Categories: Uncategorized

Cara Merawat Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias adalah salah satu hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Banyak orang mengoleki tanaman hias dengan menanamnya di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Selain dipajang, tentu saja tanaman hias memerlukan perawatan yang baik. Merawat tanaman hias mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, seperti menghilangkan stres, memperoleh sirkulasi udara dengan baik dan dapat menguatkan imunitas tubuh.

Ada beberapa jenis tanaman hias saat ini yang banyak dikoleksi, diantaranya seperti Monstera, Sirig Gading, Keladi, Aglonema dan Asparagus. Ada beberapa langkah cara merawat tanaman hias dengan benar yang harus Kamu lakukan, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Merawat Tanaman Hias

Merawat Tanaman Hias

Tutorial Merawat Tanaman Hias

Untuk mendapatkan tanaman hias dengan pertumbuhan yang baik, Kamu harus mengikuti tata cara merawat tanaman hias berikut ini :

1. Harus Mempunyai Komitmen

Jika ingin merawat tanaman hias tentu saja membutuhkan komitmen untuk meluangkan waktu dalam merawatnya. Kamu harus membuat jadwal, seperti kapan harus mengairi tanaman, mengganti tanaman, memberi pupuk dan lainnya. Inilah alasan kenapa Kamu harus meyakinkan dirimu lebih dulu sebelum Kamu memutuskan membudidayakan tanaman hias.

Pastikan untuk tidak malas atau bosan di tengah jalan ketika sedang merawatnya. Ssebab hal tersebut bisa membuat tanaman hias pun sia-sia serta tak akan terawat bahkan bisa merusak pemandangan di rumahmu.

2. Memberikan Pupuk Secara Rutin

Salah satu cara perawatan yang paling penting pada tanaman hias adalah harus memberikan pupuk secara rutin. Walaupun hanya berbentuk tanaman hias, tapi tanaman ini juga tetap memerlukan tambahan makanan dan vitamin supaya tumbuh subur. Biasanya tanaman hias tersebut memerlukan banyak kalium dan nitrogen jika ingin bertahan hidup. Maka dari itu, penting sekali memasukkan poin ini ke dalam cara merawat tanaman hias.

Di samping memakai pupuk kimia, Kamu juga dapat memakai pupuk alami dari hasil sampah dapur yang ada di lingkungan sekitar. Tambahkan pupuk dengan cara rutin, setiap seminggu sekali seperlunya aja sesuai kebutuhan. Cara termudah yang dapat dilakukan untuk perawatan kesuburan pada tanaman hias ialah pemberian pupuk atau vitamin B dari hasil air cucian beras.

3. Ketahui Kebutuhan Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias selanjutnya ialah Kamu harus lebih mengenali tanaman hias yang akan dirawat, seperti karakteristik hingga kebutuhan nutrisinya. Informasi ini berhubungan dengan bagaimana seharusnya Kamu merawat tanaman tersebut berdasarkan jenis tanamannya.

Biasanya ada tanaman yang memerlukan air lebih banyak atau justru sebalik, bahkan ada pula yang membutuhkan kecukupan sinar matahari atau sebaliknya maupun perawatan lainnya. Apabila Kamu dapat mengenali tanaman tersebut, tentu saja akan lebih mudah merawatnya.

Di samping itu, tingkat kesuksesan perawatannya pun lebih maksimal daripada asal menanam tanpa mengenali karakteristik dan bagaimana tanaman hias tersebut hidup.

4. Menyentuh Tanaman Sebelum Disiram

Tanaman hias juga harus disentuh ketika perawatannya. Cara ini dilakukan supaya Kamu dapat memahami kebutuhan dari tanaman itu sendiri, seperti apakah tanaman sudah layu atau masih segar. Dengan sentuhan ini, Kamu dapat memperkirakan kebutuhan air pada tanaman.

Melalui sentuhan inilah, Kamu dapat menikmati pertumbuhan tanaman hias yang mungkin dapat memberikan mood positif sekaligus membuatmu merasa lebih rileks dan bahagia. Terlebih jika Kamu memang gemar merawat tanaman hias, tentu saja Kamu tertarik untuk selalu memandang dan menyentuhnya.

5. Pilih Media Tanam

Cara merawat tanaman hias terpenting ialah perhatikan media tanamnya, tujuannya agar tanaman dapat bertahan hidup dan subur. Silahkan memilih jenis media tanam tertentu sesuai karakteristik tanamannya. Pasalnya media tanam tersebut pun perlu menyesuaikan penempatan tanaman itu sendiri, apakah di dalam maupun di luar ruangan. Kamu dapat memamai media tanam dengan banyak bahan organik serta dapat mengikat air secara maksmal.

Sebab media tanam tersebut bisa membuat tanaman lebih tahan lama karena mempunyai kualitas yang baik pada media tanamnya. Misalnya saja, media tanaman dari campuran pupuk, tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.

6. Lakukan Penjemuran Secara Teratur

Kamu juga harus memperhatikan pencahayaan sinar matahari pada tanaman hias. Walaupun ada beberapa jenis tanaman hias tertentu yang dapat hidup di area tanpa cahaya mathaari, tapi tak ada salahnya jika Kamu menjemurnya sesekali supaya tanaman tersebut dapat tumbuh maksimal. Sinar matahari ini pastinya membuat tanaman lebih tahan lama.

Kamu dapat menyesuaikan tanaman hias tertentu yang membutuhkan asupan cahaya matahari, diantaranya seperti jenis tanaman berwarna hijau. Sebab proses fotosintesisnya akan melambat apabila tidak terpapar sinar matahari. Kamu tak perlu menjemurnya terlalu lama sebab bisa memicu daunnya layu atau kering.

7. Intensitas Air yang Dibutuhkan

Cara merawat tanaman hias selanjutnya ialah perhatikan intensitas air yang diperlukan. Walaupun di dalam ruangan, Kamu tetap harus rajin menyiramnya walaupun tak setiap hari. Dengan kata lain, Kamu harus menyiram tanaman hias secara rutin dengan kecukupan intensitas air dan jangan berlebihan. Sebab bisa membuatnya menjadi lebih mudah mati.

Lakukan penyiraman dengan metode yang tepat serta tetap perhatikan tingkat kelembaban tanahnya. Pastikan jangan sampai airnya terlalu berlebihan maupun kurang, terlebih lagi sampai menggenang di pot.

8. Perhatikan Kelembaban Udara

Di samping menjaga kelembaban pada media tanam pot, Kamu juga harus memperhatikan kelembabannya, terlebih untuk tanaman hias di dalam ruangan. Kamu dapat mengenali karakteristik dari tanaman hias terlebih dahulu, apakah dapat bertahan hidup di lingkungan rumah yang memiliki tingkat kelembaban tersebut ataukah tidak.

Kita tahu jika tanaman harus bernafas. Inilah alasan kenapa tanaman juga membutuhkan kualitas udara melalui kelembabannya. Kamu dapat memanfaatkan air humididier demi menjaga kelembaban temperatur udara untuk kebutuhan tanaman hias di sebuah ruangan.

9. Perhatikan Agar Suhunya Tetap Stabil

Cara merawat tanaman hias berikutnya ialah tetap memperhatikan kelembaban saat melakukan perawatan tanaman hias, sehingga Kamu juga harus memperhatikan temperatur di sekitar tanaman. Khususnya tanaman hias di dalam ruangan.

Selain itu, kelembaban udara berhubungan dengan temperatur yang berpengaruh dalam kebutuhan tanaman hias. Temperatur yang stabil bisa mempengaruhi keadaan fisik tanamanagar lebih segar, tak mudah kering atau layu.

Misalnya, Kamu memakai AC maupun tidak di ruangan juga dapat berpengaruh terhadap perkembangbiakan tanaman hias. Kamu bisa menyesuaikan pengaturan temperatur ruangan dengan jenis dari tanaman hias yang diiringi oleh perawatan lainnya, semisal intensitas air dan sinar matahari.

10. Rutin Mengganti Pot

Tak sedikit orang menyepelekan hal ini, padahal rutin mengganti pot bisa mempertahankan kestabilan pertumbuhan pada tanaman hias. Tujuan penggantian pot ini mengingat tanaman hias tentu akan bertambah besar dan terus bertumbuh, terlebih jika tanaman yang Kamu rawat sangat cepat pertumbuhannya.

Metode ini bisa memaksimalkan pertumbuhan pada tanaman hias sebab menjaga lahannya agar terus tumbuh sesuai kebutuhan. Apabila tanaman hias yang Kamu rawat kian tumbuh besar, tentunya memerlukan pot atau wadah yang semakin besar atau luas. Sehingga Kamu dapat menyesuaikan dengan keperluan tersebut.

Oke, itulah 10 cara merawat tanaman hias dengan benar agar tumbuh dengan baik, baik di dalam maupun di luar ruangan. Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

5 hours ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

4 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago