Traveloka

Cara Login Router Tenda

Bagaimana cara login router tenda? Di dunia jaringan khususnya wireless atau Wifi, tentu kita tahu istilah access point. Dimana access point ini adalah alat pemancar sinyal radio untuk dijadikan sebagai media yang menghubungkan berbagai perangkat elektronik. Namun pernahkah Kamu melakukan pengaturan ke perangkat router atau access point?

Tidak sedikit orang beranggapan jika menyetting perangkat jaringan sepenuhnya harus memakai laptop, PC atua komputer, tapi sayangnya anggapan ini kurang tepat. Alasannya karena perangkat jaringan sebenarnya bisa dikonfigurasi atau dikontrol lewat smartphone atau HP. Dengan catatan, HP atau smartphone tersebut telah didukung hardware yang dapat terkoneksi pada jaringan Wifi atau Wireless.

Cara Login Router Tenda

Cara Login Akun Router Tenda

Cara Masuk Router Tenda N301

Salah satu merk router yang dapat digunakan ialah router tenda. Router tenda N301 adalah jenis router untuk akses Wifi dengan mudah. Sebenarnya cara login router Tenda ini tak jauh berbeda dari merk lain, baik itu Totolink, TP-Link dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut panduannya :

1. Memakai Alamat Gateway Access Point Untuk Tenda N301

Dengan memakai alamat IP, tepatnya gateway maka Kamu dapat masuk ke local host router atau access point dengan mudah. Alamat gateway dapat diperoleh di bagian belakang pada router Tenda. Dari sana Kamu akan mendapatkan IP Addressi Tenda N301. Brand Tenda sendiri biasanya mempunyai gateway default yang sama, yakni dengan alamat 192.168.0.1.

Akan tetapi jika IP default-nya sudah diubah sebelumnya, Kamu tinggal mengeceknya di smartphone secara langsung yang terhubung pada router itu sendiri. Adapun caranya ialah, pastikan perangkat Hp atau smartphone telah tersambung pada Wifi tenda N301 itu sendiri yang ingin di setting.

Setelah itu, masuk ke dalam menu Hp atau smartphone. Pilih menu pengaturan, dan masuk ke Wifi, silahkan pilih perangkat Wifi yang dpakai. Setelah itu, akan muncul IP address gateway yang diperoleh pada router tenda. Dimana IP tersebut dapat Kamu gunakan untuk menjadi akses masuk ke dalam local host pada Tenda N301.

Adapun cara memakai alamat gateway ini dengan cara membuka aplikasi web browser di Firefox, Chrome dan lainnya. Selanjutnya ketik alamat IP di 192.168.0.1 pada kolom URL browser.

2. Memakai DNS Tenda Wifi

Cara login router Tenda berikutnya, memakai DNS Tendawifi. DNS dapat dijadikan sebagai alternatif lain apabila perangkat Hpmu tidak dapat masuk ke dalam local host. Apabila kamu lupa dengan alamat gateway atau benar-benat ridak tahu, maka Kamu bisa memakai DNS berupa “tendawifi.com” untuk dijadikan pengganti pada alamat gateway tenda saat mengakses localhost.

Sebenarnya caranya sama seperti Kamu memakai web browser di Chrome maupun yang lainnya. Lalu silahkan ketikkan “tendawifi.com” (tanpa tanda petik) di kolom URL.

Biasanya sesudah masuk ke dalam localhost Kamu perlu menginputkan password yang diisi oleh “admin” (tanpa tanda petik) supaya bisa login ke dalam beberapa menu konfigurasi. Sehingga kamu bisa menyetting Tenda N301 langsung sesuai kebutuhan.

Cara Mengatur Router Tenda N301

Tenda N301 adalah router mini tapi mempunyai banyak kemampuan dan kegunaan yang biasanya sangat diperlukan bagi pencinta Wifi. Belum lagi harganya pas dikantor pelajar dengan kisaran kurang lebih Rp. 120 ribu sampai Rp. 150 ribu. Jika Kamu menggunakan router tenda N301, ada beberapa cara setting router Tenda N301 yang perlu Kamu ketahui berikut!

1. Mengganti SSID dan Password Tenda N301 via Hp

Cara mengganti password dan SSID dapat dilakukan memakai perangkat atau Hp android. Adapun kunci utama melakukan setting Tenda N301 ialah dengan terkoneksi ke Wifi. Kamu hanya tinggal memakai web browser atau mesin pencari dan masukkan default IPnya. Untuk IP default pada router Tenda sendiri ialah 192.168.0.1 dan Kamu pun dapat membuat 1 router dan 2 SSID pada tenda N301.

Untuk melakukan setting password dan SSID Wifi Tenda N301, Kamu dapat mencoba langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan sambungkan smartphone atau Hp Kamu pada jaringan Wifi Tenda tipe N301.
  • Selanjutnya buka web browser baik di browser, Operas, Chrome atau lainnya.
  • Silahkan tulis pada kolom URL IP default pada Tenda dengan IP Address 192.168.0.1.
  • Jika Kamu sebelumnya telah menambahkan password untuk admin, inputkan password tersebut.
  • Setelah itu, pilih bar garis tiga dan masuk ke dalam opsi “Wireless Settings”.
  • Selanjutnya ketuk “enable” jika ingin mengaktifkan Wifi.
  • Ketuk OK lalu tunggu reboot pada router Tenda.
  • Selesai.

Langkah-langkah cara di atas adalah cara yang dapat digunakan untuk mengubah password dan SSID pada Tenda N301 memakai smartphone tanpa PC.

2. Cara Membuat 2 Password dan 2 SSID Pada Tenda N301

Tenda N301 sebenarnya sudah mendukung Multi SSID. Singkatnya yaitu router merk Tenda N301 Kamu dapat membuat 2 nama/SSID serta 2 password Wifi sekaligus pada 1 router. Adapun caranya cukup mudah, sesudah Kamu mengikuti cara-cara di atas selanjutnya tinggal gulir ke bawah lalu setting dengan langkah berikut :

  • Silahkan pilih “enable” untuk mengaktifkan layanan Multi SSID.
  • Jika sudah, buat password dan SSID untuk wifi yang kedua.
  • Selanjutnya tekan “Ok” dan selesai.

Kini Kamu tinggal cek di laptop atau Hpmu, akan langsung muncul 2 password dan SSID Wifi.

3. Setting Tenda N301 Dengan Mode PPPoE via Smartphone atau Hp

Mode PPPoE sendiri sering dipakai mengingat sistem keamanan dan manajemennya membantu kita agar terhindar dari pihak-pihak tak bertanggung jawab atau orang-orang nakal. Adapun cara setting-nya ialah dengan memakai kabel LAN untuk dicolokkan ke eternet WAN dari server PPPoE. Selanjutnya Kamu bisa melakukan setting di Hp. Selain pentingnya cara login router Tenda N301, Kamu juga harus tahu cara setting router Tenda N301 berikut :

  • Pertama-tama, silahkan colokkan atua hubungkan kabel LAN pada server PPPoE menuju port ethernet WAN di router Tenda N301.
  • Hubungkan perangkat smartphone atau HP Kamu ke dalam akses Wifi Tenda N301.
  • Silahkan buka web browser seperti Opera/Browser atau Chrome.
  • Selanjutnya tinggal ketikkan IP default Tenda N301 di 192.168.0.1. Apabila kamu tidak mengetahui IP default-nya, silahkan ketuk Tendawifi.com.
  • Inputkan password admin router Tenda N301.
  • Kemudian tekan garis titik tiga di samping kanan, lalu masuk ke “Internet Settings”.
  • Lalu gulir sedikit ke bawah, inputkan password dan username PPPoE client Kamu.
  • Silahkan tekan “Ok” dan tunggu sampai proses booting selesai.
  • Jika sudah berhasil, Kamu pun sudah dapat mengakses internet.

Cara ini dapat Kamu praktekkan pada router-router milik Tenda lainnya memakai Hp Kamu. Untuk memakai mode router, sebaiknya sambungkan kabel LAN pada ISP (internet) dalam port ethernet WAN. Jika salah menyambungkan kabel, maka router tak akan terkoneksi pada jaringan server pada internet.

Itulah beberapa cara setting dan cara login router Tenda N301 yang dapat Kamu coba untuk bisa mengakses internet menggunakan router Tenda N301 dengan mudah. Bagaimana, menarik bukan?

Ulasan Baru:

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

4 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago