan, atau testimoni tentang proyek dari airdrop tersebut.

Pastikan telah melakukan tugas-tugas tersebut dengan benar dan jujur. Jangan melakukan kecurangan, spam, atau manipulasi yang bisa merusak reputasi Kamu dan proyek airdrop tersebut.

Jika perlu, simpanlah bukti-bukti hasil upaya kamu mengikuti program airdrop. Misalnya saja bukti berupa screenshot atau link yang menunjukkan bahwa Kamu telah melakukan tugas-tugas sesuai yang telah ditentukan.

5. Terima dan Tukar Koin atau Token

Setelah berhasil mengikuti program airdrop, cara main Airdrop terakhir kamu tinggal menerima dan menukar koin atau token yang Kamu dapatkan tersebut. Biasanya, proyek-proyek yang melakukan airdrop akan memberitahukan jadwal dan cara distribusi koin atau token mereka melalui media sosial atau email yang aktif.

Kamu perlu memeriksa dompet kripto Kamu secara berkala untuk melihat apakah koin atau token tersebut sudah di distribusikan atau belum.

Jika belum di distribusikan, maka Kamu bisa menghubungi tim proyek tersebut untuk menanyakan status pengiriman airdrop.

Setelah menerima koin atau token dari mereka, selanjutnya kamu dapat menyimpannya dengan tujuan investasi jangka panjang atau dapat menukarnya dengan uang atau kripto lainnya.

Khusus bursa kripto agar memilih bursa kripto yang terpercaya, aman, dan memiliki volume perdagangan yang cukup tinggi.

Gimana, sudah paham tentang cara main airdrop kripto dan siap buat dapet keuntungannya? Ikuti langkah-langkah di atas!

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

6 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago