Cara Sinkronisasi Gmail

Bagaimana cara sinkronisasi Gmail? Aktivitas berkirim pesan lewat email sampai saat ini memang masih dilakukan sebagian masyarakat. Gmail atau Google Mail adalah layanan yang paling sering digunakan saat ini di Indonesia. Platform Gmail menawarkan tempat penyimpanan berkapasitas besar, karenanya banyak diminati pengguna email. Google Mail bisa dikatakan lebih populer daripada hotmail atau Yahoo.

Kamu dapat mengakses Gmail lewat smartphone atau PC. Dari waktu ke waktu Gmail selalu meningkatkan kualitas dan fiturnya untuk mempertahankan popularitasnya bagi kalangan pengguna email. Namun Gmail paling gampang diakses lewat perangkat android, sebab dapat membuat sekaligus membuka pesan tanpa hambatan lewat PC.

Selain itu, ada beberapa keluhan yang sering dialami para pengguna Gmail, salah satunya ialah sinkronisasi bermasalah hingga Gmail yang log out secara tiba-tiba, jadi harus melakukan login ulang.

Masalah Sinkronisasi Gmail

Apabila sinkronisasi Gmailmu bermasalah, gmail pun akan mengalami berbagai kendala seperti berikut ini :

1. Aplikasi Gmail Tak Dapat Dibuka

Saat sinkronisasi pada Gmail tak terhubung, terkadang aplikasi Gmail menjadi sulit dibuka. Selain itu, biasanya berhenti pada menu utama. Selain itu, pesan Gmail juga tidak akan muncul.

2. Tidak Dapat Mengirim Email

Ketika sinkronisasi gmail tak terhubung, Kamu tidak dapat mengirim pesan email ke kontak temanmu sampai sikronisasi terhubung.

3. Tidak Dapat Membaca Email

Kamu mungkin pernah mengalami kondisi, ketika Kamu ingin membaca pesan email namun lama atau susah dibuka. Biasanya masalah ini terjadi akibat tidak terhubungnya sinkronisasi gmail.

4. Muncul Notifikasi Peringatan

Masalah yang satu ini kerap dialami pengguna Gmail. Perangkat androidmu mungkin pernah ada notifikasi muncul “sikronisasi akun yang bermasalah” atau “akun gmail tidak disinkronkan”.

5. Tidak Dapat Menerima Email

Ketika Kamu mengecek pesan inbox di Gmail,maka Kamu tidak akan menemukannya. Namun ketika membuka email lewat PC, ternyata ada banyak pesan email baru. Ini menunjukkan jika sinkronisasi gmail pada perangkat android yang bermasalah.

Itulah beberapa masalah yang kerap terjadi ketika sinkronisasi gmail tidak terhubung. Jika Kamu ingin melakukan sinkronisasi, ada beberapa langkah cara sinkronisasi gmail yang dapat dilakukan dengan cara di bawah ini!

Cara Sinkronisasi Gmail

Sinkronisasi Gmail Mudah

Tutorial Sinkronisasi Akun Gmail

Sinkronisasi Gmail yang tidak terhubung, mungkin saja terjadi jika Kamu sebelumnya mengubah kata sandi lewat PC atau browser. Dengan begitu, ketika ingin mengakses gmail di android, gmailmu error ketika sinkronisasi. Lalu, bagaimana cara sinkronisasi gmail dengan benar?

Kita tahu bahwa Gmail memiliki peranan penting bagi kelangsungan aktivitas kita. Ketika berbisnis, membuat akun Instagram, membuat akun Facebook atau lainnya tentu harus memakai email. Adapun masalah yang kerap terjadi pada pengguna Gmail ialah masalah sinkronisasi terhenti ketika Kamu ingin memakainya. Sinkronisasi itu sendiri berperan untuk menerima atau mengirimkan email.

Adapun masalah sinkronisasi gmail yang bermasalah umumnya dikarenakan Kamu belum mengupdate aplikasi gmail, koneksi internet bermasalah, memori internal penuh, atau masalah lainnya. Adapun cara sinkronisasi Gmail yang bisa Kamu coba di android dengan cepat, ialah sebagai berikut :

1. Aktifkan Sinkronisasi Lewat Pengaturan Android

Salah satu cara sinkronisasi Gmail agar berjalan lancar, kamu perlu mengaktifkan sinkronisasi di pengaturan android. Adapun caranya, silahkan buka opsi pengaturan perangkat android kemudian masuk ke dalam akun Gmail lalu pilih Google dan pilih akun email yang akan disinkronkan. Selanjutnya pilih titik tiga di samping kiri atas, lalu pilih lagi “sinkronkan sekarang”.

2. Mengaktifkan Sinkronisasi Pada Aplikasi Gmail

Apabila Kamu ingin menerima pesan email baru di luar aplikasi, Kamu harus mengaktifkan layanan sinkronisasi pada aplikasi Gmail. Adapun caranya, silahkan buka Gmail dan pilih opsi titik tiga di samping kiri atas. Selanjutnya pilih opsi setelan dan pilih akun gmail yang akan disinkronkan, kemudian pilih serta lakukan refresh akun. Setelah itu, cari opsi synch gmail pada data usage, lalu centang di synch gmail.

3. Lakukan Restart Androidmu

Ini bisa dikatakan sebagai cara pertama untuk dilakukan dalam memperbaiki kegagalan sinkronisasi gmail. Jadi tak ada salahnya apabila Kamu melakukan restart android, sehingga sinkron menjadi error akibat sistem perangkat android tidak menanggapi.

4. Matikan Kemudian Nyalakan Data Seluler

Apabila data selulermu mati, maka sudah jelas Kamu tidak dapat mengakses gmail. Jika ingin mengaksesnya, Kamu harus melakukan online. Apabila data seluler di ponsel telah dinyalakan namun tidak dapat refresh, Kamu dapat mematikan dan tunggu beberapa lama lalu nyalakan data seluler kembali. Kamu juga dapat menyalakan pilihan mode pesawat dan matikan kemudian nyalakan lagi data seluler. Lalu masuk ke akun Gmail.

5. Bersihkan Memori Internal di Android

Jika penyimpanan android penuh biasanya akan mengakibatkan beberapa masalah terjadi di android, seperti sinkronisasi gmail. Terputusnya sinkronisasi Gmail bisa terjadi jika penyimpanan androidmu penuh. Untuk mengatasinya, bersihkan sebagian data atau file yang telah memenuhi penyimpanan perangkatmu. Silahkan bersihkan file hingga pemberitahuan memori hampir penuh pun hilang, selanjutnya masuk ke dalam aplikasi Gmail lalu refresh.

6. Update Gmail Apps

Kegagalan sinkronisasi gmail bisa dikatakan aplikasi Gmail sudah lama tak dilakukan update. Kamu harus melakukan update Gmail agar dapat diakses kembali. Adapun cara update gmail, yaitu membuka playstore kemudian cari gmail pada kolom pencarian dan update aplikasi. Sesudah di update, biasanya gmail akan langsung mengirimkan pesan yang tertahan ketika sinkron error.

Sinkronisasi Gmail Mudah

Mengingat untuk tiap pengaturan hp dari berbagai merk perangkat android berbeda, sebaiknya Kamu sesuaikan saja sendiri. Namun jangan khawatir, karena biasanya letak pengaturan bisa disesuakan. Silahkan ikuti langkah cara sinkronisasi Gmail mudah berikut :

1. Aktifkan Sinkronisasi Google Account di Android

Apabila masalah muncul di androidmu, umumnya ada notifikasi bahwa sinkronisasi mengalami masalah. Biasanya hal tersebut juga terkendala izin perangkat. Untuk mengaktifkan layanan sinkronisasi gmail, Kamu bisa mengikuti langkah di bawah :

  • Buka “settings” di perangkat androidmu.
  • Cari kemudian pilih “Account” atau “Akun”.
  • Silahkan pilih lagi “Google” dan cari akun Gmail yang akan disinkronisasikan.
  • Setelah itu, ketuk “Sync now”

2. Sinkron Gmail di Perangkat Xiaomi

Bagi pengguna hp Xiaomi, biasanya ada perbedaan pada tata letak sebab berbeda dari pengguna android yang lainnya. Berikut ulasannya :

  • Buka “Settings” alias “Pengaturan” di perangkat Xiaomi-mu.
  • Cari “Account” atau “Akun”.
  • Lalu pilih “sync”.
  • Setelah itu, cari “Google” dan pilih Gmail yang akan disinkronisasikan.
  • Silahkan centang satu demi satu aplikasi Google yang akan disinkronisasikan.
  • Selain itu, Kamu juga dapat memilih opsi di bawah yang berikon titik tiga yakni “Sync now”.
  • Selanjutnya akun gmail secara otomatis tersinkronisasi seluruh data beserta aplikasi Google sesuai keinginan.

Itulah beberapa langkah cara sinkronisasi gmail yang dapat Kamu lakukan untuk melakukan sinkronisasi. Selain itu, Kamu juga bisa menghentikan sinkronisasi jika Kamu berniat menjual hpmu. Caranya juga sangat mudah, tinggal masuk ke opsi pengaturan atau settings di perangkat.

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

6 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

7 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago