Cara Jualan di Facebook

Usaha online sekarang ini memang sudah semakin menjamur, bahkan banyak digemari masyarakat. Bahkan berbelanja online kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Inilah yang membuat sebagian orang tertarik untuk berjualan secara online. Salah satunya cara jualan di Facebook. Karena selain digunakan sebagai media sosial, Facebook juga bisa dimanfaatkan sebagai lapak berjualan online.

Peluang Berjualan Online di Facebook

Fungsi media sosial sejatinya memang tidka terbatas. Media sosial bahkan telah sukses memberikan nilai positif yang cukup banyak bagi masyarakat. Seperti berkenalan dan menjalin komunikasi dengan orang yang baru, dapat bergabung bersama komunitas pencinta hobi yang sama, mendapatkan informasi menarik, bahkan bisa memasarkan produk secara online.

Media sosial Facebook memang termasuk media paling tepat dalam melakukan berbagai aktivita syang sudah disebutkan di atas. Melalui Facebook, Kamu dapat berinteraksi bersama banyak orang, dapat bergabung ke dalam komunitas tertentu, bisa mendapatkan pekerjaan dengan bergabung ke komunita spencari kerja, menyimak informasi terkini hingga dapat berjualan online. Inilah yang membuat Facebook digadang-gadang sebagai rajanya platform media sosial.

Bahkan ketenaran Facebook sendiri sudah tidak perlu diragukan kembali. Dengan jumlah pengguna FB yang semakin banyak di seluruh dunia, tak heran bila banyak orang ingin mencoba meraup keuntungan dengan membuka online shop di Facebook. Karena tentu saja, untuk setiap pebisnis, para pengguna sosial media ini bisa dijadikan sebagai calon pembeli potensial.

Cara Jualan di Facebook

Berjualan di Facebook

Memposting Jualan di Facebook

Sebenarnya trik berjualan di Facebook sendiri sangat mudah tak jauh berbeda dengan cara jualan di Bukalapak, sebab yang kamu butuhkan ialah cukup memposting foto barang maupun jasa yang Kamu tawarkan. Jika Kamu ingin langsung berjualan di Facebook, ada beberapa langkah yang harus diikuti berikut ini :

  • Ketuk grup yang terdapat dalam Kabar Beranda di menu samping kiri, kemudian pilih opsi Grup Jual Beli agar dapat mempromosikan barang yang Kamu jual.
  • Jika sudah, silahkan tekan Jual Sesuatu.
  • Tulis deskripsi atau informasi barang yang Kamu jual, lalu klik selanjutnya.
  • Silahkan pilih pemirsa sesuai keinginan, supaya banyak calon konsumen yang melihat barang yang Kamu tawarkan. Sebenarnya sangat direkomendasikan bagi Kamu yang ingin memposting produk tak hanya dalam satu grup/komunitas saja, melainkan juga dapat memilih grup jual beli yang lainnya.
  • Kamu juga bisa memilih lingkaran yang ada di samping opsi marketplace jika ingin membuat tawaran barang/produk yang dijual. Tapi, jika Kamu menguploadnya sebagai Page atau halaman, Kamu tidak dapat melihat opsi pembuatan tawaran langsung di marketplace. Setelah itu, tinggal ketuk posting.

Kiat Cara Berjualan di Facebook Agar Sukses Meraup Keuntungan

Selain cara posting jualan di Facebook, Kamu juga harus mengikuti saran dan cara jualan di Facebook berikut agar produk yang Kamu posting memikat calon pembeli. Ini dia tipsnya :

1. Pakai Fitur Marketplace

Jika ingin memperkenalkan produk barang maupun jasa ke calon konsumen dengan efektif, Kamu bisa memakai fitur Marketplace. Dimana fitur yang tersedia dalam Facebook ini disajikan melalui cara yang sederhana, serta terdapat di samping kiri halaman ketika Kamu masuk ke akun Facebook via desktop. Jadi sangat mempermudahmu untuk memakainya.

Kamu dapat mencantumkan deskripsi atau informas produk secara lengkap, mulai dari foto produk, lokasi, harga, serta deskripsi detail produk dan namamu sebagai penjual. Saat bertransaksi, Kamu diharuskan bertemu langsung dengan pembeli atau melakukan Cash On Delivery. Walaupun transaksi bisa dilakukan melalui transfer dengan pengiriman jasa ekspedisi, metode COD ini bertujuan untuk menekan terjadinya penipuan.

2. Manfaatkan Grup atau Komunitas Jual Beli

Cara jualan di Facebook lainnya ialah manfaatkan grup jual beli, selain fitur marketplace yang disediakan Facebook. Kamu dapat mengikukti grup khusus jual beli di Facebook sesuai lokasi yang dapat dijangkau. Kamu cukup mengupload atau memposting gambar produk untuk meningkatkan peluang agar produk lebih mudah laku. Selanjutnya, calon konsumen akan langsung menghubungi melalui messenger di Facebook maupun kontak yang telah dicantumkan.

3. Buat Foto Semenarik Mungkin

Cara agar jualan di Facebook mudah laku yakni dengan cara memajang foto produk menarik. Kamu harus memastikan, foto produk yang digunakan berkualitas bagus serta tidak buram. Pilih foto produk yang benar-benar nyata alias real. Jadi, jangan sampai pembeli merasa kecewa mengingat foto produk yang Kamu buat tidak sesuai kondisi barang.

4. Memakai Layanan Facebook Ads

Facebook telah menawarkan layanan berupa Facebook Ads, untuk mendapatkan hasil lebih optimal. Selama Kamu memiliki modal, selama itu juga Kamu dapat mencetak keuntungan melalui layanan Facebook Ads ini.

Selain itu, biaya yang ditawarkannya juga bervariasi, biasanya tergantung dari pihak Facebook. Penetapan biaya biasanya tergantung dari audiens yang ditarget serta cost per click atau biaya per klik. Dimana semakin banyak Kamu menerima klik, maka akan semakin murah dana yang harus dikeluarkan.

5. Memberikan Respon Positif

Untuk menanggapi pesan yang dikirimkan calon konsumen, alangkah baiknya Kamu tidak terlalu pemilih. Sebaiknya layani semua pengunjung atau calon konsumen dengan selalu memberikan respon yang positif walaupun akhirnya mereka hanya bertanya atau tak jadi membeli. Jika Kamu memberikan respon dengan cepat, maka tidak menutup kemungkinan Kamu bisa mendapatkan rating yang baik sebagai penjual yang sangat responsif.

6. Berikan Harga yang Kompetitif

Cara jualan di Facebook agar cepat untung berikutnya ialah dengan menawarkan harga yang kompetitif. Pastikan Kamu memberikan harga jual yang jujur, sesuai kualita sproduk sebagai kunci kesuksesan dalam berbisnis online. Karena dengan demikian, Kamu bisa berhasil mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Apabila pelanggan/konsumen sudah mempercayakan tokomu, mereka pun akan datang terus untuk berbelanja. Di samping itu, membuat reputasi toko online-mu juga ikut mendapatkan respon baik dari masyarakat.

Sebaiknya jangan berikan harga terlalu tinggi sebab bisa membuat produkmu akan susah laku. Selain itu, usahakan pula agar Kamu tidak menawarkan harga produk yang terlalu rendah karena dapat mematikan harga jual produk yang ada di pasaran. Dengan memilih harga terbaik, tentu saja menjadi cara paling efektif yang dapat dilakukan.

Keuntungan Berjualan di Facebook

Pemanfaatan berbagai macam fitur di Facebook yang sangat mudah adalah keunggulan yang paling utama, sekaligus dapat dijadikan sebagai media promosi supaya produk jualan cepat laris, seperti halnya fitur marketplace maupun grup jual beli. Kamu dapat membagikan foto, tautan dan video dengan leluasa saat mempromosikan produk jualan sekaligus untuk menarik calon pelanggan.

Ketersediaan fitur berupa album foto di Facebook pun dapat dimanfaatkan untuk mengkategorikan jenis produk barang maupun jasa yang Kamu jual. Hal ini dikarenakan telah dilengkapi oleh pengaturan privasi dengan baik, Kamu juga dapat mengatur siapa pun untuk bisa melihat informasi serta postingan yang di upload.

Berdasarkan penjelasan cara jualan di Facebook tersebut di atas, dapat dijadikan panduan dan referensi bagi Kamu yang ingin serius menekuni jualan online. Selain itu, manfaatkan pula website sebagai sumber traffic pengunjung lainnya agar memaksimalkan penjualan.

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

4 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago