Facebook

Cara Cek Saldo Kartu Tani Lewat HP (4 Langkah), Mudah!

WIGATOS.com | Sudahkah kamu tahu cara cek saldo Kartu Tani lewat HP yang benar? Tak dapat dimungkiri bahwa banyak orang, khususnya pihak-pihak yang mendapatkannya masih belum tahu tentang hal ini. Kartu Tani adalah program dari pemerintah yang ditujukan untuk semua petani.

Kartu ini dihadirkan guna memudahkan pemberian bantuan pupuk berkualitas, serta bersubsidi agar hasil panen dapat lebih bagus. Kamu bisa mengetahui batas dan jumlah kuota yang tersisa melalui ponsel masing-masing.

Petani Indonesia punya andil besar dalam memajukan kehidupan masyarakat. Mereka harus mampu menghasilkan padi berkualitas, sehingga layak dikonsumsi oleh semua orang. Oleh karena itu, adanya Kartu Tani bisa meningkatkan kestabilan produksi, sekaligus kegiatan panen untuk menghasilkan produk pertanian yang sehat.

Manfaat Kartu Tani

Kartu Tani berperan penting dalam memaksimalkan, sekaligus meningkatkan kegiatan bercocok tanam sampai panen oleh para petani Tanah Air. Tak ayal, keberadaannya memberikan beragam manfaat penting sebagai berikut:

  • Mempermudah Proses Penjualan
    Kartu Tani berguna dalam mempermudah, bahkan mempercepat proses penjualan hasil panen dari setiap petani. Mereka tidak perlu lagi menggunakan perantara untuk menjual semua produksinya. Alat ini akan membantumu atau siapa saja dalam mengatasi hal tersebut.
  • Memperoleh Pupuk Bersubsidi
    Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa Kartu Tani akan membantu para petani supaya bisa mendapatkan pupuk bersubsidi. Alhasil, semua hasil cocok tanam seperti padi, dsb pasti akan lebih bagus dan berkualitas. Masyarakat pun tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.
  • Menerima Jaminan Asuransi
    Tak dapat dimungkiri kalau setiap petani yang memiliki Kartu Tani, maka bisa mendapatkan jaminan asuransi ketika gagal panen. Fenomena ini memang merugikan mereka, namun adanya Kartu Tani akan membantumu dalam meminimalisir kerugian atas masalah tersebut.
  • Media Bertransaksi
    Penggunaan Kartu Tani pun dapat dimanfaatkan sebagai media bertransaksi, bahkan secara online. Kamu tidak perlu keluar rumah untuk mengetahui jumlah saldo yang tersisa. Hal ini dikarenakan para petani yang memilikinya cukup mengeceknya lewat HP masing-masing.
  • Memperlancar Pembayaran Kredit Usaha
    Kartu Tani bisa digunakan sebagai metode pembayaran kredit usaha. Bagi petani yang berhasil meraup keuntungan lebih dari jumlah penjualan selama musim panen, biasanya dana yang bakal diperleh dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk membangun jenis usaha lainnya.
  • Menjadi Kartu Identitas Petani
    Petani yang mempunyai Kartu Tani dapat menggunakannya sebagai identitas untuk dirinya sendiri. Kamu tidak perlu repot demi membuktikan bahwa kamu adalah golongan yang berhak menerima layanan dari pemerintah. Pastikan kartunya disimpan dengan aman dan tidak hilang.
  • Menjadi Bantuan Sosial dan Tabungan
    Kamu sudah tahu kalau Kartu Tani adalah alat penting yang berperan sebagai bantuan dari pemerintah. Di samping itu, keberadaannya pun berfungsi sebagai tabungan untuk para petani. Bantuan yang diperoleh pun bukan sekadar tunai, melainkan hal-hal non tunai lho.

Cara Cek Saldo Kartu Tani Lewat HP

Cara Cek Saldo Kartu Tani Lewat HP

Kartu Tani sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk para petani di Indonesia. Pemerintah memang selalu berupaya dalam mendorong, sekaligus memajukan kehidupan mereka supaya bisa lebih baik dan maju.

Petani memiliki peran penting dalam menyediakan bahan pangan utama untuk dikonsumsi seluruh lapisan masyarakat, terutama beras. Jika kamu memilikinya, pastikan jumlah saldonya masih ada. Kamu dapat memeriksa informasi tersebut dengan mengikuti beberapa panduan yang akan dibahas lewat artikel ini.

Cara Cek Saldo Kartu Tani Lewat HP

Siapa saja yang mempunyai Kartu Tani harus memeriksa jumlah saldonya secara berkala. Kini, kamu sudah dapat mengeceknya lewat ponsel lewat tutorial di bawah ini:

Langkah 1: Buka Browser

Kamu bisa membuka peramban browser favorit di HP, kemudian akses laman www.simpi.bri.co.id ke kolom pencarian di bagian atas. Website ini memang ditujukan untuk para penerima Kartu Tani di seluruh Indonesia.

Langkah 2: Pilih Menu Informasi Kuota Petani

Pada halaman utama, kamu dapat mengetuk opsi Informasi Kuota Petani. Opsi ini biasanya terletak di bagian atas.

Langkah 3: Masukkan NIK dan Nomor Kartu Tani

Untuk mengetahui informasinya secara detail, ketuk opsi Pencarian Data Petani. Kamu bisa langsung memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada KTP, serta nomor Kartu Tani ke kolom tersedia, lalu tekan tombol Cari atau Search.

Langkah 4: Cek Data

Sistem akan menampilkan informasi berdasarkan NIK dan nomor Kartu Tani secara lengkap, mulai dari NPK, NPK Kakao Sp-36 dan Urea. Kamu dapat menggunakan pupuk tersebut untuk menanam tebu rakyat, kedelai, padi, jagung, dsb.

Cara Cek Saldo Kartu Tani Lewat Kantor Bank Himbara

Jika ingin mendapatkan informasi lebih jelas dan lengkap, kamu dapat mendatangi Kantor Bank Himbara terdekat. Pemilik Kartu Tani bisa mengunjungi tempat tersebut, sambil mengikuti tutorial di bawah ini:

Langkah 1: Kunjungi Kantor Bank Himbara Terdekat

Pemilik Kartu Tani atau kamu sendiri bisa mendatangi salah satu Kantor Bank Himbara terdekat di wilayah masing-masing. Pastikan kamu sudah menyiapkan buku tabungan dan Kartu Tani juga.

Langkah 2: Ambil Nomor Antrian

Jika sudah tiba di lokasi, segera ambil nomor antrian secara berurutan. Bagi kamu yang akan menabung, siapkan uang tunai yang sudah disusun dengan rapi.

Langkah 3: Temui Teller

Kamu pun dapat menghampiri teller jika kondisi bank sedang sepi. Jelaskan tujuan kedatanganmu untuk mengetahui jumlah saldo Kartu Tani yang tersisa saat ini. Jangan lupa untuk menyerahkan Kartu Tani dan buku tabungan untuk diproses lebih lanjut.

Langkah 4: Permintaan Diproses

Teller akan memproses permintaanmu dengan memverifikasi data kepemilikan antara Kartu Tani dengan informasi pribadi, serta buku tabungan yang diserahkan. Mereka biasanya butuh waktu paling lama 5 menit.

Langkah 5: Jumlah Saldo Diketahui

Jika sudah selesai, teller akan langsung menyebutkan nominal saldo Kartu Tani kamu. Kamu dapat mencairkannya untuk membeli kebutuhan pertanian (kalau ada). Teller pun akan kembali menyerahkan Kartu Tani dan buku tabunganmu.

Cara Cek Saldo Kartu Tani Lewat ATM

Jangan khawatir kalau kamu tidak sempat datang ke Kantor Bank Himbara, apalagi jaringan internet sedang error yang sulit akses internet. Pasalnya, jumlah saldo Kartu Tani pun dapat diketahui lewat ATM lho. Informasi selengkapnya akan kamu temukan hanya melalui panduan di bawah ini:

  • Kunjungi ATM terdekat di sekitar tempat tinggalmu.
  • Silakan masukkan kartu ATM dan 6 digit PIN.
  • Klik Bahasa.
  • Pilih menu Bahasa Indonesia.
  • Klik Transaksi Lainnya.
  • Pilih menu Info Saldo.
  • Sistem akan memproses permintaanmu kurang dari satu menit, tunggu beberapa saat sampai datanya muncul di layar.
  • Jika sudah diketahui, gunakan dana yang tersedia untuk kebutuhan pertanian agar memberikan hasil panen terbaik (kalau ada).
  • Klik Batal.
  • Terakhir, ambil kartu ATM jika jumlah saldonya sudah diketahui.

Kartu Tani memberikan manfaat luar biasa untuk kehidupan para petani Indonesia. Bagi kamu yang masih memiliki dan menggunakannya, cara cek saldo kartu Tani lewat HP perlu diketahui. Pemiliknya pun dapat mendatangi Kantor Bank Himbara atau ATM dengan mengikuti tutorial di atas. Selamat mencoba!

Recent Posts

Cara Menggunakan Limit Kredit Akulaku untuk Kredit Barang

WIGATOS.com | Memanfaatkan limit kredit di Akulaku dapat menjadi solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan finansial… Read More

23 hours ago

Cara Merubah Jatuh Tempo Akulaku Terbaru Tanpa Ribet

WIGATOS.com | Merubah jatuh tempo pembayaran dalam layanan finansial seperti Akulaku bisa menjadi pilihan yang… Read More

3 days ago

Cara Menggunakan Lazada Paylater Update Mei 2024

WIGATOS.com | Lazada Paylater adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh platform e-commerce Lazada untuk… Read More

1 week ago

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

3 weeks ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 weeks ago