Cara Cari HP yang Hilang

Hp hilang sudah pasti buat penggunanya ketar-ketir, apalagi hp termasuk salah satu barang penting yang akrab dengan keseharian. Saat hal ini terjadi, lantas membuat para pemiliknya langsung mencari informasi cara cari hp yang hilang.

Di era modern, menariknya kita bisa memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan banyak hal termasuk jika mau menemukan hp yang hilang lewat aplikasi atau platfor apa saja. Karenanya kamu berpeluang bisa dapat kembali ponsel yang hilang. So, jangan khawatir dulu ya guys!

Kini kamu bisa mencoba beberapa metode buat cari hp yang hilang dengan mudah. Tak jauh beda dari cara melacak hp Realme yang hilang, kamu juga bisa coba mencari hp dengan metode yang mudah. Ingin tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Cari HP Yang Hilang

Cara Cari Hp yang Hilang

Ada beberapa pilihan cara cari hp yang hilang yang bisa kamu praktekkan, baik menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun tidak. Berikut ini ulasannya :

1. Cari Hp yang Hilang lewat Aplikasi “Find My Device” (Android) atau “Find My iPhone” (iOS)

Pertama, kamu bisa mencari hp yang hilang dengan memakai aplikasi Find My Device atau Find My iPhone. Saat ini beredar dua system operasi HP yang berbeda yaitu android dan iOS sehingga ketika mencari HP dengan system operasi tertentu tentu aplikasinya akan berbeda.

Aplikasi “Find My Device” untuk perangkat Android dan “Find My iPhone” untuk perangkat iOS adalah opsi yang sangat berguna untuk melacak dan menemukan HP kamu yang hilang. Berikut langkah-langkah menggunakan kedua aplikasi ini :

Step1 : Lewat Find My Device (Android)

  • Pastikan HP kamu telah terhubung dengan akun Google yang sama yang biasa kamu gunakan pada HP tersebut.
  • Selanjutnya buka browser di komputer atau perangkat lain kemudian silakan akses situs web “Find My Device” di alamat berikut ini : https://www.google.com/android/find
  • Pada halaman depan dari situs tersebut, klik tombol “Terima”.
  • Masuklah dengan menggunakan akun Google yang sama yang terhubung dengan HP yang hilang.
  • Aplikasi akan menampilkan lokasi HP yang hilang pada peta di halaman utama situs tersebut.
  • Kamu juga dapat memilih opsi “Play Sound” untuk memutar suara di HP jika berada di sekitar kamu.
  • Jika HP kamu tidak dalam jangkauan, maka kamu dapat memilih opsi “Secure Device” untuk mengunci HP atau “Erase Device” untuk menghapus semua data jika HP kamu tidak dapat ditemukan.

Step 2 : Lewat Find My iPhone (iOS)

  • Pastikan HP kamu telah terhubung dengan akun Apple yang sama yang kamu gunakan pada perangkat yang hilang.
  • Buka aplikasi “Find My” yang biasanya sudah terinstal di perangkat iOS kamu.
  • Pilih tab “Devices” untuk melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun kamu.
  • Pilih HP yang hilang dari daftar tersebut, selanjutnya aplikasi akan menampilkan lokasi HP pada peta.
  • Kamu dapat memilih opsi “Play Sound” untuk memutar suara di HP jika berada di sekitar kamu, atau “Lost Mode” untuk mengunci HP dan menampilkan pesan kontak untuk orang yang menemukannya.

2. Cari Hp yang Hilang dengan Bantuan Google Timeline (Android dan iOS)

Google Timeline adalah fitur yang memungkinkan seseorang melihat riwayat perjalanan HP. Hal ini sangat cocok digunakan untuk mencari HP yang hilang.

Jika kamu memiliki fitur ini kemudian diaktifkan, maka kamu dapat mencari HP dengan melacak jejak pergerakan terakhirnya. Simak langkah-langkah cari hp yang hilang dengan Google Timeline berikut :

  • Buka browser terlebih dahulu kemudian akses alamat berikut ini : https://www.google.com/maps/timeline
  • Masuk dengan akun Google yang terhubung dengan HP kamu yang hilang.
  • Selanjutnya tinggal pilih tanggal dan waktu saat kamu kehilangan HP.
  • Google Maps akan menunjukkan jejak pergerakan HP kamu pada tanggal dan waktu yang dipilih tersebut.
  • Kamu dapat melihat tempat terakhir HP kamu berada sebelum hilang untuk selanjutnya bisa mencarinya di lokasi terakhir.

3. Cari Hp yang Hilang dengan Menghubungi Penyedia Layanan dan Menyampaikan Laporan Kehilangan

Cara cari hp yang hilang ini bisa kamu lakukan lewat kedua sistem operasi, baik HP yang menggunakan system operasi Android maupun iOS. Begini langkah-langkahnya :

  • Hubungi penyedia layanan kamu misalnya operator seluler yang digunakan atau Apple untuk pengguna iOS.
  • Setelah itu yang perlu kamu lakukan adalah melaporkan bahwa kamu telah kehilangan HP.
  • Berikanlah informasi yang diminta oleh pihak penyedia layanan.
  • Penyedia layanan selanjutnya akan mencoba membantu kamu untuk menonaktifkan kartu SIM untuk mencegah penggunaan yang tidak sah dan memberikan petunjuk lebih lanjut terutama data yang ada didalamnya tidak di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

4. Cari Hp yang Hilang dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi bawaan, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membantu melacak dan menemukan HP yang hilang.

Beberapa aplikasi populer yang paling sering digunakan dan terbukti membantu menemukan HP yang hilang diantaranya : “Prey Anti Theft,” “Cerberus,” dan “Where’s My Droid.” Ini cara menggunakan aplikasi pihak ketiga buat cari hp yang hilang :

  • Unduh dan pasang aplikasi pelacak pihak ketiga dari toko aplikasi resmi.
  • Ikuti petunjuk pada aplikasi yang sudah kamu pasang pada perangkat lain untuk mendaftar dan mengatur akun.
  • Aktifkan fitur pelacakan pada aplikasi.
  • Jika HP hilang, masuk ke akun aplikasi melalui perangkat lain dan gunakan fitur pelacakan untuk menemukan HP tersebut.

Tips Tambahan Agar HP Hilang Tetap Aman

Beberapa tips berikut ini dapat membantu kamu untuk mencegah data disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab jika seandainya HP hilang.

1. Buat Sandi yang Kuat

Lindungi ponsel kamu dengan kata sandi yang kuat yaitu bisa dengan menggunakan kombinasi unik agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Selain itu, gunakan fitur keamanan biometrik lainnya seperti sidik jari atau pemindaian wajah.

2. Aktifkan Layanan Pelacakan Secara Default

Aktifkan fitur pelacakan yang disediakan oleh sistem operasi atau perangkat kamu sebelum mengalami kehilangan HP.

3. Simpan IMEI dan Informasi Penting

Catat nomor IMEI ponsel kamu yang terletak terletak di kotak HP atau di bawah baterai, selanjutnya simpan di tempat yang aman. Fungsi dari IMEI sendiri bisa membantu melacak HP jika kamu melaporkannya hilang kepada pihak yang berwajib.

4. Gunakan Aplikasi Pengaman

Selain layanan pelacakan yang telah dijelaskan diatas, instal juga aplikasi keamanan yang dapat membantu kamu melacak, mengunci, atau menghapus data HP dari jarak jauh.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai cara cari HP yang hilang sehingga meminimalisir kamu agar tidak panik secara berlebihan, dengan menggunakan berbagai macam metode dan teknologi yang tersedia, maka kamu akan memiliki peluang besar untuk menemukannya kembali.

Kamu bisa menemukannya dengan menggunakan aplikasi bawaan hingga aplikasi pihak ketiga, selain itu cukup banyak pilihan untuk melacak dan menemukan HP yang hilang. Satu hal yang paling utama Ketika kamu mengalami kehilangan HP yaitu agar tetap menjaga akun kamu terhubung sehingga data bisa segera diamankan dari jarak jauh.

Jika semua upaya ini tidak berhasil dan kamu yakin bahwa HP telah dicuri, segera hubungi pihak berwajib setempat kemudian buat laporkan kejadian tersebut. Dengan mengikuti cara cari hp yang hilang dengan tepat, maka kamu dapat meningkatkan peluang untuk menemukan HP yang hilang dengan sukses.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 day ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

7 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago