3 [Step by Step] Cara Mengedit Video di Inshot yang Mudah💖

Kamu yang gemar editing video mungkin sudah familiar dengan nama Inshot. Ya, inilah salah satu tools alias program yang bisa kamu gunakan buat edit video di smartphone dengan mudah. Tapi sayangnya banyak yang belum familiar dengan cara mengedit video di Inshot.

Inshot menawarkan banyak pilihan fitur unggulan yang dapat membantumu membuat sebuah video menarik dan kreatif untuk berbagai jenis sosial media. Baik itu di YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, atau Twitter.

Jika kamu memakai Inshot, maka kamu bisa mengedit video dengan menambahkannya musik, teks, stiker, filter, efek, transisi, dan lain sebagainya sesuai dengan fitur yang tersedia. Kamu juga bisa mengatur rasio, durasi, kecepatan, dan kualitas video sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Namun bagaimana cara mengedit video di InShot dengan baik dan benar? Jika kamu tertarik buat edit video di aplikasi InShot maka ada beberapa langkah yang bisa kamu coba!

Cara Mengedit Video di Inshot

Cara Mengedit Video di Inshot

Sebelum mulai mengedit video di InShot, pastikan kamu telah download dan juga install aplikasi Inshot di perangkat smartphone lebih dulu. Jika mau mendapatkan aplikasinya, kamu bisa masuk ke Google Play Store atau App Store sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Setelah aplikasinya terpasang, silakan ikuti step by step cara mengedit video di Inshot berikut :

Step 1 : Mengedit Video di Inshote dengan Buka aplikasi Inshot dan Pilih Menu Video

Cara mengedit video di Inshot pertama yaitu buka aplikasi Inshot yang sudah kamu pasang. Selanjutnya, kamu bakal melihat semua video yang tersimpan di galeri smartphone. Pilihlah video yang ingin kamu edit lalu klik tanda centang yang berada di pojok kanan bagian bawah.

Step 2 : Masuk ke Halaman Edit Video

Setelah memilih video, Kamu akan masuk ke halaman edit video. Di sini, Kamu bisa melihat berbagai macam fitur yang tersedia di bagian bawah layar. Fitur-fitur yang dapat kamu gunakan untuk edit video antara lain:

1. Canvas

Fitur ini berguna buat mengubah rasio atau ukuran video sesuai dengan jenis sosial media yang kamu pakai. Misalnya jika Kamu ingin membuat video khusus Instagram Story, pilihlah rasio 9:16. Jika kamu ingin membuat video untuk kanal YouTube, pilih rasio 16:9.

Selain itu, kamu juga bisa menggeser video untuk memposisikan gambar yang ingin ditampilkan. Opsi lainnya, bisa juga dengan menambahkan latar belakang berwarna atau latar belakang blur.

2. Music

Music berguna jika kamu mau menambahkan lagu atau suara ke dalam video yang kamu edit. Kamu bisa memilih musik dari koleksi InShot atau dari galeri HP smartphone Kamu. Atau bisa juga dengan merekam suara sendiri dan menghapus suara asili video.

Selain itu, kamu juga bisa bisa mengatur volume, durasi, dan posisi musik sesuai dengan kebutuhan video yang sedang di edit.

3. Sticker

Sticker tentu saja sanat berguna jika kamu mau menambahkan stiker atau emoji ke dalam video yang kamu edit. Kamu bisa memilih stiker dari koleksi InShot atau dari galeri smartphone.

Di samping itu, kamu juga bisa menambahkan teks atau gambar sendiri dalam bentuk stiker. Silakan lakukan pengaturan ke berbagai hal seperti ukuran, durasi, rotasi, dan posisi stiker sesuai keinginan.

4. Text

Kamu juga bisa menambahkan teks ke dalam video lewat fitur ini. Dapat mengatur tulisan dengan cara memilih font, warna, ukuran, gaya, latar belakang tulisan, dan outline teks.

Semuanya bisa kamu sesuaikan tergantung kebutuhan editing video. Kamu juga bisa mengatur durasi dan posisi teks sesuai dengan keinginan.

5. Filter

Kamu dapat menambahkan filter atau efek warna ke dalam video. Ada banyak pilihan filter yang tersedia di aplikasi Inshot, mulai dari filter bernuansa artistik hingga filter alami. Manfaatkan juga intensitas filter sesuai dengan keinginan.

6. Effect

Kamu dapat menambahkan efek khusus ke dalam video kamu. Sebetulnya ada banyak pilihan efek di aplikasi InShot mulai dari efek bintang hingga efek gltich. Kamu juga dapat mengatur durasi dan posisi efek sesuai dengan keinginan.

7. Speed

Fitur ini berguna untuk mengubah kecepatan video normal menjadi lambat atau cepat sesuai dengan keinginan.

8. Rotate

Dengan rotate kamu dapat memutar atau membalik video. Kamu bisa memutar video 90 derajat searah jarum jam hingga berlawanan arah jarum jam. Selain itu kamu juga bisa membalikkan video secara vertikal maupun horizontal.

9. Crop

Fitur ini berguna untuk memotong video yang sedang di edit. Kamu bisa memotong video sesuai dengan rasio yang kamu tentukan berdasarkan area yang telah kamu pilih.

10. Split

Kamu bisa membagi video ke dalam beberapa bagian dengan memakai  fitur split. Dengan split, silakan bagi video sesuai durasi atau momen tertentu sehingga video tersebut dapat terbagi ke dalam beberapa bagian.

11. Delete

Ini adalah fitur buat menghapus bagian video yang tidak Kamu pakai. Kamu bisa menghapus bagian video yang sudah kamu pilih atau bagian video yang sudah dipotong-potong menggunakan fitur Split.

12. Adjust

Kamu bisa memakai fitur ini buat mengatur parameter video mulai dari tingkat kecerahan, kontras, warna, saturasi, dan lain sebagainya. Parameternya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan.

13. Volume

Silakan atur volume video dengan memakai fitur Volume. Selain itu, kamu bisa menaikkan atau menurunkan volume yang kamu inginkan.

14. Freeze

Fitur ini berguna untuk membekukan gambar video. Kamu bisa membekukan gambar video berdasarkan durasi maupun posisi yang kamu tentukan.

15. Transition

Kamu juga dapat menambahkan transisi atau peralihan antara dua bagian video. Ada beberapa opsi transisi yang tersedia, kamu bisa memulai menggunakan transisi slide hingga transisis zoom. Untuk durasi dan jenis transisi pun bisa kamu sesuaikan berdasarkan video yang kamu edit.

Silakan piih salah satu atau beberapa fitur di atas ke dalam cara mengedit video di Inshot. Kamu bisa sesuaikan tergantung keinginan.

Step 3 : Halaman Akhir Video

Setelah selesai mengedit video, klik centang yang berada di pojok kanan atas. Kamu akan dibawa masuk ke halaman akhir edit video. Di sini dapat kamu gunakan berbagai macam fitur yang tersedia di bagian atas layar. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

  • Undo: Berguna jika kamu membatalkan tindakan terakhir pada video.
  • Redo: Berfungsi untuk mengembalikan perubahan terakhir yang kamu batalkan sebelumnya.
  • Draft: Fitur ini berguna untuk menyimpan proyek edit video Kamu sebagai draf. Nantinya kamu dapat melanjutkan editing video kapan saja dari draft.
  • Share: Untuk membagikan atau mengunggah video Kamu ke berbagai sosial media, seperti ke kanal YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, atau dikirim ke Twitter.
  • Save: Fitur ini berguna untuk menyimpan video Kamu ke galeri smartphone Kamu tanpa harus membagikannya.

Pahami langkah-langkah cara mengedit video di Inshot seperti yang sudah kita bahas di atas dan gunakan fitur-fiturnya sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mencoba cara menggabungkan foto dan video dengan mudah disini! Atau, bagi yang mungkin ingin nonton tutorial versi video bisa cek dibawah ini ya.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

7 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

7 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago