Cara Aktifkan PayLater Tokopedia, Beli Barang Bayar Nanti!

Mau beli barang di Tokopedia tapi kondisi finansial lagi gak memungkinkan? Sedangkan, barang tersebut sangat kamu butuhkan dalam waktu cepat. Bagi pelanggan Tokopedia yang sering berbelanja di aplikasi e-commerce berlambang burung hantu hijau ini jangan khawatir. Karena kamu bisa coba cara aktifkan paylater Tokopedia!

Ya, fitur PayLater Tokopedia termasuk salah satu fitur yang ditawarkan kepada para pelanggan Tokopedia buat mempermudah proses transaksi. Jadi jika kamu sangat memerlukan barang di Tokopedia tapi belum punya uang cash, maka kamu bisa ambil program PayLater alias bayar nanti. Kamu pun bisa dapetin barang dengan cepat tanpa harus bayar saat itu!

Melalui fitur PayLater, maka kamu dapat melakukan pembelian sekarang dan membayarnya dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Care Aktifkan Paylater Tokopedia

Cara Aktifkan PayLater Tokopedia

Namun jika kamu mau pakai PayLater, sama seperti cara mengaktifkan Shopee Paylater. Kamu wajib daftar dan aktifkan PayLater di Tokopedia terlebih dulu. Berikut ulasannya :

1. Daftar dan Login ke Akun Tokopedia

Pertama, silakan masuk ke akun Tokopedia lebih dulu seperti biasanya. Sama seperti kamu mau berbelanja di Tokopedia.

2. Pilih Menu PayLater

Setelah berhasil masuk ke akun Tokopedia, silakan cari dan pilih menu “PayLater” yang posisinya terletak di bagian bawah atau menu utama aplikasi Tokopedia. Kalau gak mau ribet, kamu bisa menemukannya lewat fitur pencarian di aplikasi Tokopedia.

3. Aktifkan PayLater

Setelah masuk ke halaman PayLater, kamu akan melihat informasi mengenai fitur PayLater dan manfaat yang ditawarkannya. Selanjutnya kamu dapat menekan tombol “Aktifkan PayLater” atau “Aktifkan Sekarang” untuk proses pengaktifan.

4. Verifikasi Identitas dan Data Pribadi

Langkah selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas dan mengisi data pribadi. Biasanya, informasi pribadi tersebut memuat nama lengkap, nomor KTP, tanggal lahir, nomor telepon, alamat, dan beberapa informasi lainnya berdasarkan kebijakan dari Tokopedia.

5. Tunggu Persetujuan

Jika kamu sudah mengisi informasi yang dibutuhkan, tinggal tunggu persetujuan dari Tokopedia. Proses persetujuan memerlukan waktu beberapa saat bahkan hingga beberapa hari kerja. Kalau pengajuanmu disetujui, biasanya akan langsung menerima notifikasi melalui email atau aplikasi Tokopedia.

Bagaimana Dampak Jika Telat Bayar PayLater?

Namanya juga PayLater, apabila memakai fitur ini maka kamu harus tetap membayarnya sesuai dengan waktu jatuh tempo yang telah disepakati. Tapi apabila kamu telat bayar PayLater atau terlambat, maka ada beberapa resiko yang bakal kamu tanggung. Apa saja sih resiko telat bayar PayLater Tokopedia?

1. Denda dan Bunga

Dengan kamu telat membayar tagihan PayLater, maka Tokopedia dapat memberlakukan denda dan bunga berdasarkan dari jumlah tagihan yang belum dibayarkan. Denda dan bunga akan secara otomatis ditambahkan ke tagihan kamu dan akan mempengaruhi jumlah yang harus kamu bayar.

2. Pembatasan Akses dan Fitur

Lantas bila terus-terusan telat membayar atau gagal membayar tagihan PayLater setiap bulannya, maka Tokopedia dapat memberlakukan pembatasan akses atau fitur pada akun kamu. Tentu saja, bisa menghambat aktivitas berbelanjamu di Tokopedia.

3. Riwayat Kredit Buruk

Telat membayar atau gagal membayar tagihan PayLater juga bisa berdampak terhadap riwayat kredit. Jika Tokopedia melaporkan keterlambatan pembayaran ke lembaga kredit, hal ini dapat mempengaruhi reputasi kredit yang kamu miliki. Dampaknya, bisa sangat mempersulit kamu buat dapetin pinjaman atau fasilitas kredit di kemudian hari, baik di e-commerce yang sama maupun di lembaga keuangan lainnya.

Jika kamu gak mau terkena resiko-resiko di atas, maka sebaiknya gunakan PayLater di Tokopedia dengan sewajarnya saja. Pastikan lagi, meminjam paylater harus sesuai kemampuan finansialmu. Jadi jangan menyepelekan cara aktifkan Paylater Tokopedia dengan mengambil PayLater seenaknya tanpa pikir panjang!

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

4 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago