Cara Mengirim Email di Hp Paling Praktis (Gmail, Yahoo, dsb)🍈

WIGATOS.com | Alat komunikasi berbasis surel, email memang tak pernah ditinggalkan. Apalagi semua akses ke aplikasi dan platform media sosial harus memakai email. Jadi wajar jika email terus eksis sampai detik ini, meski sudah ada platform lain yang menawarkan kemudahan buat kirim file. Mungkin cara kirim file email lewat PC sudah biasa, tapi tak sedikit yang masih kebingungan dengan cara mengirim email di hp.

Hp memang menyuguhkan kemudahan dan kepraktisan dalam segala hal, termasuk bisa kirim email via hp. Dengan begitu, kamu tak perlu selalu membawa laptop atau PC jika sedang urgent perlu mengirimkan file lewat email.

Kelebihan Kirim Email di Hp

Mengirim email dengan menggunakan HP memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  • Praktis dan fleksibel. Kamu bisa mengirim email kapan saja dan di mana saja tanpa harus repot membawa perangkat yang lebih besar seperti laptop atau komputer. Yang paling penting adalah harus memiliki koneksi internet dan akun email yang aktif.
  • Hemat biaya. Kamu tidak perlu membayar biaya tambahan untuk mengirim email karena yang perlu kamu perhatikan adalah hanya biaya paket data internet yang sedang kamu gunakan saja.
  • Aman dan terpercaya. Kamu bisa mengatur keamanan dan privasi email kamu dengan menggunakan fitur-fitur kemanana, seperti kata sandi, verifikasi dua langkah, atau enkripsi dua arah.

Cara Mengirim Email Di HP

Cara Mengirim Email di Hp

Kamu yang baru pertama kali kirim email dengan tujuan apapun di ponsel, tapi belum tahu gimana caranya, kamu bisa baca terus ulasannya di artikel ini!

Email sendiri tak hanya berfungsi buat kirim pesan dalam bentuk teks di badan email, tapi juga bisa kirim file termasuk cara mengirim file lewat email dalam bentuk foto maupun video dengan mudah.

Jika kamu belum punya email, pastinya harus punya akun email terlebih dahulu agar kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di email. Termasuk bisa mengirim file lewat email dengan mudah.

Ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan jika mau mengirim email, dengan cara mengirim email di hp berikut ini!

1. Membuat Akun Email

Cara mengirim email di hp pertama, yaitu kamu wajib punya akun email terlebih dahulu agar kamu bisa menggunakannya untuk mengirim atau menerima email dari orang lain.

Ada banyak pilihan layanan email gratis yang dapat kamu gunakan, seperti Gmail, Yahoo, atau menggunakan Outlook. Pilihlah salah satu layanan email gratis yang menurut kamu paling mudah di operasikan.

Selanjutnya untuk membuat akun email, maka kamu harus mengisi data diri dan memilih alamat email yang kamu inginkan sebagai nama email profesional kamu.

2. Download Aplikasi Email

Penting sekali memiliki aplikasi email yang bisa kamu gunakan untuk mengakses akun email di HP. Kita tahu ada banyak aplikasi email yang dapat kamu pilih lalu mengunduhnya dari Google Play atau App Store.

Beberapa diantaranya, mulai dari aplikasi Gmail, Yahoo Mail ataupun aplikasi Outlook. Silakan pilih salah satu sesuai layanan email yang kamu pilih.

3. Masuk ke Akun Email

Setelah aplikasinya terpasang pada perangkat HP, cara mengirim email di hp selanjutnya kamu harus masuk ke akun email kamu di aplikasi email tersebut.

Masukkanlah alamat email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya, supaya kamu bisa mengakses berbagai fitur di dalamnya, termasuk mengirim email.

4. Membuat dan Mengirim Email di Hp

Cara mengirim email di hp selanjutnya yaitu buat dan kirimkan email ke orang lain dengan cara menekan tombol Compose atau Tulis di aplikasi email tersebut.

Selanjutnya silakan isi alamat email penerima, subjek email, isi pesan, dan file lampiran jika ada. Kemudian tekan tombol Send atau Kirim untuk mengirim email.

Itulah langkah-langkah umum yang dapat kamu lakukan jika ingin mengirim email kepada orang lain dengan menggunakan layanan email gratis pilihan kamu.

Mengirim Email Menggunakan Gmail di HP Android

Gmail adalah salah satu layanan email gratis persembahan dari Google yang paling populer di dunia. Aplikasi Gmail sendiri menawarkan berbagai fitur dan keamanan yang membuat penggunanya semakin nyaman dalam berkomunikasi melalui email.

Untuk mengirim email dengan menggunakan Gmail di hp Android, silakan ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi Gmail di hp Android kamu terlebih dahulu. Biasanya untuk aplikasi Gmail di HP android tidak perlu kamu instal lagi karena sudah terpasang secara default. Namun jika ternyata di Hp kamu tidak terdapat aplikasi Gmail, kamu bisa mengunduhnya dari Google Play Store.
  • Selanjutnya masuk ke akun Google jika belum masuk.
  • Ketuk tombol Compose atau Tulis yang berada di pojok kanan bawah untuk membuat email baru. Tombol tersebut berbentuk ikon pensil.
  • Isilah alamat email penerima, subjek email, dan isi pesan sesuai kebutuhan dan tujuan kamu.
  • Ketuk tombol Attach files atau Lampirkan yang berad di bagian atas email jika kamu ingin menambahkan file lampiran. Tombol tersebut berbentuk ikon penjepit kertas.
  • Pilih file yang ingin kamu lampirkan yang berasal dari HP Android kamu. pada tahapan ini, kamu bisa memilih lebih dari satu file dengan menekan dan menahan file pada saat memilihnya.
  • Tunggu sampai file terupload dan muncul di bawah subjek email.
  • Ketuk tombol Send atau Kirim jika kamu sudah sipa mengirim email beserta lampirannya tersebut.

Mengirim Email Menggunakan Yahoo Mail di HP iOS

Yahoo Mail adalah layanan email gratis dari Yahoo yang juga cukup populer di dunia. Platform Yahoo Mail menawarkan berbagai fitur dan keamanan yang membuat pengguna lebih nyaman dalam berkomunikasi melalui email. Kamu bisa coba cara mengirim email di hp lewat Yahoo Mail :

  • Buka aplikasi Yahoo Mail di hp iOS terlebih dahulu. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa mengunduhnya dari toko apliaksi App Store.
  • Masuk ke akun Yahoo kamu jika belum masuk.
  • Ketuk tombol Compose atau Tulis yang berada di pojok kanan bawah untuk membuat email baru. Tombol tersebut berbentuk ikon pensil.
  • Isilah alamat email penerima, subjek email, dan isi pesan sesuai keinginan dan kebutuhan kamu.
  • Ketuk tombol Attach files atau Lampirkan yang berada di bagian bawah email jika ingin menambahkan file lampiran. Tombol tersebut berbentuk ikon penjepit kertas.
  • Pilih file yang ingin kamu lampirkan dari hp iOS kamu. pada tahpana ini kamu pun dapat memilih lebih dari satu file dengan cara menekan dan menahan file pada saat memilihnya.
  • Tunggu sampai file terupload semua dan muncul di bawah subjek email.
  • Ketuk tombol Send atau Kirim untuk mengirim email beserta lampirannya jika sudah yakin dengan isi email dan lampiran tersebut.

Mengirim email menggunakan hp merupakan salah satu cara yang praktis dan fleksibel untuk berkomunikasi dengan orang lain. Kamu bisa mengirim email dengan menggunakan hp tanpa ribet. Asalkan kamu memiliki akun email yang sudah aktif, aplikasi email yang sudah di instal pada perangkat HP dan koneksi internet yang stabil.

Namun yang perlu kamu perhatikan dalam cara mengirim email di hp yaitu maksimal file yang dikirim maksimal sebesar 25 MB. Jika lebih dari ukuran tersebut, kamu bisa mengkonvertnya terlebih dahulu dalam bentuk link melalui Google Drive. Semoga bermanfaat!

Β 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

3 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com |Β Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago