Categories: Google Play Store

Cara Login Google Play Store

Bagaimana cara login Google Play Store? Sebelum kita membahas cara masuk Google Play Store, kita bahas tentang Play Store terlebih dahulu. Google Play Store adalah toko aplikasi dari Google secara resmi yang dikhususkan bagi para pengguna perangkat android. Para pengguna dapat mengunduh berbagai macam aplikasi lewat layanan Play Store.

Sebelum bisa melakukan cara login Google Play Store, Kamu harus membuat akun Google Play Store terlebih dahulu.

Tentang Akun Google Play Store

Akun Google Play Store ini seperti kartu keanggotaan. Jika Kamu ingin mendapatkan layanan langsung dari Google Play Store, Kamu pun harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota dengan cara membuat akun di Google Play Store. Jika sudah mendaftarkan akun Goole Play Store, maka Kamu secara resmi telah menjadi member yang siap menggunakan layanannya. Dengan kata lain, Kamu bisa menemukan aplikasi favoritmu dan mengunduhnya dengan leluasa.

Manfaat Google Play Store

Mengingat Google adalah perusahaan mesin pencari raksasa, tentu saja ada banyak aplikasi yang ditawarkannya. Saat banyak penyedia aplikasi yang menginduk ke Google, maka Kamu pun wajib mengikutinya melalui cara registrasi akun Google Play Store.

Adapun manfaat yang didapatkan sesudah memiliki akun Google Play Store ialah akses aplikasi, dimana Kamu dapat mengunduh aplikasi sesuai OS android di perangkat HP-mu.

Cara Login Google Play Store

Login Google Play Store

Masuk Akun Google Play Store

Jika Kamu ingin mengoperasikan perangkat android-mu dengan benar, Kamu harus tahu cara masuk Google Play Store. Play Store adalah aplikasi inti yang terdapat pada smartphone, karena memiliki peranan penting menyediakan berbagai macam aplikasi yang diperlukan. Kamu bisa mencari berbagai macam aplikasi di Google Play Store guna mempermudah akses ke berbagai aktivitas.

Sebut saja, ada aplikasi mobile banking, financial plan, editing video dan foto serta yang lainnya. Aplikasi yang menyediakan aplikasi penunjang smartphone tentunya telah terintegrasi pada sistem google. Dengan kata lain, jika Kamu ingin mendapatkan aplikasi pendukung lewat Google, maka Kamu juga dapat diarahkan langsung untuk memasang aplikasi lewat Play Store.

Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang bisa Kamu temuka. Namun yang terpenting ialah aplikasi yang ada di Google Play Store adalah aplikasi resmi. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan beberapa aplikasi yang dapat Kamu download dari situs web tertentu secara bebas.

Biasanya Google Play Store sudah tersedia di smartphone baru secara otomatis. Ini artinya, Play Store adalah aplikasi bawaan Smartphone. Platform Google sendiri telah terintegrasi pada sistem smartphone dari awal pembentukannya. Sehingga Kamu cukup menambah beberapa aplikasi lainnya berdasarkan preferensi.

Keberadaan Google Play Store di smartphone sendiri memang sudah tak bisa dipisahkan. Karena keduanya telah terintegrasi pada satu sistem untuk pengoperasiannya. Kebanyakan aplikasi tentu membutuhkan pembaharuan atau update sistem. Sementara aplikasi yang membutuhkan pembaharuan sistem, umumnya sudah dikategorikan sendiri lewat Google Play Store. Kamu tinggal melakukan pengecekan dengan cara berkala.

Cara Membuat Akun Play Store

Sebelum membahas cara login Google Play Store, tentu saja Kamu harus sudah memiliki akun Play Store terlebih dahulu. Akun Play Sore sendiri dengan mempersiapkan akun Gmail. Untuk membuat akun Gmail agar dapat mengakses Play Store, ada beberapa langkah cara yang bisa dilakukan berikut :

  • Sesudah Kamu membuka Google Play Store Apps di Hpmu, biasanya Kamu akan diminta untuk menambahkan akun Gmail atau Google Mail.
  • Silahkan tekan “Baru” jika ingin masuk menggunakan alamat Google Mail yang baru.
  • Selanjutnya Kamu akan melihat form berisi kelengkapan data diri di Google Mail. Silahkan isi data diri tersebut dengan lengkap.
  • Selanjutnya pastikan nama akun Google Mail Kamu berbeda dari nama akun Gmail lainnya yang telah ada.
  • Pastikan kerahasiaan password tetap terjaga untuk login Gmail.
  • Setelah itu, Kamu akan diminta memilih “Siapkan Akun Pemulihan”. Skip pilihan tersebut jika perlu.
  • Lalu Kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan untuk pencadangan akun serta pemulihan akun Google Mail.
  • Di sini Kamu akan diminta menekan tombol bertuliskan “Setuju” jika menyetujui persyaratan serta kebijakan privasi yang diberikan Google.
  • Silahkan tekan kode chaptcha yang muncul untuk autentifikasi, lalu tekan ikon panah kanan.
  • Kamu bisa melewati info tentang pembayaran dengan cara memilih opsi.
  • Akun Play Store pun sudah sukses dibuat.

Cara Masuk ke Google Play Store Mudah

Untuk cara login Google Play Store sendiri, ada beberapa tahapan cara yang bisa Kamu lakukan :

  • Setelah Kamu mempunyai akun Gmail dengan cara membuat akun Google Play Store di atas, silahkan aktifkan sambungan menuju akun Gmail ke Google Play Store. Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi di sistem pengaturan.
  • Silahkan buka Google Play Store di perangkat smartphone Kamu.
  • Aplikasi Play Store membawamu kepada pilihan untuk sign up (untuk akun baru) atau login jika sudah mendaftar.
  • Kamu bisa memilih login untuk masuk, karena Kamu sudah menyingkronisasi atau menyambungkan akun Google milikmu di pengaturan.
  • Maka secara otomatis, Kamu pun sudah bisa menggunakan akun Play Store.
  • Kamu tinggal ketikkan nama aplikasi favorit yang Kamu butuhan untuk di download lalu dipasang di perangkat smartphone milikmu di kolom pencarian.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Google Play Store

Jika Kamu kebingungan tak bisa login Google Play Store seperti karena “No Connection, atau “Connection Time Out” maupun “Check your Connection”. Bagaimana jika error tersebut muncul padahal jaringan internet di smartphone-mu stabil? Misalnya Kamu masih tetap bisa downloadbrowsing atau menonton Youtube misalnya.

Tenang saja, untuk mengatasi masalah tidak bisa login Play Store, ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan berikut :

1. Connect Lewat Wifi – Restart

Silahkan buka Google Play Store lewat koneksi Wifi, apabila Kamu bisa melakukan connect Play Store sumber masalahnya bisa jadi pada operator seluler. Kamu bisa melakukan restart Hp-mu karena umumnya masalah aplikasi di perangkat android bisa diperbaiki dengan hanya melakukan restart saja atau bisa cabut baterai HP.

2. Pengaturan Jam dan Tanggal

Waktu yang kurang sesuai bisa membuat server Google PlayStore akan menolak terkoneksi pada perangkat android. Maka dari itu, Kamu harus memastikan tanggal, jam, time zone pada HP sudah benar.

Ubah pengaturan tanggal dengan mengakses menu settings, kemudian masuk ke system lalu pilih date & time. Setelah itu, ubah dengan cara manual atau dapat memanfaatkan settingan secara otomatis yang telah diberikan operator seluler.

3. Menghapus Data Pada Aplikasi Google Play Store

Kamu juga bisa memberbaiki error yang terjadi saat tidak bisa login Google Play Store, yaitu dengan menghapus data cache. Kamu juga bisa menguninstall update di aplikasi Play Store.

Caranya tinggal masuk ke opsi Settings, pilih Apps dan pilihAll. Kemudian cari pada daftar yang tersedia lewat nama Google Play Store Service dan Google Play Store. Silahkan tekan “Delete Cache” kemudian “Delete Data” pada kedua aplikasi ini.

Demikianlah ulasan cara login Google Play Store dan cara mengatasi tidak bisa login akun Google Play Store. Semoga bermanfaat!

Baru Diulas:

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

18 hours ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

5 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

5 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

6 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago