Cara Bayar Alfamart Pakai Gopay

Bagaimana cara bayar di Alfamart pakai Gopay? Apakah ada minimum jumlah belanjaan? Apa saja yang bisa dibayar dengan menggunakan Gopay?

Jika kalian sering menggunakan layanan ojek online seperti Gojek, tentunya kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata Gopay. Gopay atau Gojek payment merupakan salah satu layanan uang Digital dari Gojek, yang bisa digunakan oleh customer atau bahkan driver Gojek. Tujuan diadakannya Gopay adalah sebagai metode pembayaran ketika memesan layanan dari Gojek, namun saat ini peran Gopay tidak hanya berguna untuk aplikasi Gojek saja. Karena saat ini para pengguna Gopay, bisa melakukan pengisian ulang pulsa ataupun membayar belanjaan dengan metode pembayaran berupa Gopay.

Bahkan jika kamu memiliki banyak saldo Gopay, kamu bisa melakukan withdraw atau penarikan ke rekening tabungan kalian. Tentunya hal ini sering dilakukan oleh customer Gojek, ataupun driver Gojek itu sendiri. Pengguna juga bisa melakukan top up saldo Gopay, dan menggunakannya sebagai metode pembayaran yang sah ketika ingin membeli aplikasi ataupun diamond di dalam Google Play Store. Selain itu pengguna juga bisa melakukan transfer antar pengguna Gopay, sesuai dengan maksimal nilai yang ditentukan. Untuk itu kalian bisa melakukan verifikasi, dan juga pengupgradean akun Gopay ke Gopay Plus.

Sebagaimana kita tahu saat ini peran dompet digital sudah banyak kita temukan dan juga digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Selain karena kemudahan yang ditawarkan, peran dompet digital seperti Gopay juga memudahkan pengguna ketika mereka tidak membawa uang cash. Sebab itulah kita juga bisa membayar atau membeli sesuatu, dengan layanan dompet digital.

Karena sistem dari dompet digital itu sendiri, tak jauh beda dengan kartu ATM yang kita miliki. Sehingga ketika kita melakukan pengisian saldo, kita bisa menggunakannya untuk bertransaksi.

Salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan Gopay adalah, untuk berbelanja ataupun membeli kebutuhan di salah satu merchant yang bekerjasama dengan Gojek, yakni Alfamart.

Kita sudah tahu bahwa Alfamart sendiri bisa digunakan untuk para driver dan juga customer Gojek, untuk melakukan pengisian ulang saldo Gopay mereka. Karena sebab itulah, para pengguna Gopay bisa melakukan pembayaran belanjaan dengan menggunakan Gopay. Dan cuma itu aja, ketika kita melakukan pembayaran melalui Gopay kita bisa mendapatkan cashback atau bahkan potongan harga.

Namun sayangnya tidak semua pengguna akun Gojek ataupun Gopay, mengerti tentang tata cara bayar di Alfamart pakai Gopay. Caranya cukup mudah, berikut ini adalah ulasannya.

Cara Bayar Alfamart Pakai Gopay

Bayar Alfamart Pakai Gopay

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengunjungi merchant atau Store Alfamart terdekat. Sebelumnya pastikan dulu kalian melihat barcode ataupun spanduk yang bertuliskan bisa bayar pakai Gopay, atau kamu juga bisa bertanya kepada kasir Alfamart apakah bisa melakukan pembayaran dengan Gopay?

Dan yang tak kalah penting adalah pastikan kalian sudah melakukan pengisian saldo atau setidaknya memiliki saldo Gopay yang cukup.

Setelah dirasa semuanya siap dan alfamart yang kalian kunjungi menerima pembayaran melalui Gopay, silakan pilih barang belanjaan atau produk yang akan dibeli.

Setelah itu kalian bisa pergi ke kasir untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan Gopay. Lalu Buka aplikasi Gojek untuk customer, dan pilih pada scan atau bayar.

Arahkan kamera kalian ke kode barcode untuk pembayaran melalui Gopay, dan masukkan jumlah nominal belanjaan yang tertera. Atau biasanya ketika kalian selesai melakukan scanning, jumlah belanjaan yang harus dibayar akan otomatis muncul.

Pada aplikasi Gopay klik pada tombol bayar, dan kemudian masukkan PIN Gopay yang sudah kalian setting sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai pembayaranmu selesai, dan beritahu kepada kasir Alfamart jika Pembayaran sudah dilakukan lewat Gopay.

Jika kamu ingin menggunakan kode promo atau bahkan diskon yang diberikan oleh pihak Gojek, kalian bisa terlebih dulu masuk kedalam menu promo, dan pilih promo yang akan digunakan setelah itu pilih gunakan kode promo.

Namun perlu diingat, untuk berbelanja di Alfamart dan menggunakan pembayaran Gopay, kalian tidak bisa membeli beberapa produk yang tidak disupport, seperti salah satunya adalah rokok.

Cara ini juga berlaku untuk para driver Gojek, namun perlu diperhatikan untuk driver yang ingin melakukan pembayaran di Alfamart lewat Gopay, mereka harus terlebih dulu mentransfer saldo Gopay dari Gojek driver, Gojek customer mereka. Terkecuali Apabila mereka memang mendapatkan kode promo dari aplikasi Gojek driver itu sendiri.

Cara Bayar Alfamart Pakai Gopay lewat Driver Gojek

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk belanja di Alfamart dengan menggunakan Gopay, adalah melalui driver Gojek itu sendiri. Maksudnya disini adalah kalian menggunakan layanan go-shop atau bahkan go-mart yang tersedia pada aplikasi Gojek customer.

Caranya juga tidak jauh beda dengan cara sebelumnya, pastikan kalian memiliki cukup saldo Gopay, atau bahkan sudah melakukan top up untuk menambah saldo Gopay kalian. Setelah itu

  • Buka aplikasi Gojek customer kalian
  • Pilih layanan go shop atau go Mart
  • Pilih lokasinya menjadi Alfamart, yang sekiranya tidak terlalu jauh dengan lokasi kalian
  • Lalu pilih belanjaan apa saja yang akan dibeli, dan pastikan Harganya tidak melebihi saldo Gopay yang kalian miliki.
  • Atur Alamat pengiriman sesuai dengan alamat kalian, dan berikan catatan apabila alamat kalian sulit untuk dijangkau.
  • Terakhir kalian tinggal memilih metode pembayaran, dan menggunakan metode pembayaran Gopay. Setelah itu klik pesan.

Tunggu beberapa saat sampai akhirnya Gojek mencarikan driver yang paling dekat dengan lokasi Alfamart yang kalian pilih, lalu driver akan menuju Alfamart tersebut untuk membeli belanjaan yang sudah kalian pesan tadi.

Jika mungkin saldo Gopay kalian kurang, kalian bisa melakukan pembayaran dengan sistem mix, maksudnya adalah jika belanjaan kalian seharga Rp50.000, dan Saldo Gopay kalian adalah Rp30.000, maka kalian bisa metode pembayaran Gopay + tunai, yang mana Rp20.000 nanti harus dibayarkan ke driver.

Dengan menggunakan cara ini, tentu akan ada tambahan biaya seperti ongkos kirim antara Rp9.000 hingga Rp10.000, tergantung dari jauhnya jarak pengantaran. Dan apabila ada perubahan harga, driver akan menginfokan kembali kepada kalian apakah ingin tetap membeli atau tidak.

Dan hal yang paling menyenangkan dari cara ini adalah, ketika barang yang akan dibeli tidak ada pada Alfamart yang satu, maka driver akan mencarikan Alfamart lain untuk membelikan belanjaan yang kalian inginkan. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan tip kepada driver ya.

Kesimpulan

Melakukan pembayaran di Alfamart dengan menggunakan Gopay merupakan salah satu kemudahan, yang dihadirkan oleh pihak Gojek dan juga pihak Alfamart. Pastikan kalian selalu mengisi saldo Gopay, untuk melakukan pembayaran seperti misalnya membeli pulsa, memesan makanan melalui go-food, atau bahkan melakukan transaksi keuangan lain dengan menggunakan Gopay.

Demikianlah artikel tentang cara bayar Alfamart pakai Gopay, semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

6 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

7 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago