Cara Membuat Email Yahoo

Sejak awal rilis di tahun 1998, platform pesan online satu ini sangat menyita perhatian publik.Hal tersebut dipicu oleh keunikan yang terdapat di dalam fitur Ymail itu sendiri. Wajar bukan, kalau pada akhirnya banyak sekali orang yang mencari cara membuat email Yahoo. Coba saja, dahulu sudah ada istilah FOMO (Fear of Missing Out), mungkin itulah kata yang paling tepat.

Yahoo memiliki julukan Yahoo Pager saat booming di masanya. Dimana, kalian bisa saling berkirim pesan secara online. Bahkan, pemilik akun Yahoo! ID dapat merasakan kemudahan penggunaan aplikasi Yahoo Messanger yang dapat terhubung dari PC ke ponsel, PC ke PC, atau PC ke PC Service. Terlebih lagi, YM ini juga bisa berbagi status musik & ganti avatar.

Email Login

Email login merupakan suatu kondisi dimana seseorang sudah mendaftarkan dirinya terlebih dahulu sebelum dapat mengakses server yang terdapat di suatu platform. Sehingga, ketika dirinya hendak mengoperasikan akun yang ia miliki, sistem sudah menyimpan data-data dan pengelolaan berkas yang tepat. Terlebih lagi, fitur keamanan yang diberikan juga sangat ketat.

Demi menjaga data privacy pengguna, Yahoo! telah berkomitmen untuk memberikan apapun yang terbaik untuk para pelanggannya. Dikutip dari id.bantuan.yahoo.com, pihaknya sudah menambahkan double security ke setiap akun. Mulai dari verifikasi 2 arah, notifikasi berupa pesan peringatan kemungkinan email yang kalian terima itu spam atau peluang aksi phishing.

Cara Membuat Email Yahoo

Cara Membuat Email Yahoo

Cara membuat email Yahoo bagi pengguna baru melalui perangkat HP. Tentu saja, sebagian besar dari kalian pasti sudah sangat hafal bagaimana proses untuk mendaftarkan diri agar bisa memiliki satu akun email. Contohnya saja, ketika buat akun Google. Memang tidak terlalu jauh berbeda prosedurnya. Oleh sebab itu, akan kita tinjau kembali proses selengkapnya:

  1. Buka aplikasi Play Store atau App Store di HP
  2. Cari dan install aplikasi Yahoo Mail-Organized Email
  3. Masuk ke halaman utama aplikasi tersebut, lalu pilih Create Account
  4. Kemudian, isi seluruh data yang diajukan oleh Yahoo
  5. Pilih tombol Continue
  6. Sistem akan meminta verifikasi melalui Nomor HP pemilik akun
  7. Pilih opsi Text Me a Verification Code
  8. Tunggu beberapa saat, sampai muncul pesan yang berisikan kode OTP
  9. Verifikasi akun menggunakan kode OTP yang telah diterima
  10. Klik tombol Verify, lalu tunggu notifikasi dari Yahoo yang menyatakan kalau akun kalian sudah selesai diproses.

Selanjutnya, ketuk tombol lanjutkan agar kalian bisa langsung mencoba untuk mengakses apa yang tersaji di dalam email Yahoo. Termasuk, berita terkini, informasi seputar musik, gosip, olahraga, dan lainnya semua dapat kalian simak sendiri di beranda Yahoo.

Yahoo Indonesia

Yahoo Indonesia menyajikan berbagai macam konten yang menghibur dan selalu up to date setiap harinya. Kalian jadi bisa lebih percaya diri untuk mengikuti tren yang sedang booming saat ini. Selain itu, platform tersebut juga sudah dilengkapi dengan Yahoo Indonesia Help Center yang sangat bermanfaat bagi para pengguna yang mengalami kendala saat akses akun.

1. Menjaga Kemanan Akun

Help Center Yahoo akan memberikan bantuan untuk para pemilik akun yang ingin menjaga akunnya agar lebih aman. Kalau kalian sudah melakukan pencegahan dini dengan tidak kasih tahu ke siapapun sandi akunmu. Maka, pihaknya menawarkan 3 tips untuk lebih menguatkan keamanan tersebut. Diantaranya:

  • Kunci Akun digunakan saat kalian sign in Yahoo, supaya tidak perlu memasukkan kata sandi
  • Gunakan kata sandi yang memiliki tingkat kerumitan yang kuat. Selain itu, ganti password secara berkala
  • Biasakan diri untuk sign out setelah mengakses akun YMail di perangkat komunikasi.

2. Kenali Akun Yahoo Mail Lebih Dalam

Pihak Yahoo akan memberikan peringatan kepada setiap akun yang mengalami musibah saat ada orang lain yang mencoba untuk akses atau melakukan pengalihan akun secara paksa. Bisa juga disebut dengan istilah diretas. Maka dari itu, kalian perlu mengenali apa saja tanda-tanda yang terjadi saat seseorang hendak merampas akunmu:

  • Akun tidak lagi mendapatkan email masuk dari manapun
  • Aktivitas masuk yang muncul di riwayat, menunjukkan lokasi yang asing
  • Beberapa kontak yang terhubung dengan email kalian, tiba-tiba menerima spam yang tidak lain alamat pengirimnya adalah kalian.
  • Info data diri atau lainnya seketika berubah tanpa kalian pernah mengubahnya.

3. Mengidentifikasi Situs, Permohonan. Serta Email dari Yahoo

Kejahatan yang terjadi di dunia maya, memang tidak hanya sekedar dari adanya pesan masuk yang kalian terima. Bisa saja, melalui website yang sempat kalian kunjungi, atau hal lainnya. Maka dari itu, agar tidak terjebak dengan perangkap yang telah dibuat oleh para penipu, coba ikuti saran berikut:

  • Hanya kunjungi situs resmi Yahoo yang di bagian URL tertulis yahoo.com serta ada ikon gemboknya untuk menandakan situsnya aman
  • Jangan berikan informasi data diri kalian kepada pihak Yahoo, kecuali saat pemulihan akun
  • Perhatikan email dari Yahoo, karena mereka selalu mengikutsertakan logo di sebelah subjeknya
  • Saat ada notifikasi Yahoo yang masuk, periksa terlebih dahulu apakah itu berkaitan dengan ulasan konten atau aktivitas penting akunmu
  • Tidak membalas pemohonan yang dikirimkan melalui SMS atau email ke pengirim yang kurang jelas. Apalagi, sampai meminta sejumlah uang hingga kode verifikasi

4. Kelola Kata Sandi Melalui Pihak Ketiga

Yahoo login mail dapat dilakukan dengan aman melalui pengelolaan password dari pihak ke-3. Dimana, kata sandi ini nantinya akan berfungsi ketika kalian ingin login ke suatu aplikasi diluar dari merek Yahoo. Tujuannya, agar aplikasi tersebut dapat mengakses akun YMailmu. Ini cara buat password aplikasinya:

  1. Pilih Keamanan Akun Yahoo
  2. Ketuk opsi Buat Sandi Aplikasi atau pilih Buat dan Kelola Kata Sandi Aplikasi
  3. Isi nama aplikasinya pada kolom yang tersedia
  4. Ketuk Create Password
  5. Silahkan kalian lanjutkan dengan mengikuti arahan di bagian bawah password aplikasi.

5. Tips Akses Yahoo Mail Agat Lebih Aman

Pengguna yang sebelumnya sudah mempraktekan cara buat email Yahoo baru lewat HP, ada hal penting lainnya yang harus kalian perhatikan dengan seksama. Salah satunya, tambahkan email sebagai pihak ke-3 untuk memantau pergerakan aktivitas YMail. Caranya, bisa dengan Gmail login agar kedua alamat email tersebut dapat saling terhubung atau tersinkronisasi.

  • Unduh aplikasi Yahoo Mail hanya dari toko aplikasi resmi yang ada di perangkat kalian
  • Akses akun YMail melalui browser, langsung klik tautan berikut
  • Selalu menggukan password aplikasi setiap kali masuk ke akun Yahoo
  • Tetap gunakan aplikasi yang sudah kalian pasang di perangkat saat ini, selanjutnya tinggal ikuti saja sesuai instruksi yang diarahkan oleh sistem.

Keamanan akun menjadi tanggung jawab pihak Yahoo! serta pemilik akun itu sendiri. Akan tetapi, ketika kalian mengalami kendala maka jangan ragu untuk meminta bantuan dari pihak Yahoo. Beritahukan keluhanmu, dan konsultasikan solusinya secara gratis.

Sekian pembahasan cara membuat email Yahoo kali ini. Baca juga informasi seputar cara membuat gmail tanpa nomor HP di sesi selanjutnya. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di topik menarik lainnya. Sehat selalu, dan selalu waspada!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

1 week ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

3 weeks ago