Cara Ajukan KUR BRI

Berwirausaha, menjadi salah satu jalan alternatif yang kerap dipilih oleh masyarakat. Apakah kalian termasuk orang yang gemar berbisnis? Kamu wajib coba cara ajukan KUR BRI, kalau begitu. Supaya, bisnis yang kamu jalani dapat semakin berkembang dan terus melejit. Sebenarnya, tidak hanya itu saja, wirausahawan juga butuh yang namanya strategi pemasaran. Segalanya butuh proses, tidak ada yang instan.

KUR sendiri merupakan kepanjangan dari Kredit Usaha Rakyat. Sebagian besar perbankan yang merilis program tersebut, yaitu para bank plat merah. Diantaranya ada BNI, BRI, dan Mandiri tentunya. Sebagai salah perusahaan keuangan yang berada di bawah naungan BUMN, BRI turut serta menjamin kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Cocok untuk TKI, dan PHK.

Selain dapat digunakan oleh mereka yang hendak bekerja di luar negeri atau terkena kasus PHK. Banyak para UMKM yang berburu program spesial tersebut. Pemerintah sendiri, pada tahun 2022 sudah menyiapkan anggaran mencapai Rp 272,17 triliun untuk disalurkan ke KUR. Hal ini, dibahas di laman merdeka.com pada bulan Januari, 2022. Suku bunganya, 3%.

Cara Ajukan KUR BRI

Cara Ajukan KUR BRI

Cara Ajukan KUR BRI 2022

Awalnya, suku bunga yang telah ditentukan oleh perusahaan untuk para calon penerima dari program KUR adalah sebesar 6%. Akan tetapi, setengahnya sudah disubsidikan oleh negara. Melalui keringanan tersebut, diharapkan banyak orang yang lebih aktif terdorong untuk buka usahanya sendiri. Secara otomatis, maka lapangan pekerjaan juga semakin terbuka lebar.

Penyaluran dana KUR yang dilakukan oleh tim dari perusahaan BRI, yakni dengan berikan jangka waktu antara 12, 18 dan 24 bulan untuk melunasi seluruh pinjamannya. Terlebih, user atau penerima program ini tidak akan dikenakan biaya administrasi, serta provisi. Suku bunga yang telah ditetapkan di awal kesepakatan, tetap bertahan sampai jatuh masa tempo. So easy!

Cara ajukan KUR BRI 2022, bisa menjadi langkah awal pencerahan buat kamu yang sedang pusing mencari dana untuk memulai sebuah bisnis UMKM. Sebelumnya, kalian juga perlu tahu apa saja persyaratan yang harus dilengkapi. Hal ini penting! Karena pengajuan cairnya dana subsidi pemerintah tidak semudah itu. Harus ada data valid dan pengecekan dari internal.

  • Dikhususkan untuk personal atau individu
  • Terbebas dari segala bentuk penerimaan dana kredit melalui perbankan. Kecuali, yang bersifat konsumtif. Contoh, KKB, KPR, serta Credit Card
  • Syarat administrasi yang dibutuhkan, diantaranya ada KTP, KK, serta Surat Ijin Usaha (telah diterbitkan oleh e-commerce atau melalui ride hailing)
  • Usaha yang dijalani, terdapat di salah satu platform e-commerce. Misalnya, Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Bisa juga di Grab ataupun Gojek
  • Lama usaha yang telah berlangsung, kurang lebih minimalnya selama 6 bulan

Pengajuan program KUR tersebut, bisa kalian lakukan secara online maupun offline. Asalkan, kamu sudah melengkapi semua kebutuhan persyratan yang telah dijelaskan di atas. Jangan lupa juga, persiapkan jaminan yang bisa bernilai tinggi bagi perusahaan. Supaya, dana kalian cepat di Acc dan cair. Adapun besar limit yang bisa kalian dapatkan, yaitu sebesar Rp 10 juta.

Angka tersebut, berlaku bagi para kreditur yang ingin meminjam melalui KUR tanpa adanya jaminan. Berbeda lagi kasusnya, kalau dana yang kalian butuhkan mencapai angka Rp 50 juta atau bahkan Rp 100 juta. Persyaratannya masih sama, hanya saja diberlakukan pembatasan. Khusus untuk PMI atau Pekerja Migran Indonesia buganya semakin turun, sekitar 0,5% saja.

Cara Ajukan KUR BRI Tanpa Jaminan

Umumnya, ketika kalian melakukan pengajuan pinjaman ke bank. Pihak pemohon harus ada surat atau barang berharga yang memiliki jangka panjang serta nilai yang mumpuni. Alias, jaminan. Sehingga, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Semisal, kamu tidak sanggup bayar cicilannya maka otomatis jaminannya akan langsung disita oleh perusahaan. Resiko ya..

Cara ajukan KUR BRI tanpa jaminan, ternyata juga sudah dicanangkan oleh pemerintah bagi masyarakat yang memang sangat membutuhkan dana tersebut. Salah satunya, mereka yang bekerja sebagai tenaga migran. Sebelumnya, maksimal limit yang berlaku hanya mencapai di angka Rp 25 juta. Namun, saat memasuki tahun 2022 dinaikkan antara Rp 50 juta – Rp 100 jt.

1. Masuk ke Situs Resmi BRI

Kalian yang ingin mulai mengajukan peminjaman KUR BRI, bisa dilakukan dengan ambil langkah awalnya, yaitu masuk ke situs resmi milik Bank BRI. Kamu dapat melakukannya via smartphone, laptop/PC milikmu. Buka browser dan ketik di kolom pencarian atau mudahnya tinggal klik saja tautan berikut ini. Setelah itu, klik “Enter/OK”. Pilih “Ajukan Peminjaman”.

2. Login Melalui Email atau Akun

Langkah berikutnya, kalian langsung login atau masuk ke laman tersebut, menggunakan akun atau bisa juga email yang sebelumnya sudah didaftarkan. Caranya, dengan memasukkan kata sandi untuk kamu yang sudah memiliki account. Buat yang belum memilikinya, jangan lupa untuk daftar terlebih dahulu. Pastikan password tidak diberitahukan ke siapapun. Bank juga.

3. Lakukan Verifikasi Akun (Bila Belum Memiliki Akun)

Pemohon yang ingin membuat akunnya sendiri dalam program KUR BRI, dapat pilih “Daftar” dengan menggunakan akun Google. Kemudian, kalian tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi atau kotak masuk yang berisikan email verifikasi dari BRI. Klik link yang tersedia di dalamnya. Setelah berhasil, login ulang dengan alamat surel dan password user. Next step.

4. Lengkapi Informasi Data Diri

Cara ajukan KUR BRI selanjutnya, yaitu dengan memilih “Ajukan Pinjaman KUR”. Penting! Untuk kalian membaca terlebih dahulu laman yang berisikan persyaratan dan ketentuan. Lalu, pilih “Saya adalah nasabah BRI” dan pilih juga “Setuju serta Ajukan Pinjaman”. Centang kotak kecil disamping tulisan “I’m not a robot”. Eits, belum selesai loh prosesnya. Klik next.

5. Ikuti Instruksi Selanjutnya Sampai Selesai

Lakukan pengisian informasi data diri secara lengkap. Kemudian, isi bagian data usaha mulai dari jenis usaha, biaya usahanya, nomor rekening BRI, dan lain sebagainya. Lanjutkan ke step berikutnya, dengan mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Misalnya saja, KTP, pas foto, foto usaha, hingga surat keterangan bisnis. Pilih “Selanjutnya” dan ajukan.

Tahapan pengajuan peminjaman berikutnya, kalian diwajibkan untuk mengisi data pengajuan atau besar nominal yang dibutuhkan. Setelah itu, pilih “Hitung Angsuran” untuk mengetahui jumlah dari besar cicilan rupiah yang harus kreditur bayarkan di setiap bulannya. Kemudian, pilih “Ajukan Peminjaman”. Terakhir, akan terlihat laman bahwa BRI menyetujui atau tidak.

Informasi untuk urusan pengajuan peminjaman ini, dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak perbankan BRI. Oleh sebab itu, buat kalian yang ingin secepatnya tidak ada kesalahan selama melakukan pendaftaran. Bisa langsung saja datang ke kantor cabang terdekat atau tanyakan via telepon. Call center BRI, yaitu 14017 atau 1500017. Email bisa.

Calon nasabah yang memiliki jadwal kegiatan sangat padat sehingga sulit untuk mengunjungi kantor cabang BRI ataupun melakukan panggilan ke CS. Siasati dengan mengirim pesan via email di callbri@bri.co.id. Dapatkan informasi selengkapnya, dan raih impianmu agar bisa mengembangkan usaha yang dijalani dari sekarang! Siapkan mental, tenaga, dan uang juga.

Tertarik? Segera mulai praktekan cara ajukan KUR BRI. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Enjoy your days, and get your money from credit BRI. Bye bye!

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

1 week ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

3 weeks ago