Cara Kredit Motor di Pegadaian

Motor banyak dipilih karena menawarkan alat transportasi paling efisien dan tercepat karena terbebas dar yang namanya macet. Meskipun harga jual motor bisa dikatakan cukup mahal, tapi tak menutup kemungkinan banyak orang tertarik memilikinya. Bahkan ada yang rela mengambil pembiayaan sepeda motor dengan cara kredit. Salah satunya ialah cara kredit motor di Pegadaian.

Sekarang ini memang ada banyak perusahaan atau lembaga pembiayaan untuk kredit motor, inilah yang membuat banyak orang untuk mendapatkan motor dengan mudah. Salah satu lembaga kredit motor terpercaya adalah Pegadaian. Jika selama ini Pegadaian hanya dikenal sebagai perusahaan BUMN yang melayani jasa gadai, kini Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membeli motor secara kredit.

Jika Kamu tertarik membeli motor secara kredit di Pegadaian, Kamu dapat mencoba layanan Pegadaian Amanah sebagai produk pinjaman syariah khusus untuk layanan pembelian motor, baik bagi pengusaha micro, profesional dan karyawan.

Alasan Memilih Kredit Motor di Pegadaian

Jika dibandingkan dengan kredit motor lewat leasing, seperti FIF, WOM, Adira atau lainnya, sebearnya kredit motor dengan Pegadaian Amanah sangat disarankan. Sebab Kamu akan memperoleh banyak keuntungan melalui banyaknya keunggulan Pegadaian Amanah :

  • Prosedur pengajuan cicilan motor lewat Pegadaian dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
  • Pegadaian menyediakan jangka waktu kredit mulai dari cicilan 12 bulan sampai60 bulan.
  • DP yang diperlukan untuk cicilan motor melalui Pegadaian Amanah biasanya sangat murah, hanya sekitar 10% dari total kendaraan.
  • Memakai prinsip syariah berdasarkan ajaran Islam, karenanya proses cicilan lebih adil serta amanah.
  • Angsuran tetap dan biaya administrasi terjangkau.
  • Program Pegadaian Amanah sudah tersedia di seluruh kantor unit Pegadaian.

Bunga Kredit Kendaraan Bermotor di Pegadaian

Uang muka atau DP yang diperlukan dalam proses kredit motor melalui Pegadaian senilai 10% dari total harga motor. Akan tetapi, jika Kamu membayar DP lebih tinggi dari 10%, nominal cicilan angsuran per bulannya menjadi lebih kecil.

Di samping itu, cicilan motor melalui Pegadaian memungkinkan pemohon dapat memilih tenor angsuran mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan sampai 36 kali cicilan per bulan. Dimana semakin Kamu memilih tenor cicilan, maka akan semakin rendah pula biaya cicilan perbulannya.

Sementara untuk DP serta tenor cicilan, alangkah baiknya menyesuaikan budget yang Kamu miliki. Jadi jangan sampai memaksakan dirimu untuk mengambil uang muka dan tenor cicilan yang besar, sebab bisa berakibat fatal untuk kondisi keuangan di masa mendatang.

Pegadaian Syariah juga tidak menetapkan bunga. Namun sebagai gantinya, para nasabah cukup melakukan pembayaran biaya untuk pemeliharaan barang atau mu’nah dengan nilai 0,9% dari harga kendaraan. Selain itu, biaya tersebut akan dibayarkan setiap bulan selama waktu angsuran kendaraan berlangsung.

Cara Kredit Motor di Pegadaian

Tahapan Cara Beli Motor Kredit di Pegadaian Syariah

Syarat Kredit Motor di Pegadaian Syariah

Adapun alasna kenapa kredit motor melalui Pegadaian Syariah adalah dikarenakan memakai prinsip syariah. JIka Kamu beragama Islam, alangkah baiknya memilih cara kredit motor di Pegadaian Syariah agar terhindar dari Riba.

Selain itu, persyaratan cicilan motor di Pegadaian juga tidak ribet dan mudah. Adapun syaratnya ialah sebagai berikut :

  • Pemohon adalah pegawai tetap yang minimal masa kerjanya selama 2 tahun. Dimana persyaratan tersebut berlaku untuk pegawai tetap, baik di pemerintah swasta atau pemerintah.
  • Menyediakan fotokopi KTP pasangan (Suami/Istri).
  • Melampirkan fotokopi KK.
  • Menyertakan slip gaji selama 2 bulan terakhir.
  • Melengkapi fotokopi SK pengangkatan karyawan tetap atua pegawai.
  • Mengisi sekaligus menandatangani formulir pengajuan aplikasi kredit di Amanah Pegadaian.
  • Melakukan pembayaran DP yang sudah disepakati dengan minimal jumlah DP 10% dari nilai kendaraan.
  • Pemohon harus menandatangani kesepakatan kredit Amanah.

Tahapan Cara Pengajuan Kredit Motor di Pegadaian

Bisa disimpulkan bahwa persyaratan kredit motor di lembaga Pegadaian berbeda dari kredit motor perusahaan leasing. Karena pemohon harus menandatangani kesepakatan perjanjian kredit Amanah sebagai syarat wajib kredit motor syariah. Jika sudah mengetahui syarat cara kredit motor di Pegadiaan, Kamu tingal melakukan tahapan pengajuan kredit motor melalui Pegadaian Syariah diantaranya :

1. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Cara kredit motor di Pegadaian Syariah pertama yang harus diperhatikan ialah dengan cara melengkapi persyaratan dan dokumen guna memperlancar pengajuan pembelian motor secara kredit. Adapun dokumen yang harus Kamu lengkapi ialah fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP dan dokumen-dokumen lainnya.

Selain itu, untuk karyawan swasta wajib melampirkan surat rekomendasi atasan. Tujuannya sebagai bukti jika calon penerima kredit adalah bekerja sebagai pegawai perusahaan tersebut.

2. Pegawai Tetap

Syarat cara kredit motor di Pegadaian yaitu pemohon adalah karyawan tetap atau telah bekerja di sebuah perusahaan atau instansi minimal selama 2 tahun. Ini tetnu saja bisa menjadi pertimbangan Pegadaian terkait kesanggupan membayar cicilan ke depannya.

3. Usia Pemohon Minimal 21 Tahun

Jika ingin menjadi nasabah kredit motor di lembaga Pegadaian, biasanya menetapkan persyaratan usia minima. Minimal harus berusia 21 tahun, usia tersebut bisa dikatakan sudah matang untuk mengajukan kredit.  Adapun maksimal usia dari pengkredit ialah 70 tahun, ini artinya saat pemohon memasukiusia tersebut sudah menyelesaikan angsuran motor.

4. Mempunyai Tempat Tinggal

Cara kredit motor di Pegadaian Syariah lainnya ialah pemohon wajib harus mempunyai tempat tinggal jelas sebagai persyaratan mengajukan kredit sepeda motor. Tujuannya ialah untuk memudahkan pihak perusahaan untuk memproses pengajuan kredit sekaligus untuk mengantisipasi jika pemohon mengalami macet atau memiliki kendala membayar cicilan bulanan.

5. Melakukan Pengisian Formulir

Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, Kamu tinggal mengisi formulir aplikasi pengajuan yang tersedia di Pegadaian. Adapun tujuan formulir tersebut ialah sebagai bukti jika Kamu benar-benar merasa yakin mengajukan cicilan motor sekaligus sudah terdaftar sebagai pemohon.

Melalui formulir pendaftaran tersebut, sangat memudahkan pengajuan cicilan dan waktu pencairan untuk kredit motor lebih cepat.

Kesalahan Saat Membeli Motor Secara Kredit

Sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya sebelum melakukan cara kredit motor di Pegadaian Syariah, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika membeli motor secara kredit :

1. Tidak Memperhitungkan Kondisi Finansial

Sebelum memutuskan mengambil cicilan motor, Kamu harus mengetahui kondisi finansialmu guna menghindari beberapa hal yang tak diinginkan. Umumnya, agar dapat mengitung keuangan atau kemampuan finansial sendiri memerlukan 3 hal paling dasar diantaranya logika, perencanaan keuangan dan seni. Merencanakan keuangan membutuhkan logika supaya bisa direalisasikan.

Sementara, seni dibutuhkan untuk pembuatan rencana keuangan. Ini artinya rencana keuangan setiap orang tentu akan berbeda antara satu dengan yang lain.

2. Tanpa Asuransi Kendaraan

Kessalahan berikutnya ialah tidak memakai asuransi. Tidak sedikit orang beranggapan jika produk asuransi kendaraan bermotor adalah biaya tambahan yang dianggap tidak perlu serta hanya menambah pengeluaran. Anggapan ini tentu saja keliru.

Ketika Kamu menambahkan asuransi, memang biaya cicilannya menjadi lebih tinggi dibandingkan tidak memakainya. Namun jika Kamu mengansuransikan motor dapat memberikan keuntungan tersendiri. Karena Kamu menjadi lebih nyaman dan aman saat terjadi hal-hal yang tidak Kamu inginkan. Baik itu kecelakaan maupun kehilangan motor.

3. Jangka Waktu Cicilan Terlalu Panjang

Tenor atau jangka waktu cicilan yang panjang bisa membuat biaya kredit memang semakin ringan. Walaupun tak terasa memberatkan, namun mengambil kredit jangka panjang sebenarnya bisa merugikan. Di lain hal, metode ini juga membuatmu harus membayar pembelian motor lebih mahal.

Itulah cara kredit motor di Pegadaian Syariah yang bisa Kamu ikuti dan beberapa kesalahan yang harus dihindari saat mengkredit motor. Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Cara Menggunakan Lazada Paylater Update Mei 2024

WIGATOS.com | Lazada Paylater adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh platform e-commerce Lazada untuk… Read More

3 days ago

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 weeks ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

3 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

3 weeks ago