Advan

Cara Kompres File PDF

Biasanya pada beberapa persyaratan upload dokumen tertentu, ada limit maksimal ukuran data yang akan diunggah. Imbasnya, Kamu tak bisa mengunggah file dengan ukuran terlalu besar. Contohnya saja, saat mendaftar lamaran pekerjaan, biasanya maksimal ukuran file PDF hanya 200/500KB saja. Tentu tak jadi soal jika file PDF yang Kamu miliki berukuran kecil. Tapi jika ukuran dokumennya terlalu besar, maka otomatis Kamu harus tahu cara kompres file PDF. Hal ini dilakukan agar file tersebut dapat diunggah.

PDF sendiri termasuk salah satu format file paling sering dipakai dalam pemberkasan dokumen online. Kamu bisa mengirimnya, baik lewat email maupun dengan cara upload ke portal web tertentu. Baik itu untuk pemberkasan pendaftaran CPNS, pembuatan laporan dan dokumen untuk lamaran kerja lainnya.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat Kamu pilih untuk memperkecil ukuran file berekstensi PDF. Kamu bisa memakai aplikasi offline atau online. Jika menggunakan aplikasi offline, tentu saja Kamu harus menginstallnya terlebih dulu di perangkat Hp atau komputermu. Diantara kedua metode offline dan online tersebut, Kamu harus memilih mana yang paling praktis, cepat dan efisien.

Cara Kompres File PDF

Cara Kompres Ukuran File PDF

Kompres Ukuran File PDF Online

Sama seperti cara cek RAM PC, bisa dilakukan secara offline maupun online, Kamu juga bisa mencobanya saat kompres file PDF. Bagi Kamu yang tidak ingin repot-repot memakai software atau aplikasi edit foto, maka Kamu dapat menggunakan web kompresi untuk file PDF. Kamu bahkan bisa mengakses web tersebut secara gratis. Adapun untuk mengecilkan ukuran PDF online ini sebenarnya cukup mudah. Dimana Kamu hanya perlu upload file PDF tertentu yang ingin dikompres, kemudian menyesuaikan ukurannya serta tunggu prosesnya berlangsung.

Ada beberapa pilihan website yang dapat digunakan ke dalam cara kompres file PDF online, di bawah ini :

1. Cara Kompres Ukuran File PDF via Smallpdf.com

Website yang satu ini termasuk website online yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Tidak hanya digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF saja, tetapi juga bisa mengconvert PDF dan menggabungkannya. Di samping itu, web ini juga bisa membantu mengedit file tersebut jika ingin mengeditnya.

Website ini juga memberikan kemudahan bagi file PDF yang berukuran sangat besar. Jadi, Kamu tak perlu khawatir lagi karena Kamu bisa memperkecil ukuran file tersebut menggunakan Smallpdf.com.

2. Cara Kompres Ukuran File PDF via ilovepdf.com

Website onlina yang bisa menawarkan metode serupa lainnya ialah ilovepdf.com. Tak hanya bisa membantumu menmperkecil ukuran PDF saja, website ini juga dapat mengkonversi file PDF yang Kamu miliki. Selain itu juga, bisa memisahkan dan menggabungkan file PDF.

Apabila Kamu akan mengubah PDF ke dalam JPG atau dokumen, maka ilovepdf.com bisa menjadi solusinya. Website online gratis bisa memberikan banyak kemudahan, sebab selain digunakan untuk memperkecil ukuran file PDF, situs ini juga dapat mengconvert file PDF ke jenis file yang lainnya.

3. Cara Kompres Ukuran File PDF via hipdf.com

Metode berikutnya dapat dilakukan lewat situs online hipdf.com. website gratis ini biasanya sering dicari freshgraduate atau mahasiswa yang akan melamar pekerjaan. Hipdf.com dapat dijadikan solusi bagi Kamu yang memerlukan website untuk memperkecil file PDF.

Tak hanya itu saja, hipdf.com juga menawarkan cara-cara lainnya terkait dokumen yang Kamu gunakan.

4. Cara Kompres Ukuran File PDF via pdfcompressor.com

Website selanjutnya yang dapat diandalkan ialah pdfcompressor.com. Tak hanya dapat memperkecil ukuran pada file berbentuk PDF, web ini juga bisa membantumu untuk mengconvert dokumen tersebut ke dalam ekstensi Doc, JPG dan Text. Menariknya lagi situs gratis ini juga bisa mengunggah hingga 20 dokumen sekaligus untuk sekali unggahan.

5. Cara Kompres Ukuran File PDF via pdfcandy.com

Web PDF Candy adalah web yang juga menawarkan cara memperkecil ukuran file PDF. Kamu tak perlu khawatir, sebab website online dan gratis ini dapat diandalkan kapan saja sesuai kebutuhan. Menariknya, selain bisa digunakan untuk mengompres file, situs ini juga dapat digunakan untuk mengubah file tersebut.

Pdfcandy.com juga memiliki tampilan yang mudah untuk mengkompres file berekstensi PDF  lebih ringan supaya Kamu tidak kebingungan saat sudah membuka laman web tersebut.

Kompres Ukuran File PDF Secara Offline

Selain cara online, Kamu juga bisa mengandalkan metode offline dengan langkah-langkah yang tak kalah mudah. Hanya saja, Kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.Langsung saja, simak panduan lengkapnya berikut :

1. Cara Kompres Ukuran File PDF via Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu bagian dari Microsoft Office yang wajib ada dalam sebuah perangkat PC atau laptop. Cara yang satu ini dapat dilakukan bagi Kamu yang menggunakan Microsoft Word untuk versi 2013 atau lebih. Berikut panduan cara kompres file PDF online, diantaranya :

  • Silahkan buka Word dan pilih file dan open. Lalu buka file PDF yang Kamu inginkan.
  • Ketika membuka file tersebut di Word, maka secara otomatis file tersebut akan dikonversi ke dalam file Word. Selanjutnya jika ada pemberitahuan popul langsung saja klik OK jika ingin melanjutkan.
  • Sesudah dokumen terbuka, silahkan pilih file kemudian Save As.
  • Silahkan pilih save as bertipe : PDF (*.pdf) serta Optimize for diisi dengan Minimum Size atau Publishing online, lalu klik save.

2. Cara Kompres Ukuran File PDF Menggunakan Orpalis PDF Reducer

Cara kompres file PDF lainnya ialah Kamu bisa memakai aplikasi offline, salah satunya yaitu Orpalis PDF Reducer. Adapun panduan yang bisa Kamu ikuti menggunakan aplikasi Orpalis DF reducer, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan unduh dan pasang aplikasi Orpalis PF Reducer di perangkat komputer.
  • Lalu buka aplikasinya, Kamu akan menemukan beberapa pilihan menu yang tertera di sana.
  • Pada menu Sourve folder, Kamu bisa memilih Folder tempat penyimpanan dokumen PDF yang ingin Kamu kompres.
  • Sementara untuk Destination Folder sendiri, Kamu bisa pilih folder tujuan untuk hasil komres.
  • Jika semuanya telah disesuaikan, silahkan tekan Start Batch saat memulai prosesnya.
  • Selanjutnya tinggal tunggu, serta lihat progressnya di bagian Status. Jika sudah selesai, silahkan cek hasilnya di Destination Folder.

3. Cara Kompres Ukuran File PDF Via Adobe Acrobat

Adobe Acrobat adalah aplikasi untuk mengelola  file PDF. Aplikasi ini juga sudah sangat populer, dan biasanya dipakai untuk memmbaca dan membuka berkas yang beresktensi PDF. Di samping itu, Kamu juga bisa menggunakannya untuk pembuatan file PDF yang baru. Tak hanya itu saja, Adoba Acrobat juga memiliki fitur compress PDF yang belum banyak orang tahu.

Jika Kamu penasaran ingin menggunakan Adobe Acrobat, berikut pandua mengecilkan ukuran file PDF

  • Pertama-tama silahan unduh terlebih dahulu Adobe Acrobat di laptop atau PC-mu.
  • Lalu install dan buka aplikasi Adobe Acrobat. Selanjutnya klik Tool dan pilih menu Optimize PDF.
  • Silahkan cari file mana yang akan Kamu kompres.
  • Sesudah terbuka, silahkan pilih Reduce File Size, kemudian simpan file.
  • Setelah itu, Kamu akan melihat ukuran PDF yang dikompres tersebut menjadi lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Itulah 8 panduan cara kompres file PDF secara offline dan online yang bisa Kamu pelajari dan coba praktekkan sendiri di PC. Semoga bermanfaat!

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 day ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

7 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago