Cara Recall Email Gmail

Gimana sih cara recall email gmail? Ya, Gmail saat ini dapat dipakai untuk berbagai hal, seperti pembuatan akun media sosial, membuat akun untuk game maupun akun di platform online lainnya. Selain itu, Kamunjuga dapat memakai Gmail untuk berkirim pesan.

Untuk mengirimkan pesan lewat Gmail tentu saja sangat mudah, Kamu tinggal tekan tombol “Send” atau kirim di Gmail saja. Namun bagaimana jika ternyata beberapa waktu kemudian, Kamu baru menyadari jika Kamu salah mengirim email, entah itu salah mengisi pesan email atau salah alamat email tujuan.

Mungkin jika email yang dikirimkan tersebut ke temanmu, tak akan jadi masalah. Namun bagaimana jika ternyata Kamu malah mengirimkan email ke bosmu. Jika hal ini terjadi, tentu akan bermasalah. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, Kamu harus mempelajari cara recall email Gmail. Dengan begitu, bisa terhindar dari persoalan akibat salah mengirimkan email.

Mengenal Gmail dan Manfaatnya

Sebelum kita membahas cara recall email Gmail, Kamu harus tahu dulu tentang Gmail. Bagi Kamu yang sering berkirim pesan lewat email, tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya Gmail. Gmail adalah salah satu layanan dari Google yang berupa surat elektronik. Dimana sebagian besar para pengguna surat elektronik ini mengandalkan Gmail. Jika sebelumnya kita mungkin lebih sering memakai Rocketmail atau Yahoo. Namun seiring waktu, posisinya semakin tergeser oleh Gmail.

Gmail sendiri menawarkan sejumlah kelebihanyang memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Selain itu, pemakaian Gmail sendiri sangat luas serta sudah terintegrasi dengan banyak layanan. Wajar jika tak mempunyai akun Gmail, mungkin Kamu akan merasa kesulitan memakai berbagai layanan. Khususnya bagi para pengguna android yang memerlukan akun Gmail. Lalu, apa saja sih fungsi Gmail itu sendiri?

1. Berkirim Pesan Email

Hal ini tentu saja menjadi fungsi utama layanan Gmail. Meskipun demikian, aktivitas untuk bertukar gemail sendiri saat ini banyak dilakukan. Entah itu di dalam pekerjaan, pendidikan, bisnis maupun yang lainnya.

Bahkan ada banyak sekali lowongan pekerjaan dengan perysaratan menerima lamaran hanya melalui email saja. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memahami terkait pemakaian email.

2. Persyaratan Untuk Menikmati LayananU Google Lainnya

Kamu tentu saja akan memerlukan Gmail untuk bisa menikmati layanan atau produk lainnya dari milik Google. Seperti Google Meet, Google Drive, Google Map, Google Form, Google Docs dan lainnya.

Saat pertama kali pembelian smartphone android sekalipun, Kamu akan diminta melakukan pengaturan Wizard. Dimana pengguna harus mempunyai akun Google jika ingin mendownload berbagai pilihan aplikasi yang ada di PlayStore.

3. Terintegrasi Dengan Berbagai Aplikasi

Jika Kamu mengunduh sebuah aplikasi, tentu Kamu pernah ditawarkan opsi login menggunakan Gmail. Sebenarnya akun Gmail sendiri memang terintegrasi pada banyak platform. Hal ini dikarenakan produk Google yang satu ini memang telah dipakai luas di berbagai kalangan.

Kenapa Harus Recall Email Gmail?

Sebenarnya, ada banyak sekali alasan kenapa harus memperhatikan email atau isi email yang dikirim. Kamu harus mengeceknya kembali sebelum benar-benar dikirim.

Akan tetapi, walaupun telah dicek berkali-kali, seringkali ada kesalahan yang dikirim pada email, sehingga Kamu harus menarik atau melakukan recall email Gmail terlebih dahulu. Ini dia beberapa langkah cara recall email Gmail yang harus diperhatikan.

Cara Recall Email Gmail

Cara Recall Email Gmail

Tutorial Recall Email Gmail

Bagi Kamu yang ingin melakukan recall email gmail yang telah terlanjur terkirim, sebaiknya jangan panik. Sebab Kamu bisa menarik atau membatalkannya dengan cara recall email Gmail berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka gmail di perangkatmu terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pilih settings berbentuk ikon roda gerigi tepat di samping kanan atas.
  • Tekan “See All Settings”.
  • Di tab General, gulir sampai ada opsi undo send.
  • Lalu tambahkan ke dalam durasi terlama, yakni 30 detik.
  • Silahkan simpan perubahan, caranya dengan menekan “Save Changes” pada halaman bagian bawah.
  • Apabila Kamu telah mengatur durasi untuk undo send, Kamu dapat menarik pesan email yang sudah terlanjur terkirim. Di opsi pesan terkirim, tekan undo.
  • Pilihan tersebut biasanya tersedia dengan cara otomatis sesudah pengguna mengirimkan email dengan sukses.

Penambahan Waktu Pembatalan

Fitur pengembalian pesan email yang telah salah kirim sudah diaktifkan dengan otomatis di Gmail, karenanya pengguna dapat menarik email kembali yang telah dikirim ketika menyadari ada kesalahan di email tersebut. Namun, waktu pembatalan email tersebut bisa dikatakan sangat singkat, hanya 5 detik saja. Melalui durasi inilah, Kamu yang menyadari jika ada yang salah pada email yang dikirim tentu tak dapat berbuat apapun, sebab sudah terlambat menekan opsi “Urungkan”.

Maka dari itu, penting sekali melakukan penambahan waktu pembatalan. Dengan begitu Kamu memiliki banyak waktu untuk mengembalikan pesain email ketika menyadarai terjadinya kesalahan. Menambah waktu untuk pembatalan email bisa dilakukan melalui menu settings.

Jika ingin memasuki opsi pengaturan di Gmail, maka Kamu harus mengklik ikon berbentuk roda gigi di bagian kanan atas. Baru kemudian pilih opsi “Setelan”. Ketuk kotak yang ada samping kanan dan kirim waktu untuk pembatalan. Selanjutnya Kamu akan melihat pilihan menambah waktu untuk pembatalan email.

Memang penambahan waktunya tak terlalu banyak, hanya berlangsung selama 30 detik saja. Namun ini lebih baik jika dibandingkan dengan waktu default-nya hanya lima detik saja.

Itulah beberapa langkah cara recall email Gmail yang bisa Kamu coba jika ingin membatalkan pesan email yang telah terkirim.

Batasan Fitur Unsend dari Google

Walaupun sebenarnya Gmail menawarkan fitur Unsend, sangat penting untuk mengetahui beberapa hal berikut ini :

1. Fiturnya Mesti Diaktifkan

Untuk memakai unsend, tentu saja Kamu harus pergi ke opsi Pengaturan kemudian mengaktifkannya. Apabila tidak mengaktifkan layanan atau fiturnya, tentu saja Kamu tidak dapat menggunakannya.

2. Strict Time Limitation

Kamu harus menentukan durasi lamanya pesan bisa batal dikirim sampai 30 detik. Ini artinya, Kamu tak dapat menunggu sehari kemudian coba melakukan panggilan ulang pesan yang dikirim kemarin.

Meskipun demikian, fitur unsend masih tetap menjadi pilihan terbaik. Jadi, Kami merekomendasikan agar Kamu mengaktifkannya. Kamu tak pernah mengetahui ketika Kamu jendka memanggil pesan Gmail.

Tips Untuk Mengatasi Salah Kirim Email

Keslahan ketika bekerja terkadang memang tak dapat terhindarkan. Walaupun kita sudah mengeceknya, kesalahan kecil akibat salah ketik atau menulis di email bisa menjadi masalah yang besar. Oleh karena itu, sebaiknya baca lagi file atau email balasan sebelum Kamu mengirimnya ke klien, bos ataupun rekanmu.

Pastikan sebelum mengirim pesan email, Kamu mengecek isi email terlebih dahulu, alamat email dan lain sebagainya, agar tidak terjadi kesalahan saat pengiriman. Karena meskipun Gmail memiliki fitur unsend dengan cara recall email gmail, fitur ini tetap memiliki keterbatasan layanan yang harus tetap diperhatikan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

4 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago