Cara Melamar Kerja Lewat Gmail

Cara melamar kerja lewat Gmail kini sudah menjadi hal yang paling umum dilakukan banyak orang. Kemudahan dan kepraktisan adalah dua alasan paling utama proses pengajuan lamaran via gmail dilakukan. Karena Kamu tak perlu lagi repot-repot mencetak dokumen atau berkas yang dibutuhkan untuk melamar kerja. Selain itu, Kamu juga tidak perlu ongkos untuk pergi ke kantor POS. Terkecuali jika memang kantor tempat Kamu melamar kerja jaraknya sangat dekat dari rumah.

Email memang kerap digunakan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan bersifat formal, sebut saja baik bagi kepentingan perkantoran maupun bisnis. Walaupun perkembangan sosial media sekarang ini kian meningkat dan bisa menggeser pemakaian email, namun kebanyakan instansi masih membutuhkan email. Lalu, bagaimana cara melamar kerja lewat gmail itu sendiri?

Cara Melamar Kerja Lewat Gmail

Melamar Kerja Lewat Gmail

Melamar Kerja Lewat Gmail

Gmail atau Google Mail adalah layanan email yang dibuat Google untuk mempermudah para penggunanya, baik dalam urusan kerja maupun bisnis. Dengan melamar kerja melalui gmail inilah membuatmu menjadi lebih hemat tenaga dna ongkor. Akan tetapi, tetap saja Kamu harus mengetahui bagaimana cara mengirimkan lamaran pekerjaan dengan baik.

Karena tidak sedikit pencari kerja asal mengirim lamaran sampai lamaran mereka ditolak pihak HRD perusahaan. Sebab di sisi lain, pihak HRD memiliki standar tersendiri dalam menilai kualitas surat lamaran yang dikirim. Demi memastikan lamaran pekerjaanmu dilirik oleh HRD perusahaan, perhatikan beberapa panduan cara melamar kerja lewat gmail berikut :

1. Pakai Akun Email yang Profesional

Profesional di sini maksudnya ialah menggunakan nama akun email sesuai dengan nama lengkapmu, jadi jangan pakai nama akun alay di email untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Karena sudah pasti, pihak HRD perusahaan akan langsung skip surat lamaranmu.

Kamu bisa memisahkan antara akun email untuk keperluan sosial media dengan urusan pekerjaan. Keuntungannya ialah agar pemberitahuan yang muncul tak bercampur bersama notifikasi lain.

Setidaknya memiliki dua akun email khusus untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan bisa memudahkan aktivitas keseharaianmu.

2. Menyiapkan Berkas yang Dibutuhkan Untuk Melamar Pekerjaan Sesuai Format yang Benar

Dokumen atau berkas kerja adalah pendukung untuk melamar pekerjaan agar Kamu lolos kualifikasi yang pertama. Maka dari itu, Kamu harus benar-benar mempersiapkannya dengan baik menyesuaikan ketentuan lowongan pekerjaan itu sendiri.

Beberapa berkas yang harus dipersiapkan dalam cara melamar kerja lewat gmail ialah ijazah, CV atau riwayat hidup, portofolio, transkip nilai, SKCK, KTP dan pas foto.

Guna mempermudah recruiter untuk mengecek dokumen yang diperlukan, berkas atau file di atas sebaiknya dibuat dalam format file yang sama, seperti Pdf. Kamu tinggal melakukan scan dokumen tidak dapat di convert ke dalam pdf, semisal SKCK, ijazah, dan KTP. Sesudah itu, Kamu juga harus memperhatikan ukuran dari tiap-tiap berkas dan pastikan jangan sampai melebihi kapasitas 2 MB.

Jika Kamu tidak memiliki aplikasi scanner, kini Kamu bisa mencoba memakai aplikasi scanner, yang lebih praktis, mudah serta gratis, salah satunya adalah Camscanner. Apabila file yang terlampir ada banyak, maka gabungkan seluruh dokumen tersebut ke dalam satu berkas pdf. Dimana hal tersebut dilakukan supaya tim perekrut tak perlu repot mendownload seluruh berkas milikmu,

Pastikan pula untuk menamai berkas yang dibuat se-profesional mungkin, misalnya Surat Lamaran Kerja Andi, atau lainnya.

3. Isi Subjek Email Berdasarkan Ketentuan

Cara melamar kerja lewat email selanjutnya ialah jangan lupa mengisi subjek email. Sebaiknya jangan menulis subjek email asal-asalan atau dibiarkan kosong. Hal ini dikarenakan subjek email merupakan hal yang dilihat pertama kali oleh tim perekrut.

Untuk menuliskan atau mengisi subjek email tersebut, biasanya di informasi atau berita lowongan kerja perusahaan, pihak recruiter menerapkan ketentuan tentang subjek email kepada pelamar. Kamu cukup mengikuti ketentuannya.

Apabila pihak perusahaan tidak menyertakan ketentuannya, Kamu bisa mengikuti pengisian format standar saja, seperti Lamaran Kerja_Nama Lengkap_Posisi. Sebab subjek adalah tanda pengenal bagi email Kamu. Jika Kamu menulis subjek tersebut dengan tepat, maka emailmu berpeluang besar dibaca oleh pihak perusahaan.

4. Isi Badan Email

Selain itu, pastikan pula untuk mengisi badan email. Banyak pelamar yang telah menyepelekan hal ini. Mungkin inilah alasan kenapa lamaran pekerjaanmu tidak juga membuahkan hasil.

Biasanya bagian badan email diisi oleh surat lamaran kerja atau cover letter itu sendiri. Saat mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email, biasanya cover letter tersebut tidak dilampirkan melain harus ditulis pada badan email.

Pakai bahasa formal juga efektif, Kamu harus memastikan typing dan ejaan, pastikan tanpa kesalahan penulisan.

5. Applay Job di Waktu Kerja

Mengirimkan email memang dapat dilakukan kapan saja. Namun, perhatikan pula etika dalam pengiriman email. Supaya emailmu langsung dibaca recruiter, silahkan kirim di waktu kerja, pada hari Senin sampai Jumat, dari jam 08.00 hingga jam 17.00.

Supaya Kamu tidak mengirimkan email terburu0-buru, Kamu sebaiknya buat draft-nya di malam hari terlebih dahulu. Selanjutnya, di keesokan hari Kamu tinggal mengecek email ulang dan mengirimkannya.

Berdasarkan jam kerja inilah, waktu yang efektif mengirimkan email ialah pada pagi hari di jam 10.00 sampai jam 12.00 maupun pada sore hari di jam 15.00 hingga jam 16.00.

Perhatikan Ini Sebelum Mengirimkan Berkas Lamaran

Sebelum melampirkan berkas lamaran, pastinya Kamu wajib mempersiapkan dokumenmu secara teliti agar tidak terjadi kekeliruan. Sebab tak jarang kita melupakan sesuatu. Jika hal ini terjadi, tentunya bisa berakibat fatal bagi surat lamaran yang Kamu kirimkan. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan kelengkapan berkas lamaran sudah benar dan tidak ada yang terlewat. Dengan memastikan kelengkapan berkas lamaran, tentu saja membuat recruiter atau HRD tak lagi kebingungan melihat berkas lamaranmu.

Pastikan untuk menggabungkan berkas lamaran ke dalam satu rangkap. Pihak perusahaan biasanya tak terlalu menekankan pengiriman dokumen berbentuk fotokopi KTP, ijazah, pas foto dna lainnya. Dokumen atau berkas yang diminta perusahaan biasanya berbentuk surat lamaran atau curiculum vitae.

Pengisian Surat Lamaran Kerja Pada Gmail

Walaupun kita bisa menemukan contoh surat lamaran kerja di internet, namun tetap saja banyak yang masih kebingungan menuliskan surat lamaran tersebut di gmail. Dalam cara melamar kerja lewat gmail, pastikan setidaknya Kamu dapat menjawab beberapa hal. Diantaranya seperti alasan Kamu melamar pekerjaan di posisi tersebut, kesesuaian antara kualifikasi dengan pekerjaan dan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah dalam menuliskan surat lamaran. Kamu harus menuliskan salam pembuka dengan sapaan formal. Selain itu, buat paragraf pertama benar-benar berkesan. Sementara paragraf pertengahan dibuat dengan menuliskan skill atau keahlian yang Kamu miliki menyesuaikan posisi yang Kamu lamar. Paragraf terakhir dibuat dengan cara meyakinkan recruiter atau perusahaan bahwa Kamu benar-benar layak bergabung di perusahaan tersebut.

Demikianlah ulasan tentang tata cara melamar kerja lewat gmail yang bisa Kamu praktekkan saat hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

6 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

7 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago