Cara Bayar Virtual Account Mandiri

Bagaimana cara bayar Virtual Account Mandiri? Layanan Apa saja yang bisa menggunakan Virtual Account? Melalui Apa saja pembayaran Virtual Account Mandiri bisa dilakukan?

Sebagai nasabah dari Bank Mandiri, mungkin saat ini kita sudah mengetahui bahwa kita bisa menikmati layanan produk dari Mandiri itu sendiri, untuk kegiatan transaksi keuangan yang kita miliki. Seperti misalnya transfer ke antar pengguna Bank Mandiri, ke lain bank selain Mandiri, atau bahkan transfer ke luar negeri dengan menggunakan rekening pribadi.

Selain itu, ada juga kok layanan produk lain yang sangat memudahkan pengguna Mandiri itu sendiri, misalnya seperti layanan Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking, atau bahkan Mandiri Online. Nah, dengan beragam kemudahan inilah, pengguna bisa sangat terbantu untuk melakukan transaksi keuangan mereka, kapanpun dan dimanapun.

Jika biasanya kita hanya menggunakan ATM sebagai salah satu metode untuk menerima dan juga melakukan penarikan uang melalui ATM, kita juga bisa melakukan pembayaran untuk aktivitas belanja online ataupun pembelian lain yang menggunakan sistem virtual account.

Buat yang belum tau, Virtual Account sendiri merupakan salah satu sistem dari Mandiri Online, yang terhubung dan bekerja sama dengan layanan yang berguna sebagai salah satu payment gateway antara pengguna dan pihak perusahaan, agar bisa melakukan pembayaran.

Salah satu layanan yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi via Virtual Account sendiri adalah Mandiri Online dan juga ATM. Dan biasanya, layanan virtual Account sendiri lebih sering ditemukan pada beberapa layanan e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak.

Dengan menggunakan Virtual Account, nantinya pihak e-commerce akan mendapatkan nomor rekening yang berbeda untuk tiap pengguna, dan pengguna hanya perlu melakukan transfer ke nomor virtual account tersebut, untuk kemudan diteruskan ke pihak e-commerce dari pihak Mandiri itu sendiri.

Cara Bayar Virtual Account Mandiri

Bayar Virtual Account Mandiri

Sayangnya, tidak semua pengguna bank mandiri mengerti tentang Cara Bayar Virtual Account Mandiri. Padahal, cara pembayarannyapun sangat mudah untuk dilakukan. Adapun langkah langkahnya adalah.

1. Buka Aplikasi Mandiri Online

Langkah pertama adalah kalian harus terlebih dahulu memiliki Aplikasi Mandiri Online, dan juga sudah mendaftarkan diri serta melakukan aktivasi Mandiri Online sebelumnya. Jika belum, kalian bisa menuju ke kantor cabang Mandiri terdekat, dan lakukan registrasi serta aktivasi akun mandiri online kalian.

Perlu dicatat, ketika menggunakan mandiri online, pastikan smartphone atau ponsel yang kalian gunakan tidak dalam kondisi root ataupun sudah di jailbreak. Sebab, apabila perangkat yang kalian gunakan sudah dimodifikasi, maka aplikasi Mandiri Online tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Jika sudah memiliki akun dan aktivasi Mandiri Online, silahkan login kedalam aplikasi Mandiri Online dengan menggunakan User ID dan juga Password yang didaftarkan sebelumnya.

2. Klik pada Pembayaran dan Buat Pembayaran Baru

Setelah itu, kalian harus terlebih dahulu sudah memiliki tagihan atau setidaknya pembayaran yang memang menggunakan metode pembayaran virtual Account Mandiri. Biasanya, metode pembayaran jenis ini kerap dilakukan pengguna ketika berbelanja online di layanan e-commerce seperti tokopedia, lazada, atau  bahkan Shopee.

Simpan baik baik kode pembayaran atau Nomor Virtual Account tadi. Kemudian, pada aplikasi Mandiri online, ikuti langkah berikut ini

  • Buka Aplikasi Mandiri Online
  • Klik menu Pembayaran
  • Klik lagi menu Buat Pembayaran Baru
  • Lalu klik pada Multipayment

Setelah masuk kedalam laman multipayment, kalian akan melihat kolom kolom yang perlu diisikan, nah untuk itu, kita lanjut saja ke tahap selanjutnya, yakni

3. Masukkan Nama Penyedia Jasa

Setelah sampai dilaman multipayment tadi, kita bisa langsung saja mengklik pada kolom Penyedia Jasa yang digunakan. Biasanya tiap penyedia jasa sendiri akan memiliki kode yang berbeda. Namun dengan adanya aplikasi mandiri online, ketika kalian mengklik kolom penyedia jasa, kalian bisa menggunakan fitur search untuk mencari nama penyedia jasa untuk Virtual Account tersebut.

4. Masukkan Nomor Virtual Account

Setelah memasukkan nama penyedia jasa, selanjutnya adalah memasukkan nomor virtual Account yang sebelumnya sudah kita simpan tadi. Misalnya disini adalah kita akan melakukan pembayaran Tokopedia melalui Virtual Account Mandiri.

Maka pada saat memasukkan nama Penyedia Jasa, kita bisa memilih Tokopedia. Lalu, pada kolom dibawah nama Penyedia Jasa, kalian bisa memasukkan Nomor Virtual Account Tokopedia¸ pada kolom NOMOR MVA atau Nomor Mandiri Virtual Account.

5. Masukkan Nominal dan Konfirmasi Data

Setelah itu, kalian bisa mengklik tombol LANJUTKAN untuk kemudian memasukkan jumlah nominal dari taghan yang kalian bayarkan. Untuk beberapa jasa lain yang menggunakan layanan multipayment atau Virtual Account, kadang mereka tidak secara otomatis menampilkan jumlah tagihan, jadi kalian harus terlebih dahulu melakukan konfirmasi, dan memasukkan nominal secara manual.

Tetapi apabila kalian sudah mengisikan data dengan benar, lanjut saja untuk mengklik tombol KONFIRMASI dan kemudian lanjut untuk melakukan pembayaran.

6. Masukkan M-PIN Mandiri Online kalian

Setelah pembayaran dilakukan, maka kalian akan melihat informasi yang tertera pada mandiri online, sesuai dengan tagihan yang kalian bayarkan. Disitu akan terlihat jumlah harga yang harus dibayarkan, dan kadang kala ada saja biaya admin yang mungkin dibebankan kepada kalian. Dan jika semua datanya sudah benar, langsung saja klik tombol bayar, dan masukkan 6 Digit PIN Mandiri Online (bukan PIN ATM) kalian.

Terakhir, kalian akan menerima Struk Digital yang bisa di unduh, dan juga dibagikan kepada teman kalian. Atau, kalian juga bisa mengklik tombol Bintang, untuk memfavoritkan pembayaran tersebut, apabila pembayaran yang dilakukan cukup rutin dilakukan. Selesai.

Q & A

Nah, sedikit pertanyaan yang kadang kala dipertanyakan oleh pengguna Mandiri Online

  • Q : Apakah saya bisa melakukan transaksi Virtual Account Mandiri Online melalui Browser / komputer?
  • A : Jawabannya bisa. Hanya saja, transaksi tersebut akan masuk kedalam transaksi tertunda. Dan pengguan yang melakukan pembayaran Virtual Account melalui Browser, harus terlebih dulu membuka Aplikasi Mandiri Online > Transaksi Tertunda > dan klik pada Transaksi tersebut, lalu klik Setujui / Terima
  • Q : Apakah bisa menggunakan Nomor Virtual Account yang berbeda BANK (selain Mandiri)
  • A : Tidak bisa. Nomor Virtual Account sudah disesuaikan dengan BANK yang terkait dengan nomor Virtual Account tersebut
  • Q : Smartphone saya sudah di ROOT dan tidak bisa membuka Mandiri Online, bagaimana caranya?
  • A : Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan UNROOT pada perangkat yang sudah dimodifikasi tadi
  • Q : Apakah pembayaran Virtual Account di Mandiri Online juga bisa dilakukan melalui Mesin ATM seperti biasa?
  • A : Bisa. Caranya juga tak jauh berbeda dengan menggunakan Mandiri Online. Kalian bisa mengujungi ATM Mandri terdekat, dan memasukkan ATM serta PIN ATM kalian, setelah itu klik pada menu LAINNYA > PEMBAYARAN > Multipayment dan masukkan Nomor Virtual Account yang sudah dimiliki sebelumnya.

Itulah tadi ulasan dan pembahasan singkat tentang cara bayar Virtual Account Mandiri, semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaanmu, dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

4 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago