Categories: Zoom

Cara Mengganti Background Zoom di Hp Agar Tidak Monoton

WIGATOS.com | Ketika sedang melakukan Zoom Meeting, kamu mungkin ingin mengganti bagian latar atau background dari Zoom. Entah itu karena permintaan dari pihak pembicara ataupun karena keinginan pribadi. Bagaimanakah cara mengganti background Zoom di HP?

Dengan menggunakan background Zoom, tampilan wajah kamu bisa terlihat lebih rapi dan teratur. Hal ini tentu bisa membuat kamu lebih nyaman ketika berbicara atau mendengarkan pemateri di aplikasi buatan Eric Yuan ini.

Cara mengganti background Zoom di HP sangat mudah, kamu tidak perlu bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Nah, untuk cara-cara penggantian background Zoom lebih lengkap, kamu bisa membaca artikelnya dibawah ini.

Cek Fitur Virtual Background

Sebelum mengganti background Zoom di HP, kamu terlebih dahulu harus memperhatikan apakah HP yang digunakan mendukung penggunaan fitur virtual background atau tidak?.

Hal ini dikarenakan sebagian HP memang tidak kompatibel dan tidak bisa menggunakan background Zoom karena tidak adanya dukungan pada perangkat.

Untuk mengecek apakah HP kamu mendukung fitur virtual background, caranya sangat mudah. Kamu tinggal masuk atau Login ke aplikasi Zoom.

Setelah itu masuklah ke menu Setting dan klik menu Meeting. Di menu tersebut kamu akan menemukan tulisan “Virtual Background”. Geser toggle menu tersebut hingga On atau berwarna biru.

Jika kamu bisa menggeser tombol Virtual Background tersebut menjadi aktif, itu artinya kamu bisa menggunakan virtual background ketika melakukan Zoom meeting.

Cara Mengganti Background Zoom di HP

Panduan Mengganti Background Zoom di Hp

Setelah melakukan aktivasi penggunaan virtual background, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengganti atau memasukan foto background Zoom melalui HP.

Cara mengganti background Zoom di HP adalah sebagai berikut:

Mengganti Background Zoom di Hp
  • Pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal Zoom pada perangkat HP. Baik itu HP dengan sistem operasi Android maupun iOS

  • Setelah itu Login ke aplikasi Zoom

  • Pada menu awal, silahkan pilih tanda tiga titik (more), kemudian masuk ke menu “Virtual Background” untuk Android atau “Background and Filters” untuk iOS

  • Pilih latar belakang foto Zoom yang akan digunakan. Kamu bisa menggunakan pilihan background layar yang disediakan oleh Zoom

  • Selain menggunakan gambar bawaan, kamu bisa juga menggunakan gambar yang ada perangkat HP. Unggah gambar tersebut jika ingin menggunakannya

  • Setelah gambar berhasil diunggah, kamu bisa mengatur keterlihatan gambar dengan memilih menu “blur”

  • Proses selesai

Ketika proses telah selesai, nantinya tampilan gambar latar akan muncul otomatis di belakang layar Zoom kamu. Pastikan warna baju yang digunakan kontras dengan foto background agar kamu bisa tetap terlihat jelas di layar Zoom.

Kelebihan Menggunakan Virtual Background

Ada beberapa keuntungan atau kelebihan ketika kamu menggunakan virtual background dalam sebuah pertemuan Zoom, diantaranya adalah:

1. Menyembunyikan Keadaan Sekitar

Ketika melakukan Zoom meeting di rumah ataupun tempat lainnya, mungkin suasana di belakang kamu berantakan atau kotor. Nah, untuk menyembunyikan hal tersebut agar tidak diketahui orang, lebih baik kamu gunakan fitur virtual background ini.

2. Keselarasan

Penggunaan virtual background terkadang juga diwajibkan dalam sebuah meeting. Panitia biasanya telah menyediakan gambar background yang nantinya bisa digunakan oleh peserta agar suasana Zoom lebih nyaman dan selaras.

3. Tampilan Tidak Membosankan

Ada beragam pilihan foto untuk virtual background, mulai dari foto dengan latar pemandangan hutan, laut, sabana, awan dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan latar belakang yang unik, suasana Zoom juga bisa semakin asyik dan tidak terlalu kaku.

4. Lebih Profesional

Pada acara-acara pertemuan formal, penggunaan background Zoom bisa membuat suasana lebih serius dan tidak terkesan santai.

Pada acara jenis ini biasanya background yang digunakan telah disediakan secara khusus sehingga bisa digunakan secara bersama-sama.

5. Menjaga Privasi

Sama seperti pada poin pertama, penggunaan latar belakang Zoom bisa menjaga privasi. Hal ini karena setiap barang atau kegiatan yang ada di belakang peserta akan tersembunyi sehingga tidak bisa dilihat oleh peserta lainnya.

Kenapa Virtual Background Tidak Muncul

Sebagian orang mungkin akan mengalami kendala ketika menggunakan latar belakang pada smartphonenya. Kendala ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, umumnya adalah karena perangkat HP yang tidak mendukung penggunaan virtual background.

Perlu kamu ketahui, untuk menggunakan virtual background setidaknya HP harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Aplikasi Zoom yang terinstal minimal versi 5.3.0 keatas

  • HP harus memiliki spesifikasi seminimalnya RAM 3 GB, GPU minimal Snapdragon 835 pada Android. Sedangkan, pada Iphone spesifikasi maksimal penggunaan virtual background adalah Iphone 8

  • HP yang digunakan adalah HP dengan merk Samsung, Redmi, Xiaomi, Vivo, Oppo, One Plus, Huawei dan beberapa jenis HP produksi dari Google.

Syarat diatas berlaku pada penggunaan smartphone jenis Android. Jika kamu menggunakan smartphone jenis iPhone mungkin spesifikasinya akan sedikit berbeda.

Penyebab Background Zoom Menyatu Dengan Wajah

Salah satu kasus yang sering ditemukan ketika menggunakan virtual background Zoom adalah tampilan wajah yang menyatu dengan foto latar belakang. Keadaan ini bisa terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah.

1. Pencahayaan Tidak Rata

Pencahayaan yang tidak rata bisa menyebabkan tampilan background menjadi tidak rata dan malah menutupi sebagian wajah. Maka dari itu, sebelum memulai Zoom, pastikan kamu berada di lokasi yang memiliki pencahayaan yang pas atau merata.

2. Pakaian Berwarna Sama

Telah disinggung sebelumnya bahwa ketika menggunakan background Zoom, sebaiknya kamu menggunakan pakaian dengan warna yang kontras dengan warna background.

Jika warna baju dan background sama, maka tidak aneh jika tampilan wajah kamu nantinya tertimpa background.

3. Latar Belakang Tidak Rata

Meskipun menggunakan latar belakang, sebaiknya kamu tetap berdekatan dengan bagian yang rata seperti misalnya tembok atau lemari. Dengan seperti itu, tampilan latar belakang pun bisa ikut rata dan tidak terganggu.

Cara Mengatasi Background Menyatu Wajah di Zoom

Jika kamu memiliki masalah seperti ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya. Diantaranya yaitu:

  • Memasang kain green screen di bagian belakang tempat kamu berada. Beli kain jenis ini di marketplace atau toko-toko peralatan kamera terdekat jika diperlukan

  • Atur pencahayaan tempat dengan baik. Pergilah ke tempat yang tidak terkena sorotan matahari secara langsung dan lebih redup. Misalnya seperti kamar atapun ruang tamu

  • Ganti baju dengan warna berbeda dari warna background Zoom

Penutup

Itulah cara mengganti background Zoom di HP. Selain di perangkat ini, background zoom bisa juga diubah pada perangkat laptop atau komputer dengan cara-cara yang sedikit berbeda.

Untuk kamu yang mengikuti cara-cara diatas, sepertinya tidak akan ada kendala berarti yang dihadapi selama mengikuti tutorial dengan teliti dan benar.

Adapun, jika misalnya penggunaan background Zoom masih sulit dilakukan sedangkan waktu pelaksanaan Zoom meeting mendesak, lebih baik kamu meminjam perangkat HP lain yang dimiliki oleh keluarga di rumah untuk sementara waktu.

Jadi, kamu tetap bisa mendapatkan background zoom sesuai keinginan dengan menggunakan hp lain tanpa perlu khawatir lagi!

Share
Published by

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

1 week ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

3 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

3 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

3 weeks ago