Cara Login Google

Bagi Kalian yang baru saja menggunakan layanan Google Account, tentu masih kebingungan tentang cara login Google Account, baik di PC maupun smartphone. Seperti kita ketahui, akun Google memiliki peranan penting bagi perangkat android. Karena hampir seluruh akses aplikasi android memanfaatkan akun Google. Terlebih saat kita ingin menggunaan aplikasi WhatsApp, Facebook dan lainnya.

Sebenarnya cara login Google Account sendiri sangat mudah. Hal ini dikarenakan tampilannya yang memang mudah dipahami, sehingga membuat para pengguna bisa mengikuti petunjuknya dengan mudah. Jadi dijamin semua pengguna Google Account langsung bisa login ke akun Google. Namun di sini kita akan mencoba masuk ke Goole Account tanpa password.

Cara Login Google

Cara Login Akun Google

Login Google Account Tanpa Password

Sebenarnya cara login Google Account tanpa password bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone. Nah, smartphone inilah yang menjadi alat autentikasinya. Kamu hanya perlu mengkofirmasi melalui notifikasi yang muncul di perangkat smartphone, ketika ingin login dari perangkat PC.

Hal tersebut dikarenakan berdasarkan perwakilan dari Google sendiri, password digunakan sekarang ini sudah tidak lagi relevan untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data penggunanya. Hal ini dikarenakan, tak sedikit pengguna yang cenderung memakai password Google yang mudah ditebak.

Masuk ke Akun Google Tanpa Password Mudah

Cara login Google Account tanpa password yang pertama ialah dengan melakukan login ke akun Google terlebih dahulu, melalui link myaccount.google.com. Selanjutnya Kamu bisa mengontrol, mengamankan dan melindngi akun, semuanya ada di satu tempat. Website tersebut memberikan akses yang cepat ke setingan dan tools yang bisa memungkinkan Kamu untuk melindungi privasi dan mengamankan data.

Berikut panduan cara login Google Account tanpa password :

  • Jika sudah login, dalam opsi “Login dan Keamanan”, silahkan pilih tap “Login ke Google”.
  • Kemudian cari “Coba gunakan Hp untuk masuk”, selanjutnya klik “Mulai”.
  • Dari sini Kamu akan melihat cara kerjanya. Alih-alih harus mengetikkan password ketika login, Kamu justru menerima perintah langsung dari pihak Google di perangkat smartphone. Tekan “Siapkan”.
  • Selanjutnya pilih smartphone yang digunakan. Namun terlebih dahulu, Kamu harus memastikan sudah mengaktifkan kunci layarnya. Silahkan tekan “Selanjutnya”.
  • Kini Kamu bisa langsung mencobanya, silahkan inputkan email dan ketuk “Selanjutnya”.
  • Setelah itu, Google langsung mengirimkan instruksi ke perangkat androidmu, silahkan kunci layar dengan menekan “Ya”.
  • Lalu tekan “Aktifkan”.
  • Selesai.

Metode Login Akun Google Tanpa Password Tidak Terhubung Kartu SIM

Adapun alasan utama proses otentikasi login akun Google ini ialah guna mempermudah proses lewat perangkat smartphone yang sering dibawa. Cara login Google ini juga tidak terhubung pada kartu SIM, tetapi langsung di perangkat smartphone milikmu. Sehingga, Kamu harus melakukan notifikasi di Google ketika berganti perangkat smartphone serta melakukan otentikasi di perangkat baru.

Lalu, bagaimana jika perangkat smartphone dicuri orang atau hilang?

Ketika Kamu kehilangan Hpmu, maka pastikan meninggalkan Hp dengan layar terkunci. Hal ini dikarenakan orang lain yang menemukannya dapat mengakses akunmu lewat ponsel tersebut.  Jika hal tersebut terjad, pakai  aplikasi device manager misalnya untuk menemukan keberadaan ponsel. Selain itu, kunci sistem supaya tidak bisa dipakai atau Kamu bisa menghentikan registrasi semua layanan pada ponsel.

Tidak Pakai HP Juga Tetap Bisa Login Tanpa Password

Bagaimana login akun Google jika tidak memiliki ponsel? Jika tidak memiliki HP atau baterai habis sebenarnya tidak masalah untuk mengikuti cara login Google tanpa password. Silahkan masuk ke web Google.com di desktop, kemudian sign in lalu pilih opsi pemakaian password.

Dalam pengaturan keamanan, Kamu dapat menonaktifkan layanan “use your phone to sign in”. Cara ini dapat membuat tutorial sign in menjadi lebih cepat dan mudah tanpa mengetikkan password serta menjaga akunmu tetap aman.

Cara login Google menggunaka metode baru tersebut diketahui bisa berguna dengan baik bagi para pengguna iOS dan android. Akan tetapi, belum ada kejelasan kapan fitur menarik ini resmi dirilis ke publik.

Jika berbicara mengenai fitur-ftur menarik, memang Google ahlinya. Namun tahukah Kamu, Google mempunyai rangkaian aplikasi dengan produktivitas yang berkelas profesional untuk membantumu bekerja lebih efisien dan efektif menggunakan Google Apps for Work.

Melalui teknologi penyimpanan cloud pada akun Google, memungkinkan Kamu dapat bekerja dimana saja memakai berbagai macam perangkat.

Itulah langkah cara login Google tanpa menggunakan password. Daripada Kamu harus mengetik password setiap kali masuk ke akun Google, maka Kamu bisa langsung mendapatkan instruksi yang dikirimkan via smartphone.

Silahakn tap pemberitahuan dari Google jika ingin mengonfirmasi, selanjutnya Kamu akan masuk dengan aman dan cepat. Jika tidak sedang menggenggam HP,  silahkan pilih opsi “Gunakan Sandi” di layar ponsel untuk login.

Melakukan Logout Akun Google

Selain mengetahui cara login Google, Kamu juga harus mengetahui cara logout akun Google. Berikut panduan lengkap cara keluar dari Google :

1. Cara Keluar Akun Google di Hp

Sebenarnyaa jika keluar dari akun Google di Hp tentu saja akun Google-mu tidak akan terhapus selamanya. Walaupun pada layar terdapat tulisan “Hapus Akun”, namun akunmu tetap tidak hilang, melainkan hanya dikeluarkan dari Hp tersebut. Kamu masih tetap bisa masuk lagi kapanpun selagi Kamu mengingat alamat akun emailmu beserta password-nya.

  • Setiap ponsel android tentunya mempunyai aplikasi Gmail, Kamu bisa mencarinya. Silahkan buka aplikasi Google Mail di Hpmu.
  • Jika sudah masuk ke kotak masuk atau inbox di Gmail, ketuk opsi tiga garis di samping kiri atas.
  • Apabila Hp Kamu memakai layanan bahasa Indonesia, silahkan cari opsi “Setelan”.
  • Jika sudah memilih langkah di atas, selanjutnya Kamu akan masuk pada halaman yang memperlihatkan akun emailmu. Di halaman tersebut, ketuk opsi tiga titik pada samping kanan atas di layar, dan tekan “Kelola Akun”.
  • Mengingat Kamu di sini akan keluar dari akun Google, Kamu tinggal pilih “Google”.
  • Selanjutnya ketuk alamat akun email yang akan dikelluarkan.
  • Di langkah selanjutnya, biasanya posisi ikon tiga titik akan berbeda untuk tiap ponsel. Namun prosesnya sebenarnya masih sama. Sesudah memilih opsi “Hapus Akun”, maka akan muncul konformasi pertanyaan apakah Kamu yakin akan logout akun. Kamu bisa memilih opsi “Hapus Akun”.

2. Cara Keluar Akun Google di PC/Laptop

Jika Kamu ingin keluar akun Google di PC atau laptop, ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan berikut ini :

  • Pertama-tama buka gmail.com.
  • Ketuk ikon profil di samping kanan atas.
  • Ketuk tombol “sign out” atau keluar.
  • Pilih “Hapus Akun”
  • Lalu pilih akun email yang ingin dihapus di web browser, supaya tidak yang login.
  • Tekan “Ya, hapus”.
  • Selanjutnya hapus password yang telah tersimpan di browser. Silahkan masuk ke Settings kemudian pilih “Sandi” lalu tekan “cari akun Google” dan ketuk ikon titik tiga di samping akun, kemudian hapus.

Demikian ulasan tentang cara login Google tanpa menggunakan password berikut cara logout akun Google. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 day ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

7 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago