Cara Membuat Butter Cream

Cara membuat butter cream pada dasarnya hanya mengandalkan beberapa bahan yang biasa kalian gunakan juga ketika membuat kue. Apalagi, ditambah dengan adanya berbagai macam produk butter cream siap pakai yang dijual di pasaran. Namun, tentu ada resikonya. Kalian harus mengeluarkan budget yang lebih besar bila dibandingkan dengan membuatnya sendiri.

Meskipun dikatakan instan, kalian harus mengolahnya terlebih dahulu untuk bisa digunakan sebagai butter cream. Prosedur penyajian produknya, biasa dicantumkan di bagian luar atau dalam kemasan. Tergantung dari kehendak produsen yang memproduksi butter cream instan. Sebaiknya, saat kalian mengolahnya menjadi whip cream maka gunakan air bersuhu dingin.

Resep Butter Cream Kokoh

Resep butter cream kokoh disini, sangat cocok digunakan untuk menutupi area permukaan di bagian luar kue. Namun, bukan berarti karena kokoh otomatis tekstur dari butter creamnya jadi ikut mengeras. Tetap harus lembut. Usahakan, saat kalian membuatnya tidak terlihat ada lubang atau pori-pori yang membuat tampilan kuenya terlihat tidak cantik. Penasaran?

Dikutip dari pemaparan yang disampaikan dalam channel Youtue Bunda Melisa. Ada bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk mempraktekan cara membuat butter cream dengan alat mixer. Check this out!

  • 1 Kg mentega putih (merek Amanda)
  • ½ sendok teh garam
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 250 ml air
  • 1 sachet vanili

Buat kalian yang merasa ingin melakukan eksperimen dengan mengganti bahan menteganya menjadi Blue Band. Kemungkinan besar, hasil butter cream kalian akan terasa asing. Terlebih, dari segi warnanya juga tidak secantik ketika menggunakan mentega putih.

Cara Membuat Butter Cream

Cara Membuat Butter Cream

Cara membuat butter cream pada dasarnya membutuhkan satu alat utama, yaitu mixer. Akan tetapi, banyak juga orang yang mencari jalur alternatif agar bisa menemukan cara membuat butter cream tanpa mixer. Sebelum kita mempermasalahkan hal tersebut lebih dalam. Kalian perlu tahu terlebih dahulu step by step pembuatan whip cream yang kokoh tanpa pori-pori.

  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang akan kalian olah menjadi butter cream
  2. Masukkan 250 gr gula pasir, 250 ml air, garam secukupnya, dan 1 bungkus vanili bubuk ke dalam panci kecil atau wajan cekung. Kemudian, panaskan di api kecil.
  3. Aduk-aduk secara perlahan hingga simple syrup mendidih, dan mengental. Namun, pastikan masih terdapat sisa air di dalam campuran bahan tersebut.
  4. Selanjutnya, siapkan mangkok stainless atau baskom besar sebagai wadah untuk mengolah mentega putih.
  5. Masukkan 1 kg mentega putih ke dalam wadah, lalu tambahkan simple syrup dalam kondisi hangat (supaya butter creamnya tidak berpori)
  6. Tambahkan 1 kaleng susu manis (Frisian Flag Kental Manis) ke dalam adonan butter cream.
  7. Nyalakan mixer (kecepatan tinggi). Setelah itu, aduk keseluruhan bahan secara merata sampai butter cream terlihat mengembang 2x lipat dari sebelumnya.
  8. Butter cream siap pakai kalian sudah jadi.

Resep butter cream kokoh di atas, menggunakan metode all in one. Adapun waktu yang pas untuk penggunaa mixer selama proses pengolahan, yakni sekitar 15-25 menit. Buat kalian yang ingin mencoba cara membuat butter cream dengan blue band, selanjutnya akan dibahas berikut ini!

Cara Membuat Butter Cream dengan Blue Band

Cara membuat butter cream dengan blue band yang maknyus kali ini, dikutip dari channel Youtube milik Dhasilfa Raditya. Hasil akhir dari proses pembuatan butter creamnya dijamin enak, lembut, dan pastinya banyak. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan hanya 3 macam, diantaranya:

  • 1 bungkus blue band 200 gram
  • 50 gram gula halus
  • 40 gram susu kental manis atau 1 sachet

Kalian yang tidak ingin mengeluarkan banyak budget untuk pembuatan whip cream, wajib coba cara membuat butter cream tanpa mentega putih! Yuk langsung, kita simak saja bersama proses pembuatannya di bawah ini:

  1. Masukkan blue band atau mentega kuning ke dalam wadah, lalu campurkan dengan gula halus.
  2. Mixer campuran bahannya selama kurang lebih 15 menit dengan mode kecepatan tinggi.
  3. Pada menit ke 10, kalian satukan bahan adonannya agar mudah diproses lebih lanjut menggunakan mixer.
  4. Lanjutkan proses pengadukan hingga adonan tersebut terlihat mengembang, dan ada perubahan warna dari kondisi sebelumnya.
  5. Tambahkan susu kental manis, lalu aduk dengan mixer sampai merata selama 1 menit.
  6. Pindahkan ke dalam wadah lainnya untuk disimpan di dalam kulkas atau suhu ruang.

Ketahanan dari butter cream instan yang enak satu ini, mampu bertahan hingga 1 bulan pada suhu dingin atau di dalam lemari es. Sedangkan kalian yang meletakkannya di ruangan tanpa adanya alat pendingin, maka bisa tetap dipakai hingga 3 hari lamanya. Next, kita coba bahas bagaimana pembuatan butter cream tanpa menggunakan alat mixer. Penasaran? Simak disini!

Cara Membuat Butter Cream Tanpa Mixer

Cara membuat butter cream tanpa mixer yang sangat praktis, bikin kantong kalian tetap aman. Dijamin hemat listrik, karena tidak perlu pakai mixer untuk mengaduk keseluruhan bahan. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk penyajiannya? Simak di bawah ini:

  • 125 ml Air mineral
  • 1 sachet skm (susu kental manis)
  • ½ gelas gula bubuk atau gunakan ukuran gelas 250 ml
  • 100 gr margarine atau mentega kuning

Kemudian, kalian tinggal proses saja semua bahan-bahan di atas sesuai dengan tips yang ada di dalam channel Youtub iqoh iqoh berikut:

  1. Langkah pertama, siapkan wajan di atas kompor dengan api kecil. Lalu, masukkan sebanyak 125 ml air mineral.
  2. Tambahkan 2 sendok makan tepung terigu ke dalamnya. Kemudian, diaduk dengan spatula sampai merata.
  3. Masukkan 1 sachet skm ke dalam wajan tersebut.
  4. Aduk-aduk sampai campuran bahannya terlihat mengental. Setelah itu, angkat dan tiriskan di mangkok.
  5. Tutupi mangkok dengan plastik wrap untuk menjaga kelembaban adonan.
  6. Sambil menunggu adonan tersebut didinginkan. Kalian olah margarine pada mangkok lainnya tanpa perlu dipanaskan terlebih dahulu
  7. Langsung aduk-aduk dengan menggunakan sendok sampai mentega kuningnya mengalami perubahan warna (putih pucat)
  8. Kemudian, tambahkan gula halus sedikit demi sedikit sambil diaduk terus menerus hingga adonan terlihat mengembang 2x lipat dari kondisi awal.
  9. Di mangkok yang berisikan campuran dari bahan susu, tepung, serta air yang sudah kalian dinginkan, aduk-aduk kembali adonannya supaya tidah ada gumpalan
  10. Selanjutnya, masukkan adonan tersebut ke dalam campuran margarin dengan gula bubuk yang sebelumnya telah kalian aduk hingga merata.
  11. Tambahkan secara bertahap, sambil kalian mengaduknya berulang kali supaya semua bahannya tercampur dengan sempurna.
  12. Terakhir, pindahkan adonan ke dalam plastik segitiga yang ujungnya sudah ada spluit.

Sayangnya, hasil adonan tampa mixer membuat tekstur whip crip tidak terlihat begitu lembut dan halus. Akan tetapi, kalian bisa mengakalinya dengan melakukan cara membuat butter cream dengan blender sebagai pengganti mixer.

Itulah beberapa cara membuat butter cream di kesempatan kali ini. Baca juga informasi cara membuat bubble buat kalian yang ingin eksperimen masak di kategori minuman. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye!

Recent Posts

Cara Menggunakan Lazada Paylater Update Mei 2024

WIGATOS.com | Lazada Paylater adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh platform e-commerce Lazada untuk… Read More

1 day ago

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 weeks ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

3 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

3 weeks ago