Cara Menghapus Akun Facebook Permanen

Apakah kamu tahu cara menghapus akun Facebook permanen dengan mudah? Artikel kali ini akan membahas tuntas bagaimana menghapus akun Facebook secara permanen dengan cepat dan mudah.

Apa itu Facebook?

Pertanyaan di atas tentu terdengar sangat klise. Siapakah di muka bumi ini yang tidak tahu apa itu Facebook? Sosial media yang lahir dari ide gila seorang Mark Zuckerberg ini telah merajalela. Berawal hanya menjadi sosial media dalam lingkup kampus, kini Facebook menjadi sosial media yang dimiliki hampir semua orang. Tua, muda, anak kecil pun bahkan sudah tahu cara membuat akun Facebook. Meskipun tak semua dari mereka, tahu cara menghapus akun Facebook miliknya secara permanen.

Tak ada yang menyangka sebelumnya, bahwa sosial media yang satu ini bisa sebesar sekarang. Dahulu, Facebook hanyalah sebuah situs biasa. Dengan fitur berbagi cerita dan perpesanan, Facebook kian diminati masyarakat yang kala itu belum terlalu familiar dengan fitur Chatting. Kemudahan akses dan konsumsi data yang ringan membuat layanan ini digemari di berbagai kalangan. Ditambah lagi, waktu itu tak banyak kompetitor sosial media lain yang bisa membuat pengguna facebook berpindah hati dan menghapus akun Facebook miliknya.

Seiring dengan perkembangan zaman, Facebook mulai meluncurkan berbagai inovasi dan fitur-fitur baru demi memanjakan penggunanya. Mulai adanya fitur game online, grup dan fanpage membuat Facebook menjadi sosial media paling digemari kala itu. Beramai-ramai orang orang mulai membuat akun Facebook, dan menggunakan sosial media ini seolah olah adalah taman bermain baru mereka. Namun, ketenaran Facebook justru menjadi senjata yang berpotensi membuat penggunanya mulai berniat menghapus akun Facebook mereka.

Penyebab Seseorang Menghapus Akun Facebook Permanen

Masalah yang timbul di dalam situs Facebook, lebih banyak disebabkan oleh kelakuan para penggunanya. Merasa mendapat fasilitas dan kebebasan, membuat sebagian orang menggunakan hak tersebut untuk hal buruk. Penipuan, pencurian data, tindak kejahatan cyber hanyalah salah satu dari sekian masalah yang ditimbulkan karena kelalaian para pengguna Facebook. Hal ini tentu membuat beberapa orang tidak nyaman dan berniat mencari cara menghapus akun Facebook permanen.

Beberapa penyebab seseorang menghapus akun Facebooknya adalah :

  • Isu jual beli data. Isu jual beli data dalam situs Facebook sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Bagaimana tidak, situs sosial media ini memang terkesan membuka lebar-lebar data pribadi penggunanya. Kamu bisa memilih untuk tidak memperlihatkan identitas pribadimu, hanya jika kamu menutup profilmu. Apabila tidak, maka orang lain akan dengan mudah mengetahui identitasmu.
  • Banyaknya kasus penipuan. Merasa memiiki hampir seluruh dunia di dalam genggamannya, beberapa orang memanfaatkan jaringan luas ini untuk melakukan aksi penipuan.Ditambah dengan fitur marketplace yang ditambahkan oleh Facebook baru baru ini, banyak orang memanfaatkan kesempatan melakukan penipuan berkedok jual beli. Hal ini menyebabkan banyak orang memutuskan untuk menghapus akun Facebook mereka secara permanen.
  • Akun Facebook diretas. Tindak kejahatan manipulasi data tak hanya dalam tindak jual beli saja, namun sudah merambah hingga tindak peretasan. Tak jarang akun yang diretas dimanfaatkan pula untuk keuntungan pribadi si pelaku. Tak hanya mengambil data identitas, foto dan video pribadi milik korban, tak jarang pelaku menggunakan akun Facebook korban sebagai tameng saat melakukan tindak kejahatan.
  • Hadirnya para kompetitor. Meskipun terdengar begitu berat untuk mengalahkan nama besar Facebook, namun hal ini tetap mungkin. Apalagi, melihat permasalahan yang terus timbul di dalam situs ini, bukan tak mungkin akan ada sosial media lain yang mampu membius para pengguna Facebook untuk menghapus akun mereka secara permanen dan berpindah hati.

Cara Menghapus Akun Facebook Permanen

Cara Menghapus Akun Facebook Permanen

Sebenarnya, cara menghapus akun Facebook permanen sangatlah mudah. Kamu tak perlu risau lagi akan kehilangan data pribadimu. Cara menghapus akun Facebook permanen hampir sama dengan cara menghapus akun Facebook untuk sementara. Hal ini dikarenakan menghapus akun Facebook secara permanen pun membutuhkan akses yang sama seperti menghapus akun Facebook untuk sementara.

Adapun cara menghapus akun Facebook permanen adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam akun Facebook milikmu.
  • Pada pojok kanan atas, klik tanda panah, kemudian klik Pengaturan & Privasi > Pengaturan.
  • Di sebelah kiri, pilih Informasi Akun Anda.
  • Pilih Deaktivasi dan Penghapusan.
  • Klik Hapus Akun , lalu lanjutkan ke Penghapusan Akun.
  • Masukkan password akun Facebookmu, lalu klik Lanjutkan.

Mudah sekali bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menghapus akun Facebook milikmu secara permanen. Tak perlu risau lagi dengan berbagai permasalahan di dalam situs karena dengan ini data pribadimu akan tetap aman dari ancaman kejahatan cyber di sosial media yang satu ini. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah, apa yang akan terjadi setelah kamu menghapus akun Facebook milikmu secara permanen?

Akibat Penghapusan Akun Facebook Permanen

Karena dunia berjalan dalam prinsip sebab akibat, tentu dalam setiap perbuatan, teriring konsekuensi yang akan diterima pelakunya. Semua perbuatan, termasuk ketika kamu menghapus akun Facebook milikmu. Beberapa konsekuensi dan akibat yang akan terjadi setelah akunmu dihapus secara permanen adalah :

  • Profil akan hilang. Setelah kamu menghapus akun Facebookmu secara permanen, maka profilmu akan hilang dari Facebook. Orang tak dapat lagi mencari namamu di kolom pencarian, karena profilmu telah terhapus seiring dengan akun yang kamu hapus permanen. Beberapa orang mungkin akan mengira kamu memblokir mereka, jadi jangan lupa untuk memberikan pemberitahuan.
  • Postingan akan terhapus. Pernah memberikan ucapan selamat ulang tahun di dinding kronologi temanmu? Atau melakukan percakapan melalui fitur perpesanan di Facebook? Catatan tersebut akan menghilang seiring kamu menghapus akun Facebook milikmu secara permanen. Jadi tak perlu risau bila kamu pernah salah kata di beberapa postingan temanmu, hal itu akan hilang setelah kamu melakukan penghapusan akun.
  • Messenger dan aplikasi lain yang berhubungan tak bisa digunakan kembali. Setelah menghapus akun Facebook milikmu secara permanen, tentu kamu tak dapat lagi menggunakan aplikasi Messenger, karena aplikasi tersebut memang aplikasi yang terhubung langsung dengan akun Facebook milikmu. Aplikasi lain yang memerlukan akun Facebookmu sebagai jalan masuk pun akan tak bisa kamu gunakan lagi.

Beberapa Kesalahan Saat Menghapus Akun Facebook

Sebagaimana seorang manusia, yang tak luput dari kelalaian dan kesalahan, wajar bila seseorang melakukan kesalahan saat menghapus akun Facebook miliknya. Kesalahan yang mungkin terjadi adalah :

  • Melakukan uninstall aplikasi. Banyak orang tak tahu bahwa menghapus akun Facebook secara permanen tak cukup hanya dengan melakukan uninstall aplikasi. Uninstall aplikasi hanya membersihkan data aplikasi dari perangkatmu, dan tidak berdampak apa-apa pada akun Facebookmu.
  • Menghapus akun Facebook secara sementara. Akun Facebook memang bisa dihapus untuk sementara. Jadi, bila kamu ingin menghapus akunmu untuk selamanya, berhati hatilah jangan sampai kamu menekan tombol yang salah dan malah menghapus akun Facebookmu hanya untuk semetara.

Demikian artikel mengenai cara menghapus akun Facebook permanen, semoga bermanfaat.

Recent Posts

Cara Menggunakan Lazada Paylater Update Mei 2024

WIGATOS.com | Lazada Paylater adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh platform e-commerce Lazada untuk… Read More

5 days ago

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 weeks ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

3 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

3 weeks ago