Cara Refund Game Steam

Semua game yang terdaftar di Steam sudah terbukti orisinalitasnya. Kamu bisa pilih game di Steam yang gratis, atau ikutan cara refund Game Steam juga bisa.

Ditambah lagi, Steam juga menyediakan ribuan game berkualitas dari berbagai developer terkemuka. Pasti seru dan menarik untuk kamu mainkan.

Can I Get a Refund On Steam Game

Pilih game kesukaan sesuai keinginanmu. Bahkan, cara refund voucher game bisa kamu temukan di keseluruhan permainan yang available di Steam. Tapi, tidak selalu di Acc ya permohonannya.

Maka dari itu, tidak heran kalau sering muncul pertanyaan can I get a refund on Steam game bagi pengguna baru. Pasti bisa dong, jawabannya. Kamu tinggal buka aplikasi resminya atau situs web official lewat Chrome.

Setelah itu, pastikan kamu login dengan akun pribadi. Bukan akun milik member yang ada di satu komunitas atau bahkan yang sudah lama tidak aktif lagi. Laksanakan sesuai prosedur jika kamu mau proses refund berhasil.

Cara Refund Game Steam

Cara Refund Game Steam

So, cara refund Game Steam sendiri sebenarnya tidak perlu berbelit-belit. Cukup buka Steam. Kemudian, langkah berikutnya tinggal mengikuti instruksi di bawah ini:

  1. Temukan game yang akan kamu lakukan refund
  2. Klik kolom Pencarian Steam Support di bawah layar
  3. Ketikkan Produk Game pilihanmu
  4. Klik pada Gambar yang muncul dari hasil penulusuran
  5. Klik Isu yang kamu miliki pada game tersebut. Contoh, It’s not what I expected
  6. Nanti akan muncul opsi Request Refund
  7. Sistem akan meminta kamu untuk menyertakan Alasan Refund
  8. Pilih salah satu Alasan yang ada, contoh I Purchase This by Accident
  9. Lalu, klik tombol Submit Request
  10. Tara, kamu baru saja berhasil mengajukan permohon refund

Adapun jangka waktu pengembalian dana di Steam, yakni berkisar hingga 14 hari atau sekitar 2 minggu lamanya. Terhitung sejak pertama kali kamu telah berhasil melakukan transaksi pembelian game tersebut.

How Do You Get a Refund On a Steam Game

Pengembalian dana yang berlangsung lebih lama dari jangka waktu yang telah ditetapkan, hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh kondisi yang sedang terjadi di Steam atau developer game.

Semakin cepat kamu bertindak untuk mengajukan pengembalian dana, semakin besar tingkat peluang keberhasilan pengembaliannya. This is it, how do you get a refund on a Steam game!

  1. Langsung klik laman utama Steam Support setelah proses sign in
  2. Kemudian, klik kolom A Purchase yang ada di bawah tulisan What Do You Need Help With
  3. Klik Game yang akan kamu minta pengembalian dana
  4. Lihat di Recent Products untuk permudah proses pencarian
  5. Klik Permasalahan yang kamu rasakan pada game
  6. Lalu, klik I’d Like to Request a Refund yang tertera di layar
  7. Lengkapi proses refund sesuai dengan pemintaan sistem, dan klik kemana uang dari hasil refund tersebut akan masuk

Kamu bisa memilih Steam Wallet supaya bisa bebas membeli kebutuhan game lainnya tanpa harus top up kembali. Bisa juga hasil refund game kamu, masuk ke akun bank yang sudah kamu daftarkan di akun Steam. Semuanya, tergantung pilihanmu.

Cara Refund Game di Steam

Tahukah kamu, kalau setelah pemintan redund game diterima oleh pihak Steam maka secara otomatis game tersebut juga akan hilang dari fitur library di akunmu? Tenang, kamu bisa kok membeli game itu kembali dengan mencarinya di kolom pencarian.

Cara refund game di Steam sudah kamu ketahui, berikutnya tinggal mengenal persyaratan inti atau utama yang telah ditetapkan oleh pihak Valve. Ini dia, syaratnya:

Syarat Mengajukan Refund Game di Steam

  • Proses pengembalian dana dari game untuk setiap judulunya, membutuhkan waktu paling lama 14 hari atau jika prosesnya cepat maka hanya butuh waktu 7 hari
  • Game yang hendak diajukan refund minimalnya belum dimainkan lebih dari 2 jam lamanya untuk setiap judul
  • Terdapat masalah atau kendala besar yang dialami oleh pemain setelah membeli game
  • Game yang telah kamu miliki selama lebih dari 2 minggu tidak dapat mengajukan proses refund

Selain ketiga syarat d atas, kemungkinan besar pengajuan permohonan pengembalian dana di Steam tidak akan ditindaklanjuti oleh pihak Valve.

How Do I Cancel a Steam Refund

Beda lagi nih kasusnya, kalau kamu sebelumnya menggebu-gebu ingin mengembalikan dana dari game. Kali ini, justru membatalkan permohonan tersebut. Simak selengkapnya hanya di how do I cancel a steam refund berikut:

  1. Klik Steam Support dan pilih Produk Game yang akan kamu batalkan proses refund-nya
  2. Pilih Game, dan tunggu sampai muncul tampilan berikutnya
  3. Pilih Cancel Refund Request
  4. Lalu klik kembali tombol Cancel Request Refund untuk konfirmasi
  5. Lakukan proses pembatalan Refund secepat mungkin

Cara Refund Steam Diluar Syarat & Ketentuan

Ada informasi menarik nih yang disampaikan oleh salah satu pemain lewat komunitas Steam. Ya, ternyata kamu bisa loh coba praktekan cara refund Steam diluar dari syarat& ketentuan.

Prosesnya hampir sama seperti langkah-langkah pengembalian dana Steam pada umumnya. Tapi, perlakuan di akhirnya yang berbeda. Lihat selengkapnya disini:

  1. Sign in ke Steam Client via aplikasi ataupun web
  2. Pilih menu Help pada tampilan atas layar
  3. Pilih Game favoritmu
  4. Klik opsi I Have a Question About This Purchase
  5. Berikan Penjelasan terkait isu game dengan kalimat yang sopan
  6. Hindari memainkan game sampai kamu mendapatkan jawaban dari isu sebelumnya
  7. Tanyakan perihal Refund untuk meminta bantuan Steam agar dana dikembalikan via Steam Wallet pemilik akun

Ingat! Satu hal penting yang harus kamu ketahui yaitu, semua keputusan mutlak tergantung dari kebijakan dari pihak Steam. Jadi, apabila kamu menemukan 1 player yang berhasil tetap refund meskipun tidak memenuhi keseluruhan syarat. Maka, itu sudah menjadi bahan diskusi atau pertimbangan matang yang diberikan oleh Steam.

Apakah Steam Wallet Bisa Ditransfer?

Nah, pertanyaan satu  ini juga kadang tidak luput dari keingintahuan pemain pemula. Apakah Steam Wallet bisa ditransfer? Jawabannya adalah tidak.

Benar tidak bisa. Karena, Steam Wallet ini sendiri hanya berfungsi sebagai dompet digital di platform Steam yang biasa digunakan untuk membeli game atau item.

Selain itu, kode redeem Steam yang telah kamu tukarkan dan berhasil. Maka, itu artinya dana yang tersimpan di dalam Steam Wallet milikmu hanya bisa beroperasi untuk kepeluan pribadi.

Istilah mudahnya, dana Steam Wallet tidak dapat dicairkan atau berpindah tangan ke pemain lain melalui proses transfer yang biasa berlaku pada e-wallet lainnya. Seperti, Dana, GoPay, dll.

Berapa Minimal Top Up Steam Wallet

Kita-kita nih yang isi dompetnya tidak setebal buku paket sekolah atau kitab. Wajib banget tahu berapa minimal top up Steam Wallet.

Penasaran? Kamu hanya butuh uang minimal Rp 6.000 untuk bisa melakukan top up  Steam Wallet. Murah dan pastinya sangat bermanfaat untuk para gamers menambah koleksi item or game sesuai keinginan.

Masih butuh waktu untuk mempraktekan cara refund game Steam? Segera ambil keputusan ya! Sambil berpikir, baca juga artikel cara refund Shopee ya.. Biar enggak kalap belanja online.

 

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

1 week ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

3 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

3 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

3 weeks ago