Cara Login ke Akun Google

Cara login ke akun Google sebenarnya cukup mudah dilakukan.Tapi jika Kamu pengguna baru yang kesulitan masuk akun Google karena lupa password, tak perlu khawatir karena kita akan membahasnya dalam artikel ini. Sebenarnya hanya memakai perangkat android saja, Kamu sudah bisa masuk ke dalam situs web tertentu yang membutuhkan akun Google, mulai dari Google Drive, Gmail, dan yang lainnya tanpa harus mengetikkan kata sandi.

Cara Login ke Akun Google

Login ke Akun Google

Cara Masuk ke Akun Google Tanpa Password

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan ialah dengan mengakses link di alamat myaccount.google.com sebagai cara login ke akun Google. Dari sini, Kamu bisa melindungi, mengontrol sekaligus dapat mengamankan akun. Dimana semuanya sudah ada di satu tempat. Link website ini dapat memberikan akses yang cepat ke dalam setingan sekaligus alat yang dapat memungkinkanmu untuk mengamankan data dan menjaga privasi.

Untuk lebih lanjutnya, silahkan ikuti panduan cara login ke akun Google berikut :

  • Sesudah login, dalam opsi “Login&keamanan” silahkan tekan “Login ke akun Google”.
  • Setelah itu, pilih menggunakan ponsel untuk login. Selanjutnya tinggal tekan “Mulai”.
  • Kamu bisa melihat cara kerjanya. tapi di sini Kamu akan menerima perintah dari pihak Google untuk menggunakan smartphone saat ingin login akun Google. Ketuk “Siapkan”.
  • Lalu pilih tipe smartphone yang dipakai. Pastikan kunci pada layar smartphone telah diaktifkan, lalu ketuk “selanjutnya”.
  • Kini Kamu bisa mencoba inputkan email lalu klik lagi “Selanjutnya”.
  • Kemudian Google akan langsung mengirimkan instruksi ke ponsel androidmu, silahkan kunci layar. Ketuk “Ya” kembali.
  • Selanjutnya klik “Aktifkan”.

Dibandingkan harus selalu mengetikan kata sandi setiap Kamu login ke Google, tentu saja lebih baik menggunakan cara login ke akun Google. Dimana Kamu nantinya akan mendapatkan instruksi yang telah dikirimkan pada Smartphone.

Kamu bisa mengkonfirmasi dengan memilih notifikasi/pemberitahuan dari Google, selanjutnya Kamu akan login ke akun Google dengan aman. Tapi apabila tidak sedang berdekatan atau memegang ponsel, tekan “Gunakan Sandi” di layar perangkat untuk login. Di sini Kamu bisa tetap memakai password apabila smartphone tidak dipakai dengan praktis.

Bagaimana Cara Mengatasi Akun Google yang Gagal Login?

Setelah membahas cara login ke akun Google di atas, kini kita akan membahas cara mengatasi akun Google. Mungkin Kamu sering atau sedang mengalami masalah gagal login pada akun Google. Namun sebelumnya, Kamu harus tahu penyebab masalah gagal login akun Google milikmu. Mari kita bahas satu per satu!

Faktor Penyebab Gagal Login Pada Akun Google

Hal yang perlu diketahui saat gagal login ialah faktor penyebab masalah ini terjadi. Padahal Kamu sudah memasukkan data-datanya dengan benar, tapi tetap saja mengalami gagal login. Berikut beberapa penyebab gagal login akun Google :

1. Jaringan Sedang Bermasalah

Apabila Kamu menemukan pemberitahuan gagal login, seperti “Tidak bisa masuk”, kemungkinan besar masalah terjadi dikarenakan jaringan internet yang bermasalah.

2. Penanggalan dan Waktu Tidak Valid

Faktor penyebab yang kedua ialah tanggal dan waktu perangkat yang Kamu gunakan salah, jadi tidak sama seperti tanggal dan waktu yang terdapat di server Google. Biasanya hal tersebut juga membuatmu sulit mengakses internet.

3. Kesalahan Dalam Factory Reset

Apabila Kamu menerima pemberitahuan gagal login seperto adanya masalah komunikasi dengan Google Server dan Kamu diminta mencobanya kembali, maka kemungkinan dair Factory Reset. Sebenarnya banyak pengguna Google yang sering mengalami gagal masuk akun Google sesaat sesudah melakukan proses factory reset di perangkat yang Kamu pakai.

4. Terindikasi Mengalami Spam

Penyebab ini biasanya jarang terjadi, tapi bisa saja Kamu mengalaminya. Pihak Google seringkali menganggapmu melakukan tindakan yang tidak wajar dan mengarah pada masalah spamming. Hal tersebut bisa saja terjadi apabila Kamu memakai akun Google terlalu banyak pada satu perangkat.

Cara Mengatasi Gagal Login Pada Akun Gmail

Apakah Kamu sudah tahu faktor penyebab akun Gmailmu gagal login pada perangkatmu? Jika Kamu sudah tahu, Kamu bisa mencoba solusi berikut ini :

1. Validasi Waktu Pada Perangkat

Supaya waktu penanggalan perangkat benar-benar valid, Kamu harus memakai settingan waktu dan tanggal otomatis serta zona waktu secara otomatis. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka opsi Pengaturan pada smartphone androidmu.
  • Silahkan tekan opsi “tanggal dan waktu”.
  • Selanjutnya aktifkan opsi “Zona Waktu otomatis” dan “Tanggal dan Waktu secara Otomatis”.

Dari sini, Kamu bisa mencoba menambahkan akun Google kembali.

2. Pastikan Jaringan Internetmu Stabil

Apabila tejradi kesalahan login akibat jaringan bermasalah, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini ialah harus memakai jaringan internet yang stabil. Kamu bisa menumpang akses internet Wifi di teman misalnya atau menggunakan hostpot. Selain itu, Kamu juga bisa mengunci jaringan dalam mode tercepat dengan aplikasi bernama 4G Switcher misalnya.

3. Membersihkan Cache dan Data Pada Aplikasi Play Service

Banyaknya cache, cookies dan data yang menumpuk pada Google Play Service, kerap menimbulkan  masalah. Termasuk masalah gagal login saat Kamu menambahkan akun. Maka dari itu, Kamu harus membersihkan data dan cache tersebut terlebih dulu. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka opsi Pengaturan.
  • Silahkan cari lalu buka opsi Pengaturan Aplikasi.
  • Kamu bisa mencari kemudian memilih Google Play Service Apps.
  • Selanjutnya buka “Storage atau Tempat Penyimpanan”.
  • Lalu tap pada “Clear Cache” dan “Clear Data”.

Silahkan tunggu sampai cache dan data aplikasi Play Service benar-benar bersih dan mencoba untuk menambahkan kembali akunnya.

4. Menghapus File Host Sistem

Solusi yang satu ini sebenarnya khusus bagi pengguna android yang telah di-root, apabila perangkatmu belum di roor. Selanjutnya tinggal skip. Adapun cara untuk menghapus data host sistem perangkat android, bisa melakukan cara berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka File Manager.
  • Silahkan cari kemudian akses pada Direktori System.
  • Selanjutnya hapus file bernama Host.

Sesudah menghapus file host, silahkan tambahkan Google Account kembali.

5. Melakukan Reset Factory

Cara terakhir jika Kamu susah login ke akun Google ialah dengan melakukan reset factory sebagai solusi ampuh dalam mengatasi masalah tersebut. Tindakan yang satu ini memang beresiko sebab kamu bisa saja kehilangan data-data di perangkatmu, tapi Kamu dapat mengantisipasinya dengan cara backup data lebih dulu. Adapun untuk factory reset, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama, buka opsi Pengaturan.
  • Gulir layar ke bawah lalu buka opsi “Backup & reset”
  • Selanjutnya tekan “Factory data reset”.
  • Lalu silahkan tunggu sampai selesai reset.

Biasanya factory reset memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga Kamu tinggal menunggu sampai prosesnya selesai, serta perangkatmu kembali hidup. Apabila factory reset telah selesai dilakukan, Kmau tinggal melakukan penambahan akun kembali.

Itulah beberapa cara login ke akun Google dan cara mengatasi gagal login akun Google yang bisa Kamu lakukan. Dengan demikian, Kamu bisa masuk ke akun Google dengan mudah.

 

 

 

 

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 day ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

7 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago