Cara Menghilangkan Shadow di HP Samsung

Ternyata, bukan hanya pandangan mata saja yang bisa tampak berbayang. HP juga bisa. Ya, karena pada dasarnya, perangkat elektronik memang memiliki batas waktu masa pakai. Maka dari itu, cara menghilangkan shadow di HP Samsung dapat menjadi solusi terbaik untukmu yang sering terkendala pada bagian layar smartphone keluaran Korea Selatan tersebut.

Meskipun demikian, tidak menyurutkan rasa antusiasme para pengguna setia Samsung. Hal ini terbukti, dari angka penjualan HP Samsung di tanah air yang terus meningkat. Bahkan, tembus hingga mencapai angka 1,9 juta unit di kuartal ke-2 pada tahun 2022. Kalau dilihat berdasarkan hasil laporan IDC di tahun lalu, mereka hanya mengirimkan 1,7 juta unit saja.

Layar HP Berbayang?

Permasalahan layar HP berbayang sudah bukan hal baru lagi bagi para pengguna smartphone. Dimana, kondisi shadow terlihat dari munculnya garis-garis atau bayangan berwarna hitam pada bagian layar LCD HP kamu. Untuk mengatasinya, paling mudah langsung ganti bagian layar LCDnya. Tapi, buat yang masih awam sebaiknya jangan melakukannya sendiri ya…

Loh, kok bisa layar HP jadi berbayang? Tentu, selain ada beberapa faktor yang menyebabkan shadow di HP. Baik secara ekternal maupun internal, kamu yang sudah selalu berhati-hati saat menggunakan smarphone kesayangan juga bisa mengalami hal serupa. Oleh sebab itu, sebagai bentuk pencegahan dini, ketahui apa saja yang dapat memicu layar HP jadi shadow.

Faktor yang Menyebabkan Shadow di HP

Berikut adalah beberapa faktor eksternal yang menyebabkan shadow di bagian layar LCD HP.

1, Tertimpa Bobot yang Besar

Seringkali seseorang lupa meletakkan HP di dekat dirinya ketika hendak tidur. Alhasil, waktu kamu sedang tidur tanpa disadari benda tersebut tertimpa atau mendapat tekanan yang cukup besar dari bobot tubuh diri kamu sendiri. Hal ini, memicu timbulnya garis putih atau neon.

2. Sering Terjatuh

Kecerobohan lainnya yang sering dilakukan oleh pemilik HP yaitu, menjatuhkan benda pipih tersebut. Baik dalam keadaan sadar ataupun tidak sadar. Kondisi seperti ini, nantinya akan menyerang bagian hardware dan software HP. Bila yang terkena dampaknya di hardware, ini mengakibatkan rusaknya layar LCD. Kalau software, ditandai dengan hasil SS yang bergaris.

3. Terendam atau Terkena Percikan Air

Berikutnya, kesalahan yang dapat memicu layar rusak atau bahkan mati total, yaitu terciprat atau sampai terendam air dalam waktu yang lama. Terutama pada HP yang tidak memiliki ketahanan terhadap air (waterproof atau water resistant). Untuk itu, hindari kontak langsung dengan air yang bisa menyebabkan layar HP bergaris dan bergoyang.

Sedangkan faktor internal yang menjadi pemicu rusaknya bagian layar di HP, diantaranya:

1. Socket Layar yang Sudah Rusak

Kerusakan yang terjadi pada bagian socket layar, menjadikan LCD di benda pipih milik kamu terdapat garis vertikal, horizontal, berwarna putih atau bahkan neon. Umumnya, kesalahan ini terjadi ketika masa produksi HP berlangsung. Kondisi lain, adanya error setelah service HP.

2. Adanya Sistem di dalam HP yang Error

Faktor lain saat kamu mendapati layar LCD muncul garis halus, bisa jadi itu menandakan bug pada sistem HP. Permasalahan satu ini, biasa terjadi ketika HP selesai root atau mengalami rakitan sedemikian rupa di luar pengaturan pabrik.

Cara Menghilangkan Shadow di HP Samsung

Cara Menghilangkan Shadow di HP Samsung

Setelah mengetahui keseluruhan faktor yang memungkinkan munculnya garis atau bayangan di bagian layar HP. Coba langsung atasi dengan cara menghilangkan shadow di HP Samsung. Tutorial ini, sangat efektif buat kamu yang sedang menghadapi permasalahan shadow akibat tampilan menu navigasi dalam kurun waktu yang lama.

  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung kamu.
  • Pilih fitur Automatic Brightness HP untuk mengatur kondisi tingkat kecerahan pada layar.
  • Kemudian, lanjut ke bagian Sleep, dan pilih waktu 15 seconds untuk mematikan gambar di layar agar tidak muncul dalam jangka waktu yang lama.
  • Pilih tombol kembali, setelah itu kamu periksa pengaturan wallpaper HP.
  • Pilih mode Live Wallpaper untuk menjaga pergerakan wallpaper HP kamu agar tidak memicu shadow di layar.
  • Pilih tombol Save untuk menyimpan perubahan.
  • Kembali ke menu pengaturan, lalu pilih menu Display.
  • Aktifkan fitur Dark Mode untuk pencegahan dini munculnya garis putih di layar.

Cara Menghilangkan Shadow di HP Samsung dengan Aplikasi

Kita teruskan kembali ke cara menghilangkan shadow di HP. Meskipun tutorial yang akan disampaikan tidak membantu mengatasi permasalahan kamu sampai 100% berhasil. Tapi, bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan kondisi layar ke mode normal. Berikut caranya.

1. Burnin Wiper

Apliksi Burnin Wiper ini, bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis. Bebas iklan dan pastinya sangat mudah digunakan. Cukup running aplikasinya selama beberapa jam agar bulatan hitam atau garis yang muncul di layar HP kamu menghilang. Pilih Start > mode.

2. Screen Burn Fixer

Rekomendasi lainnya, coba gunakan aplikasi Screen Burn Fixer. Sama seperti aplikasi di atas, kamu cukup tekan tombol Start. Kemudian, aplikasi akan langsung bekerja secara otomatis. Tunggu hasilnya, kurang lebih sekitar 5 hingga 10 menit.

3. Screen Colors (Burn-in Tool)

Kalau permasalahan di layar HP kamu satu tingkat lebih berat dari sekedar keypad yang tak kunjung menghilang dari layar atau tiba-tiba muncul garis halus. Maka, Screen Colors inilah solusinya. Karena, fitur yang tersaji di dalam aplikasinya cukup lengkap. Mulai dari Repair Muticolor, Test Screen, Repair Black & White, dan lain-lain.

4. Stuck Pixel Tool

Belum puas juga nih coba-coba aplikasinya, gunakan saja Stuck Pixel Tool untuk bantu kamu atasi shadow di layar HP. Buka aplikasi Stuck Pixel, lalu pilih Fix untuk memulai proses perbaikan layar. Selain menghilangkan shadow, bisa juga digunakan untuk permasalahan layar seperti, dead pixel, serta beragam problematika lainnya.

5. Burn-in Professional Fixer

Permasalahannya hanya di shadow layar saja nih, kalau begitu kamu langsung saja unduh Burn-In Professional Fixer. Waktu perbaikan yang cukup singkat, sangat pas buat kamu yang malas menunggu perbaikan lama-lama. Luangkan waktumu mulai dari 5 menit, 10 menit, dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya, shadow di HP kamu tidak hilang 100%.

Cara Menghilangkan Shadow di HP Samsung untuk Layar AMOLED

Lanjut lagi yuk, kita membahas cara ampuh menghilangkan shadow di HP Samsung. Bila di atas kamu diberitahukan aplikasi yang cocok untuk layar LCD, kali ini justru ditujukan untuk layar Super AMOLED. Tutorial lengkapnya ada di bawah ini.

  • Unduh aplikasi Sfilter-Blue Light Filter di Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih aktifkan blue ligr filter dengan menekan ikon di sudut kanan atas.
  • Sinkronisasikan brightness off screen serta filter opacity pada rate 30% -50%.
  • Di bagian bawah, klik ikon warna kuning, lalu pilih Start.
  • Back to main menu, perhatikan kembali layar HP kamu masih mengalami shadow atau tidak.

Tetapi, kekurangan penggunaan dari aplikasi SFilter ini akan berdampak ke warna di layar HP AMOLED kamu jadi sedikit ada warna kuningnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan shadow di HP Samsung pada perjumpaan kita kali ini. Butuh informasi serupa lainnya? Baca juga artikel cara menghilangkan tanda headset di HP. Semoga bermanfaat. See ya…

Recent Posts

Cara Menggunakan Lazada Paylater Update Mei 2024

WIGATOS.com | Lazada Paylater adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh platform e-commerce Lazada untuk… Read More

5 days ago

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 weeks ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

3 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

3 weeks ago