Cara Log Out Google Account

Bagaimana cara log out Google Account? Akun Google memang sering dimanfaatkan untuk bisa mengunduh dan mengakses aplikasi-aplikasi yang tersedia di Play Store. Terkadang kita membuka Gmaila atau akun Google untuk mengecek ada pesan masuk lewat email ataukah tidak terkait pekerjaan. Mungkin bukan masalah jika membukanya di perangkat smartphone sendiri, namun bagaimana jika membukanya di HP orang?

Kamu tentu tidak ingin jika ada pihak lain yang dapat mengakses akun Google-mu dengan leluasa. Apalagi jika akun Google berisi data-data penting, seperti data rekening bank, KTP atau yang lainnya. Jika hal ini terjadi, tentu cara log out Google Account penting untuk dilakukan.

Tapi jika Kamu terlanjur menggunakan perangkat orang lain untuk mengakses akun Google-mu atau mungkin Kamu jual Hp tapi lupa menghapus data-data akun Gmail. Kini tak perlu khawatir, karena Kamu tetap bisa log out Google Account dari jarak jauh.

Pentingnya Logout Akun Google dari Perangkat Lain

Sebenarnya sangat penting untuk keluar akun Google terlebih dahulu dari perangkat lain, saat Kamu pernah mengakses akunmu menggunakan perangkat orang apalagi komputer umum. Ini dia alasannya :

1. Mengamankan Akun Google

Kamu harus tahu bahwa penting sekali untuk mengeluarkan Google Account yang pernah diakses di perangkat lain. Hal ini dikarenakan agar akun Gmailmu lebih aman. Adapun maksudnya ialah agar akun Gmail tidak dibajak orang lain yang tak bertanggung jawab. Karena siapa tahu saja, orang yang memiliki perangkat yang pernah Kamu akses untuk membuka Gmail-mu iseng membaca-baca pesan.

Orang tersebut bisa saja mengirimkan pesan berisi spam pada orang lain yang mengatasnamakan amamu sendiri. Oleh karena itu, Kamu harus tetap waspada dan pastikan untuk mengamankan akun Gmailmu dengan mengeluarkan akunmu di perangkat lain.

2. Mencegah Orang Lain Mengakses Akun Sosmed-Mu

Adapun alasan kenapa cara log out Google Account penting silakukan ialah agar orang lain yang mengakses Gmailmu tidak mengetahui kata sandi akun sosmed-mu. Kamu harus tahu bahwa history password yang tersedia di Gmail bisa memudahkan orang untuk bisa mengetahui password untuk masuk ke akun Facebook atau IG.

Sehingga tidak menutup kemungkinan orang yang mempunyai perangkat atau sedang memegang perangkat yang Kamu pakai untuk log in Gmailmu dengan bebas. Misalnya saja dengan mencari tahu password akun sosmedmu di history password lewat Gmail. Selain itu, ia bisa saja meretas akun Facebook atau Instagram milikmu dengan mudah.

3. Agar Inbox dan Pesan Keluar Gmail Tidak Dihapus

Alasna penting untuk log out dari akun Gmail selanjutnya ialah untuk menghindari agar inbox dan pesan keluar email dihapus orang tak bertanggung jawab.

Tentu saja di Gmail-mu ada beberapa email penting, baik email keluar atau email masuk. Kamu tentu saja tidak ingin kan jika email penting tersebut dihapus?

Jika Gmail milikmu masih terpaut atau disimpan di perangkat lain, tentu saja bisa jadi orang yang menggunaka perangkat tersebut akan menghapusnya secara sengaja.

4. Mencegah Pencurian Data

Faktor terpenting yang mengharuskanmu untuk logout ke Google Mail ialah untuk mencegah pencurian data terjadi. Pencurian data tersebut dapat berbentuk email, kontak, unduhan, akun terkait dan lainnya.

Dimana data-data di atas biasanya terhubung pada akun Gmail-mu. Sehingga bisa jadi orang yang sedang memegang perangkat mencuri semua data-datamu, hal ini dikarenakan perangkat yang digunakan masih tersimpan data Gmailmu.

Dengan alasan-alasan di atas tentu saja penting sekali untuk melakukan cara log out Google Account saat menggunakan perangkat lain.

Cara Log Out Google Account

Cara Keluar Google Account

Cara Mengeluarkan Google Account di Android

Jika Kamu memakai perangkat android, maka Kamu dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini agar akun Gmailmu bisa dikeluarkan secara remote. Simak panduannya berikut :

1. Buka Browser di Perangkat Android

Pertama-tama, silahkan buka browser di perangkat androidmu, lalu kunjungi “My Account Google” kemudian tap “Sign In” di samping kanan atas.

2. Use Another Account

Jika sudah, silahkan tap “Use Another Account” dan inputkan alamat Gmail-mu. Setelah itu, tap “Next” untuk melanjutkan proses.

3. Masukan Password Gmail

Langkah selanjutnya, inputkan password akun Google-mu dengan tepat. Setelahnya, tap “Next” lalu tap lagi pada “Sign in & Security”.

4. Review Device

Cara log out Google Account selanjutnya silahkan scroll halaman sampai Kamu menemukan opsi “Recent Used Devices”. Setelah itu, tap pada pilihan “Review Devices”. Lalu akan muncul seuruh perangkat yang tersambung dengan akun Google Mailmu. Untuk mengeluarkannya silahkan pilih perangkat tersebut.

5. Tap Remove

Selanjutnya tap “Remove”, selanjutnya akan muncul tampilan pop up untuk konfirmasi. Silahkan langsung tap “Remove”.

6. Close

Dari sini, Kamu sudah berhasil mengeluarkan akun Gmail-mu di perangkat lain. Orang lain pun tidak akan dapat mengakses akun Gmail-mu kembali. Setelah itu, tap “Close” kemudian hapus lagi perangkat lain yang tak diinginkan.

Cara Mengeluarkan Google Account di iPhone

Bagi yang memakai perangkat iPhone, maka caranya tak jauh berbeda dari android. Namun jika belum mengetahui caranya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah cara log out Google Account berikut :

1. Kunjungi “My Account Google”

Silahkan buka browser di perangkat androidmu, lalu kunjungi “My Account Google”. Apabila Kamu belum login memakai akun Google, pastikan untuk login terlebih dahulu. Jika sudah, tinggal tap “Security” di bagian atas dan silahkan tap “Security Issues Found” cara dengan memilih opsi “Secure Account”.

2. Pilih Remove

Jika sudah, akan muncul perangkat-perangkat yang sudah pernah terhubun akun Google0mu. Misalnya, disini Kamu memilih “iPhone” dan selanjutnya klik perangkatnya lalu tekan “Remove”.

3. Pilih Access Removed

Setelah itu, akan muncul pop up atau kotak konfirmasi, Kamu tinggal pilih “Remove”. Setelah berhasil, akan muncul pemberitahuan “Access Removed”. Silahkan tap “Close”.

Cara Mengeluarkan Google Account di PC

Bagi yang memakai perangkat laptop atau PC, sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dari cara log out Google Account di iPhone dan Android. Kamu dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini jika ingin mengeluarkan Gmail-mu dari perangkat lain secara remote memakai PC.

1. Kunjungi “My Account Google”

Langkah pertama, silahkan buka browser di laptop atau PC-mu lalu kunjungi “My Account Google”.

2. Sign In Account

Selanjutnya ketuk “Sign In” jika ingin login menggunakan akun Gmailmu.

3. Pilih Email yang Akan Dikeluarkan

Setelah itu, ketuk “Next” dan selanjutnya pilih akun email yang akan dikeluarkan pada perangkat lain. Selanjutnya inputkan password Gmail. Setelah itu, tekan “Next”.

4. Pilih Security Issues Found

Lagkah berikutnya pilih “Security Issues Found” memakai menu “Secure Account”.

5. Pilih Your Device

Setelah itu, tinggal pilih opsi “Your Devices” jika ingin melihat mana saja perangkat yang masih terhubung pada Gmail milikmu.

6. Pilih Perangkat dan Tekan Remove

Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan perangkat yang terhubung pada Gmailu. Misalnya Kamu memilih perangkat “Windows”, selanjutnya tinggal kllik saja “Remove” jika ingin log out Gmail dari device tersebut.

Jika sudah berhasil, akan muncul pemberitahuan di layar bagian bawah bertuliskan “Removing Device”.

Nah, itulah beberapa panduan cara log out Google Account by remote yang bisa Kamu lakukan dengan langkah-langkah mudah melalui perangkat PC, android, maupun iPhone. Semoga bermanfaat!

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 day ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

7 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago