Cara Jual Foto di Shutterstock

Cara jual foto di Shutterstock bisa dikatakan tidak mudah, terutama bagi para pemula yang baru saja bergabung ke dalam Shutterstock. Namun jangan dulu berkecil hati, karena tidak sedikit orang yang sukses menjual hasil karya fotografinya di Shutterstock. Agar kamu bisa menjual foto-fotomu di Shutterstock, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara kerja platform ini terlebih dahulu.

Mengenal Platform Shutterstock

Shutterstock bisa dibilang sebagai sebuah agensi atau perusahaan microstock dengan tingkat penjualan teratas. Platform ini telah berdiri sejak tahun 2003 dengan nama pendirinya Jon Oringer, berbasis di Newyork. Menariknya, Shutterstock sudah mempunyai 80 juta stock terdiri atas vektor, foto, illustrasi, logo, musik dan footage. 

Bahkan platform ini sudah membayarkan sebanyak $500 juta lebih kepada para kontributornya. Tentu saja angka ini terbilang fantastis. Hal ini sejalan dengan misi yang dimiliki Shutterstock, yakni untuk menghubungkan profesional dengan banyak kontributor yang ada diseluruh dunia.

Berdasarkan pencapaiannya inilah, Shutterstock dapat dijadikan pilihan utama bagi para microstocker sekaligus sebagai salah satu pilihan web Microstock favorit yang mempunyai jangkauan marketplace luas dengan omset penjualan fantastis. Platform Shutterstock juga telah menjadi primadona para desainer kreatif yang tertarik untuk meraup keuntungan.

Cara Jual Foto di Shutterstock

Jual Foto di Shutterstock

Tutorial Jual Foto di Shutterstock

Setiap momen berharga biasanya diabadikan lewat foto. Baik itu saat pernikahan, momen wisuda, kebersamaan dengan keluarga kecil/besar dan lainnya. Bahkan kini foto menjadi peluang bisnis yang layak dicoba, terutama bagi para penikmat fotografi. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara jual foto di Shutterstock, ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan :

1. Daftar Menjadi Kontributor

Sebelum menjual foto-foto terbaikmu di Shutterstock, pastikan terlebih dahulu kamu mendaftarkan diri menjadi kontributor di Shutterstock. Silahkan buka web Shutterstock, lalu pilih ‘registrasi’ jika ingin mendaftar kontributor di sana.

Setelah itu, konfirmasi akun email yang telah didaftarkan sebelumnya di situs web Shutterstock. Setelah sukses, kamu bisa lanjut ke step berikutnya.

2. Mengonfirmasi Akun Email

Cara jual foto di Shutterstock selanjutnya, kamu harus memastikan akun email milikmu telah terverifikasi dengan cara melakukan konfirmasi akun. Shutterstock selanjutnya akan memintamu mengupload foto KTP beserta password sesuai pendaftaran. Saat konfirmasi, kamu bisa mengikuti instruksi dengan benar agar akun milikmu bisa digunakan.

3. Persiapkan Akun Paypal

Untuk pembayaran hasil penjualan foto di Shutterstock biasanya menggunakan dollar. Jadi, kamu wajib mempunyai akun PayPal dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu, agar bisa bertransaksi. Akun PayPal inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai alat transaksi saat Shutterstock melakukan pembayaran atas penjualan fotomu.

4. Memilih Foto Terbaik

Cara jual foto di Shutterstock selanjutnya, jika sudah sukses melakukan validasi akun di situs Shutterstock, kini kamu mulai memilih foto-foto terbaik yang akan kamu tawarkan di situs tersebut. Namun ingat jangan asal mengunggah foto asal-asalan, sebab Shutterstock sudah memiliki ketentuan yang harus dipenuhi oleh para kontributornya. Berikut ini :

  • Foto adalah hasil karya sendiri dan bersifat orisinal
  • Harus ada pernyataan terkait model release dari model atau objek orang yang difoto. Ini artinya, mereka harus memberikan pernyataan bahwa mereka bersedia dijadikan objek foto untuk dijual di Shutterstock.
  • Foto tidak mengandung watermark dan brand pada hasil jepretan yang akan diunggah.
  • Unggah foto ke dalam situs Shutterstock.

Saat semua foto yang ingin diuggah telah memenuhi persyaratan dari situs Shutterstock, kamu hanya perlu mengunggah foto ke situsnya saja. Silahkan unggah foto lewat hp atau laptop.

5. Unggah Foto Lewat Laptop

Jika kamu memakai laptop, maka cara upload foto untuk dijual di Shutterstock bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Kunjungi situs web Shutterstock.
  • Silahkan pilih ‘images’ di ujung kiri bagian atas.
  • drag kemudian drop foto unggahanmu yang ingin dijual, atau untuk upload beberapa file foto tekan ‘select muiltiple files’, lalu cantumkan fotonya.
  • Tekan ‘next’.
  • Silahkan tuliskan metadata terlebih dahulu sebelum submit foto untuk dijadikan keterangan beserta deskripsi foto.
  • Tekan ‘submit’.
  • Selesai dan kini fotomu akan diseleksi oleh Shutterstock, jika lolos fotomu akan langsung dibeli.

6. Unggah Foto Lewat Smartphone

Kamu juga bisa mengunggah foto melalui smartphone, caranya sebagai berikut :

  • Unduh lalu install aplikasi ‘Shutterstock Contributor’ lewat App Store atau Google Play Store.
  • Tekan ‘+’ di atas layar.
  • Silahkan pilih foto mana yang akan diunggah.
  • tekan ‘Submit’ untuk menguploadnya.

7. Tunggu Ulasan Foto dari Shutterstock

Cara jual foto di Shutterstock berikutnya, jika kamu berhasil uploadi foto dari hasil jepretanmu serta semua syarat telah terpenuhi. Kini waktunya untuk menunggu konfirmasi Shutterstock. Apabila fotomu tidak lolos, biasanya kamu akan menerima pemberitahuan langsung dari Shutterstock.

Selain itu, kamu juga akan menerima perbaikan dan saran atas hasil foto kamu, seperti misalnya resolusi foto yang kurang, gambar kurang fokus, atau yang lainnya.

Berikut ada sedikit tips agar foto kamu berhasil diterima Shutterstock, diantaranya :

  • Minimal kapasitas foto 4MP.
  • Foto yang telah disubmit merupakan foto original atau asli hasil dari jepretan sendiri dan bukan foto orang lain.
  • Dilarang memotret benda atau objek yang bermerek, contohnya hp iPhone, Samsung, Coca Cola, dsb.
  • Foto yang kamu upload bisa dari hasil foto kamera ponsel atau kamera digital.

7. Foto Berhasil Terjual

Jika kamu sudah memasuki tahapan ini, selamat ya kamu sudah mendapatkan buah atas kesabaranmu selama ini. Biasanya jika foto sudah sesuai ketentuan Shutterstock, mereka tidak segan untuk membeli fotomu. Menariknya lagi, Shutterstock akan memberikan keterangan penghasilan total foto kamu yang dibeli.

Asalkan minimal saldo pada akun PayPal ada 200 dollar. Selain itu, kamu perlu menarik saldo yang berasal dari Paypal ke akun rekening bank milikmu.

Berapa Lama Foto Diterima Oleh Shutterstock?

Banyak kontributor yang menanyakan hal ini. Meskipun cara jual foto di Shutterstock terkesan mudah, apalagi tidak dibatasi oleh niche khusus ketika upload. Jadi, kamu bisa memilih foto sesuai bakat yang kamu miliki. Namun, tetap saja kamu wajib menunggu ulasan dari Shutterstock terlebih dahulu.

Apabila kamu telah memenuhi syarat, tentu saja mereka akan langsung memberitahukan bahwa foto kamu lolos seleksi. Sebenarnya, jika menanyakan lamanya waktu sampai di approve, tergantung dari pihak Shutterstock. Mungkin bisa 2 hari atau bahkan lebih.

Namun jika kamu melakukan upload foto dan melengkapi deskripsi gambar menarik dan unik, bisa jadi lebih cepat. Apalagi jika jarang dimiliki oleh kontributor lain. Mengingat kontributor di Shutterstock sediri ada ribuan bahkan lebih.

Alasan Kenapa Foto Ditolak Oleh Shutterstock

Sebenarnya, ada beberapa faktor kenapa pihak Shutterstock menolak hasil fotomu. Alasan umum foto ditolak oleh Shutterstock adalah karena tidak fokus, fotonya buram atau tidak jelas, foto noise, dan ukuran gambar atau foto tidak sesuai dengan kualitifkasi. Kamu harus tahu bahwa ketentuan ukuran foto yang diunggah di Shutterstock minimal 4MB, apabila kurang maka langsung diotolak.

Namun jangan khawatir, meskipun foto kamu pernah ditolak pihak Shutterstock, kamu harus tetap konsisten mengikuti cara jual foto di Shutterstock sampai fotomu berhasil di approve. Menariknya lagi, jika fotomu berhasil diterima, kamu akan mendapatkan penghasilan sekitar 0,05 hingga 120 dollar.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago