Cara Kunci Sinyal 4G Vivo

Cara kunci sinyal 4G Vivo adalah salah satu metode untuk memperkuat sinyal 4G agar internet lebih stabil dan lancar. Metode ini biasanya sering dilakukan ketika jaringan 4G menjadi tidak stabil atau sering berpindah-pindah ke jaringan 3G atau 2G.

4G network atau jaringan 4G merupakan generasi keempat dalam jaringan nirkabel yang ditujukan untuk komunikasi via seluler. Tujuan dari jaringan ini sebagai solusi komunikasi secara komprehensif serta aman melalui kecepatan akses data lebih cepat.

Spesifikasi Jaringan 4G

Jika dilihat secara spesifik, jaringan 4G diarahkan untuk menawarkan layanan yang berkualitas tinggi dengan kecepatan akses dan transfer data tinggi. Tujuan dari jaringan ini yaitu untuk menawarkan kualitas penerimaan data lebih baik, pertukaran informasi yang lebih cepat dan transfer data menjadi lebih stabil.

ITU (International Telecommunication Union) atau organisasi pengawas standar jaringan nirkabel telah menyatakan jika ada kemajuan signifikan dalam layanan pesan berbasis multimedia. Diantaranya termasuk dalam layanan video, sebagai hal yang perlu dicapai.

Jaringan 4G bisa memberikan tingkat kecepatan transfer data dengan minimal 100 MB setiap detiknya ketika pengguna bergerak dalam kecepatan tinggi, dan 100GB/detik pada posisi diam.

Perangkat mobile dan smartphone dalam jaringan 4G memakai teknologi IP (Internet Protocol) sehingga memungkinkan proses transfer data lewat paket.

Kemajuan Teknologi Jaringan Menuju 4G

Implementasi pada jaringan 4G ada dalam teknoloi WiMax, sebagai versi lebih cepat dibandingkan transfer data tanpa kabel lewat jaringan wifi.

Selanjutnya, ada LTE sebagai teknologi yang telah berusaha untuk memperoleh standar jaringan 4G. Meskipun masih belum memenuhi persyaratan dari ITU dalam hal kecepatan data.

Walaupun demikian, LTE dan WiMax sudah diberikan label jaringan 4G, walaupun pengakuannya sendiri masih menimbulkan kontroversi dan kebingungan.

Hal ini dikarenakan kedua opsi ini memakai paket IP serta sudah menunjukkan kemajuan jika dibandingkan dengan standar 3G. Pada akhirnya, ITU telah menyetujui pelabelan keduanya sebagai jaringan 4G.

Jaringan Internet Awal Sebelum Kemunculan 4G

Jauh sebelum kemunculan 4G, jaringan nirkabel yang pertama, dikenal sebagai jaringan 1G yang diluncurkan tahun 1980. Baru setelahnya, di awal 1990-an diperkenalkan jaringan 2G yang memungkinkan transmisi lebih banyak tiap saluran komunikasi.

Setelah itu, mulai diterapkan 3G pada awal abad ke-21. Sedangkan jaringan 3G adalah jaringan pertama yang memungkinkan adanya aplikasi multimedia, dimana jaringan 4G ini menjanjikan teknologi dasar tersebut menuju tingkatan selanjutnya.

Mengingat jaringan 4G di Indonesia masih menjadi jaringan dengan akses internet tercepat, meskipun sudah ada 5G. Hanya saja, jangkauan jaringan 5G masih baru dan belum merata. Oleh karena itu, disini kita akan membahas cara kunci sinyal 4G Vivo khususnya bagi pengguna Vivo.

Kenapa Harus Mengunci Jaringan 4G?

Kebanyakan paket internet dari operator menawarkan bonus kuota internet 4G cukup besar, serta paket yang disediakan sangat menggiurkan. Hanya saja bonus kuota internet 4G hanya dapat dipakai dalam jaringan 4G.

Jika kamu berada di wilayah yang memiliki jangkauan 4G masih sering berpindah atau lemah, tentu saja kamu akan kesulitan untuk menikmati akses internet 4G. Hal tersebut bahkan bisa membuat kuota utama habis.

Sebagai solusi untuk menyiasati sinyal jaringan 4G LTE yang menghilang atau beralih ke jaringan lainnya. Para pengguna Vivo bisa mencoba cara kunci sinyal 4G Vivo berikut!

Cara Kunci Sinyal 4G Vivo

Tutorial Kunci Sinyal 4G Vivo

Bagaimana Kunci Sinyal 4G di Vivo?

Di perangkat android biasanya, untuk mengunci jaringan 4G LTE, kamu memerlukan kode akses ke nomor rahasia *#*#4636#*#*. Hanya saja, di smartphone android Vivo kode tersebut tidak akan bekerja, karena sedikit berbeda.

Jika kamu belum mengetahui kodenya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut :

1. Kunci Memakai Kode Dial Up Jaringan 4G

Setiap merk hp menawarkan kode jaringan untuk 4G yang berbeda, untuk Vivo sendiri bisa menggunakan kode *#*#4838#*#*. Namun sebagai catatan, kode tersebut hanya dapat diakses bagi pengguna Vivo yang lama.

  • Masuk ke menu dial phone dan ketikkan kode *#*#4838#*#* pada layar ponselmu.
  • Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan menu yang tersembunyi, seperti Informasi Baterai, Informasi Telepon, Wifi Information, dan Statistik Penggunaan.
  • Pilih bagian ‘Informasi Telepon’.
  • Setelah itu, klik untuk menyetel jenis jaringan yang disukai.
  • Silahkan pilih bagian ‘LTE Only’.
  • Secara otomatis, jaringan 4G di hp Vivo kamu terkunci.

Metode ini biasanya akan selalu melakukan lock sinyal 4G walaupun tidak menerima sinyal tersebut. Apabila perangkat Vivo milikmu beserta provider yang digunakan tidak support VoLTE, maka kamu tidak akan dapat menerima atu melakukan SMS atau panggilan telepon.

2. Kunci Sinyal 4G Vivo Dengan Aplikasi

Cara kunci sinyal 4G Vivo selanjutnya yaitu memakai aplikasi. Jika ingin lebih aman, kamu bisa mencari aplikasi yang ada di perangkat android untuk lock jaringan 4G lewat Play Store. Tujuannya supaya terhindar dari beberapa aplikasi yang berbahaya. Berikut ulasannya :

  • Karena disini kita akan memakai salah satu aplikasi pengunci 4G di android 4G LTE Switcher, kamu bisa mencari aplikasi tersebut dan mendownloadnya melalui Google Play Store. Menariknya, aplikasi lock 4G tersebut tidak ada iklan.
  • Jika sudah terinstall, silahkan buka aplikasinya lalu ikuti perintahnya sampai selesai.
  • Namun ingat, 4G Swticher Apps ini bekerja pada SIM 1. Namun kelemahannya apabila hp Vivo kamu mati atau dinyalakan lagi, maka semua settingan yang sudah diubah, bisa kembali lagi seperti semula.
  • Oleh sebab itu, kamu perlu mengulangi langkah-langkah cara kunci sinyal 4G vivo kembali memakai aplikasi ini.

Aplikasi Pilihan Untuk Kunci 4G Vivo Lainnya

Selain aplikasi 4G LTE Switcher, kamu juga bisa mengunci jaringan 4G di Vivo menggunakan aplikasi-aplikasi berikut :

1. 2G 3G 4G Switch

Melalui aplikasi ini, walaupun jaringan kamu menggunakan mode 2G/Edge dan 3G, tapi dapat diubah ke dalam 4G, dengan catatan area yang kamu tempati sudah support jaringan 4G.

Melalui aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi kode khusus supaya bisa memasuki mode jaringan 4G. Silahkan download aplikasinya di Google Play Store.

2. 4G LTE Mode Switch

Dapat dikatakan bahwa aplikasi yang satu ini memang termasuk aplikasi lama yang ada di Google Playstore. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini sudah muncul sejak tahun 2017 lalu.

Meskipun demikian, kamu masih bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah jaringan 3G ke dalam 4G.

3. Force LTE Only

Aplikasi lainnya yang bisa dipakai untuk lock jaringan 4G Vivo adalah Force LTE Onlu. Ini adalah aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah, kamu tidak perlu memakai kode rahasia lagi.

Nantinya, aplikasi ini akan membuka opsi pengaturan jaringan ponsel yang sebelumnya telah dikunci supaya tidak dapat diakses memakai kode rahasia.

Silahkan pilih salah satu dari aplikasi di atas yang bisa kamu gunakan ke dalam cara kunci sinyal 4G Vivo tergantung dari tingkat kemudahan dan kebutuhanmu. Sebagai saran, sebaiknya pilih aplikasi yang bebas iklan supaya kamu lebih leluasa.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago