Cara Menonaktifkan Spinjam

Cara menonaktifkan Spinjam memang sangat dicari-cari oleh pengguna Shopee, mengingat bahwa di aplikasi atau market place Shopee masih belum tersediafitur khusus untuk menonaktifkan atau menghapus Spinjam ini. Hal ini tentu sangat sama ketika kamu ingin menonaktifkan Shopee PayLater. Namun kamu jangan khawatir, sebab terdapat sebuah cara yang dapat kamu gunakan untuk kamu lakukan.

Caranya, yaitu dengan menghapus akun Shopee milikmu. Meskipun cara ini dikategorikan berhasil, namun apakah kamu yakin ingin menghapus akun Shopee? Karena jika kamu sudah berhasil melakukannya maka akun Shopee yang kamu miliki tidak akan bisa digunakan lagi di kemudian hari. Selain itu, terdapat beberapa syarat wajib yang harus kamu penuhi terlebih dahulu agar proses penonaktifan Spinjam ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun.

Namun jika kamu sudah yakin untuk tetap melakukannya, maka bisa menyimak penjelasan terkait cara menonaktifkan Spinjam pada artikel kali ini.

Alasan Kuat Menonaktifkan Akun Spinjam

Memutuskan untuk menghapus Shopee Spinjam ini tentu bukanlah suatu hal yang remeh, mengingat banyak sekali yang ingin melakukannya. Hal ini tentu dikarenakan Shopee Spinjam ini mempunyai beberapa kekurangan sehingga dapat membuat para pengguna Shopee merasa tidak nyaman. Berikut adalah kekurangan Spinjam yang menjadi alasan mengapa ada pengguna yang ingin menonaktifkannnya.

  • Suku Bunga Spinjam Mahal

Alasan pertama yang menjadi dasar mengapa ada beberapa pengguna Shopee ingin menonaktifkan layanan ini adalah karena bunga yang disediakan sangat mahal. Bungay dihitung dengan bunga perhari 0,3% maka sebulan bunga yang harus dibayar oleh peminjam sebesar 9%. Jika sudah menunggak selama setahun, berarti bunganya akan bertambah menjadi 100%.

Bahkan jika ada pengguna yang terlambat membayar, maka peminjam harus membayar denda sebanyak 0,5% sehingga bunganya bisa naik menjadi 0,8% perhari. Hal ini silangkan kamu bandingkan dengan bunga KTA di bank yang kisarannya bisa 20% hingga 30% dalam setahun. Tentu jauh lebih rendah dibanding dengan bunga yang ada di Spinjam ini.

  • Plafon Pinjamannya Kecil

Jika kamu bandingkan dengan KTA atau kartu kredit, limit pinjaman di Shopee Spinjam ini relatif kecil. Maksimum yang disediakan hanya kurang dari 5 juta rupiah. Bahkan untuk peminjaman pertama, pihak Shopee hanya bisa memberikan limit pinjaman yang jauh lebih kecil. Besaran pinjaman baru bisa dinaikkan jika kamu meminjam berikutnya dengan syarat bahwa kamu mempunyai catatan pembayaran yang bagus. Jadi, jika kamu ingin meminjam uang yang jauh lebih besar, maka Spinjam ini bukanlah pilihan yang tepat untukmu.

  • Tenor Pendek

Masa kredit atau tenor di Spinjam ini mempunyai waktu yang cukup pendek, yaitu maksimal 61 hari. Hal ini mungkin saja terkait dengan plafon pinjaman yang kecil dan pengelolaan resiko. Hal ini tentu berbeda dengan KTA yang bisa menawarkan tenor sampai 60 bulan. Tenor yang panjang ini dapat membantu jumlah cicilan menjadi jauh lebih kecil.

  • Akses Data Pribadi

Jika kamu memutuskan untuk meminjam secara online melalui aplikasi, maka akan ada resiko bahwa data pribadi di ponsel ataupun HP kamu bisa diakses. Umumnya, pihak aplikasi seperti Shopee ini akan meminta izin atas akses data pribadi. Kamu sebagai konsumen, harus awarw bahwa selalu ada kebocoran data dengan cara memberikan akses kepada pihak ke-3. Meskipun pihak pembuat aplikasi sudah menyatakan bahwa akan menjaga data pribadimu, namun tetap resiko tersebut akan ada.

  • Hanya Tersedia di App

Fasilitas pinjaman yang ada Spinjam ini hanya dapat digunakan di aplikasi ataupun ponsel kita sehingga tidak dapat menggunakannya lewat dekstop ataupun laptop. Hal ini dikarenakan mungkin pinjam online membutuhkan data-data dari ponsel untuk menentukan skor kredit.

Cara Menonaktifkan Spinjam

Cara Menonaktifkan Spinjam

Kemudian kita berlanjut pada pembahasan utama, yaitu tentang bagaimana cara menonaktifkan Spinjam sesuai dengan yang disebutkan pada awal artikelm. Jika kamu memang benar-benar memutuskan bahwa ingin menonaktifkan Spinjam ini, maka silahkan kamu ikuti panduan kami berikut ini.

  1. Bukalah Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi yang sudah kamu install di smartphonemu. Namun sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah terhubung di koneksi internet yang lancar karena memang aplikasi ini dapat kamu akses jika.terhubung secara online.

  1. Pilih Menu Saya Dan Pengaturan

Jika kamu sudah berhasil masuk ke akun Shopee-mu, maka silahkan masuk ke menu utama dan pilih menu saya yang ada pada bagian pojok kanan bawah. Setelah itu, silahkan kamu memilih menu pengaturan atau settings yang ada di bagian atas dengan cara menggeser bagian atas dengan icon gear.

  1. Pilihan Pengajuan Penghapusan Akun

Selanjutnya, silahkan kamu menyecroll layar ke bawah hingga kamu menemukan ajukan penghapusan akun dan tekan saja. Nantinya, kamu akan menemukan pemberitahuan penting dan jika kamu sudah memahaminya secara jelas, maka silahkan teman Ok.

  1. Klik Lanjut Dan Masukkan Kode OTP

Silahkan kamu memahami informasi penting dari pihak Shopee tersebut dan jika sudah paham, maka tekan lanjut. Kemudian kamu akan diminta memasukkan kode OTP. Untuk kode OTP ini akan dikirimkan dan masuk ke menu SMS melalui nomormu yang sudah terdaftar di Shopee. Silahkan kamu masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

  1. Tap Lanjut

Selanjutnya, silahkan kamu pastikan bahwa semuanya sudah benar dan tekan lanjut. Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan alasan penghapusan akun. Kamu harus mengisinya karena hal ini memang dibutuhkan oleh pihak Shopee, jadi jelaskan alasanmu yang paling masuk akal dan bisa diterima oleh pihak Shopee.

  1. Isi Alamat Email Dan Kirimkan

Kemudian, silahkan kamu masukkan alamat emailmu yang masih aktifitas sebelum memutuskan untuk lanjut ke tahap berikutnya. Setelah itu, silahkan kamu tinggal mengklik kirimkan.

  1. Konfirmasi Hapus Akun

Sebelum kamu melanjutkan prosesnya, maka kamu harus mengkonfirmasinya dengan mengklik konfirmasi. Setelah itu tinggal kamu tap OK dan sampai di sini, kamu sudah berhasil.menonaktifkan Shopee Spinjam atau hapus akun Shopee.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan terkait bagaimana cara menonaktifkan Spinjam yang dapat kamu ikuti dan praktekkan secara mandiri di rumah. Sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa akun Spinjam-mu tidak sedang ditangguhkan, tidak mempunyai tagihan yang tersisa,.tidak mempunyai transaksi yang belum selesai, hingga tidak mempunyai saldo sama sekali. Hal ini memang perlu kamu lakukan agar prosea penonaktifan bisa berjalan dengan lancar tanpa.halangan apapun.

Perlu kamu ingat kembali, bahwa masih belum ada fitur khusus yang disediakan oleh pihak Shopee untuk penonaktifan Spinjam ini, jadi jika kamu melakukan semua panduan di atas, maka hal ini sama saja kamu menghapus akun Shopee milikmu. Jadi sebelum kamu memutuskannya, alangkah baiknya jika kamu memikirkan matang-matang daripada menyesal di belakang. Semoga informasi diatas dapat membantu dan menjawab kebingunganmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

4 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago