Cara Logout Google Account

Meskipun sebenarnya sangat mudah, namun tak sedikit yang masih belum mengetahui cara logout Google Account. Tapi jangan khawatir, karena Kami akan berbagi tutorial cara keluar dari Google Account yang bisa Kamu coba dan ikuti caranya. Google Account dalam hal ini Gmail adalah layanan email dari Google yang sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi yang ada di perangkat android.

Kita tahu bahwa Google Account secara otomatis akan dibuat saat membuat akun Gmail. Ini artinya setiap akun Google Mail akan langsung mempunyai akun Google. Selain itu, Kmau bisa melihat akun Google di website resmi pada akun Google, yaitu di myaccount.google.com.

Adapun fungsi akun Google sebenarnya sangat banyak, salah satunya tentu saja untuk aplikasi android. Maka dari itu, setiap membeli smartphone android untuk pertama kali, saat perangkat android dihidupkan, Kamu akan langsung diminta membuat akun Gmail yang baru. Kamu dapat melakukan cara login Google Account yang sudah ada sebelumnya memakai akun Gmail.

Jika Kamu ingin menghapus dan mengganti Google Account yang baru di android, maka harus melakukan pengaturan atau setting di tablet PC atau ponsel dengan mengakses cara log out Google Account.

Cara Logout Google Account

Keluar dari Akun Google

Cara Keluar Google Account

Ada dua cara logout Google Account di perangkat andoid, kedua cara tersebut memiliki fungsi yang sama hanya memiliki perbedaan pada sisi privasi saja. Cara yang pertama yaitu menghapus akun google tanpa menghapus aplikasi yang terpasang pada android kemudian membuat Kembali Google Account baru. Untuk cara yang kedua dengan cara menghapus total isi data didalam smartphone atau lainnya yang digunakan. Lebih jelasnya, simak panduan di bawah ini!

1. Menghapus Google Account Tanpa Hapus Aplikasi

Cara logout Google Account yang pertama adalah cara yang sangat dianjurkan untuk mengganti dengan akun yang baru, namun sebelum menghapusnya harus membuat Google Account baru sebagai akun utamanya. Caranya cukup mudah yaitu tinggal membuat akun yang baru dengan mengikuti langkah – langkah yang sudah tertera. Tentu saja melalui instruksi pembuatan akun step by step, jika semua langkah sudah diikuti dan sudah memiliki akun baru. Selanjutnya akun lama tinggal dihapus dengan mengikuti petunjuk penghapusan secara permanen yaitu dengan memilih remove account. Setelah itu secara otomatis akun baru akan menggantikan akun lama.

Perlu diketahui jika menghapus akun lama, maka semua data pada akun lama akan terhapus secara permanen mulai dari data kontak yang tersimpan pada penyimpanan google, sampai sinkronisasi google akan hilang.

2. Menghapus Google Account dan Semua Data di Perangkat Android

Cara logout Google Account yang satu ini dianggap sebagai cara paling ekstrim dan tidak direkomendasikan karena memungkinkanmu untuk menghapus seluruh data yang tersimpan pada ponsel android. Cara ini biasanya digunakan bagi mereka yang membeli hp bekas. Semua data pada ponsel tersebut seperti data kontak telpon pada memori internal, berbagai aplikasi yang tersimpan pada hp hingga Google Account akan ikut terhapus juga. Setelah dilakukan penghapusan secara keseluruhan maka hp akan di reset ulang pada setelan pabrik.

Untuk cara yang kedua ini, disarankan harus masuk pada recovery mode pada android. Setelah masuk pada mode tersebut maka langkah selanjutnya pilih wipe data atau factory reset. Caranya dengan menggeser ke bawah pada tampilan layar menggunakan tombol volume. Jika sudah terpilih langkah terakhir dengan menekan tombol power untuk melakukan Tindakan selanjutnya.

Biarkan proses berlanjut sampai selesai karena setelah itu akan secara otomatis melakukan restart sendiri. Ikuti langkah tersebut dengan benar sampai seluruh akun dipastikan hilang pada hp dan seluruh pengaturan Kembali pada setelan pabrik.

Cara Memulihkan Google Account

Setelah mengetahui cara logout Google Account di atas, kini Kami akan membagikan cara memulihkan Google Account. Jika Kamu tidak ingat dengan akun Google yang sudah dibuat sebelumnya, karena lupa kata sandi, maka jangan panik. Selain itu jangan langsung membuat Google Account baru, biasanya satu akun sudah terintegrasi dengan berbagai fitur andalan Google seperti email, foto, dan juga Google Play.

Oleh karena itu lebih baik memulihkan Google Account yang kamu miliki dengan mengikuti langkah – langkah yang akan dijelaskan berikut ini. Akan tetapi pemulihan akun yang dibuat oleh pihak ketiga seperti kantor, sekolah ataau grup lain kemungkinan tidak akan berfungsi karena yang tahu persis adalah administrator pembuat akun.

Berikut langkah – langkah pemulihan Google Account jika lupa kata sandi :

1. Ikuti Instruksi Untuk Memulihkan Akun Google

Silahkan ikuti langkah demi langkah untuk memulihkannya. Disana Kamu akan ditanyai beberapa pertanyaan terkait data yang sudah diisi sebelumnya. Ini bertujuan untuk mengonfirmasi bahwa akun tersebut benar akun milik Kamu. Jawablah dengan sebaik – baiknya sehingga bisa masuk ke langkah selanjutnya. Namun jika Kamu memiliki masalah, maka ada langkah tambahan guna bisa terselesaikan masalah tersebut.

2. Setel Ulang Sandi

Silahkan setel ulang sandi jika diminta oleh system. Pilihlah sandi yang kuat yaitu kombinasi angka dan huruf baik kapital. Pastikan pula memilih sandi yang belum digunakan sama sekali dengan akun yang sedang dipulihkan.

3. Jika Lupa Akun Email

Seandainya yang lupa adalah alamat email, maka Kamu jangan khawatir. Selama nomor ponsel yang sebelumnya dimasukkan dalam pembuatan akun masih aktif. Langkah – langkahnya adalah dengan mengisi nomor ponsel yang sudah disediakan pada pemulihan email Google Account. Kemudian isi nama lengkap di akun Kamu dengan benar. Ikuti langkah berikutnya dengan mengonfirmasi bahwa itu memang benar akun yang Kamu miliki.

4. Pemulihan Akun Google Selesai

Jika langkah – langkah tersebut dilakukan dengan benar, maka Google Account akan Kembali seperti semula dan data – data yang tersimpan sebelumnya bisa dipergunakan Kembali.

Tips Pemulihan Akun Google

Ada beberapa tips yang digunakan untuk membantu pemulihan Google Account yang Kamu miliki, yaitu :

  • Jawab pertanyaan dengan sangat akurat, jika Kamu ragu menjawabnya maka lebih baik pikirkan jawaban terbaik Kamu daripada berpindah ke pertanyaan lain. Namun, jika tetap saja masih ragu, maka Kamu bisa terus menjawab pertanyaan sebanyak yang Kamu bisa.
  • Pergunakan perangkat dan lokasi yang biasa Kamu gunakan seperti menggunakan PC. Jika dirasa lebih nyaman dalam upaya pemulihan Google Account atau gunakan ponsel jika memang paling nyaman dalam pemulihan akun. Kemudian pergunakan browser yang paling nyaman yang sering Kamu pakai seperti menggunakan Google Chrome, Safari, UC browser atau Mozilla. Terakhir akseslah di lokasi tempat Kamu biasanya melakukan log in seperti di rumah atau di kantor. Karena pemulihan ini sangat penting, maka pilihlah lokasi yang paling nyaman menurut Kamu.
  • Perhatikan tulisan Kamu jangan sampai salah satu huruf saja baik huruf besar atau huruf kecil, perhatikan kombinasi huruf dan angka jika dibutuhkan dan jangan sampai salah dalam pengejaan.
  • Usahakan kata sandi yang Kamu masukkan sebelumnya mudah di ingat sehingga bisa memperikaran kata sandi yang tepat untuk memulihkan Google Account sebelumnya yang terhubung langsung ke setiap pertanyaan yang system berikan dengan menjawab pertanyaan sebaik mungkin.

Langkah – langkah di atas dapat membantu pemulihan Google Account yang Kamu miliki, jadi ikuti langkah nya dengan sebaik – baiknya.

Demikian ulasan tentang cara logout Google Account dan cara pemulihan akun Google yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

5 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago