Cara Absen di Classroom

Siapa nih, diantara kalian yang sedang memasuki masa-masa belajar via daring atau online? Pas banget kan, kamu pasti sudah terbiasa dengan cara absen di Classroom. Saat awal kelas, mungkin akan terasa kikuk atau bingung bagaimana pengoperasiannya. Akan tetapi setelah berjalannya waktu, hal tersebut jadi semakin mudah. Tentunya, karena user sudah terbiasa.

Google Classroom sendiri, memiliki pengertian sebagai salah satu platform yang dapat kalian gunakan untuk mempermudah sistem kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Baik itu antara tenaga pengajar, maupun siswa yang tergabung di dalam kelas tersebut. Karena ini sudah berbasis web, maka guru-guru bisa mengatur progress. Otomatis, integrasi fitur lainnya.

Khusus untuk kategori edukasi saja. Google sudah mempersiapkan hal tersebut. Dimana, ada lebih dari satu layanan yang sudah terhubung dengan Classroom. Mulai dari Google Docs, Gmail, hingga Google Calender. Pengumpulan tugasnya juga bisa langsung dikirim melalui G-Classroom. Begitu pula untuk para tenaga pendidiknya, bagikan tugas di platform tersebut.

Cara Absen di Classroom

Cara Absen di Classroom

Cara Absensi di Classroom

Pengertian dari Google Classroom, membuat pandangan kalian terhadap platform satu ini semakin terbuka lebih luas lagi, bukan? Selanjutnya, setelah mengetahui fungsi yang dapat kamu temukan di dalamnya. Ada juga nih, fitur-fitur yang mungkin masih terasa asing buat pengguna baru. Layanannya, terbagi ke 4 kategori. Pihak guru, murid, orang tua, dan admin.

1. Google Workspace Untuk Guru

Sistem belajar mengajar, jadi terasa lebih fleksibel dan menyenangkan karena bisa dilakukan dimanapun seorang guru tersebut berada. Google Inc. memberikan dukungan penuh, terhadap dunia pendidikan. Mulai dari menciptakan program, produk, hingga filantropi. G-suite yang dapat dimanfaatkan oleh tenaga pendidik bersifat gratis. Termasuk, Classroom, Slide, dll.

Fitur komunikasinya, bisa kalian temukan melalui Gmail, G-Meet, ataupun Chat. Jaga datanya supaya tetap aman dan tidak mudah bocor ke orang lain, gunakan saja Gmail atau Drive. Hal ini, sudah dilengkapi juga dengan standar edukasi tingkat internasional. Penuhi aturan dari COPPA, GDPR, serta FERPA di setiap fiturnya. Mudah untuk dioperasikan selama 24 jam.

2. Layanan Classroom Bagi Murid

Layanan edukasi ini, juga sudah terhubung dengan berbagai alat bantuan lain. Seperti halnya, menu untuk meningkatkan perkembangan pembelajaran siswa. Ada dukungan literasi secara digital, permainan di dalam kelas, hingga tambahan materi guna tingkatkan kemampuan para murid. Coding & CS, fitur kreasi, bahasa, hingga ada ilmu di bidang seni dan budaya. Seru!

Lengkap, siswa jadi bisa lebih memahami pelajaran yang ada tanpa merasa bosan dan terlalu terbebani. Model pengajaran yang seru, karena sistemnya dikelola secara online. Jadi, dapat ditambahkan dengan games untuk edukasinya. Keterampilan dalam basis digital, penting untuk masa depan. Kamu juga jadi seseorang yang ahli, saat praktek cara absen di Classroom.

3. Ruang Kelas Untuk Orang Tua

Cara absen di Classroom, ditujukan bagi para siswa saja yang mengikuti kelas online tersebut. Berbeda lagi kasusnya, untuk orang tua yang ingin membantu mengawasi anaknya belajar. Di tempat yang sama, pihak ortu dapat menerima notifikasi berupa pesan yang dikirim melalui email. Terkadang, ada juga guru yang memperbolehkan wali agar bisa akses ke Classroom.

Namun, sebagian besar peran dari orang tua dalam kelangsungan proses belajar mengajar di Classroom hanya sebagai pengawas semata. Oleh sebab itu, wajar saja kalau ortu hanya akan menerima notifikasi dari Gmail saja. Terutama, ketika guru hendak memberitahukan hasil dari perkembangan belajar anaknya di sekolah. Satu platform ini, mampu menampung semua wali.

4. Space Khusus Bagi Para Tenaga Administrasi

Perusahaan Google, ternyata juga sudah memperkirakan alat yang dapat digunakan bagi kamu yang bertugas sebagai tenaga administrasi. Melalui Google Classroom, admin memiliki wewenang besar dan penting. Kamu dapat menambahkan ataupun mengurangi jumlah guru dan murid ketika kelas sedang online. Selain itu, ada juga fitur untuk menjadwalkan tugas.

Kalau sebelumnya, mungkin jadwal tersebut di bagikan ke beberapa kelas secara manual. Kali ini, akan hadir fitur penghemat waktu. Sehingga, jadwalnya dibagikan merata dalam satu waktu yang sama atau serempak. Akun guru yang mengalami masalah seperti kehilangan data atau tiba-tiba terblokir. Tenang, data akunmu masih tersimpan di admin, So, bisa diperbaiki.

Cara Absen di Google Classroom

Pelajar yang belum terbiasa dengan metode pengajaran berbasis digital, tentu akan sedikit ada kesulitan untuk menyesuaikan diri. Kebanyakan dari mereka yang masih bingung, rata-rata murid yang berada di bangku sekolah SD ke bawah. Oleh sebab itu, penting mengetahui info dasar seputar pengoperasian. Bisa dimulai dengan berikan cara absen di Google Classroom.

  • Masuk ke aplikasi Google Classroom melalui ponsel atau PC atau laptop. Unduh aplikasinya di Play Store atau App Store secara gratis
  • Pilih salah satu kelas, sesuai instruksi dari wali kelas atau guru kalian untuk mulai isi absensi
  • Periksa pada bagian kolom “Status” yang telah diinformasikan oleh guru kalian. Contohnya, di kolom teratas tertulis judul “Absen Siswa Kelas V”
  • Lanjutkan cara absen di Classroom dengan pilih “Mark and Done” sebagai penanda bahwa kamu telah selesai melakukan absen kehadiran
  • Akan tetapi, bila muncul tulisan “Missing”. Artinya, kalian terlambat melakukan absen tersebut.

Selain cara di atas, masih ada metode lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mengisi absen atau data kehadiran kelas. Akan tetapi, hal ini hanya dapat dilakukan apabila guru kalian menggunakan model abesensi form. Melaui alat Google Form ini, semua data siswa dapat dikumpulkan dan dimasukkan sebagai informasi kehadiran mengikuti Google Classroom.

  • Login menggunakan akun Google Classroom milik kalian masing-masing
  • Perhatikan postingan yang sudah di-upload oleh tenaga pengajar atau guru
  • Masuk ke kolom “Daftar Hadir”. Kemudian, user akan melihat alamat url di G-Form tersebut
  • Mulai lakukan pengisian informasi dasar, seperti nama, NIS atau NPM, mata pelajaran yang akan diikuti, serta kelas
  • Klik tombol “Kirim atau Send untuk menyelesaikan cara absen di Classroom

Beberapa alat yang terdapat di Google for Education, rata-rata ditujukan untuk membantu tim sekolah agar dapat menghemat waktu. Supaya, pembelajaran jadi lebih produktif, dan efisien. Soalnya, semua hal dan data yang dibutuhkan untuk dibagikan kepada siswa maupun guru bisa dikerjakan secara bersamaan. Penyimpanan datanya juga sudah pasti aman. Gratis pula.

Indonesia, fitur-fitur yang baru saja akan dihadirkan untuk bantu meningkatkan kualitas kelas dalam model belajar mengajar menggunakan sistem online ini. Diantaranya, ada layanan penjadwalan tugas, dan integrasi antara alat tekonologi di bidang pendidikan dengan add-on Classroom. Kamu bisa dapatkan secara gratis. Tapi, ada juga beberapa lainnya yang berbayar.

Pilih sesuai kebutuhan dan budget yang telah dikondisikan oleh sekolahan ya.. Supaya lebih bermanfaat dan tidak sekedar menghabiskan uang saja. Kategori fiturnya sendiri, terbagi jadi 7 macam. Mulai dari analisis, penghemat waktu, keamanan, keaslian, masukan dan penilaian. Kemudian, ada juga tools pembelajaran yang dipersonalisasi, serta organisasi. Lengkap kan..

Sekian pembahasan mengenai cara absen di Classroom di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan kendor dan semangat terus untuk belajar ya… Hargailah selalu usaha dari para guru yang terus tiada henti mendidik kalian. See you on the next topics. Enjoy your days and keep health. Bye bye!

Baru Update:

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

4 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago